Loading...

√ HAK & KEWAJIBAN: Pengertian, Perbedaan dan Contohnya

Loading...
√ HAK & KEWAJIBAN: Pengertian, Perbedaan dan Contohnya

Perbedaan hak & kewajiban ialah bahwa, hak mengacu pada apa yang kita peroleh, kewajiban mengacu pada apa yang haruslah kita perbuat. Hak & kewajiban memainkan peran kunci dalam masyarakat manapun.

Hak dan kewajiban inilah yang memperkuat masyarakat, memberinya lebih banyak stabilitas. Mereka juga mengarah pada pengembangan kesadaran sosial orang sebagai makhluk sosial. Hak haruslah dilihat sebagai hak individu contohnya kebebasan.

Kewajiban, di segi lain, ialah tanggung jawab kami sebagai warga negara ataupun individu masyarakat. Ini menyoroti bahwa hak & kewajiban berada pada dua bagian yang saling terkait, tetapi tidak sama di jaringan sosial. Postingan ini bakal memberikan pemahaman yang jelas mengenai perbedaannya contohnya perbedaan antara pelanggaran hak & pengingkaran kewajiban.

Wajib baca:  TEKS PROSEDUR KOMPLEKS YANG BENAR (4 HAL) + 10 Contoh Teks Prosedur

Nah jadi apa pengertian hak dan apa pengertian kewajiban?

Pengertian Hak

Arti hak adalah kepnyaan melakukan sesuatu . Hak memungkinkan orang untuk menyadari apa yang berhak mereka & apa yang tidak berhak mereka perbuat. Di beberapa masyarakat & kelompok budaya, ada beberapa hak. Ini mungkin didukung oleh batasan-batasan sosial, etika ataupun hukum. Saat berkata mengenai hak, seperangkat nilai universal berlaku untuk seluruh manusia terlepas dari kebangsaan , tipe kelamin , adat , agama , ataupun kelompok etnis . Ini dikenal sebagai hak asasi manusia .

Hak asasi manusia berupa hukum yang berlaku bagi seluruh manusia tanpa diskriminasi. Ialah kewajiban seluruh negara untuk menerapkan ini & menciptakan suasana di mana hak asasi manusia bisa dinikmati oleh seluruh orang. Beberapa dari hak ini ialah hak untuk hidup, hak atas persamaan, keleluasaan berekspresi, hak atas pendidikan, hak untuk bekerja, hak untuk menikmati hak ekonomi, budaya, & sosial, dll.

Dipercaya bahwa hak meletakkan dasar bagi fungsi & stabilisasi masyarakat yang manjur. Sebagai contoh, marilah kami mengambil hak anak-anak, contohnya dididik, untuk dicintai & dipelihara. Apabila anak diberi peluang untuk menikmati haknya, dirinya bakal belajar menjadi warga negara yang bagus di masa depan. Saat itulah anak bakal meperbuat kewajibannya terhadap orang lain juga contohnya contoh hak asasi hukum.

Pengertian Kewajiban?

Arti kewajiban adakah sesuatu yang haruslah diperbuat seseorang sebab hukum, kebutuhan ataupun sebab tersebut ialah tugas mereka . Ada beberapa bentuk kewajiban contohnya kewajiban hukum, kewajiban moral, dll. Umpama menghormati orang dewasa, ataupun memelihara orang tua Kamu saat mereka sudah tua, bukanlah kewajiban hukum. Tidak ada hukum yang memaksa Kamu untuk meperbuatnya. Tetapi, mereka ialah kewajiban moral Anda. Sama contohnya hak, kewajiban memainkan peran penting dalam masyarakat.

Apabila individu lebih fokus untuk memperoleh hak mereka tetapi tidak peduli dengan kewajiban mereka, maka individu tersebut bakal menciptakan suasana yang negatif. Oleh sebab itu, orang haruslah menyadari bahwa sama contohnya mereka menikmati hak mereka, mereka haruslah memenuhi kewajiban mereka terhadap orang lain contohnya contoh hak asasi sosial budaya.

