Sejarah Tari Kecak : Gerakan, Kostum, Karakteristik, Iringan Tari

Daftar Isi [Tampil]
asal-tari-kecak
Pertunjukan Tari Kecak

Tari Kecak – Indonesia terbukti terkenal dgn budayanya yg sangat beragam. Hingga tak heran apabila setiap daerah mempunyai tarian budaya masing-masing. Dari sekian banyak daerah di Indonesia, daerah yg paling banyak jadi sorotan dunia yakni Pulau Bali.

Baca: Sejarah tari jaipong

Dimana asal daerah tari kecak? Selain mempunyai tempat Wisata alam yg sangat banyak & mempesona, Bali juga mempunyai tarian yg sangat terkenal yakni tari Kecak.

Tari Kecak dari Bali sudah jadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yg mengunjungi Bali. Sampai saat ini, Tari ini tetap tetap dilestarikan.

Hal ini dikarenakan tidak hanya jadi tarian adat, tari Kecak sudah dikenal sampai ke mancanegara. Tarian ini tergolong pertunjukan massal. Tari kecak termasuk jenis tari yg dilakukan oleh banyak orang berjumlah 50-70 orang. Terus hebat & meriah lagi, tarian ini diiringi dgn alunan music.

Tari kecak adalah orang-orang yg menari dgn formasi lingkaran besar & ditengahnya terdapat kobaran api unggun. Tetapi, pada Tari ini hanya dilakukan oleh orang laki-laki dgn memakai pakaian budaya khas Bali yg sangat unik. Walau tergolong tarian tradisional Bali, Tari ini juga tergolong tarian yg sakral.

Sehingga tidak sembarangan orang dapat melaksanakannya. Hal ini tampak orang-orang yg saat melaksanakan tarian ini, ada beberapa adegan atraksi yakni penari yg terbakar. Tetapi, anehnya orang tersebut tidak mengalami luka bakar pada tubuhnya.

Bahkan, tarian Kecak ini seringkali diselimuti dgn hal-hal yg mistis. Sebab, saat melaksanakan tarian ini, diyakini para penari kemasukan roh. Nah jadi apa penjelasan tari kecak? ingin penjelasan tari kecak secara rinci?

Sejarah Tari Kecak

Asal usul tari kecak ~ Setiap tarian yg ada di setiap daerah, tentu mempunyai sejarahnya masing-masing. Siapa pencipta tari kecak? Seperti halnya Tari Kecak yg diciptakan oleh seorang seniman di Bali bernama Wayan Limbak pada tahun 1300-an

Dgn bantuan seorang pelukis bernama Walter Spies asal Jerman, Wayan Limbak memterkenalkan tarian ini sampai ke luar negeri. Baca: Konsep dasar seni rupa

Awalnya, Tari ini ciptakan oleh Wayan Limbak dari tradisi Sanghyg. Tidak hanya itu, tarian Kecak ini juga diangkat dari bagian-bagian kisah Ramayana. Sedangkan, utk nama tarian ini berasal dari ucapan para penarinya yg meneriakkan kata ‘cak-cak-cak’ saat menari.

Nah, dari teriakan-teriakan penari itulah, tarian ini dinamakan sebagai Tari Kecak. Nama tarian ini juga berasal dari suara kerincingan ornamen yg dipakai di pergelangan kaki setiap penarinya. Dgn adanya suara tersebut, suara saat melaksanakan tarian Kecak bakal terdengar sangat khas.

Setiap gerakan yg ada pada tari Kecak ini juga mempunyai asal usul. Sebab tari ini lebih banyak menggerakkan tangan saat menari. Pada dasarnya, gerakan tangan para penari saat menari kecak ini berasal dari sebuah cerita Ramayana.

Lebih cocoknya menceritakan mengenai Dewi Shinta yg diculik oleh Rahwana saat rama sedang berburu di hutan.

Pada Tari Kecak ini, kisah penculikan Dewi Shinta sampai pembebasannya ditunjukkan sampai akhir cerita. Bagi Kamu yg sedang berlibur ke Bali, jangan lewatkan pertunjukan Tari ini dgn cerita di baliknya. Tari Kecak ini tampak indah & unik saat dilihat. Tak heran apabila tarian ini sangat terkenal sampai luar negeri. Baca: Contoh seni rupa 3 dimensi dan 2 dimensi

Seting Pertunjukan

Seperti yg sudah dijelaskan sebelumnya bahwa Tari ini dimainkan oleh laki-laki yg berjumlah 50-70. Tarian ini di setting dgn membentuk lingkaran sempurna. Nantinya beberapa orang yg berperan jadi tokoh-tokoh Ramayana menampilkan perannya di tengah-tengah penari kecak.

Suasana Tari Kecak bakal terasa lebih mistis, sakral & religious dgn tambahan bara api. Pertunjukannya diadakan pada arena yg sangat luas. Mengingat tarian ini dilakukan oleh puluhan orang, belum lagi pengunjung yg sangat banyak.

Biasanya, Tari tradisional ini diadakan di tempat yg luas seperti Pura Uluwatu Bali, Garuda Wisnu Kencana & tempat lainnya yg luas.

Ornamen & Properti Panggung

Karakteristik yg selanjutnya yakni ornamen & properti panggung yg dipakai. Apalagi tarian ini mempunyai beberapa atraksi sakral, hingga kesan mistis terus terasa. Pengertian nama dari Tari Kecak yakni tarian api, hingga tak heran apabila di pertunjukkan tarian ini dibekali dgn property bara api.

Jangan heran saat tarian ini dimulai, suasana mistis bakal terus terasa. Apalagi saat bara api dinyalakan. Suasana terus terasa mistis saat bara api ini di injak-injak oleh para penari tanpa ada satupun yg terluka.

Karakteristik Tari Kecak

Nah, sesudah mengenal pengertian tari kecak & sejarah tari kecak, rasanya masih kurang apabila kami tidak mengenal karakteristik dari Tari Kecak. Karakteristik Tari ini terdiri dari gerakan tariannya, pakaian yg dipakai, music yg turut mengiringi tarian tersebut. Tradisi Malam 1 Suro Masyarakat Jawa

Nah, berikut ini beberapa karakteristik Tari Kecak khas daerah Bali ygwajib  Kamu ketahui:

Manfaat Tarian Kecak

Seperti yg sudah dijelaskan sebelumnya bahwa Tari Kecak merupakan tarian yg berasal dari tradisi Sanghyg. Sebab dari tradisi inilah timbul inspirasi utk menciptakan Tari Kecak. Apa tersebut tradisi Sanghyg? Tradisi ini merupakan upacara religi utk memuja sang Hyg Widi.

Selain itu, tradisi Sanghyg ini juga dijadikan sebagai penolak bala ataupun utk mengusir sebuah penyakit tertentu. Tari tersebut tidak hanya dijadikan sebagai media upacara. Tetapi, tarian ini juga dipakai sebagai ciri khas dari Bali. Bahkan, salah satu daya tarik Bali di mata wisatawan yakni Tari Kecak.

Sebab bagi wisatawan, Tari Kecak ini jadi sebuah hiburan yg unik & luar biasa. Setiap orang yg melihat Tari Kecak ini bakal rutin terkagum-kagum. Hal ini dikarenakan cerita yg dibawakan serta atraksi yg ditampilkan. Cerita yg dibawakan terus luar biasa, sebab diiringi dgn adegan-adegannya.

Semua gerakan mulai awal sampai akhir dari tarian ini menyiratkan sebuah cerita. Yg mana cerita ini diambil dari salah satu toko pewaygan. Dgn adanya cerita pewaygan ini, tanpa sadar dapat melestarikan kebudayaan masyarakat Hindu.

Kostum Tata Rias Tari Kecak

Karakteristik Tari Kecak yg selanjutnya yakni kostum & tata rias yg dipakai oleh penarinya. Pakaian yg dipakai oleh penari yakni memakai pakaian budaya khas Bali. Uniknya, pakaian yg dipakai hanya bawahan berubah sarung kotak-kotak hitam putih, hingga penari laki-laki ini bertelanjang dada.

Tak ketinggalan juga memakai gelang pada kaki yg dapat berbunyi saat kaki bergerak. Tidak sama halnya dgn pemain yg memerankan tokoh-tokoh Ramayana seperti Rama, Rahwana, Dewi Shinta, Hanoman & lain-lain. Mereka memakai pakaian & make up sesuai dgn tokoh yg dimainkan.

Gerakan Tari Kecak

Selain tari Kecak mempunyai fungsi & kegunaan tersendiri, Tari Kecak ini juga mempunyai beberapa adegan. Pada adegan pertama ini menceritakan mengenai Shinta saat di culik oleh Rahwana. Yg bercocokan pada saat tersebut Rama sedang berburu ke Hutan.

Pada adegan yg kedua ini menceritakan mengenai seekor burung garuda yg berusaha utk membantu Dewi Shinta. Baca: Pengertian apresiasi seni

Meski pada akhirnya burung tersebut gagal, sebab sayapnya putus di tembak oleh Rahwana. Pada adegan ketiga, Tarian Kecak ini menceritakan mengenai Rama & Laksmana yg tersesat di hutan.

Kemudian Rama meminta bantuan Hanoman utk menyelamatkan Dewi Shinta dari Rahwana. Pada adegan ke empat, menceritakan mengenai Hanoman yg membakar kerajaan Alengka Pura. Lalu, Hanoman memkabarhu Dewi Shinta supaya tetap tenang & menantikan pertolongan dari Rama.

Apabila diambil dengan cara garis besar, adegan-adegan yg ada pada Tarian Kecak ini menceritakan mengenai Rama yg berusaha menyelamatkan Shinta dari culikan Rahwana.

Iringan Tarian

Tari Kecak terbukti sangat unik dibandingkan degan tarian lainnya. apabila pada tari tradisional pada umumnya, setiap gerakannya diiringi dgn alunan music. Tetapi, Tarian kecak ini sama sekali tidak di iringi dgn alunan music apapun.

Sebab, selagi tarian Kecak ini dipertunjukkan, hanya diiringi dgn teriakan “Cak-cak-acak” dari penarinya dengan cara bersama. Hingga suara yg khas turut mengiringi tarian ini. Suara yg dihasilkan oleh penari kurang lebih  50-70 orang ini sangat keras & lantang. 10 Olahraga Ekstrim Zaman Kuno Anti Mainstream

Tak hanya itu, ornamen yg dipakai penari pada kakinya ini juga menghasilkan suara yg unik. Hingga seperti di iringi dgn music. Suasana khas tarian Kecak ini terus terasa dgn gerakan-gerakan kedua tangan penari yg diangkat serta suara “cak-cak-cak” dengan cara bersamaan.

Nah jadi anda sudah tahukan tari kecak berasal dari daerah mana? tari kecak berasal dari provinsi Bali.

Itulah ulasan mengenai artikel tarian tradisional khas Pulau Bali tari kecak, pencipta tari kecak, dan tari kecak berasal dari provinsi Bali.

Keunikan tarian kecak tidak hanya jadi tradisi, tetapi jadi daya tarik tersendiri utk wisatawan luar Negara. Semoga ulasan tari ini berguna & memberikan pengetahuan baru.

Belum ada Komentar untuk "Sejarah Tari Kecak : Gerakan, Kostum, Karakteristik, Iringan Tari"

Posting Komentar

Silahkan bertanya jika kurang mengerti

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel