Keanekaragaman Hayati: Pengertian, Tingkatan, Contoh, Fungsi, Pelestarian Baru 2020

Loading...
Loading...
√ KEANEKARAGAMAN HAYATI: Pengertian, Tingkatan, Contoh, Fungsi, Pelestarian

Materi keanekaragaman hayati lengkap - Indonesia ialah salah satu negara yang kaya bakal keanekaragaman hayati yang ada di dalamnya, bagus yang di darat maupun di laut.

Bagi masyarakat dunia Indoneia juga dikenal sebagai negara megabiodiversity. Sebutan ini didukung oleh keadaan flora di indonesia yang beriklim tropis yang menjadi habitat yang tepat bagi tumbuhan & fauna.

Wajib baca: Langkah Percobaan Pengaruh Faktor Luar Terhadap Pertumbuhan Tumbuhan

Nah apa saja keanekaragaman hayati biologi? apa saja tingkatan keanekaragaman hayati
? dan bagaimana konsep keanekaragaman hayati?

Pegertian Keanekaragaman Hayati

Keanekaragaman hayati ialah kekayaan ataupun keanekaragaman makhluk hidup dari beberapa sumber dalam ekosistem.

Apa itu ekosistem? Ekosistem adalah sekumpulan organisme bagus tanaman maupun fauna yang berinteraksi satu sama lain juga dengan lingkungan di kurang lebihnya.

Ekosistem rutin berusaha untuk mempertahankan keseimbangannya, apabila ekosistemnya terganggu maka ekosistem tersebut langsung beradaptasi kembali.

Keseimbangan ekosistem bisa terganggu oleh alam maupun manusia (polusi tanah, polusi udara, pembangunan yang berlebihan, & lain – lain.)

Tingkatan keanekaragaman hayati

Tingkatan keanekaragaman hayati ini terbagi menjadi tiga, yaitu :

1. Keanekaragaman Gen

Merupakan variasi genetik dalam satu spesies. Tingkat keanekaragaman gen muncul sebab setiap individu mempunyai bentuk gen yang khas. Gen ialah  materi dalam kromosom makhluk hidup yang mengendalikan sifat organisme.

Misal durian (durio zibethinus) terdapat macam – macam varietas , contohnya Durian Montong, Durian Petruk, Durian Mimang, & tetap banyak lagi.

2. Keanekaragaman Spesies

Spesies bisa diartikan sebagai kelompok individu yang memperlihatkan beberapa karkteristik penting dibandingkan kelompok lain. Karakteristik tersebut bisa berupa morfologi, fisiologi, maupun biokimia.

Sebagai contoh, harimau, macan, & kucing mempunyai morfologi yang tidak sama, tapi sebenernya mereka tetap satu kerabat.

3. Keanekaragaman Ekosistem

Semua makhluk hidup tentu berinteraksi dengan lingkungannya. Ada dua faktor yang merupakan bagian dari ekosistem. Pertama, faktor biotik yang merupakan makhluk hidup, contohnya hewan. Kedua, faktor abiotik yang merupakan bagian ekosistem yang tidak hidup, contohnya iklim, cahaya, tanah, kandungan mineral, & lain – lain.

Contoh keanekaragaman ekosistem laut, yaitu cumi – cumi, udang, bintang laut, & lan – lain.

Contoh keanekaragaman hayati

Keanekaragaman hayati pastinya mempunyai fungsi bagi makhluk hidup tersebut sendiri & juga lingkungan di kurang lebihnya. Fungsi keanekaragaman hayati dalam kehidupan sehari – hari dimanfaatkan untuk keperluan hidup manusia.

Sumber sandang yang berasal dari ulat sutera, domba, & kapas. Sumber pangan yakni umbi – umbian, buah, sayur, telur, & lain – lain. Sumber papan contohnya pohon jati, mahoni, & sengon.juga udara bersih yang didapatkan dari tanaman hijau.

Fungsi Keanekaragaman hayati


  1. Fungsi estetika (tanaman hias, keindahan bunga, & lain – lain)
  2. Fungsi biologi (sandnag, pangan, papan, obat – obatan, & bahan bangunan)
  3. Fungsi religius (Mengingatkan kita bakal keagungan Tuhan)
  4. Fungsi ekologi (proses ekosistem, yang meliputi daur zat & ajaran energi)
  5. Fungsi pendidikan (para ilmuan mengembangkan penelitian untuk mengembangkan keanekaragaman hayati yang ketika ini mengalami penyusutan)
Mengingat banyak fungsi keanekaragaman hayati tadi, bisa terbayang apa yang bakal terjadi dengan kita apabila keanekaragaman hayati ini menghilang? Oleh sebab itu, sebagai makhluk hidup yang diberi akal & pikiran oleh Tuhan, kita wajib menjaga & melestarikannya. Supaya bani kita nanti tetap bisa menikmatinya.

Cara Pelestarian Keanekaragaman Hayati

Usaha pelestarian keanekaragaman ini bisa ditempuh dengan metode konservasi. Konservasi ialah usaha yang diperbuat manusia untuk melestarikan alam supaya tidak menjadi punah & rusak. metode konservasi sumber daya alam yang tepat serta taktik pembangunan berkelanjutan ialah salah satu pendekatan integral untuk melestarikan keragaman sumber daya hayati.

Mari kita perbuat pelestarian alam. Sebab alam ialah sumber kehidupan seluruh makhluk.

Wajib baca: Pertumbuhan Tumbuhan : 6 Faktor Eksternal + 2 Faktor Internal

Nah inilah keanekaragaman flora di indonesia, semoga dengan adanya artikel rangkuman keanekaragaman hayati ini, bisa menambah pengetahuan kamu.

Jika ingin bertanya mengenai makalah keanekaragaman hayati, silahkan berkomentar tentang materi keanekaragaman hayati.
Loading...

0 Response to "Keanekaragaman Hayati: Pengertian, Tingkatan, Contoh, Fungsi, Pelestarian Baru 2020"

Posting Komentar

Komentar Sopan Akan di Approve