Loading...

Rangkuman Ancaman Disintegrasi Bangsa Kelas 12

Loading...
Faktakah.com - Ancaman disintegrasi bangsa . Halo sobat, pada peluang ini saya bakal menulis suatu postingan mengenai Upaya Bangsa Indonesia Dalam Menghadapi Ancaman Disintegrasi Bangsa. Meskipun materi ini belum dijelaskan dikelas saya, namun saya ingin menulis materi upaya bangsa indonesia supaya saya bisa belajar terlebih dahulu sebelum guru saya menerangkan. Yuk kita simak materi perjuangan menghadapi ancaman disintegrasi bangsa kelas 12.

Perjuangan menghadapi ancaman disintegrasi bangsa


Rangkuman Ancaman Disintegrasi Bangsa Kelas 12

Pengertian Disintegrasi bangsa

Pengertian disintegrasi bangsa adalah upaya yang dilakukan seseorang/sekelompok orang untuk menghancurkan bangsanya sendiri

Contoh Disintegrasi Bangsa pada Masa Lampau

Masih ingatkah kamu denga peristiswa G30-S/PKI? Siapa saja yang menjadi korban dari momen G30-S/PKI? Para perwira yang menjadi korban G30-S/PKI ialah Letnan Jenderal Ahmad Yani, Mayor Jenderal R. Suprapto, Mayor Jenderal Haryono Mas Tirto darmo, Mayor Jenderal Siswondo Parman, Brigadir Jenderal Donald Izacus Panjaitan, & Brigadir Jenderal Sutoyo Siswomiharjo.
Gerakan 30 Semptember juga meperbuat penculikan kepada ceo Angakatan Darat di Yogyakarta yang anti-PKI, yaitu Komandan Korem 072 Yogyakarta Kolonel Kotamso & Kepala Staf Korem 072 Letnan Kolonel Sugiyono.

Selain G30-S/PKI tetap ada pergolakan & pemberontakan didalam negeri yang mengancam keutuhan Negara Republik Indonesia. Pergolakan & pemberontakan tersebut contohnya pemberontakan PKI Madiun tahun 1948, pemberontakan Angkatan Perang Ratu Adil (APRA), pemberontakan Andi Azis, Gerakan Republik Maluku Selatan ( RMS), gerakan DI/TII, pemberontakan Pemerintah Revolusioner Republik Indonesia (PRRI), & pemberontak Piagam Perjuangan Rakyat Semesta (Persemesta).
Untuk lebih jelasnya pelajari materi berikut.


Perjuangan menghadapi ancaman disintegrasi bangsa

Dalam upaya mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia, pemerintah Indonesia menghadapi beberapa pergolakan & pemberontakan dari dalam negeri. Pergolakan & pemberontakan tersebut mengancam keutuhan negara. Pemerintah Indonesia berusaha menanggulangi pergolakan & pemberontakan tersebut. Berikut pergolakan & pemberontakan yang mengancam keutuhan negara.

Pemberontakan PKI Madiun

Tahukah sahabat gimana awal terjadinya pemberontakan PKI Madiun & siapa yang memimpin pemberontakan? Terjadinya pemberontakan PKI Madiun berawal dari upaya yang diperbuat oleh Amir Syarifuddin untuk menjauhkan Kabinet Hatta. Untuk hal tersebut, Amir Syarifuddin… Baca selengkapnya:
  1. Pemberontakan Darul Islam/Tentara Islam Indonesia (DI/TII)
  2. Pemberontakan DI/TII di Jawa Barat
  3. Pemberontakan DI/TII di Jawa Tengah
  4. Pemberontakan DI/TII di Kalimantan Selatan
  5. Pemberontakan DI/TII di Sulawesi Selatan
  6. Pemberontakan DI/TII di Aceh
  7. Peberontakan APRA (Angkatan Perang Ratu Adil)
  8. Pemberontakan Andi Azis
  9. Gerakan Republik Maluku Selatan (RMS)
  10. Pemberontakan PRRI/Persemesta
  11. G30-S/PKI

Ancaman disintegrasi bangsa saat ini 

Saat ini ancaman disintegrasi bangsa saat ini adalah:
  1. Terorisme
  2. Pembunuhan berantai
  3. Pembunuhan terhadap aparat
  4. Begal
  5. Tawuran
  6. Unjuk rasa
  7. Korupsi
  8. Pemberontakan Aceh
  9. Pemberontakan papua
  10. Pemberontakan maluku
Nah itulah postingan materi sejarah lmateri perjuangan menghadapi ancaman disintegrasi bangsa kelas 12. Semoga PR materi ancaman disintegrasi bangsa bisa terlesaikan dengan melihat rangkuman ancaman disintegrasi bangsa diatas. Apabila ingin bertanya mengenai ancaman disintegrasi bangsa ppt, silakan ketik di komentar dibawah.

Terima kasih telah membaca postingan perjuangan menghadapi ancaman disintegrasi bangsa. Baca Juga:


Bagi sahabat yang ingin copas isi postingan ancaman disintegrasi bangsa saat ini, maka diinginkan untuk cantumkan sumber dengan Link Aktif Menuju ke Postingan Ini, apabila tidak dicantumkan, maka blog sahabat bakal saya laporkan ke DMCA.
Loading...

0 Response to "Rangkuman Ancaman Disintegrasi Bangsa Kelas 12"

Posting Komentar

Komentar Sopan Akan di Approve