√ 20+ Contoh Paragraf Deduktif, Induktif dan Campuran Lengkap 2019

Loading...
Loading...
Daftar Isi [Tampil]
20+ Contoh Paragraf Deduktif, Induktif dan Campuran Lengkap 2019

Contoh paragraf deduktif induktif campuran - Materi tentang kalimat deduktif & induktif serta campuran lumayan sering keluar di soal-soal pelajaran bahasa indonesia, utk tersebut penting kami tahu contoh paragraf deduktif & induktif supaya kami bisa menjawab dgn mudah soal yg diberikan oleh guru kami.

Wajib baca:


Tidak hanya contohnya saja yg bakal kami saapabilan, melainkan juga pengertian, ciri-ciri, & tipe dari 3 paragraf ini. Jadi kami bagi postingan ini menjadi 3 bagian, mari mulai dari yg pertama yakni kalimat deduktif.

Nah berikut kalimat deduktif dan induktif beserta contohnya serta kalimat campuran:

Paragraf Campuran

Pengertian Paragraf Campuran

Paragraf campuran adalah paragraf yg diawali dgn menyaapabilan kalimat mutlak lalu di dukung dgn kalimat-kalimat penjelas, lalu diakhiri oleh kesimpulan dibagian akhir paragraf. Jadi paragraf campuran mempunyai 2 kalimat utama.

Ciri-ciri Paragraf campuran:

Mempunyai kalimat mutlak di awal paragraf, lalu ditekankan kembali di akhir paragraf.
Terdapat pengulangan ataupun variasi di beberapa kata kunci di bagian awal & akhir paragraf.
Pola Paragraf campuran: Umum ? Khusus ? Khusus ? Umum.

Contoh paragraf campuran tentang pendidikan:

Pendidikan yg paling mutlak utk anak adalah pendidikan karakter. Sebab dgn pendidikan karakter yg bagus, anak mempunyai pondasi mental & karakter yg kuat. Orang tua & guru bisa bekerja sama utk membentuk karakter anak. Saat sukses, maka ilmu & nasihat bakal lebih mudah di transfer ke anak. Jadi, pendidikan karakter haruslah diutamakan dlm pendidikan.

Contoh kalimat campuran tentang lingkungan:

Limbah potong rambut sebagusnya jangan langsung dibuang ke tempat sampah. Mengapa? sebab limbah rambut bisa dipakai utk bahan pupuk kompos. Limbah rambut sangat tepat sebagai bahan kompos sebab mengandung zat nitrogen yg tinggi. Sehingga, limbah potongan rambut nyatanya bisa didaur ulang menjadi barang yg lebih berfungsi & bermanfaat.

Contoh paragraf campuran tentang kesehatan singkat:

Manfaat jeruk nipis nyatanya sangat banyak. Jeruk nipis bisa dipakai utk obat batuk alami. Tidak hanya tersebut juga bisa menjadi minuman yg menyegarkan. Jeruk nipis dimanfaatkan juga sebagai bumbu dapur. Jadi nyatanya banyak sekali fungsi jeruk nipis utk manusia.

Apakah ada yg ingin ditanyakan? jangan sungkan utk bertanya terhadap Faktakah.com. Semoga kumpulan contoh paragraf deduktif & induktif serta campuran diatas bisa bermanfaat. Semangat terus yaaa!

Paragraf Induktif

Pengertian Paragraf Induktif

Paragraf Induktif adalah paragraf yg diawali dgn kalimat yg memuat penjelasan-penjelasan berupa fakta, contoh-contoh, rincian khusus, ataupun bukti, lalu diakhiri dgn kalimat utama. Paragraf Induktif dikembangkan dari pola khusus ke umum

Ciri-ciri Kalimat Induktif


  1. Diawali dgn penjelasan-penjelasan khusus.
  2. Lalu di generalisasikan menjadi sebuah kesimpulan berdasarkan penjelasan-penjelasan khusus.
  3. Kesimpulan sekaligus kalimat mutlak terletak di akhir Paragraf.

Jenis-jenis kalimat induktif

1. Paragraf Generalisasi

Paragraf generalisasi adalah paragraf yg mengutarakan hal-hal khusus di awalnya, lalu diarahkan menjadi satu kesimpulan umum. Nah, kesimpulan ini diperoleh dari kalimat-kalimat khusus di atasnya.

2. Paragraf Analogi

Paragraf analogi merupakan paragraf yg dikembangkan dgn pola deduksi, maksudnya topik utamanya diutarakan dgn cara membandingkan 2 hal yg mempunyai kesamaan. Dari kesamaan itulah ditarik sebuah kesimpulan umum.

3. Paragraf Sebab-Dampak

Paragraf sebab dampak merupakan paragraf yg kesimpulannya diperoleh dari kalimat-kalimat yg merupakan hal khusus ataupun sebab pada awal-awal paragraf.

4. Paragraf Dampak-Sebab

Kebalikan dari paragraf sebab – dampak, paragraf ini hebat kesimpulan umum yg berupa sebab dari dampak – dampak yg diuraikan sebelumnya.

Contoh paragraf induktif Generalisasi tentang sekolah 1:

Saat ujian sudah berakhir, kualitas anak-anak diperiksa. Nyatanya terdapat beberapa kualitas siswa, sebanyak 19 siswa kualitasnya melampaui stkamur kelulusan. 10 siswa memperoleh kualitas tepat pada stkamur kelulusan, & tidak ada seorang siswa pun yg memperoleh kualitas dibawah stkamur. Jadi bisa dikatakan kegiatan belajar di kelas ini sukses.

Contoh kalimat induktif Analogi tentang belajar 2:

Belajar di masa tua memerlukan usaha yg lebih sebab daya tangkap yg dimiliki saat tua sudah berkekurangan. Tidak hanya tersebut motivasi yg dimiliki sudah melemah sebab terlalu banyak pikiran. Alasan itulah yg menggambarkan bahwa belajar di waktu tua seperti melukis di atas air.

Contoh paragraf induktif Sebab-Dampak pendek 3:

Sekarang kami sudah memasuki musim penghujan. Terdapat banyak sampah yg menumpuk sebab kami sering membuang sampah sembarangan. Apalagi dangkalnya permukaan sungai sekarang bertambah. Jadi tidak mengherankan apabila banjir datang setiap hari.

Contoh kalimat induktif Perbandingan pendek 4:

Ahmad suka membantu orang & rutin ramah terhadap siapapun. Tidak seperti adiknya Hakim yg suka jahil terhadap orang. Hakim lebih populer sebab nakal nya dibandingkan prestasinya. Itulah alasan mengapa kedua saudara ini memperoleh perlsayaan yg tidak sama dari kawan-kawannya.

Paragraf Deduktif

Pengertian Paragraf Deduktif

Paragraf deduktif merupakan sebuah Paragraf yg kalimat utamanya terletak di awal Paragraf.

Umumnya diawali dgn pernyataan yg bersifat umum, lalu dibekali dgn penjelasan-penjelasan khusus berupa contoh-contoh, bukti-bukti, rincian khusus, & sebagainya. Sebab paragraf ini dikembangkan melewati sebuah pernyataan umum, maka pola kalimatnya adalah dari umum ke khusus.

Ciri-ciri kalimat deduktif


  1. Kalimat mutlak terletak di awal paragraf.
  2. Kalimat disusun mulai dari pernyataan umum, lalu disusul dgn penjelasan-penjelasan.
  3. Contoh Paragraf Deduktif Singkat

Contoh kalimat deduktif tentang sosiologi 1:

Komunikasi intrapersonal merupakan komunikasi yg dilsayakan antara individu dgn dia sendiri. Komunikasi ini bisa berbentuk renungan, introspeksi diri, berpikir, & berimajinasi. Komunikasi ini penting dilsayakan supaya individu bisa lebih mengenal & mengenal dia sendiri.

Contoh kalimat deduktif tentang sosiologi 2:

Orang pendiam tidak sepantasnya dijauhi maupun dianggap aneh. Sebab tidak selamanya orang yg pendiam adalah pecandu narkoba, berkepribadian arogan, penderita kelainan jiwa, ataupun seorang teroris. Orang pendiam hanyalah orang yg tidak pkamui cerewet sekaligus tidak terlalu bahagia berada di tempat ramai terlalu lama.

Contoh paragraf deduktif pendek 3:

Chairil Anwar adalah salah satu penyair ternama di Indonesia. Penyair kelahiran Medan ini juga menjadi bagian dari sastrawan angkatan ’45 yg populer tidak hanya Asrul Sani & Rivai Apin. Puisi-puisi Chairil sangat dikenal & dicintai masyarakat Indonesia. Salah satunya adalah puisi berjudul Saya.

Contoh paragraf deduktif tentang kebudayaan 4:

Ada beberapa varian dendeng di dlm masakan khas Padang, salah satunya adalah dendeng balado. Makanan ini terbuat dari daging sapi yg dipotong tipis & melebar. Daging sapi tersebut lalu dijemur dibawah sinar matahari hingga kering. Sesudah dijemur hingga kering, daging sapi digoreng, lalu diberi bumbu berbahan dasar cabai ataupun biasa dikenal dgn bumbu balado.

Contoh paragraf deduktif tentang lalu lintas 5:

Kemacetan sudah menjadi hal yg biasa di Jakarta. Kemacetan tersebut dikarenakan oleh beberapa faktor, diantara lain. Pertama, jumlah kendaraan yg ada tidak sebanding dgn luasnya jalan. Kedua, kekurangannya rasa disiplin utk seluruh pemakai jalan raya.

Ketiga, munculnya tempat-tempat yg mengganggu lalu lintas seperti pasar, rel kereta api, halte yg tidak dimanfaatkan, banjir, pedagang kaki lima, & sebagainya. Yg terbaru, tidak tegasnya aparat yg berwenang dlm menindak para pelanggar lalu lintas.

Contoh Deduktif tentang sekolah 6:

Meskipun dosen menunjukkan slide materi nya terhadap mahasiswa, membeli buku materi perkuliahan tetaplah haruslah dilsayakan. Sebab slide yg diberikan oleh dosen hanyalah inti materi saja, & buku materi perkuliahan memuat pembahasan materi dengan cara mendlm.

Contoh deduktif tentang pekerjaan 7:

Bekerja di perusahaan startup ataupun rintisan mempunyai beberapa kelebihan. Pertama, kamu bakal mempunyai peluang utk belajar membangun perusahaan dari nol dengan cara langsung. Kedua, kamu bisa bekerja di beberapa posisi yg tersedia di perusahaan, hal ini membuat kamu belajar banyak hal & performa terus bertambah & meningkat.

Contoh deduktif 8:

Di waktu sekarang, para generasi muda tidak lagi mencari kerja demi memperoleh gaji besar saja. Generasi muda sekarang juga mulai mempertimbangkan sudut kepuasan batin dlm bekerja. Jadi hal ini memicu para generasi muda ini utk bekerja sesuai dgn ketertarikan & bakat.

Contoh kalimat deduktif 9:

CV (Curricilum Vitae) merupakan salah satu syarat seseorang yg hendak menikahi pekerjaan. CV umumnya berisi data pribadi, pengalaman, riwayat pendidikan, prestasi, & keahlian, serta data-data pendukung lainnya. CV haruslah dibangun dgn singkat, padat, & jelas.

Nah itulah contoh kalimat contoh paragraf deduktif, kaliamt induktif dan kalimat campuran sangat lengkap 2019. Jika anda ingin bertanya tentang tema lain, silahkna berkomentar.
Loading...

0 Response to "√ 20+ Contoh Paragraf Deduktif, Induktif dan Campuran Lengkap 2019"

Posting Komentar

Komentar Sopan Akan di Approve