Apa perbedaan antara Hak & Kewajiban?


1. Definisi Hak & Kewajiban


  • Hak bisa didefinisikan sebagai untuk mempunyai ataupun melakukansesuatu. Merupakan hak istimewa yang diberikan terhadap masyarakat oleh tubuh pemerintahan.
  • Kewajiban bisa didefinisikan sebagai sesuatu yang haruslah diperbuat seseorang sebab hukum, keharusan ataupun sebab tersebut ialah tugas mereka. Ini ialah tanggung jawab ataupun kewajiban seseorang, oleh tubuh pemerintahan, yang haruslah diperbuat oleh individu tersebut.


2. Manfaat


  • Hak ialah hak yang dimiliki orang.
  • Kewajiban ialah tugas individu yang haruslah diberakhirkan oleh mereka yang diistimewakan oleh hak-hak mereka.


3. Untuk siapa


  • Hak ialah untuk diri sendiri.
  • Kewajiban sebagian besar untuk orang lain.


4. Koneksi ke Masyarakat


  • Hak ialah apa yang kami bisakan dari masyarakat.
  • Kewajiban ialah apa yang kami perbuat untuk masyarakat.


5. Hukum


  • Hak tersebut bisa dipertahankan ataupun ditantang oleh pengadilan.
  • kewajiban warga negara tidak bisa ditantang oleh pengadilan.


6. Dasar


  • Hak ini didasarkan pada hak istimewa yang diberikan terhadap seseorang.
  • Kewajiban ini didasarkan pada akuntabilitas menjalankan tugas oleh seorang individu.


Hak ialah prinsip legal, sosial ataupun etika dari keleluasaan yang orang berhak untuk oleh tubuh yang mengatur, sedangkan tugas ialah tanggung jawab ataupun kewajiban individu, oleh tubuh yang mengatur, yang haruslah diperbuat oleh individu tersebut. Hak & kewajiban ialah dua segi dari valuta yang sama. Yang satu tidak ada tanpa yang lainnya. Tes seseorang mempunyai ‘hak’ untuk sesuatu ialah apakah orang lain mempunyai kewajiban untuk menyediakannya. Kedua istilah ‘benar & tugas korelatifnya’ tidak bisa dipisahkan satu sama lain. Jadi, untuk memahami perbedaan di antara keduanya, kami membedakan kedua istilah tersebut contohnya contoh hak & kewajiban warga negara.

Hak didefinisikan sebagai aturan normatif yang ditetapkan oleh yurisdiksi hukum, & dimiliki oleh rakyat. Hak ialah sesuatu yang setiap manusia pantas bisakan, tidak ada mater dari mana asalnya, ataupun lahir ataupun di mana mereka tinggal. Hak umumnya ditulis dalam undang-undang. Berdasarkan hal tersebut, orang bisa dengan mudah menantang ataupun mempertahankan haknya di pengadilan.

Penting untuk diingat bahwa hak didasarkan pada serangkaian perilaku & tanggung jawab yang disepakati yang diharapkan bisa menghasilkan rasa saling menghormati & kerja sama. Hak bukan hanya hukum yang memungkinkan individu ataupun tubuh yang mengatur untuk meperbuat ataupun berkata apa pun yang mereka inginkan. Ini ialah fondasi ataupun kerangka kerja di mana masyarakat sebagai keseluruhan struktur & mendefinisikan dirinya sendiri. Hal ini dianggap sebagai salah satu pilar yang memungkinkan terbentuknya masyarakat & adat kita.

Pilar lainnya ialah ‘tugas’, sebab setiap hak eksistensi didasarkan pada adanya tugasnya. Istilah ‘tugas’ berasal dari kata ‘jatuh tempo’ yang berarti ‘berhutang seseorang’, ialah istilah yang memberi tau komitmen moral terhadap seseorang ataupun sesuatu. ‘Tugas’ didefinisikan sebagai hal-hal yang haruslah diberakhirkan ataupun diikuti oleh seorang individu. Sangat penting bagi seorang individu untuk meperbuat tugasnya, jadi melindungi haknya untuk kepentingan masyarakat.

Perbedaan mutlak antara hak & kewajiban ialah bahwa hak didasarkan pada hak istimewa yang diberikan terhadap individu, sedangkan tugas didasarkan pada akuntabilitas meperbuat tugas tersebut oleh seorang individu. Sangat penting bagi orang untuk mengisi penuh tugas mereka mematuhi hukum, bayar pajak, melayani di pengadilan, menghadiri sekolah, berpartisipasi dalam pemerintahan, menghormati orang lain, menghormati keragaman, dll. Demikian pula, hak-hak warga negara ialah keleluasaan berbicara, tekan , petisi & perakitan, quartering waran ataupun penangkapan, dll.

Kesimpulannya, perbedaan antara hak & tanggung jawab ialah bahwa hak diberikan terhadap orang untuk melindungi keleluasaan dasar mereka, sedangkan tanggung jawab diberikan terhadap mereka yang bertanggung jawab untuk menegakkan hak-hak tersebut.

Orang-orang mengambil tanggung jawab sebagai ganti hak yang mereka bisakan. Padahal, setiap penyalahgunaan tugas bisa menyebabkan persoalan yang tidak diharapkan. kami percaya pada ketepatan. kami percaya bahwa kata-kata haruslah dipakai dengan cara tepat, sebab memakai mereka dengan sembarangan bisa memunculkan kebingungan & kebingungan.

Satu kata yang dipakai dengan tidak tepat memenyesalkan kami  ialah kata yang tepat . Kata khusus ini butuh dipakai dengan presisi sebab seberapa kuatnya. Ia mempunyai kekuatan untuk memaksakan kewajiban pada orang lain, jadi tersebut haruslah dipakai dengan cara tepat.

Cara sebagian orang memakai kata yang tepat sebetulnya sesuai dengan kata-kata istimewa yang sama sekali tidak sama. Di rumah masa kecil kita, kami diajar, dari saat kami lumayan tua untuk mengerti, alangkah istimewanya itu. Tersebut ialah hak istimewa untuk minum soda pop pada agenda khusus ataupun untuk begadang pada akhir pekan. Tersebut bukan hak.

Itu ialah bantuan khusus yang diberikan terhadap kami oleh orang tua kami & pada beberapa anggaran terhadap mereka. Kami telah melihat kata privilege dipakai sebagai sinonim untuk benar , & kami pikir ini ialah kesalahan besar bahwa siapapun sempat meperbuatnya. kami percaya bahwa dua kata tersebut ada  ataupun paling tidak seharuslahnya makna yang tidak sama. kami berpikir bahwa apabila kami ingin mendefinisikannya dengan jelas & tepat, kami bisa berkomunikasi lebih bagus dalam diskusi yang sangat penting mengenai kekuasaan & keleluasaan pemerintah.

Apa yang benar Berikut ialah karakteristik yang diperlukan untuk terbuktigil sesuatu yang benar:


  1. Ini ialah sesuatu yang dimiliki manusia dengan cara alamiah & inheren. Ini milik Kamu sebab Kamu ialah manusia yang diciptakan menurut foto Allah. Kamu dilahirkan dengan itu.
  2. Itu tidak diberikan terhadap Kamu oleh orang lain & tidak boleh diambil dari Anda. Tidak ada pemerintah yang bisa memberikannya, & tidak ada pemerintah yang haruslah melanggarnya. Apabila pemerintah melanggar hak asasi manusia, tersebut ialah merebut otoritas Tuhan.
  3. Itu universal. Sebab tersebut melekat pada manusia, seluruh manusia mempunyai sifat yang sama.
  4. Itu diakui dengan cara universal ataupun hampir begitu. Sebab seluruh orang ingin haknya diakui oleh orang lain, dengan cara logis dirinya haruslah mengakui hak orang lain.
  5. Ini hanya memberperbuat kewajiban pasif (atau negatif) pada orang lain. Ia berkata apa yang orang lain mungkin tidak perbuat pada Anda.


Berikut ialah karakteristik hak istimewa:


  1. Hak ialah sesuatu yang diberikan terhadap Kamu oleh orang lain.
  2. Biasanya sesuatu yang dimiliki orang tertentu sementara orang lain tidak mempunyainya. Umpama, beberapa orang menerima hak istimewa untuk berangkat ke perguruan tinggi tanpa anggaran apapun terhadap mereka, sementara orang lain haruslah siswa haruslah bayar uang sekolah penuh.
  3. Ini terbuka untuk disengketakan & sering diperdebatkan. Umpama, haruslahkah orang mempunyai hak istimewa perawatan kesehatan gratis? Pertanyaan tersebut tetap bisa diperdebatkan.
  4. Ini membebankan kewajiban aktif (atau positif) pada orang lain. Ia berkata apa yang orang lain haruslah perbuat untuk Anda.


Definisi yang valid untuk dua kata tersebut:


  1. Hak ialah sesuatu yang diklaim oleh hampir seluruh orang & diakui oleh hampir seluruh orang sebagai sifat ataupun nilai manusia yang melekat yang memaksakan kewajiban pasif ataupun negatif pada manusia lain
  2. hak istimewa sesuatu yang orang minta ataupun yang dengan cara sukarela diberikan terhadap orang lain sebagai bantuan khusus yang membebankan kewajiban aktif ataupun positif pada orang yang menyediakannya


Berikut ialah beberapa contoh hak dan kewajiban:


“kita mempunyai hak untuk hidup.” Hidup ialah satu hal yang jelas milik setiap orang. Tuhan memberikannya terhadap kita. Tidak ada yang mau mati. Setiap orang mempunyai naluri bersi kukuh hidup. Kami seluruh sangat setuju bahwa setiap orang mempunyai hak itu.

Itulah mengapa masyarakat mempunyai hukum terhadap pembunuhan. Terbukti, hak untuk hidup membebankan kewajiban pada orang lain untuk tidak meperbuat pembunuhan. Hal yang terpenting untuk dicatat ialah bahwa mengklaim hak untuk hidup tidak memberatkan orang lain tidak hanya meninggalkan Kamu sendirian. Ini ialah sesuatu yang bisa Kamu tuntut dari orang lain tanpa memenyesalkan mereka ataupun melanggar hak-hak mereka.

Bahkan pembunuh mengakui hak untuk tidak dibunuh. Kebanyakan dari mereka tidak ingin dibunuh sendiri. Mereka tidak ingin orang yang mereka cintai terbunuh. Bahkan, sebagian besar pembunuh bakal membalas dendam terhadap seseorang yang berani membunuh orang yang mereka kitangi.

Jadi, meskipun mereka melanggar hak orang lain untuk hidup, mereka sendiri mengakui bahwa ada hak contohnya itu. “kita mempunyai hak untuk memperoleh pendidikan gratis.” Seluruh orang berhak berangkat ke sekolah apabila ada sekolah & apabila uang sekolah dicakup & apabila dirinya mempunyai cara untuk mencapainya. Tersebut tidak sama dengan hak untuk berangkat ke sekolah dengan cara gratis.

Alasannya ialah hak untuk pergike sekolah ialah bahwa orang lain hanya membiarkan Kamu meperbuatnya. Ini tidak memaksakan mereka meperbuat apapun untuk Anda. Untuk berangkat dengan cara gratis, bagaimanapun, ialah hak istimewa. Seseorang haruslah membayarnya. Guru membutuhkan cara mencari nafkah.

Fasilitas anggaran uang. Jadi, apabila kami menuntut supaya kami memperoleh pendidikan gratis, kami menuntut supaya orang lain bayar untuk apa yang kami terima. Apabila seseorang setuju untuk membayarnya, orang ataupun sekelompok orang tersebut memberi kami hak istimewa. Apabila kami memakai kekuatan pemerintah untuk memaksa orang lain membayarnya, maka kami melanggar hak orang-orang tersebut untuk menyimpan harta mereka sendiri.

“kita mempunyai hak untuk menyimpan apa yang menjadi milik kita.” Selagi Kamu mempunyai uang dengan jujur ??dan adil, tersebut ialah milik Anda. Tidak ada yang berhak mengambilnya dari Anda. Hal ini (atau setidaknya & seharuslahnya) dengan cara universal diakui sebagai hak, sebab tidak ada yang suka apabila harta mereka dicuri. Sebetulnya, ini ialah dasar hukum melawan pencurian. Anehnya, beberapa orang membebaskan pemerintah dari kewajiban negatif yang dikenakan oleh hak ini. Mereka mengklaim bahwa ialah salah bagi tetangga Kamu untuk mencuri sebagian dari gaji yang Kamu terima dari atasan Anda, namun tidak apa-apa apabila pemungut pajak mengambil (mencuri) itu. Yang lebih aneh lagi, menurut kita, ialah fakta bahwa mereka yang berkata bahwa tidak apa-apa bagi pemerintah untuk mengambil uang Kamu dari Kamu bakal terbuktigil polisi apabila Kamu mencoba mengambil harta mereka dari mereka.

“kita mempunyai hak untuk membebaskan perawatan kesehatan.” Kamu berhak berangkat ke rumah sakit & bayar perawatan Anda. Kamu berhak menyewa dokter. Kamu berhak mengambil polis asuransi-apabila Kamu mau-untuk menutupi anggaran medis Anda. Apabila Kamu meminta orang lain untuk bayar anggaran medis Anda, Kamu meminta hak istimewa. Apabila seseorang memberikannya, bagus untuk Anda. Apabila Kamu menuntut seseorang meperbuatnya, Kamu berusaha melanggar hak orang tersebut yang tidak adil dari Anda.

Terkadang ada konsekuensi yang tidak diharapkan saat kewajiban untuk menegakkan hak orang lain bermengenaian dengan hak Kamu sendiri. Konflik etis haruslah dilihat dengan melihat hasil akhir dari setiap perbuatan & gimana mereka mempengaruhi keleluasaan ataupun hak orang lain.

Salah satu contoh hak yang bermengenaian ialah masuk ke klub swasta. Meskipun kami mempunyai keleluasaan berserikat, hukum kami mencegah diskriminasi. Entah hak klub dilanggar ataupun hak individu dilanggar sebab tidak diizinkan untuk bergabung. Anggaran sosial ataupun pribadi haruslah diidentifikasi & ditimbang; hak tidak bisa menjadi satu-satunya pertimbangan saat membuat opsi etis.

Orang cenderung memandang diri mereka mempunyai hak & kewajiban. Beberapa orang cenderung merasa mempunyai hak atas segala sesuatu. Orang lain melihat diri mereka lebih mempunyai kewajiban untuk menyediakannya. Ini bisa mempunyai efek yang signifikan pada gimana mereka berperilaku. Sementara kami seluruh mempunyai beberapa hak & beberapa tugas, sebagian dari kami lebih fokus pada satu daripada yang lain.

Contoh Hak

Beberapa orang merasa mempunyai hak, bahwa mereka haruslah menerima hal-hal tertentu ataupun haruslah diizinkan meperbuat perbuatan tertentu tanpa hambatan ataupun konsekuensi. Mereka yang merasa mempunyai hak berpendapat diri mereka berhak atas beberapa manfaat, dari memperoleh opsi pertama saat ada orang lain yang terlibat untuk tidak haruslah bekerja & didukung oleh orang lain.

Rasa mempunyai hak untuk mempunyai ataupun meperbuat sesuatu bisa datang dalam beberapa bentuk, contoh hak:

  1. Seorang remaja merasa mereka mempunyai hak untuk meperbuat apapun yang mereka suka tanpa menanggung dampaknya.
  2. Orang cacat merasa mereka mempunyai hak untuk mendukung jadi mereka mempunyai nilai hidup yang layak.
  3. Seorang manajer merasa mereka mempunyai hak untuk berkata dengan tidak membahagiakan terhadap staf mereka.
  4. Seseorang yang melintasi sebuah bidang merasa berhak untuk meperbuatnya untuk hingga ke segi lain.

Orang sering memakai ‘hak’ sebagai pembenaran atas perbuatan mereka, yang mungkin anti-sosial ataupun bahkan ilegal. Mereka yang mempunyai rasa hak yang lebih tinggi dibandingkan dengan tugas, cenderung lebih egois & ‘pemakai’ orang lain yang mereka rasa berkewajiban memberi mereka hal-hal yang berhak mereka miliki (atau setidaknya tidak mencoba untuk menghentikannya).

Mengenai Kewajiban

Orang dengan rasa kewajiban merasa berkewajiban bertindak dengan cara tertentu & bahwa mereka bakal salah & kurang baik apabila mereka tidak meperbuat hal ini. Rasa tanggung jawab bisa mencakup perbuatan contoh kewajiban:


  1. Orang tua bekerja berjam-jam untuk memperoleh uang untuk menghidupi keluarganya.
  2. Seorang tentara berlari ke arah tembakan musuh saat mereka berusaha melindungi negara mereka.
  3. Seorang pemimpin yang merasa penting untuk bersikap terbuka & jujur ??dengan karyawan mengenai perubahan yang bakal datang.
  4. Mereka yang mempunyai rasa tugas yang lebih besar ialah ‘pemberi’ dalam hidup dengan lebih memperhatikan orang lain. Sebab keterjangkauan hati terkait dengan ketersanjungan , orang-orang ini cenderung lebih ceria & puas daripada mereka yang mempunyai fokus lebih besar pada hak-hak mereka.


Kewajiban dan hak sering didasarkan pada keyakinan & nilai . Ini mungkin didefinisikan dengan cara sosial, bagus dengan cara umum maupun dalam konteks sosial tertentu, umpama di mana kelompok orang-orang yang kekurangan beruntung saling mendorong untuk menuntut hak mereka.

Rasa mempunyai hak bisa datang dari kehidupan awal dimana orang tua & wali lainnya mungkin terlalu terjangkau hati. Demikian pula, rasa tanggung jawab bisa ditanamkan dengan memastikan anak-anak meperbuat tugas-tugas & menolong orang lain. Tugas juga ditanamkan dalam profesi tertentu contohnya angkatan bersenjata, di mana ‘tindakan tidak wajar’ contohnya membunuh orang lain & membahayakan diri sendiri.

Orang-orang dengan rasa kewajiban mungkin mendukung mereka yang merasa mempunyai hak, membuat preferensi ‘hak vs tugas’ menjadi pasangan yang tepat. Mereka yang merasa mempunyai hak membutuhkan mereka yang merasakan kewajiban untuk memenuhi hak mereka.

Dalam beberapa hal juga orang-orang dengan rasa kewajiban juga membutuhkan orang-orang dengan ‘hak’ jadi mereka bisa memberi & memenuhi tugas mereka. Dengan cara ini, mereka yang mempunyai preferensi tugas sering kali membela hak orang lain contohnya hakikat pembelaan negara.

Dalam praktiknya, satu-satunya hak & kewajiban yang kami miliki ialah peraturan yang ditetapkan oleh hukum, kebijakan ataupun peraturan lainnya yang diberperbuat untuk memastikan hak-hak orang dilindungi & bahwa mereka yang mempunyai tugas (contohnya orang tua & petugas polisi) melaksanakan pekerjaan dengan benar. Pahami apa hak & kewajiban nyata yang Kamu & orang lain miliki & kerjakan dari ini.

Wajib baca:  √ 4 Prinsip Dasar Penelitian Sejarah Lisan & Penjelasannya

Nah itulah apa yang dimaksud dengan hak dan apa yang dimaksud dengan kewajiban, semoga kamu paham arti hak dan arti kewajiban ya, sehingga kamu tau hak dan kewajiban di sekolah sendiri.
Loading...

0 Response to "√ HAK & KEWAJIBAN: Pengertian, Perbedaan dan Contohnya"

Posting Komentar

Komentar Sopan Akan di Approve