Loading...

15 Contoh Sikap Kepahlawan Dalam Kehidupan Sehari-Hari & Penjelasan

Loading...
15 Contoh Sikap Kepahlawan Dalam Kehidupan Sehari-Hari & Penjelasan

Contoh sikap kepahlawanan dalam kehidupan sehari hari - Apa yang ada dalam pikiran kalian ketika kami berkata mengenai pahlawan? Sebagian besar dari kalian pasti teringat bakal pahlawan yang berjuang melawan penjajah demi kemerdekaan bangsa Indonesia. pahlawan yang membawa senjata & maju ke medan pertempuran untuk mengusir penjajah.

Jika terbukti tersebut yang ada di pikiran kalian, lalu gimana dengan ketika ini? Perang & perjuangan melawan penjajah demi kemerdekaan sudah tidak ada di negeri ini. Kami telah hidup dalam negara yang merdeka.

Wajib baca: Sejarah & Biografi Pahlawan Suprapto dan Siswondo Parman

Lalu kemana perginya para pahlawan? Apakah semua tindak kepahlawanan juga berhenti pada ketika Indonesia telah meraih kemerdekaannya?

Makna Pahlawan


Dalam postingan ini kami bakal membehas mengenai contoh sikap kepahlawanan dalam kehidupan sehari-hari. Bakal tetapi, lebih dahulu kami mungkin kami butuh memperjelas lagi, apa tersebut pahlawan & sikap kepahlawanannya.

Kata pahlawan ketika ini mungkin juga telah mengalapi butuhasan makna. oleh sebab itu, mungkin lebih banyak peran yang mungkin juga bisa dikatakan sebagai pahlawan dengan sikap kepahlawanannya.

Dengan cara etimologi, pahlawan berasal dari kata dalam bahasa Sansekerta phala yang berarti buah ataupun hasil yang berguna bagi orang banyak, & wan yang berarti orang. Dari dua kata tersebut, phala-wan yang pada akhirnya menjadi istilah pahlawan berarti seseorang yang menghasilkan sesuatu yang berguna bagi orang banyak, tergolong negara.

Wajib baca: Profil & Biografi Jendra Ahmad Yani (1922-1965) sebagai Pahlawan Penolak G30S/PKI

Negara Republik Indonesia mempunyai definisi sendiri mengenai pahlawan. Hal tersebut dijelaskan dalam Peraturan Presiden Republik Indonesia nomor 33 tahun 1964 mengenai pahlawan beserta kebijakan untuk menetapkan, memberi apresiasi , & pembinaan terhadap pahlawan. Sedangkan dalam Bab I Pasal 1 dari Peraturan Presiden tersebut dijelaskan bahwa yang dimaksud dengan pahlawan ialah:


  1. Warga Negara Republik Indonesia yang gugur ataupun tewas ataupun meninggal dunia akibat tindak kepahlawanannya yang lumayan mempunyai mutu & kualitas jasa perjuangan & kualitas jasa perjuangan dalam sebuah tugas perjuangan untuk membela bangsa & Negara.
  2. Warga Negara Republik Indonesia yang tetap dridhoi dalam keadaan hidup setelah melakukan tindak kepahlawanannya yang lumayan membuktikan jasa pengabdian dalam sebuah tugas perjuangan untuk membela Negara & bangsa & dalam riwayat hidup selanjutnya tidak ternoda oleh sebuah tindak ataupun lakukanan yang menyebabkan menjadi cacat kualitas perjuangan sebabnya.


Itu semua ialah definisi & pembatasan pahlawan dalam konteks kehidupan berbangsa & bernegara. Dari definisi tersebut, kami bisa hebat garis bawah bahwa pahlawan sangat erat kaitannya dengan perjuangan.

Perjuangan ialah satu hal yang bisa melukiskan sikap kepahlawanan.jika kami berkata mengenai perjuangan, sebetulnya tidak hanya pahlwan dalam konteks tersebut yang berjuang & diberi nama pahlawan.

Hal ini sebabn dalam kehidupan sehari – hari kami juga sering menemukan sebuah wujud perjuangan. Oleh sebab itu, kami juga bisa menemukan contoh sikap kepahlawanan dalam kehidupan sehari – hari. Hal tersebut juga sejalan dengan Sikap Patriotisme & Nasionalisme dalam Kehidupan Sehari-hari

Contoh dari Sikap Kepahlawanan Dalam Kehidupan Sehari – Hari


lalu apa sajakah contoh sikap kepahlawanan dalam kehidupan sehari hari ? berikut ialah berbagai seperti:

1. Guru memberikan ilmu terhadap para siswa


Guru juga sering disebut sebagai pahlwan tanpa tanda jasa. Hal tersebut sebab guru melakukan hal yang paling mendasar, yaitu mendidik. Guru mendidik orang – orang yang tadinya bukan siapa- siapa menjadi seseorang yang berharga.

Bakal tetapi, seberapa besar perjuangan guru dalam mendidik, guru tidak mendapat apresiasi  jasa seperti halnya pahlawan dengan seragam militer yang mempunyai tanda pangkat & jasa. Seberapa berhasil guru & anak didiknya, guru tetaplah dikenal sebagai guru, yang semakin membagikan ilmunya, tanpa takut habis, demi kemajuan pendidikan nasional.

Guru juga tidak sempat lupa memberikan Pendidikan Karakter Di Sekolah terhadap siswanya.

2. Orang tua mencari nafkah demi anaknya


Orang tua yang mencari nafkah demi anak & keluarga adlah sebuah perbuatan mulia. Hal tersebut terbukti sudah menjadi kewajiban dari semua orang tua, bakal tetapi orang tua tidak bakal sempat meminta ganti ataupun balasan bagus sevara material ataupun moral.

Orang tua pada umumnya hanya bakal merasa tersanjung ketika keluarga & anaknya tersanjung sebab  mempunyai kehidupan yang layak. Dalam mencari nafkah tersebut, tidak jarang orang tua haruslah melewati perjuangan & pengabdian demi kelanjutan hidup keluarga.

3. Siswa belajar untuk meraih cita – cita & memajukan pendidikan nasional


Meskipun siswa ialah warga negara yang tetap dalam tahap belajar, bukan berarti siswa tidak bisa menunjukkan sikap kepahlawanan. contoh sikap kepahlawanan dalam kehidupan sehari – hari yang dilakukan siswa ialah dengan pantang menyerah.

Seperti yang kami tahu, siswa yang biasanya merupakan generasi muda juga disebut sebagai tunas bangsa. Hal ini bermaksud bahwa siswa- siswa yang ada ketika ini ialah orang – orang yang bakal menentukan kemajuan negara kelak.

Perjuangan siswa dalam belajar sungguh – sungguh demi cita – cita nya merupakan sikap contoh sikap kepahlawanan untuk diri sendiri & juga untuk negara di masa yang bakal datang.

4. Memberikan donor darah


Donor darah ialah salah satu contoh sikap kepahlawanan dalam kehidupan sehari-hari, terutama dalam hal kemanusiaan. Hal ini sebab donor darah bisa menyelamatkan kehidupan orang – orang yang membutuhkan.seperti yang kami tahu, memperoleh donor darah bukanlah hal yang mudah.

Oleh sebab itu, seseorang yang dengan rela mendonorkan darah tanpa diminta ataupun dipaksa telah menunjukkan contoh sikap kepahlawanan dalam kehidupan sehari – hari.

5. Menolong korban bencana alam


Pada ketika terjadi bencana alam, sedikit orang yang tergerak untuk ikut menolong, terutama bagi orang dengan tingkat simpati & empati yang rendah. Menolong korban bencana alam bukan berarti kami haruslah terjun langsung menolong di lokasi bencana.

Kami bisa menolong menggalang dana ataupun mengumpulkan bantuan untuk lalu diberikan terhadap korban bencana melewati tubuh penyalur bantuan yang bisa dipercaya.

6. Warga membersihkan lingkungan kurang lebih dengan ikhlas


Kebersihan lingkungan merupakan tanggung jawab semua warga masyarakat. Bakal tetapi tidak jarang orang bersikap apatis pada kebersihan lingkungan & bahkan merasa tidak tanggung jawab. Sebagai akibatnya, bencana alam seperti banjir & tanah longsor bisa terjadi.

Oleh sebab itu, ketika ada warga yang mau membersihkan lingkungan kurang lebih dengan ikhlas tanpa disuruh, berarti ia telah menunjukkan contoh sikap kepahlawanan dalam kehidupan sehari-hari. Warga tersebut telah berperan dalam usaha melindungi lingkungan & melindungi warga lain dari bencana alam.

7. Menjadi pejabat yang menjalankan peran sesuai tugas pokok & manfaatnya


Ketika ini, banyak kami temukan pejabat yang tertangkap tangan melakukan korupsi. padahal kami tahu, Akibat Korupsi Bagi Negara & Masyarakat benar-benar besar. Korupsi terjadi ketika orang dengan jabatan tertentu menyalahgunakan kekuasaannya & mengambil keuntungan lebih dari yang seharuslahnya ia bisakan.

Hal tersebut pasti saja bakal memenyesalkan pihak lainnya. Tidak hanya itu, korupsi juga sudah jelas merupakan bentuk dari penyimpangan tugas pokok & fungsi pejabat. Disamping korupsi, gratifikasi juga merupakan tindak penyimpangan yang rawan dilakukan oleh pejabat.

Gratifikasi ialah dimana pejabat menyalahgunakan kekuasaan untuk mendapat keuntungan lebih dari orang lain yang membutuhkan bantuan untuk hal yang seharuslahnya tidak dilakukan. Sebagai pejabat seharuslahnya bisa meletakkan kepentingan rakyat diatas kepentingan sendiri maupun golongan.alangkah bagusnya jika pejabat juga bisa bersikap jujur, menahan godaan untuk meraih keuntungan sendiri yang cenderung memenyesalkan orang lain & tetap melaksanakan tugas nya dengan bagus.

8. Menolong orang yang membutuhkan


Menolong orang yang lebih membutuhkan sebetulnya bukanlah perbuatan yang susah dilakukan. Hal tersebut mudah dilaksanakan jika kami mempunyai rasa rela berkorban & keikhlasan. Dalam menolong orang lain yang membutuhkan kami juga tidak boleh mengharap balasan maupun apresiasi.

Menolong dengan mengharap balasan berarti bentuan tersebut tidak ikhlas dilaksanakan.yang seperti kami ketahui, menolong dengan sikap ikhlas & rela berkorban ialah salah satu contoh dari sikap kepahlawanan dalam kehidupan sehari – hari.

Contoh yang sederhana dari ini dalah dengan share bahan makanan pada tetangga yang membutuhkan. Hal tersebut merupakan Contoh Sikap Peduli di Rumah Terhadap Lingkungan.

9. Atlet bertanding dengan kejujukan & sportifitas yang tinggi


Sering kami melihat para atlet bertanding dalam laga internasional dengan membawa nama Indonesia. ketika atlet tersebut memenangkan pertandingan, tidak hanya atlet tersebut yang dipuji, tetapi Indonesia juga ikut mendapat nama bagus.

Hal tersebut sudah jelas merupakan contoh dari sikap kepahlawanan dalam kehidupan sehari – hari sebab atlet telah berjuang demi nama negara. Bakal tetapi kemenangan tersebut tidak aka nada artinya jika diraih dengan cara yang tidak jujur.

Seperti yang kami tahu, kejujuran juga merupakan salah satu sikap kepahlawanan yang wajib kami teladani. Menjunjung tinggi sportifitas juga merupakan hal paling penting dalam pertandingan olahraga. Hal tersebut wajib dimiliki oleh setiap atlet yang bertanding.

10. Aktif dalam organisasi kemasyarakatan


Dengan aktif dalam organisasi kemasyarakatan, kami bisa ikut serta memperjuangkan keadilan sosial bagi semua masyarakat. Hal ini sebab organisasi masyarakat biasanya memperjuangkan hal – hal demi kepentingan & kesejahteraan bersama.

Dalam organisasi kemasyarakatan ini, kami juga bakal dituntut untuk mengembangkan sikap tanggung jawab, rela berkorban & gotong royong. Seperti yang kami tahu, sikap – sikap tersebut tergolong dalam contoh dari sikap kepahlawanan dalam kehidupan sehari – hari yang wajib kami terapkan. Kami juga bisa ikut serta dalam  Organisasi Nasional & Pengerakannya di Indonesia

11. Mencerdaskan Kehidupan Bangsa

12. Menjadi Relawan

13. Membayar Pajak

14. Menjadi Pemimpin Negeri

15. Membuka Lapangan Kerja


Itu semua sikap yang menunjukkan contoh sikap meneladani pahlawan dalam kehidupan sehari – hari. Semoga dengan contoh – contoh diatas kami bisa mengambil pelajaran & meneladaninya. Nah itulah 15 contoh sikap kepahlawanan dalam kehidupan sehari-hari yang mudah diterapkan.

Latihan:
1. Sebutkan contoh perilaku meneladani sikap pahlawan di masyarakat
2. Sebutkan sikap kepahlawanan dan patriotisme yang dapat kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari
Loading...

0 Response to "15 Contoh Sikap Kepahlawan Dalam Kehidupan Sehari-Hari & Penjelasan"

Posting Komentar

Komentar Sopan Akan di Approve