10 Sungai Terpanjang di Indonesia Beserta KM nya! Update Tahun 2020

Loading...
Loading...
Daftar Isi [Tampil]
sungai-terpanjang-di-indonesia
sungai di indonesia

Sungai Terpanjang di Indonesia – Sungai merupakan bagian dari permukaan bumi yg letaknya lebih rendah ketimbang tanah di sekitarnya serta jadi tempat mengalirnya air tawar menuju ke laut, danau, rawa, maupun sungai yg lain. Baca: Fakta sungai bawah laut

Sungai yang ada di indonesia bisa jadi sumber kehidupan yg sangat penting bagi makhluk hidup tergolong manusia.

Pembangunan Piramida dekat sungai NIL

Selain itu, sungai juga jadi habitat bagi makhluk ciptaan Tuhan lainnya seperti satwa & tumbuhan. Sehingga, sebagai masyarakat lokal pastinya kamu wajib lebih bijaksana dlm memanfaatkan sungai.

Nah jadi sungai terpanjang di indonesia adalah sungai?

Indonesia sebagai negara dgn wilayah kepulauan mempunyai sungai dgn jumlah yg sangat banyak. Ada 10 sungai terpanjang di Indonesia dan sungai besar di indonesia.

10 Sungai Terpanjang di Indonesia

Lantas, mana saja yg masuk ke dlm daftar sungai terpanjang di indonesia tersebut? Info selengkapnya silakan Kamu simak dibawah ini tentang sungai terpanjang indonesia!

1. Sungai Kapuas Kalimantan Barat


Sungai terpanjang indonesia ialah Sungai Kapuas. Sungai Kapuas seringkali dikenal sebagai sungai yg paling panjang di Kalimantan & juga di semua Indonesia. Total panjangnya mencapai 1178 kilometer. Sungai ini mengalir di sepanjang Provinsi Kalimantan Barat. Cocoknya dari pegunungan Muller serta di muara sungai Selat Karimata. Sungai Kapuas juga menjadi sungai terpanjang di pulau kalimantan.

2. Sungai Mahakam

Sungai-Mahakam

Ada daftar kedua sungai terpanjang di Indonesia ada sungai Mahakam. Sungai ini terletak di provinsi Kalimantan timur dgn total panjang yg mencapai 920 kilometer.

Sungai Mahakam bermuara di Selat Makassar dgn sebelumnya melalui daerah Kutai Barat hingga Kabupaten Kutai Kartanegara & Samarinda.

3. Sungai Barito

Sungai-Barito

Sungai ini letaknya ada di provinsi Kalimantan Tengah. Total panjang dari Sungai Barito mencapai 909 kilometer.

Tidak tidak sama dgn Sungai Kapuas, Barito juga mengalir dr sungai dari pegunungan Muller. Walau begitu keduanya tidak bermuara sa,a. Apabila Kapuas di Selat Karimata maka Sungai Barito bermuara di laut Jawa.

4. Sungai Batanghari


Sungai terbesar di indonesia adalah sungai batanghari dan Sungai terluas di indonesia adalah sungai Batanghari. Di pulau Sumatera Sungai Batanghari merupakan yg paling paling besar tetapi di Indonesia sendiri Batanghari masuk ke sungai terpanjang yg nomor 4. Sungai ini mempunyai panjang dgn total 800 KiloMeter sementara lebarnya 200 hingga 600 meter, karena hal ini disebut sebagai sungai terlebar di indonesia.

Sungai ini membelah Provinsi Jambi & Sumatera Barat. Sedangkan hilirnya ada di gunung rasan. Muaranya sendiri ada di Laut Cina Selatan.

5. Sungai Musi


Selain sebagai sungai yg terpanjang di Indonesia, Musi juga jadi ikon mutlak dari kota Palembang Sumatera Selatan.

Sebagaimana sungai ini jadi terpanjang yg ke-5 di Indonesia, Musi juga jadi sungai yg paling panjang di Sumatera dgn total panjang mencapai 750 kilometer. Sungai Musi mengalirkan dr mata air dari daerah Kepahiang Bengkulu hingga ke Selat Bangka.

6. Sungai Membramo

sungai-membrano

Selanjutnya, ada Sungai Membramo yg  terletak di Papua. Sungai ini mempunyai total panjang hingga 670 km, hingga menjadikannya sebagai sungai terpanjang di Papua serta jadi sungai yg terpanjang ke-7 di Indonesia.

Sungai membramo kerap dijuluki sebagai Amazon-nya Indonesia sebab tingkat keanekaragaman hayati yg tinggi.

7. Sungai Bengawan Solo


Bengawan Solo pastinya Kamu kenal dari suatu judul lagu keroncong legendaris zaman dahulu. Sungai ini ialah yg paling panjang di Pulau Jawa dgn total panjang mencapai 548,503 km yg mengalir dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur.

Sungai ini mengalirkan mata air dari hulu Pegunungan Kidul hingga ke muara daerah Gresik.

8. Sungai Digul

Sunga- Digul

Ada di Pulau Papua, tidak hanya Sungai Membramo, ada juga sungai yg mempunyai panjang menakjubkan yakni 546 km bernama Sungai Digul. Dijuluki sebagai Tanah Merah, sungai ini mempunyai jenis tanah yg berlumpur saat musim penghujan tiba.

Aliran air yg mengisi setiap jengkal lekukan tanah itu berasal dari Pegunungan Sterren. Sedangkan ujung dari sungai ini bermuara di Laut Arafuru.

9. Sungai Indragiri

Sungai-Indragiri

Ada satu lagi sungai yg mengalir sangat panjang yakni 500 km. Sungai ini bernama Indragiri.

Berbagai wilayah di daerah Sumatera yg dialiri oleh air jernih sungai Indragiri antara lain, Provinsi Sumatera Selatan, Provinsi Sumatera Barat, & Provinsi Riau. Muara dari Sungai Indragiri ada di Laut Cina Selatan.

10. Sungai Seruyan

Sungai-Seruyan

Kalimantan merupakan suatu pulau yg kaya bakal sungai-sungai besar & panjang. Satu diantaranya ialah Sungai Seruyan yg mempunyai panjang 350 kilometer dgn lebar 300 meter serta kedlman rata-rata yg mencapai 6 meter.

Nah itulah sungai sungai di indonesia dengan kategori sungai terpanjang dan sungai terlebar di indonesia.

Sebagai warga Indonesia, pastinya Kamu wajib bangga dgn banyaknya sungai yg mempunyai panjang menakjubkan tersebut. Cara kamu utk memelihara sungai-sungai terpanjang itu ialah dgn menjaga kelestariannya, menjaga siklus air dan jagan sampai terjadi tercemar air ya.

Utk itu marilah menjaga sungai-sungai yg ada di negeri tercinta ini, bahkan sungai bawah laut yang hanya bisa dilihat dengan menyelam saja adalah fenomena yang sangat langka.
Loading...

0 Response to "10 Sungai Terpanjang di Indonesia Beserta KM nya! Update Tahun 2020"

Posting Komentar

Bebas berkomentar dengan akun apapun