Loading...

37 Makna Budaya Organisasi di Keluarga, Masyarakat, Berbangsa

Loading...
37 Makna Budaya Organisasi di Keluarga, Masyarakat, Berbangsa

Pengertian Demokrasi

Budaya demokrasi di indonesia - Pengertian demokrasi berasal dari dua kata, yaitu demos & cratos, Bahasa Yunani.berdasarkan hal tersebut, para pakar mendefinisikan demokrasi. Tetapi, yang paling banyak dipakai ialah arti menurut Abraham Lincoln, sistem pemerintahan yang diperbuat oleh rakyat, dari rakyat, & untuk rakyat.

Artinya, dalam demokrasi kekuasaan paling atas berada di tangan rakyat. Pemerintah hanya alat yang dipakai untuk mewujudkan kekuasaan tersebut. Negara yang menganut sistem pemerintahan demokrasi disebut negara demokrasi. Mesikipun pelaksanannya tidak sama-beda, ciri -diri negara demokrasi  menjalankan prinsip-prinsip dasar demokrasi.

Demokrasi bisa diterapkan dengan bagus dalam satu negara apabila budaya demokrasi sudah mengakar dalam masyarakatnya. budaya demokrasi ini didefinisikan sebagai segala pola perilaku, pola sikap, & perbuatan yang mencerminkan prinsip-prinsip & kualitas demokrasi.

Oleh sebab itu, budaya demokrasi haruslah diterapkan sejak dini mulai dari keluarga, sekolah lingkungan masyarakat, sampai negara. Penerapan hal-hal yang tergolong dalam unsur budaya demokrasi. Berikut makna kehidupan demokrasi di indonesia:

Unsur unsur demokrasi

Unsur-unsur budaya demokrasi, antara lain :

  1. Persamaan
  2. Toleransi
  3. Kedaulatan Rakyat
  4. Saling Menghormati
  5. Keleluasaan Yang Bertanggung jawab
  6. Solidaritas
  7. Kemanusiaan
  8. Kejujuran
  9. Musyawarah


Budaya demokrasi dengan unsur-unsurnya contohnya yang telah dikemukakan di atas, pasti saja haruslah juga diterapkan di Indonesia yang memiliki prinsip-prinsip demokrasi Pancasila. Sebab sangat disadari bahwa demokrasi telah berkembang dengan pesat di Indonesia, sesuai dengan kepribadian bangsa. Penerapan budaya demokrasi menjadi suatu keniscayaan apabila suatu negara ingin maju.

Makna budaya demokrasi ataupun arti pentingnya bakal dirasakan sendiri oleh warga negara ataupun masyarakat dengan cara umum. Makna budaya demokrasi di Indonesia diuraikan di bawah ini berdasarkan penerapannya di keluarga, di sekolah, di lingkungan masyarakat & makna budaya demokrasi dalam berbangsa & bernegara.

Makna Budaya Demokrasi dalam kehidupan Keluarga

Kehidupan keluarga yang tidak menerapkan budaya demokrasi ataupun akibat kekurangan menerapkan demokrasi bakal dirasakan tidak enjoy. Sebab makna budaya demokrasi bagi keluarga yang merupakan dasar pengembangan setiap individu, antara lain :


  1. Menambah rasa kasih sayang antar sesama anak buah keluarga inti (kakak & adik, orang tua & anak, suami & isteri). Selanjutnya, hal ini bakal berkembang terhadap keluarga besar.
  2. Terjalinnya komunikasi yang bersahabat & harmonis. Segala sesuatu bisa disampaikan dalam keluarga, akibatnya individu dalam keluarga tidak bakal mencoba berkomunikasi di jalan yang salah.
  3. Terbinanya kerukunan antar sesama anak buah keluarga, sebab setiap perpersoalanan yang ada di dalam keluarga & dengan orang lain di luar keluarga inti diberakhirkan dengan musyawarah.
  4. Memotivasi pada setiap anak buah keluarga untuk semakin berprestasi dengan belajar & bekerja giat.
  5. Menambah rasa tanggung jawab semua anak buah keluarga dengan peran & tugasnya masing-masing.
  6. Sebagai dasar pendidikan karakter


Makna Budaya Demokrasi dalam Kehidupan Sekolah

Di sekolah, budaya demokrasi bisa dilaksanakan oleh semua warga sekolah. Yang tergolong warga sekolah yaitu siswa, guru, Kepala Sekolah, karyawan sekolah, penjaga sekolah, orang tua, & semua yang bekerja di dalam sekolah. Makna budaya demokrasi yang diterapkan di sekolah sebagai ilmu dari hakikat pendidikan kewarganegaraan, antara lain :


  1. Menambah rasa kepedulian siswa terhadap sesama warga sekolah
  2. Memotivasi terhadap semua siswa untuk belajar & bekerja giat meraih prestasi seoptimal mungkin sesuai bidang performanya.
  3. Menambah rasa kasih sayang antara sesama warga sekolah, bagus itu sesama siswa, siswa dengan guru, siswa dengan karyawan sekolah, & sebagainya.
  4. Kegiatan belajar membimbing di sekolah bakal berlangsung lebih lancar sebab peneraan budaya demokrasi menghasilkan ketertiban di sekolah.
  5. Terjalinnya komunikasi yang bagus antara semua warga sekolah dengan cara timbal balik berkah adanya keleluasaan mengeluarkan pendapat yang bertanggung jawab.
  6. Menambah keamanan & ketertiban di sekolah
  7. Terwujudnya kehidupan yang demokratis di sekolah sebagai bagian dari pendidikan bagi semua warganya.
  8. Mencegah tindak kekerasan di sekolah sebab semua persoalan diberakhirkan dengan musyawarah, begitu pula tindak kekerasan dengan sekolah lain


Makna Budaya Demokrasi di Kehidupan Masyarakat

Lingkungan masyarakat merupakan lingkungan yang lebih luas & keberagaman yang lebih majemuk daripada keluarga & sekolah. Dalam masyarakat seseorang bakal menemukan kehidupan yang sebetulnya. Oleh sebab itu, budaya demokrasi dalam masyarakat contohnya ini penting. Makna budaya demokrasi di lingkungan masyarakat, antara lain:


  1. Sesama anak buah masyarakat terjalin komunikasi yang bagus & dua arah
  2. Mencegah tindak kekerasan antar sesama warga
  3. Menghapus rasa saling curiga dalam masyarakat yang bakal merusak persatuan
  4. Menambah keamanan & ketertiban di masyarakat
  5. Menambah rasa kebersamaan & gotong royong untuk kepentingan bersama
  6. Menambah rasa kasih sayang & saling menghormati & menghargai antar sesama anak buah masyarakat.
  7. Memotivasi individu masyarakat untuk bekerja & belajar lebih giat supaya dihargai dalam masyarakatnya


Makna Budaya Demokrasi dalam Kehidupan Berbangsa & Bernegara

Budaya demokrasi yang telah mengakar dari keluarga bakal sangat dirasakan akibatnya pada kehidupan berbangsa & bernegara yang lebih bagus. Di mana masyarakat bisa dikatakan sejahtera ataupun masyarakat madani. Tetapi, budaya demokrasi masih haruslah dilaksanakan dalam kehidupan bernegara. Sebagai perwujudan budaya demokrasi di tingkat lebih bawah. Makna budaya demokrasi tersebut, yaitu :


  1. Menghapus rasa saling curiga dalam anak buah masyarakat dengan tujuan menjaga persatuan & kesatuan
  2. Meningkatnya keamanan & ketertiban negara.
  3. Terjalin komunikasi dua arah yang bagus, antar sesama warga negara ataupun antara rakyat & pemerintahannya.
  4. Lancarnya penyelenggaraan pemerintahan sebab pejabatnya yang jujur & bertanggung jawab.
  5. Meminimalisir segala macam tindak kekerasan yang ada sebab semua persoalan data diberakhirkan dengan musyawarah.
  6. Memotivasi terhadap semua rakyat & pejabat negara untuk lebih giat bekerja jadi dihargai oleh rakyat & negaranya.
  7. Mempercepat proses pembangunan demi tercapainya tujuan bersama


Sekian postingan hari ini tentang makna budaya demokrasi dalam kehidupan keluarga, sekolah, masyarakat, berbangsa & bernegara. Tapi Makna yang sangat penting sebab berhubungan dengan kelancaran mencapai tujuan pembangunan nasional contohnya yang tertera di pokok pikiran dalam pembukaan UUD 1945.

Nah itulah nilai dan budaya demokrasi di indonesia, semoga dengan adanya artikel materi budaya demokrasi ini dapat membantu PR anda.

Latihan:
1. sebutkan prinsip-prinsip yang terkandung dalam demokrasi
2. hakikat demokrasi
Loading...

0 Response to "37 Makna Budaya Organisasi di Keluarga, Masyarakat, Berbangsa"

Posting Komentar

Komentar Sopan Akan di Approve