√ Pengertian Pertumbuhan Ekonomi Menurut 5 Ahli : Ciri dan Faktornya

Daftar Isi [Tampil]
pertumbuhan-ekonomi
Gambar pertumbuhan ekonomi

Pengertian Pertumbuhan Ekonomi – Pertumbuhan ekonomi bisa pula diartikan sebagai sebuah proses yg dialami oleh sebuah negara dlm perubahan perekonomian dlm jangka waktu tertentu utk bisa menuju ke dlm kehidupan ekonomi yg lebih bagus. Baca: Pengertian kebijakan moneter. Aktivitas ekonomi terbukti tidak bisa dipisahkan dari kehidupan. Mulai dari membeli baju, sayuran, meminjam uang & yg lain sebagainya.

Adanya aktivitas ekonomi tersebut pasti saja tidak lepas dgn yg namanya pertumbuhan ekonomi. Ya, utk melancarkan kegiatan ekonomi, diperlukan adanya pertumbuhan ekonomi yg sangat bagus.

Lalu, apa yg disebut dgn pertumbuhan ekonomi? Arti dari pertumbuhan ekonomi adalah sebuah kondisi meningkatnya pendapatan sebab dikarenakan adanya terjadinya peningkatan produksi barang serta jasa.

Baca : Mitos tangan gatal tanda dapat uang


Utk peningkatan dari pendapatan tersebut tidak ada kaitannya dgn tingkat pertumbuhan jumlah penduduk.

Kamu bisa melihatnya dari perkembangan teknologi, output serta beberapa macam inovasi dlm bidang sosial.

Pengertian Pertumbuhan Ekonomi

pengertian-pertumbuhan-ekonomi

Jelaskan pengertian pertumbuhan ekonomi? Pertumbuhan dari ekonomi ini sendiri pasti saja bisa mempengaruhi beberapa macam bidang. Utk lebih jelasnya, berikut ada beberapa arti dari  pertumbuhan ekonomi yg dijelaskan oleh beberapa tokoh. Siapa sajakah tokoh itu? berikut pengertian pertumbuhan ekonomi menurut para ahli:

1. Budiono (1994)

Menurut Budiono, pertumbuhan ekonomi adalah sebuah proses pertumbuhan output perkapita dgn jangka panjang yg terjadi apabila terdapat peningkatan output yg mempunyai sumber dari proses intern perekonomian serta bersifat sementara.

2. Prof. Simon Kuznets

Prof. Simon Kuznets membahas bahwa arti pertumbuhan ekonomi merupakan kenaikan dlm jangka waktu yg panjang dlm sebuah negara utk bisa menyediakan beberapa macam barang ekonomi terhadap masyarakat. 

Performa ekonomi ini tumbuh setara dgn perkembangan teknologi, ideologi serta adaptasi kelembagaan yg dimiliki oleh negara.

3. M. P. Todaro

P. Todaro nyatanya membahas pengertian pertumbuhan ekonomi adalah sebuah proses yg sudah mantap dimana kapasitas produksi dari sebuah perekonomian mengalami peningkatan sepanjang waktu serta bisa menghasilkan peningkatan dari pendapatan nasional tersebut sendiri.

4. Adam Smith

Terbaru, ada Adam Smith yg juga memberikan penjelasan mengenai arti dari  pertumbuhan ekonomi.

Menurut Adam Smith definisi pertumbuhan ekonomi adalah sendiri adalah sebuah perubahan tingkat ekonomi yg terjadi pada sebuah negara dimana bertumpu pada adanya pertambahan penduduk. 

Adanya pertambahan penduduk ini sendiri sangat berpengaruh pada output atau pun hasil dari negara tersebut bakal bertambah.

5. Sadono Sukimo (1985)

Yg kelima ada Sadono Sukimo yg membahas arti dari  pertumbuhan ekonomi. Beliau membicarakan bahwa pertumbuhan ekonomi artinya tindakan tingkat kegiatan ekonomi  yg berlaku dari tahun ke tahun. 

Supaya bisa melihat pertumbuhan dari ekonomi tersebut, maka wajib dilakukan perbandingan pendapatan nasional negara dari tahun ke tahun atau yg lebih dikenal dgn nama laju pertumbuhan ekonomi.

Sebuah negara bisa dikatakan mempunyai pertumbuhan ekonomi yg bagus apabila mempunyai beberapa ciri-ciri seperti di bawah ini. Nah, kiranya apa saja ciri-ciri dari pertumbuhan ekonomi yang bagus? Berikut penjelasan ciri ciri pertumbuhan ekonomi.

Ciri-Ciri Pertumbuhan Ekonomi

Ciri-Ciri Pertumbuhan-Ekonomi

  • Terdapat peningkatan produktivitas dlm masyarakat
  • Terjadinya laju pertumbuhan penduduk serta produk per kapita yg lumayan cepat
  • Adanya kegiatan urbanisasi dlm sebuah negara
  • Terjadinya sebuah perubahan struktural yg lumayan tinggi
  • Terjadinya sebuah proses arus barang, modal serta manusia antar beberapa bangsa yg ada di dunia
  • Melaksanakan kegiatan ekspansi ke negara-negara maju.

