√ Prinisp Persatuan & Kesatuan + Makna Persatuan & Kesatuan Indonesia

√ Prinisp Persatuan & Kesatuan + Makna Persatuan & Kesatuan Indonesia
Lambang Negara Persatuan NKRI
Hubungan persatuan dan kesatuan - Mengenai persatuan & kesatuan bangsa Indonesia tidak hanya makna nya kita juga haruslah memahami prinsip-prinsip yang haruslah dicermati & direnungi jadi bisa mengamalkannya di dalam kehidupan kita sebagai warga negara Indonesia.

Wajib baca:



Jadi kenapa mengapa persatuan sangat penting bagi bangsa indonesia?

1. Prinsip Keleluasaan yang Bertanggungjawab

Kebebasan yang bertanggung jawab berarti setiap orang diberikan keleluasaan untuk bertindak & bersikap sesuai dengan kemauannya, pastinya tanpa menyalahi Hak Asasi Manusia jadi orang yang melakukan keleluasaan tersebut haruslah bisa bertanggungjawab.

Sehingga akhirnya tidak hingga memenyesalkan orang lain.apabila hingga memenyesalkan orang lain maka haruslah berani menerima seluruh konsekuensi yang dilakukan.

2. Prinsip Wawasan Nusantara

Wawasan Nusantara ialah cara pandang beserta sikap bangsa Indonesia mengenai diri & bentuk geografis berdasarkan Pancasila & Undang-undang Dasar 1945.

Dalam pelaksanaan wawasan nusantara, kesatuan wilayah & bhineka tunggal ika sangat diutamakan guna mencapai tujuan nasional.

Fungsinya yaitu sebagai pedoman, dorongan, motivasi, & rambu-rambu dalam menentukan keputusan, kebijaksanaan, sekaligus lakukanan bagus bagi penyelenggara negara di tingkat daerah & pusat bagi kehidupan di masyarakat, bangsa, & negara.

3. Prinsip Persatuan Pembangunan untuk Mewujudkan Cita-Cita Reformasi

Mengapa persatuan sangat penting bagi indonesia? Arti negara kesatuan ialah kita sebagai warga Negara Indonesia haruslah sanggup mengisi kemerdekaan & melanjutkan pembangunan dengan stasiun akhir masyarakat yang adil & makmur. Pembangunan nasional dimodali dengan rasa persatuan

Kesimpulan yang bisa kita bisa dari penjelasan diatas bahwa arti, makna, & prinsip persatuan & kesatuan bangsa, serta landasan hukum haruslah semakin contohnya rantai yang sambung menyambung jadi persatuan & kesatuan bangsa Indonesia bakal semakin terjaga.

4. Prinsip Bhineka Tunggal Ika

Apa contoh prinsip Bhineka Tunggal Ika? Contohnya yang kita ketahui bahwa bangsa kita sangat kaya bakal budaya sebab terdiri dari beragam bahasa, agama, suku, budaya kebiasaan masyarakat.

Prinsip ini mewajibkan kita bersatu dalam Bangsa Indonesia, & contohnya yang kita tahu bahwa Bhineka Tunggal Ika ialah semboyan bangsa Indonesia yang artinya tidak sama-beda tapi masih satu.

5. Prinsip Nasionalisme Indonesia

Persatuan indonesia dan Nasionalisme ialah sikap politik dari masyarakat yang memiliki impian & tujuan yang sama, jadi bangsa ini merasakan adanya kecintaan & loyalitas kepada bangsa tersebut. Bukan berarti saat kita mencintai bangsa ini, kita mendewakan bangsa sendiri.

Nasionalisme Indonesia tidak memaksa kita merasa lebih unggul daripada bangsa lain, tidak memaksakan kehendak kepada bangsa lain, sebab pandangan kepada bangsa yang berlebihan (terlalu cinta dengan bangsa) bakal menciptakan sesuatu yang cenderung tidak bagus.

Makna persatuan dan kesatuan

Selain tersebut landasan hukum persatuan & kesatuan bangsa indonesia juga diperlukan guna mencegah ambruk nya persatuan & kesatuan bangsa yang selagi ini sudah dibuat dengan sulit payah & melalui beberapa macam ujian yang lumayan menggoncang keutuhan bangsa. Jadi makna persatuan dan kesatuan adalah makna sila persatuan indonesia dapat menjadi modal dasar pembangunan nasional pada sila ke 3.

Nah, kenapa mengapa persatuan dan kesatuan penting? dan jelaskan arti penting persatuan dan kesatuan bagi bangsa indonesia. Berikut Prinsip-Prinsip Persatuan & Kesatuan Bangsa (prinsip bhineka tunggal ika)

Latihan:

  1. sebutkan tiga manfaat persatuan dan kesatuan bangsa
  2. sebutkan prinsip-prinsip dalam menjaga rasa persatuan dan kesatuan masyarakat
  3. sebutkan sikap dan perilaku yang mencerminkan komitmen persatuan
  4. sebutkan upaya menjaga keutuhan nkri secara eksternal dan internal

Belum ada Komentar untuk "√ Prinisp Persatuan & Kesatuan + Makna Persatuan & Kesatuan Indonesia"

Posting Komentar

Silahkan bertanya jika kurang mengerti

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel