12 Penyebab Anak Malas Belajar dan Solusinya

Loading...
Loading...
12 Penyebab Anak Malas Belajar dan Solusinya

12 Penyebab Anak Malas Belajar dan Solusinya - Anak- anak memiliki jiwa yang tetap labil. Anak- anak ini mengalami perubahan mood dengan cepat. Terkadang anak- anak bakal merasa bersemangat, tetapi sesudah tersebut anak- anak bakal dengan cepat berubah moodnya menjadi malas.

Sama saat anak- anak belajar di sekolah. Terkadang anak- anak bakal merasa sangat bersemangat saat belajar bersama kawan- kawannya, tetapi terkadang anak- anak merasa malas untuk pergi ke sekolah & bakal menjadi penyebab anak sekolah menjadi malas belajar.

Apabila hal ini hanya terjadi dalam jangka waktu pendek, ini tetap merupakan sesuatu yang wajar yang menimpa anak- anak. Tetapi yang butuh dikhawatirkan, saat anak- anak merasa malas pergi ke sekolah dalam jangka waktu yang tidak banyak lama.

Hal ini pasti bakal mempengaruhi kondisi & performa otaknya. Orang tua haruslah lebih memperhatikan anak- anaknya saat ia mulai malas & tidak semangat pergi ke sekolah, terlebih dalam jangka waktu yang lumayan lama.

Kita butuh mengenal apa saja yang menjadi penyebab Anak Sekolah Menjadi Malas belajar.  Tahukan Kamu bahwa ada beberapa hal yang menyebabkan anak- anak menjadi malas pergi ke sekolah, diantaranya ialah:

1. Beban dari sekolah terlalu banyak

Terkadang yang membuat anak malas belajar di sekolah ialah sistem belajar yang diterapkan di sekolahan tersebut sendiri yang membuat anak keberatan, terutama anak- anak yang tetap usia SD kelas 3 kebawah. Anak- anak yang terbukti naluri aslinya untuk bermain, tiba- tiba disekolah haruslah belajar beberapa mata pelajaran yang jumlahnya mencapai 6 hingga 7 pelajaran yang tidak sama- beda setiap harinya.

Terlebih apabila pelajaran yang diajarkan menuntut pikiran keras dari anak, contohnya menghitung & juga menghafal, hal ini pasti saja bakal membuat anak menjadi kelelahan. Sebab sistem belajar di sekolah yang melelahkan ini membuat anak menjadi malas untuk pergi sekolah. Anak bakal merasa tertekan dengan beberapa tugas dari sekolah yang bakal mengurangi waktu kebahagiaannya.

2. Sistem megajar yang tidak hebat dari guru 

Tidak seluruh mata pelajaran di sekolah disukai oleh anak- anak. Anak- anak cenderung menyukai mata pelajaran yang membutuhkan banyak kreativitas & juga gerak tubuh. Anak- anak pada dsarnya memiliki sifat aktif.

Saat anak haruslah duduk diam & mendengarkan guru membahas pelajaran di kelas tanpa meperbuat hal apapun, maka anak cenderung menjadi bosan. Saat bosan ini menyerang anak- anak, maka anak- anak pun dengan nalurinya bakal membuat kesibukan sendiri, contohnya bermain sesuatu ataupun berkata dengan kawan- kawannya.

Saat guru yang sedang menerangkan kog melarang ataupun menegur anak- anak atas sikapnya tersebut, maka anak- anak bakal merasa kesal jadi ia malah menjadi malas pergi ke sekolah.

3. Orientasi anak tersebut bukan pada bidang akademis

Tidak seluruh orang memiliki keberminatan pada bidang yang sama contohnya yang lainnya. Banyak orang yang menyukai belajar & berminat pada mata pelajaran contohnya matematika, sains, bahasa Inggris, bahasa Indonesia & lain sebagainya.

Tetapi sebagian orang memiliki keberminatan pada bidang lain contohnya olahraga, seni, gambargrafi, & lain  sebagainya. Jadi, apabila anak Kamu merupakan anak yang malas untuk pergi ke sekolah, cobalah pahami dulu apa bidang yang dirinya sukai. Kamu bisa melihat bidang- bidang yang disukai oleh anak Kamu dari kegemaran yang yang dirinya punyai.

Apabila anak Kamu termsuk orang yang memiliki kegemaran ataupun keberminatan bukan di bidang akademis umum, berarti sebuah kewajaran apabila anak Kamu malas untuk bekar di sekolah.

4. Ada gangguan fisik

Saat anak Kamu malas untuk belajar di sekolah, cobalan perhatikan apakah anak Kamu memiliki gangguan fisik yang bisa membuat anak menjadi tidak enjoy saat belajar? Contohnya pengamatan yang tidak jelas, pendengaran yang tidak jelas, & lain sebagainya.

5. Ada persoalan dengan kawan ataupun lingkungan sekolah yang tidak mendukung

Lingkungan merupakan faktor yang sangat penting untuk membangun semangat belajar. Saat lingkungan sekolah tidak mendukung, maka bakal menyebabkan anak menjadi malas untuk pergi ke sekolah apalagi untuk belajar di sekolah.

Orang tua butuh mengenal gimana pergaulan anak di sekolah, gimana hubungannya dengan kawan- kawannya. Ada anak yang rutin menjadi bahan olok- olokan oleh kawan- kawannya, hal ini bakal membuat anak tersebut drop & tidak pede menghadapi lingkungannya jadi berujung pada kemalasan pergi ke sekolah.

6. Ada persoalan keluarga

Persoalan keluarga bakal membuat anak menjadi tertekan jadi dirinya malas belajar bagus di sekolah maupun di rumah jadi diperlukan peran orang tua dalam mendidik anak.

7. Tidak ada tokoh yang menjadi panutan

Salah satu motivasi anak rajing belajar ialah ingin bersaing dengan kawannya. Apabila di kelas tersebut tidak ada tokoh yang menjadi panutan ataupun tokoh yang diajak menjadi pesaing, hal ini bakal menyebabkan anak menjadi kehilangan salah satu sumber motivasinya.

8. Terlalu banyak fasilitas yang didapatkan

Anak kalau terlau dimanja & disediakan banyak fasilitas yang memanjakan, malah justru bakal membuat anak tersebut malas belajar. Fasilitas tersebut contohnya gadget, & lain sebagainya.

9. Kecanduan ke Warnet
10. Kecanduan Cabut Sekolah
11. Punya pacar
12. Kecanduan main gadget


Itulah beberapa hal yang membuat anak menjadi malas pergi ke sekolah. Tetap banyak sekali hal- hal yang memicu anak menjadi malas untuk pergi ke sekolah tidak hanya hal- hal diatas. Lalu, gimana menindaklanjuti anak supaya kembai semnagt untuk pergi ke sekolah?

Hal- hal Mendorong Anak untuk Semangat Belajar di Sekolah

Ada beberapa hal yang bisa diperbuat untuk mendorong anak- anak supaya semangat pergi & belajar di sekolah.
  1. Sekolah sering mengadakan lomba
  2. Berikan reward terhadap anak yang rajin pergi ke sekolah tanpa membolos
  3. Sekolah butuh menerapkan cara membimbing yang luar biasa
  4. Bangunan sekolah yang luar biasa
  5. Banyak fasilitas yang disediakan di sekolah
  6. Pembimbing ataupun guru yang ramah bagi anak
  7. Sekolah yang mementingkan evaluasi

Itulah penyebab anak malas belajar di sekolah dan hal- hal yang bisa membangkitkan semangat anak- anak untuk belajar di sekolah. Apabila anak Kamu ialah salah satu anak yang kekurangan semangat, cobalah meperbuat beberapa hal diatas yang bisa Kamu perbuat.
Loading...

0 Response to "12 Penyebab Anak Malas Belajar dan Solusinya"

Posting Komentar

Komentar Sopan Akan di Approve