Pastinya, apabila sebuah negara sudah mempunyai beberapa ciri-ciri dari aktivitas perekonomian yg dimilikinya, bisa dikatakan bahwa negara tersebut sudah mempunyai  pertumbuhan ekonomi yg lumayan bagus.

Nyatanya, supaya sebuah negara bisa mengalami pertumbuhan ekonomi ada beberapa faktor yg ikut jadi pendukungnya.

Apa sajakah faktor yg bisa menambah pertumbuhan ekonomi tersebut sendiri? Kamu bisa menyimak penjelasannya di bawah ini.

Faktor-Faktor Pertumbuhan Ekonomi

faktor-pertumbuhan-ekonomi


1. Sumber Daya Manusia (SDM)

Sumber Daya Manusia sangat berpengaruh pada pertumbuhan ekonomi yg ada dlm sebuah negara. SDM bisa berfungsi utk mempercepat laju pertumbuhan ekonomi atau bahkan memperlambat.

Terus terampilnya skill seseorang, maka hal ini bakal sangat berfungsi pada Sumber Daya Manusia yg lebih bernilai. Sehingga, bisa menambah laju dari pertumbuhan ekonomi tersebut.

2. Sumber Daya Alam (SDA)

Sumber Daya Alam jadi salah satu penentu majunya tingkat perekonomian dlm sebuah negara. Nah, Indonesia sendiri merupakan salah satu negara yg mempunyai Sumber Daya Alam  sangat melimpah.

Bakal tetapi, Indonesia tetap banyak melaksanakan ekspor barang mentah lalu mengimportnya kembali pada ketika barang sudah jadi.

Harga dari barang yg dipasarkan itupun juga lebih mahal. Hal tersebut dikarenakan Sumber Daya Manusia yg dimiliki oleh Indonesia belumlah maksimal.

3. Tingkat Inflasi

Nyatanya, tingkat inflasi juga mempengaruhi  pertumbuhan ekonomi. Nah, yg dimaksud dgn inflasi tersebut sendiri adalah laju peredaran rupiah yg tidak terkendalikan. Meningkatnya beberapa harga sangat berpengaruh terhadap sumber keuangan negara yang semakin menipis.

Hal ini bisa menyebabkan peningkatan dari anggaran operasi perusahaan utk urusan pemasokan bahan baku tersebut sendiri. Bahkan, adanya inflasi juga bisa mempengaruhi gaji dari pegawai sebuah perusahaan.

4. Kemajuan Ilmu Pengetahuan & Teknologi

Tentu saja, kemajuan IPTEK sangat berpengaruh pada  pertumbuhan ekonomi. Kamu bisa melihatnya di beberapa negara maju.

Beberapa negara maju yg ada di dunia mempunyai laju pertumbuhan ekonomi yg lumayan pesat. Khususnya pada beberapa perusahaan yg sudah memanfaatkan teknologi canggih utk bisa menghasilkan sebuah produk jadi lebih cepat & efisien.

Pemanfaatan teknologi masa saat ini ini sendiri bakal menolong perusahaan utk meminimalisir pemakaian tenaga kerja hingga anggaran yg dikeluarkan utk para pegawai bisa dipangkas serta bisa dimanfaatkan utk kebutuhan lainnya.

Tetapi terkadang, pemakaian teknologi canggih ini lumayan menghambat perusahaan yg sedang berkembang.

Hal ini sebab kebanyakan mesin tersebut mempunyai harga yg relatif lebih mahal serta wajib ada beberapa mesin yg diimpor langsung dari luar negeri.

5. Tingkat Suku Bunga yg Dimiliki

Terus tingginya suku bunga yg dimiliki oleh sebuah negara hal tersebut berpengaruh kurang baik terhadap bisnis atau perusahaan yg memakai modal pinjaman utk bisa menambah nilai dari perusahaan.  Baca : Peran Bank Sentral

Pasti saja, sangat penting utk menjaga tingkat suku bunga tersebut sendiri supaya tetap stabil.

Nah itulah penjelasan mengenai pengertian pertumbuhan ekonomi, ciri-ciri pertumbuhan ekonomi & faktor pertumbuhan ekonomi yg wajib Kamu pahami.

Baca : Usaha Memperbaiki Keuangan Masa Liberal Indonesia


Memahami mengenai pertumbuhan ekonomi tersebut sendiri pasti saja benar-benar penting, khususnya bagi Kamu yg ingin tahu pertumbuhan ekonomi negara sendiri. Lain kali admin akan update contoh pertumbuhan ekonomi.

PR:
  1. Buatlah pertanyaan pertumbuhan ekonomi?
  2. Bagaimana cara menghitung pertumbuhan ekonomi?
  3. Bagaimana cara mengukur pertumbuhan ekonomi?
  4. Perbedaan pembangunan ekonomi dan pertumbuhan ekonomi?

Belum ada Komentar untuk "√ Pengertian Pertumbuhan Ekonomi Menurut 5 Ahli : Ciri dan Faktornya"

Posting Komentar

Silahkan bertanya jika kurang mengerti

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel