Segmentasi Pasar : Pengertian, Cara Menentukan, Tujuan, Kriteria, Jenis

Daftar Isi [Tampil]
segmentasi-pasar
Segmentasi Pasar

Arti segmentasi pasar - Berkaitan dgn ilmu pemasaran, pengertian target pasar atau segmentasi pasar ialah salah satu hal yg sangat penting dan sangat berhubungan dgn kebutuhan pemasaran.

Butuh diketahui bahwa dgn segmentasi yg cocok, maka pemasaran bakal cenderung lebih berhasil. Tentu, apabila kondisi ini terjadi maka keuntungan yg didapatkan pun bakal melambung.

Baca : √ PRODUKSI: Pengertian Produksi, 5 Contoh, 3 Jenis, 3 Macam dan Proses Produksi

Tidak seluruh yg berkecimpung dlm dunia ekonomi paham dgn segmentasi tersebut. Oleh sebab itu, pada peluang ini bakal dibahas mengenai berbagai hal utk mengenal mengenai segmentasi pasar, fungsi serta contohnya.

Nah inilah dia artikel segmentasi pasar konsumen lengkap dengan pengertian segmenting...

Pengertian Segmentasi Pasar

pengertian-segmentasi-pasar-2

Dlm pengertiannya, definisi segmentasi pasar adalah pemecahan atau pengelompokan konsumen sesuai dgn karakteristik serta kebutuhan tertentu.

Selain itu, ini juga berarti adaptasi tingkah laku dari konsumen terkait sebuah produk yg dijual di dlm pasar. Tentu, segmentasi berguna utk membuat penjualan lebih tepat sasaran.

Sebagaimana diketahui, masyarakat kami sangat heterogen, hingga pembuatan produk tentu wajib  mempunyai sasaran pada segmentasi pelanggan tertentu. Baca: Pengertian SOP

Dgn segmentasi yg dilakukan, maka sasaran & rencana pemasaran bakal cenderung lebih mudah utk dirumuskan. Tidak hanya itu, konsumen juga bakal terpecah jadi lebih homogen.

Dlm praktik segmentasi pasar, ada berbagai hal yg wajib diperhatikan terlebih dahulu. Adapun berbagai hal yg diperhatikan ialah kondisi demografi, tingkah laku konsumen, letak geografis & lainnya.

Tidak hanya itu, variabel ekonomi yg dipakai juga wajib memenuhi kriteria tertentu supaya bisa menghasilkan hasil akhir yg lebih bagus.

Cara Menentukan Segmentasi Pasar

cara-menentukan-segmentasi-pasar

Bagaimana cara menentukan segmentasi pasar? Hal lain terkait segmentasi pasar yg harus dilakukan ialah prosedur utk melaksanakannya. Dlm hal ini, ada setidaknya tiga prosedur yg diperlukan utk melaksanakan segmentasi. Berbagai prosedur tersebut ialah sebagai berikut:

#1. Tahap Survey

Pada tahap ini dilakukan wawancara terhadap sasaran segmentasi. Wawancara dilakukan utk memperoleh pemahaman mengenai sikap, motivasi & juga prilaku konsumen.

#2. Tahap Analisis

Di tahap ini, data yg sudah didapatkan dijadikan bahan analisis. Hal-hal yg tidak masuk dlm variabel dibuang utk memperoleh data yg lebih clear.

#3. Tahap Pembentukan

Apabila analisis sudah berakhir, maka segmentasi bisa dibentuk. Pembentukan segmentasi ini bisa didasarkan berbagai hal sebagaimana dibahas sebelumnya.

Tujuan Segmentasi Pasar

tujuan-segmentasi-market

Sebagaimana dijelaskan di awal bahwa segmentasi pasar bakal berhubungan erat dgn prilaku ekonomi yg ada di pasar. Kaitannya dgn transaksi ekonomi, segmentasi yg dilakukan bisa meningkatkan tingkat transaksi tersebut.

Adapun berbagai tujuan segmentasi pasar yg berguna utk penjual & pembeli ialah sebagai berikut:
  1. Peluang pasar dimiliki bagus oleh penjual & konsumen serta keduanya bakal merasa dipermudah
  2. Alokasi biaya bisa disesuaikan dgn segmen yg dituju hingga pengeluaran jadi lebih efisien
  3. Pengaturan produk serta rencana utk meningkatkan daya tarik pemasaran bisa direncanakan dgn lebih bagus
  4. Ada potensi utk menyalurkan modal usaha lebih besar, khususnya apabila segmentasi pasar sudah berhasil dilakukan.
  5. Pasar bakal jadi lebih mudah utk dibedakan
  6. Pelayanan dlm transaksi bakal jadi lebih cocok & lebih bagus
  7. Bagi penjual, taktik promosi & pemasaran terhadap konsumen bakal terus terarah
  8. Menemukan peluang baru yg ada di masyarakat, khususnya masyarakat yg lebih homogen
  9. Tampilan produk jadi lebih bervariasi, pas sasaran & luar biasa
  10. Strategi komunikasi dlm pemasaran jadi lebih manjur serta lebih efisien utk menunjang pemasaran
  11. Dapat mengenal kompetitor dgn lebih bagus, khususnya mereka yg mempunyai segmen yg sama
  12. Bisa melaksanakan evaluasi serta membuat rencana bisnis ke depan dgn lebih seksama, terarah & lebih bagus dengan cara umum

Kriteria Segmentasi Pasar

kriteria-segmentasi-pasar

Dlm detail, ada berbagai kriteria segmentasi pasar yg wajib dipenuhi. Adapun berbagai kriteria & dasar dari segmentasi tersebut yg wajib dipenuhi ialah sebagai berikut:
  1. Segmentasi bisa dibedakan atau differentiable, di mana segmentasi tersebut wajib  dibedakan satu sama lain dgn jelas & tertata.
  2. Segmentasi bisa dilaksanakan atau actionable di mana segmentasi wajib bisa dilayani dgn maksimal, khususnya oleh produsen.
  3. Segmentasi bisa diukur atau measurable. Segmen pasar seperti ukuran atau daya beli dlm pasar wajib bisa diukur dgn jelas.
  4. Segmentasi bisa dicapai atau accessible. Segmentasi yg dilakukan tersebut wajib bisa dicapai serta di jangkau oleh masyarakat pada umumnya.
  5. Segmentasi wajib lumayan besar atau substantial, di mana terdiri dari kelompok homogen yg berkualitas & juga lumayan besar.

Jenis Jenis Segmentasi Pasar

jenis-segmentasi-pasar

Macam macam segmentasi pasar? Hal lain terkait segmentasi dlm pasar yg butuh diperhatikan ialah jenis-jenis segmentasi tersebut. Sebagaimana disinggung di awal bahwa ada berbagai pemecahan dari segmentasi tersebut. Baca: Pengertian definisi sistem

Adapun jenis jenis segmentasi pasar tersebut yg butuh diketahui ialah sebagai berikut:

#1. Segmentasi Berdasarkan Situasi Pemakaian

Segmentasi ini didasarkan pada situasi tertentu di mana jadi peluang bagi konsumen utk membeli produk. Segmentasi ini dibangun dgn tujuan utk menolong produsen meningkatkan serta membutuhas pemakaian produk yg dijual.

#2. Segmentasi Berdasarkan Keuntungan

Segmentasi ini didasarkan sesuai dgn fungsi atau keuntungan yg dicari dari produk. Dengan cara umum, pemecahan segmentasi ini didasarkan pada berbagai keuntungan produk utama.

#3. Segmentasi Campuran

Segmentasi ini dibentuk dgn berbagai kombinasi variabel segmentasi & bakal membentuk sebuah segmentasi tunggal. Umpama saja segmentasi geodemografis, di mana segmentasi ini bakal menolong produsen menemukan prospek terbagus utk memperoleh info lebih detail mengenai ketertarikan dari konsumen.

#4. Segmentasi Berdasarkan Geografi

Seperti namanya, segmentasi ini didasarkan pada letak geografis. Dlm praktiknya, segmentasi ini dilakukan dgn melaksanakan berbagai pemecahan daerah geografi, seperti negara, wilayah, kota serta desa. Daerah geografi yg mempunyai potensi yg besar serta menguntungkan bakal jadi sasaran operasi dari produsen utk pemasaran.

#5. Segmentasi Berdasarkan Demografi

Jenis segmentasi yg kedua ialah berdasarkan demografi. Pada segmentasi ini, pasar bakal dibagi serta diklasifikasikan jadi berbagai kelompok demografi. Dasar dari pemecahan kelompok tersebut ialah pemecahan usia, tipe kelamin, tingkat pendidikan konsumen atau pun tingkat ekonomi.

#6. Segmentasi Berdasarkan Sosial Budaya

Segmentasi ini didasarkan pada kondisi sosial adat dari pasar. Biasanya, dlm segmentasi ini, pasar mempunyai variabel sosiologis & antropologi. Berbagai tahapan pemecahan terkait segmentasi ini ialah sebagai berikut:

#7. Segmentasi Berdasarkan Hubungan Dengan cara Ekstrim

Jenis segmentasi selanjutnya ialah segmentasi berdasarkan hubungan dengan cara ekstrim. Maksud dari segmentasi ini ialah segmentasi yg dilakukan utk membagi segmentasi berdasarkan detail yg lumayan ekstrim. Adapun berbagai pemecahan dlm poin ini ialah:
  • Tingkat pemakaian: beda segmentasi terletak pada tipe pemakai, seperti pemakai berat, pemakai sedang & pemakai ringan. Pemecahan ini bukan didasarkan pada pemakai sebuah produk, jasa atau merek khusus.
  • Tingkat kesadaran: kesadaran konsumen pada produk, kesiapan konsumen utk membeli produk atau apakah seorang konsumen memerlukan info terkait produk yg dijual.
  • Kesetiaan merek: kesetiaan pada merek jadi salah satu variabel yg dipakai oleh perusahaan utk identifikasi karakteristik konsumen, di mana mereka bisa langsung melaksanakan promosi pada konsumen yg sudah tergambar karakteristiknya.

Contoh segmentasi

contoh-segmentasi-pasar

Contoh segmentasi pasar pada pengguna Smartphone:
  1. Smartphone kelas atas: Samsung dan Iphone
  2. Smartphone kelas menengah: Huawei, Asus, Vivo, Lenovo
  3. Smartphone kelas bawah: Xiaomi, LG dll

Demikian berbagai ulasan mengenai arti segmentasi pasar konsumen, tujuan segmentasi pasar, macam macam segmentasi pasar dan prosedur segmnetasi pasar & berbagai ulasan lain yg terkait. Semoga berguna & meningkatkan pengetahuan kamu membuat PR pemasaran modern.

Lain kali admin akan mengupdate artikel contoh segmentasi pasar.

PR:
1. Bagaimana cara menentukan segmentasi pasar?
2. Pengertian segmentasi pasar?

Baca: 6 kondisi Indonesia pada masa liberal (1950-1959)

Belum ada Komentar untuk "Segmentasi Pasar : Pengertian, Cara Menentukan, Tujuan, Kriteria, Jenis"

Posting Komentar

Silahkan bertanya jika kurang mengerti

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel