22+ Jurusan Kuliah Dengan Prospek Kerja Sesudah Lulus

Loading...
Loading...
22+ Jurusan Kuliah Paling Menjamin Masa Depan + Prospek Kerja Sesudah Lulus

Jurusan Kuliah – Saat lulus SMA maka kita akan ragu dalam hal memilih jurusan kuliah nanti. Ada begitu banyak jurusan kuliah yg bisa kamu pilih yg bisa disesuaikan, dgn keinginan & ketertarikan kamu atau dgn jurusan di sekolah SMA.

Baca: 50+ Contoh Kata Pengantar Makalah, Skripsi, Tugas (Terlengkap)

Tetapi memilih jurusan sesuai dgn keinginan & ketertarikan kamu nyatanya tidak mudah, apalagi kami juga haruslah memperhitungkan prospek kerjanya di masa yg bakal datang sesudah lulus kuliah. Kamu bisa mengawali dgn beberapa pertanyaan mendasar pada diri kamu sendiri. Umpama apa kegemaran kamu selagi ini? apa impian kamu sesudah kamu lulus kuliah nanti?

Atau bidang pekerjaan apa yg kamu suka & kamu minati selagi ini. pertanyaan-pertanyaan tersebut bakal menjadi dasar dari tipe jurusan yg sesuai yg ada di kampus atau universitas yang kamu pilih. Tetap banyak lagi pertimbangan lainnya yg bisa kamu pikirkan kembali, dlm memilih tipe jurusan apa yg bakal kamu pilih nantinya.

Jurusan Kuliah Bidang Pertanian


Pertanian pasti menjadi salah satu bidang yg bisa kamu pilih, bagi kamu yg bahagia dgn bercocok tanam atau dgn lahan sawah, padi & ladang. Jurusan pertanian ini bisa menjadi salah satu opsi kamu, dgn beberapa prospek kerja yg juga mendukung. Sebab pertanian juga mempunyai prospek yg bagus utk masa depan kamu.

Beberapa prospek kerja teknik pertanian ini diantaranya yakni sebagai berikut :
  1. Budidaya pertanian atau agronomi
  2. Agribisnis atau sosial ekonomi pertanian
  3. Ilmu tanah
  4. Perlindungan atau proteksi tanaman
  5. Tentang hama & penyakit tanaman
  6. Arsitektur lanskap

JURUSAN KULIAH TEKNIK MESIN


Jurusan yg lumayan banyak dilirik oleh kaum pria ialah teknik mesin, sebab penghasilan yg bisa didapatkan dari pekerjaan dari lulusan teknik mesin ini terbilang tinggi. Lapangan pekerjaan yg berhubungan dgn teknik mesin ini juga lumayan banyak. Bukan hanya tersebut persaingan utk bisa masuk ke jurusan teknik mesin ini juga terbilang lumayan susah. prospek kerja teknik antara lain: buruh pabrik, dosen teknik, montir, tuakng servis.

JURUSAN KULIAH PSIKOLOGI


Jurusan psikologi sering dianggap sebagai salah satu jurusan perkuliahan dgn banyak materi yg lumayan susah. Tetapi nyatanya jurusan ini mempunyai banyak sekali peminatnya, bahkan di Inggris sana jurusan psikologi tergolong ke dlm 10 besar jurusan terkenal sebab banyak peminatnya. Prospek kerja psikologi yg berhubungan dgn psikologi ini juga lumayan banyak.

Umpama saja menjadi seorang psikolog atau bimbingan konseling baik di sebuah sekolah atau di sebuah perusahaan tertentu. Jadi jangan sempat berpikir bahwa psikologi hanya berhubungan dgn orang yg mengalami gangguan kejiwaan saja. Jurusan psikologi merupakan tipe jurusan yg mendalami ilmu perilaku manusia, Dinsos pun sangat membutuhkannya.

JURUSAN KULIAH TEKNIK ELEKTRO


Mendengar kata teknik elektro pasti yg terlintas di pikiran kamu ialah sesuatu yg sangat kompleks & membosankan. Tak heran apabila peminatnya pun mayoritas laki-laki dibanding perempuan, bahkan jurusan ini jarang menjadi opsi dari para calon mahasiswa sebab kekurangannya info tentang jurusan teknik elektro tersebut.

Jurusan teknik elektro ini bisa menjadi opsi kamu, bagi kamu yg hobi dgn segala sesuatu yg berhubungan dgn teknologi atau gadget. Di zaman yg sudah serba canggih ini teknologi gadget menjadi sebuah hal yg hebat & sudah menjadi salah satu kebutuhan. prospek kerja teknik elektro antara lain: pegawai pln dan pegawai BUMN serta BUMS.

JURUSAN KULIAH MATEMATIKA


Kebanyakan orang tidak suka dgn jurusan matematika ini, sebab soal-soalnya yg kompleks & cenderung memusingkan. Padahal jurusan matematika ini mempunyai peluang yg lebih besar dibanding jurusan lainnya di dunia pekerjaan. Bagi lulusan matematika ini juga bisa bekerja di bidang yg berhubungan dgn jasa akuntansi.

Seorang pakar matematika juga diperlukan oleh banyak perusahaan, sebab ilmu matematika ini sangat penting terutama di era digital kini ini. umpama saja di sebuah perusahaan yg membutuhkan seorang pakar analisa, dlm menyusun sebuah taktik & peran tersebut sangat penting di sebuah perusahaan.

JURUSAN KULIAH FISIKA


Jurusan kuliah fisika ini tergolong salah satu jurusan yg kekurangan banyak peminatnya, tetapi apabila kamu lulus dari jurusan fisika ini maka kamu mempunyai peluang yg baik di dunia kerja. Penyebab kekurangannya peminat di jurusan fisika ini hampir sama dgn jurusan matematika, sebab kebanyakan orang berpikir bahwa jurusan ini ialah tipe jurusan yg susah & rumit.

Ada banyak prospek kerja dari jurusan ini sebetulnya, bahkan apabila kamu tertarik utk menjadi seorang ilmuwan maka kamu bisa memilih jurusan fisika ini. meskipun peminatnya tidak banyak, tetapi kamu bisa memilih jurusan ini apabila suka dgn mata kuliahnya.

JURUSAN KULIAH GEOGRAFI


Jurusan geografi hampir sama dgn jurusan matematika dgn jurusan fisika yg kekurangan diminati sebab dianggap sebagai mata kuliah yg membosankan. Padahal jurusan yg satu ini juga diperlukan oleh banyak perusahaan, jadi tak ada salahnya apabila kamu ingin mencoba berkuliah di jurusan geografi.

JURUSAN KULIAH ILMU KOMUNIKASI


Ilmu komunikasi merupakan sebuah ilmu yg mendalami banyak hal tentang masyarakat, & membutuhkan pergaulan yg luas di luar konteks sekolah. Jadi ilmu komunikasi ini menjadi sangat strategis di kehidupan. Tak heran apabila jurusan ilmu komunikasi ini banyak sekali peminatnya, sebab mendalami ilmu ini lumayan membahagiakan bagi anak muda.

Beberapa cabang ilmu komunikasi ini ialah broadcasting, yg berhubungan dgn dunia penyiaran. Jurusan ini tepat sekali dgn kamu yg bahagia bicara atau mempunyai kegemaran atau impian menjadi seorang penyiar. Tetap ada lagi opsi dari jurusan ini yakni jurnalistik, manajemen media & komunikasi bisnis.

Prospek kerja jurusan ilmu komunikasi ini juga sebetulnya lumayan banyak, kebanyakan di dunia entertainment atau media yg berhubungan dgn orang terkenal atau dunia pertelevisian.

JURUSAN KULIAH TEKNIK PERMINYAKAN DAN PERTAMBANGAN


Pernahkah kamu mendengar jurusan teknik perminyakan & pertambangan, sebab jurusan ini lumayan langka & sedikit peminatnya. Jurusan ini juga biasanya hanya ada di beberapa universitas besar saja, jarang ada di universitas lainnya. Jurusan yg satu ini berkaitan dgn pola produksi hidrokarbon yg ditemukan di gas mentah atau minyak.

Jurusan ini sebetulnya banyak diperlukan di beberapa bidang, hanya diperlukan ketertarikan yg besar saja utk memilih jurusan yg satu ini. lulusan jurusan teknik perminyakan & pertambangan ini, bisa bekerja di pengolahan sumber daya alam di beberapa daerah yg mempunyai sumber minyak & gas yg banyak.

Bahkan penghasilan yg didapatkan dari jurusan ini terbilang sangat besar, bahkan cenderung mewah. Jadi jurusan ini bisa menjadi opsi yg tepat utk kamu yg bingung menentukan opsi.

JURUSAN KULIAH TEKNIK KIMIA


Jurusan ini juga mempunyai peminat yg kecil, tak banyak orang yg mau kuliah di jurusan ini. sama halnya dgn matematika & fisika, jurusan ini juga dianggap susah & rumit. Tetapi butuh kamu ketahui lulusan jurusan kimia yg bekerja di bidang yg sama, biasanya bakal mendapat penghasilan yg lumayan besar.

Meskipun terbukti dlm kategori mata kuliahnya lumayan susah & rumit, sampai tak banyak dipilih oleh para calon mahasiswa. Ada banyak perusahaan yg membutuhkan pekerja lulusan kimia, umpama perusahaan pasta gigi atau perusahaan sabun, sampo, lotion & lain sebagainya.

JURUSAN KULIAH ILMU PENDIDIKAN DAN PELATIHAN


Jurusan yg satu ini merupakan jurusan yg nantinya bakal menjadi pendidik, pembimbing atau guru. Jurusan ini berada di bidang pendidikan & keguruan, tetap ada banyak lagi opsi bidang dari jurusan & sesuaikan dgn ketertarikan kamu. Pekerjaan yg bisa kamu bisakan dari jurusan ini pasti saja menjadi tenaga pembimbing atau pendidik.

JURUSAN KULIAH ARSITEKTUR DAN PEMBANGUNAN


Arsitektur merupakan cabang teknologi di dlm pemanfaatan ruang atau tempat tinggal manusia, supaya bisa memberikan kehidupan yg lebih baik utk manusia. Jadi jurusan ini berhubungan atau berkaitan erat dgn properti, bangunan, tampilan sebuah bangunan atau rumah, tampilan interior, & eksterior & lain sebagainya.

Penghasilan yg kamu bisakan dari menjadi seorang arsitektur ini juga lumayan besar. Ada banyak tipe pekerjaan yg berhubungan dgn jurusan arsitektur ini, umpama saja konsultan perencanaan atau perancangan bangunan, biro arsitek, wirausaha mandiri yg berhubungan dgn tampilan sebuah bangunan, tempat tinggal atau ruangan, & lain sebagainya.

JURUSAN KULIAH TEKNIK LINGKUNGAN


Jurusan yg satu ini merupakan jurusan yg mendalami ilmu yg memusatkan terhadap pemakaian pengetahuan, dlm menjaga lingkungan hidup manusia supaya kesehatan manusia rutin terjamin & terjaga dgn baik. Contohnya ialah pengadaan air bersih di sebuah daerah atau wilayah, atau penanganan pencemaran dari sampah atau limbah.

Prospek kerja jurusan teknik lingkungan yg lumayan banyak, kamu bisa bekerja di perusahaan air minum, instansi penglihatan & pengelolaan lingkungan hidup, sebagai konsultan industri, atau usaha mandiri yg berhubungan dgn lingkungan hidup.

JURUSAN KULIAH ASTRONOMI


Ilmu astronomi ialah sebuah ilmu yg mendalami tentang pengetahuan alam yg menyelidiki benda-benda langit jagad raya umpama ilmu perbintangan & benda-benda luar angkasa. Ada banyak hal yg bisa kamu pelajari dari jurusan ini umpama mekanika benda langit, evolusi bintang & lain sebagainya.

Peluang kerja astronomi juga lumayan banyak umpama di Observarium Boscha ITB, atau di Planetarium.

JURUSAN KULIAH ILMU PENGETAHUAN ALAM DAN MATEMATIKA


Ilmu Pengetahuan Alam atau IPA ialah bidang ilmu yg dengan cara khusus mendalami fenomena di alam semesta ini. dgn belajar ilmu IPA maka kamu bisa memantau sebuah gejala atau benda, yg ada di alam ini. kamu juga bisa menelitinya lalu dipakai di kehidupan sehari-hari.

Di dlm mengembangkan IPA kamu tetap memerlukan ilmu pasti yg mengiringinya, yakni ilmu matematika. Sebab ilmu matematika tersebut maka kamu bisa melakukan observasi dgn membuat analisis data, yg didapatkan dgn cara logis & juga sistematis. Berikut ini beberapa prospek kerja  IPA & ilmu matematika atau lebih dikenal dgn MIPA.
  • Biologi
  • Fisika
  • Geografi
  • Geologi
  • Geofisika
  • Kimia
  • Statistika
  • Matematika
  • Astronomi

JURUSAN KULIAH SASTRA INGGRIS


Jurusan yg satu ini tergolong salah satu jurusan yg ramai di Indonesia, yg bisa mengangkat kamu ke sebuah pekerjaan yg baik. Kebanyakan orang yg mengambil jurusan sastra inggris ini, terbukti ingin menjadi guru bahasa Inggris jadi ia mengambil jurusan bahasa Inggris di fakultas keguruan.

Sebetulnya jurusan yg satu ini mempunyai nilai yg tinggi dlm beberapa tipe pekerjaan yg berhubungan dgn jurusan bahasa Inggris tersebut. tetapi hana sedikit universitas yg mempunyai jurusan sastra Inggris, hanya beberapa universitas saja yg khusus mempunyai jurusan tersebut.

Prospek kerja jurusan sastra Inggris ini bukan hanya menjadi guru bahasa inggris saja, tetapi bisa juga sebagai penerjemah, atau menjadi tenaga kerja di kursus pendidikan bahasa inggris. Dunia pariwisata juga memerlukan orang yg mahir berbahasa Inggris, umpama sebagai pemandu wisata utk para turis yg berasal dari luar negeri.

JURUSAN KULIAH ILMU KOMPUTER


Dgn perkembangan teknologi yg sangat pesat kini ini, jurusan ilmu pc ini menjadi salah satu jurusan yg paling banyak peminatnya. Apalagi banyak sekali lulusan dari ilmu pc ini yg diperlukan di dunia kerja. Apalagi lulusan ilmu pc biasanya mempunyai bayaran yg sangat tinggi di sebuah perusahaan.

Contoh jurusan yg ada di ilmu komputer ini ialah jurusan teknik informatika, yg berhubungan dgn kemajuan teknologi. Hampir seluruh perusahaan memerlukan orang lulusan dari teknik informatika tersebut. sebab dgn zaman yg terus modern ini, info menjadi sesuatu yg sangat penting terutama apabila memakai sistem pc yg terus canggih.

JURUSAN KULIAH TEKNIK ARSITEKTUR


Jurusan kuliah yg satu ini banyak berhubungan dgn seni & bangunan, yg menggabungkan 2 bidang yakni seni & bangunan. Bagi kamu yg bahagia hobi menggambar bisa mencoba jurusan teknik arsitektur ini. jurusan ini juga mempunyai materi & soal berhitung, sebab di dlm menggambar sebuah bangunan diperlukan banyak penghitungan yg matang.

Kuliah di jurusan arsitek ini, sudah pasti mempunyai banyak sekali peluang masa depan yg sangat bagus. Kamu bisa bekerja dengan yg berhubungan dunia industri kreatif, umpamanya tampilan sebuah produk, interior & eksterior sebuah ruangan, tampilan visual, & tetap banyak lagi yg lainnya.

JURUSAN KULIAH KEDOKTERAN


Saat kamu tetap kecil & ditanya tentang impian pasti kamu sempat menjawab ingin menjadi dokter. Sebab profesi seorang dokter ini ialah profesi yg sangat baik, dgn penghasilan yg terbilang besar. Tak heran apabila anggaran utk kuliah di jurusan kedokteran ini lumayan mahal.

Persaingan dlm jurusan kedokteran ini terbilang sangat ketat, & kamu haruslah mempunyai performa yg sangat hebat di bidang kedokteran ini. sebab tenaga medis terbukti sangat diperlukan di mana-mana. Apabila kamu tertarik utk masuk jurusan kedokteran, sebaiknya pilih juga universitas yg baik & bernilai di bidang kedokterannya.

JURUSAN KULIAH HUKUM


Salah satu jurusan yg lumayan keren dan prospek kerjanya ialah hukum, lihat saja profesi pengacara di Indonesia yg bisa menjadi orang terkenal & penghasilan yg berlimpah. Menurut penelitian jurusan hukum ini merupakan jurusan yg paling cepat mendapat pekerjaan sesudah lulus kuliah.

Hukum sangat penting & sangat diperlukan di beberapa bidang, tak heran apabila banyak orang lulusan jurusan hukum diperlukan di beberapa perusahaan terutama perusahaan besar. Jangan takut utk masuk ke jurusan hukum ini, sebab buktinya kamu bisa bekerja sebagai pelaku hukum di beberapa bidang.

JURUSAN KULIAH EKONOMI


Ekonomi ialah jurusan non-eksakta yg paling banyak peminatnya, meskipun lulusan dari jurusan ekonomi ini sudah sangat banyak. Jurusan ekonomi sanggup menyingkirkan beberapa macam jurusan lain, sebab permintaan dari perusahaan pada jurusan ekonomi ini sangat banyak. Alasan mereka memilih jurusan ekonomi ialah, sebab mudah dlm memperoleh pekerjaan.

Patokan mutlak dlm memilih sebuah jurusan pasti prospek kerjanya, maka tak heran apabila kamu memilih jurusan ekonomi ini hanya supaya kami cepat mendapat pekerjaan sesudah lulus. Prospek kerja dari lulusan jurusan ekonomi ini sangat banyak, salah satunya dlm hal manajemen, keuangan atau akuntansi.

Baca: 15 Cara Lulus SNMPTN 2019 (Pengalaman Saya Tahun 2014 Dulu)
Loading...

0 Response to "22+ Jurusan Kuliah Dengan Prospek Kerja Sesudah Lulus"

Posting Komentar

Komentar Sopan Akan di Approve