√ TEKS TANTANGAN: Pengertian, Struktur, Kaidah, Contoh Teks Tentang Tantangan BBM

Loading...
Loading...

√ TEKS TANTANGAN: Pengertian, Struktur, Kaidah, Contoh Teks Tentang Tantangan BBM
Faktakah.com - TEKS TANTANGAN merupakan materi pelajaran bahasa Indonesia yang bakal kami bahas hari ini. Adapun kini yang bakal kami bahas mengenai teks tantangan ini bukan hanya arti nya saja, tapi juga lengkap dengan struktur teks, kaidah kebahasaan, & juga contoh teks tantangan kenaikan BBM.

Pengertian Teks Tantangan

Teks tantangan ialah teks yang berisi informasi yang memuat bantahan kepada sebuah hal yang persengketaanal yang sedang berkembang di masyarakat yang dibekali dengan argumen & data-data yang bisa memperkuat bantahan tersebut. Teks tantangan ini biasanya ada & menjadi penyangga dalam debat.

Struktur Teks Tantangan

Struktur teks tantangan merupakan cara ataupun bagian-bagian yang membangun teks tersebut. Tetap banyak diantara yang belum mengenal bahwa teks tantangan disusun oleh isu ataupun pengantar, argumen, & juga simpulan. Untuk lebih jelasnya bisa sahabat lihat dibawah.

  1. Pengantar, merupakan bagian yang berisi mengenai topik yang bakal dibantah, sering juga disebut sebagai isu.
  2. Argumen, struktur teks yang berisi rangkaian bukti ataupun alasan yang bertujuan untuk mendukung bantahan.
  3. Simpulan,  berisi pernyataan yang menegaskan bantahan.

Kaidah Kebahasaan Teks Tantangan

Teks tantangan mempunyai empat kaidah kebahasaan, untuk lebih jelasnya simak dibawah ini.
  1. Kalimat kompleks, merupakan kalimat yang mempunyai lebih dari satu struktur & satu verba.
  2. Kata rujukan, merupakan kata yang memperlihatkan rujukan sebagai pemberi informasi.
  3. Kata hubung, kata yang bertujuan untuk menghubungkan kata.
  4. Opsi Kata, supaya gagasan teks bisa disampaikan dengan bagus.

Contoh Teks Tantangan

Kenaikan Harga BBM Disambut Aksi Demo

Demo kenaikan BBM belum berhenti. Hari ini Aliansi Rakyat Bali Tolak Kenaikan BBM mendesak Presiden Joko Widodo (Jokowi) mencabut Surat Keputusan Menteri ESDM No.2486/K/12/MEN/2015 mengenai Kenaikan Harga BBM. Kenaikan harga BBM dikualitas membebani mayoritas masyarakat.

“Kebijakan nonpopulis ini bukti wajah orisinil siapa Pemerintah ketika ini, yang tidak bisa mengambil kebijakan tanpa melukai hati rakyat & menyengsarakan kehidupan yang terus susah ini,” ucap Koordinator Aliansi Rakyat Bali Tolak, Ni Wayan Sita Metri ketika berunjukrasa di Denpasar, Minggu (29/3/2015).

Ia mekualitas kenaikan harga BBM yang dimulai sejak Sabtu kemarin, pukul 00:00 WIB tidak mempunyai dasar perhitungan yang kuat. Karena harga minyak mentah dunia ketika ini hanya USD 59,19 per barrel.

Sementara itu Juru Bicara Aliansi Rakyat Bali Tolak Kenaikan BBM, Retno berkata, kenaikan BBM menunjukkan kekayaan energi Indonesia tetap dikontrol asing. Ia juga menuding Pemerintahan Jokowi belum sanggup mengangkat Indonesia mandiri dalam mengelola kekayaanya alamnya.

Ketika ini kekayaan alam Indonesia atas sumber Energi tetap dikuasai oleh Asing, jadi Pemerintahan Jokowi-JK membuat kebijakan yang mengikuti alur keinginan di International,” tutur Retno, juru bicara Aliansi tersebut.

Sebelumnya unjuk rasa kenaikan BBM juga terjadi di sejumlah daerah. Contohnya di Jakarta & Yogyakarta.

Nah itulah postingan materi teks tantangan. Semoga PR materi teks tantangan dengan melihat pengertian teks tantangan, struktur teks tantangan, kaidah teks tantangan dan contoh teks tantangan diatas. Apabila ingin bertanya mengenai contoh teks tantangan tentang sekolah, pendidikan, narkoba dan sampah, silakan ketik di komentar dibawah.

Terima kasih telah membaca postingan teks tantangan. Baca Juga:


Bagi sahabat yang ingin copas isi postingan pengertian teks tantangan, struktur teks tantangan, kaidah teks tantangan dan contoh teks tantangan, maka diinginkan untuk cantumkan sumber dengan Link Aktif Menuju ke Postingan Ini, apabila tidak dicantumkan, maka blog sahabat bakal saya laporkan ke DMCA.
Loading...

0 Response to "√ TEKS TANTANGAN: Pengertian, Struktur, Kaidah, Contoh Teks Tentang Tantangan BBM"

Posting Komentar

Komentar Sopan Akan di Approve