Loading...

√ NOMINA: Pengertian Nomina + 10 Ciri Nomina + 4 Jenis Nomina + 5 Contoh Nomina

Loading...
Faktakah.com - Halo semua, pada peluang ini Admin bakal memberikan materi mengenai nomina ataupun kata benda. Adapun yang bakal dijelaskan mengenai nomina hari ini yaitu mengenai definisi nomina, ciri-ciri nomina, jenis nomina, & contoh nomina. Contoh yang bakal diberikan lengkap dari tiap-tiap tipe nomina yang ada. Mulai dari contoh kata nomina sampai contoh kalimat nomina.
√ NOMINA: Pengertian Nomina + 10 Ciri Nomina + 4 Jenis Nomina + 5 Contoh Nomina

Postingan mengenai nomina hari ini juga memiliki kaitan yang erat dengan postingan sebelumnya yang mengulas mengenai pronomina ataupun kata ganti. Seperti pronomina, nomina juga sangat penting untuk dipelajari dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia. Berikut poin-poin yang bakal dijelaskan pada postingan hari ini :

Wajib Baca: TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI: 4 Syaratnya, 4 Langkah Membuatnya, dan 3 Sifatnya

Pengertian Frasa Nomina


Pengertian frasa Nomina ialah sebuah tipe kata yang menyebutkan nama dari seseorang, benda, tempat & segala sesuatu yang dibendakan.

Ciri Ciri Nomina


Nomina setidaknya memiliki 3 ciri ciri nomina yang membuatnya tidak sama dengan kelas lain yang ada pada Bahasa Indonesia. Berikut 3 ciri-ciri nomina ataupun kata ganti :

Dapat dibutuhas dengan memakai kata “yang” & kata sifat. Jadi, rumusnya “yang + kata sifat”. Seperti contoh kata benda atau nomina ini:

  1. Laptop yang baik
  2. Motor yang mahal
  3. Rumah yang besar
  4. Bisa dibatalkan ataupun diingkarkan dengan memakai kata “bukan”. Seperti :
  5. Bukan pulpen
  6. Bukan komputer
  7. Bukan televisi
  8. Dalam sebuah kalimat, memiliki jabatan ataupun kedudukan sebagai subjek (s) & objek (o). Seperti :
  9. Febo membeli laptop baru
  10. Admin membeli komputer


Jenis-Jenis Nomina


Nomina ataupun kata benda bisa dibagi berdasarkan jenis, & pembentukannya. Untuk lebih lengkapnya silahkan perhatikan penjelasan di bawah ini.

1. Nomina konkret
Nomina konkret ialah kata benda yang bisa ditangkap ataupun dikenali dengan memakai panca indera. Kata benda konkret bisa berupa makhluk hidup, benda maupun tempat & sebagainya. Seperti

  1. Manusia
  2. Tumbuhan
  3. Gedung
  4. Kertas


2. Nomina abstrak
Nomina abstrak ialah kata benda yang bisa dikenali dengan memakai pikiran, ataupun yang tidak bisa dikenali dengan memakai panca indera, kebalikan dari nomina konkret. Kata benda abstrak bisa berupa keadaan, keadaan, nama sifat, ukuran dll. Seperti :

  1. Cinta
  2. Keyakinan
  3. Ilmu
  4. Ide
  5. Berdasarkan  Pembentukannya


3. Nomina Dasar
Nomina dasar ialah kata benda yang mengacu ataupun menyebutkan & menunjukkan bukti diri orisinil ataupun awal dari sesuatu yang dibendakan. Nomina dasar tidak bisa diperkecil ke bentuk yang lebih sederhana lagi sebab nomina ini merupakan kata benda yang paling dasar. Seperti :

  1. Motor
  2. Helm
  3. Buku
  4. Komputer
  5. Kertas


4. Nomina Turunan
Nomina turunan ialah kata benda yang dibangun dari bentuk nomina dasar dengan melalui proses pengimbuhan (afiksasi), pengulangan maupun pemajemukan. Berikut berbagai cara gimana nomina turunan bisa dibentuk

Verba (kata kerja) + an

Baca + an = bacaan
Makan + an = makanan
Minum + an = minuman
Pe + verba (kata kerja)

Pe + dagang = pedagang
Pe + tulis = penulis
Pe + kerja = pekerja
Pe + adjektiva (kata sifat)

Pe + marah = pemarah
Pe + maaf = pemaaf
Pe + dendam = pendendam
Pe + verba (kata benda) + an

Pe + rumah + an = perumahan
Pe + kantor + an = perkantoran
Pe + gunung + an = pegunungan

Dalam pemakaian nomina turunan, bisa terjadi perubahan imbuhan ataupun afiksasi sesuai dengan kata yang bakal dibentuknya. Seperti seperti pe + tulis menjadi penulis, & pe + kantor + an menjadi perkantoran.

Contoh Kata Nomina


Berikut berbagai contoh nomina yang berkedudukan sebagai subjek (s) & objek (o). Di mana subjek & objek ialah kata yang ditebalkan.

  1. Fikri memiliki sawah yang luas
  2. Raffi baru saja membeli mobil
  3. Laptop itu sangat keren
  4. Baik sedang mencari buku yang hilang
  5. Pekerja itu sangat rajin

Nah itulah postingan materi pengertian nomina, ciri nomina dan contoh kata nomina. Semoga PR bahasa inggris kamu bisa terlesaikan dengan melihat pengertian nomina, ciri nomina dan contoh kata nomin. Apabila ingin bertanya mengenai materi pengertian nomina, ciri nomina dan contoh kata nomina, silakan ketik di komentar dibawah.

Wajib Baca: 100+ Contoh Kalimat Langsung dan Tidak Langsung

Terima kasih telah membaca postingan definisi nomina, ciri nomina dan contoh kata nomina. Baca Juga:

Bagi sahabat yang ingin copas isi postingan nomina dan verba, maka diinginkan untuk cantumkan sumber dengan Link Aktif Menuju ke Postingan Ini, apabila tidak dicantumkan, maka blog sahabat bakal saya laporkan ke DMCA.
Loading...

0 Response to "√ NOMINA: Pengertian Nomina + 10 Ciri Nomina + 4 Jenis Nomina + 5 Contoh Nomina"

Posting Komentar

Komentar Sopan Akan di Approve