13 Jenis Manusia Purba dan Gambarnya Lengkap Dengan Penjelasan

Loading...
Loading...
Faktakah.com - Jenis Manusia Purba dan Gambarnya Lengkap Dengan Penjelasan. Manusia purba yang hidup di masa praaksara nyatanya banyak jenisnya. Penasaran dengan jenis jenis manusia purba di dunia?

Ketahui selengkapnya di jenis manusia purba masa praaksara. Manusia purba adalah salah satu jenis manusia yang hidup di masa lampau ataupun biasa disebut dengan masa prasejarah ataupun masa praaksara.

Tentang peninggalan manusia pada masa tersebut telah ditemukan beberapa fosil ataupun sisa dari kerangka manusia pura yang telah membatu yang dikumpulkan oleh para peneliti maupun arkeolog profesional.

Perkembangan jenis manusia purba zaman praaksara sendiri lumayan cepat. Kemudian apa saja Jenis manusia purba masa praaksara ? Kamu bakal mengenalnya sesudah membaca ulasan selanjutnya.

Manusia purba hidup dengan cara nomaden ataupun berpindah – pindah dari satu tempat menuju ke tempat lain dengan kehidupan yang masing sangat bergantung pada kondisi alam. Untuk tersebut diperbuat penelitian guna mengenaljenis manusia purba apa saja yang telah ada sejak masa praaksara.

Bahkan terdapat penelitian yang menyatakan bahwa salah satu dari jenis manusia purba ini merupakan nenek moyang dari bangsa Indonesia. Simak info lengkapnya tentang sejarah manusia purba masa praaksara.

JENIS MANUSIA PURBA YANG PERNAH HIDUP PADA MASA PRAAKSARA (SECARA UMUM)


Berikut ini merupakan beberapa jenis manusia purba masa praaksara yang telah ada sejak zaman dahulu kala. Dari beberapa macam penelitian yang bermacam – macam terkait manusia purba ini , bisa disimpulkan dengan bukti penemuan fosil dengan pengelompokkan terhadap 3 jenis manusia purba. Berikut jenis jenis manusia praaksara beserta penjelasannya :

#.1 JENIS MANUSIA PURBA MEGANTHROPUS PALEOJAVANICUS

13 Jenis Manusia Purba dan Gambarnya Lengkap Dengan Penjelasan

Manusia purba jenis ini merupakan manusia purba dengan bentuk yang raksasa. Makanan dari  manusia purba Meganthropus Paleojavanicus diperkirakan memakan tumbuh – flora & hidup dari zaman Pleistosen awal. Berikut merupakan ciri umum manusia pra aksara dari Meganthropus Paleojavanicus :
  1. Memakan tumbuh – tumbuhan
  2. Lebih mirip dengan kera sebab tidak mempunyai dagu
  3. Di belakang kepala mempunyai tonjolan yang tajam
  4. Mempunyai tulang pipi tebal dengan tonjolan kening yang mencolok
  5. Otot kunyah, gigi, & rahang yang besar & kuat yang dimilikinya
  6. Postur badan yang tegap


#2. JENIS MANUSIA PURBA PITHECANTHROPUS ERECTUS

13 Jenis Manusia Purba dan Gambarnya Lengkap Dengan Penjelasan

Pithecanthropus Erectus ini merupakan jenis manusia purba yang fosilnya paling banyak ditemukan di Indonesia. Jenis Pithecanthropus Erectus ini mempunyai pengertian yaitu manusia dengan bentuk menyerupai kera yang berlangsung dengan tegak. Fosil yang ditemukan dari manusia purba jenis ini yaitu tulang rahang atas, tulang kaki, & juga tengkorak, & ditemukan pada masa Pleistosen tengah.

#3. JENIS MANUSIA PURBA HOMO SAPIENS

13 Jenis Manusia Purba dan Gambarnya Lengkap Dengan Penjelasan

Manusia purba jenis ini populer bakal jenis manusia yang sempurna. Dengan ciri – cirinya yaitu bentuk muka yang lebar, bentuk dari hidung, dahi & mulut yang menonjol, serta bentuk fisik yang dimiliki oleh Homo Sapiens ini tidak tidak sama jauh dari bentuk manusia yang sekarang. Kehidupan manusia purba jenis homo ini tetap hidup dengan cara nomaden ataupun berpindah – pindah tempat dari satu tempat ke tempat yang lainnya. Untuk jenis homo ini diperkirakan sebagai nenek moyang dari bangsa Indonesia.

JENIS MANUSIA PURBA (SECARA KESELURUHAN)

Setelah melakukan banyak penilitian terkait manusia purba yang berada di Indonesia, para ahli mengelompokkan manusia purba di Indonesia menjadi tiga jenis berdasar ada hasil penemuan fosil manusia purba. Adapun tiga jenis manusia purba yang berada di Indonesia antara lain adalah :
  1. Meganthropus ( Manusia Besar).
  2. Pithecanthropus (Manusia Kera yang Berjalan Tegak).
  3. Homo

Secara keseluruhan, ada sepuluh jenis manusia purba yang berada di Indonesia, yaitu :
  1. Meganthropus Paleojavanicus
  2. Pithecanthropus Erectus
  3. Pithecanthropus Soloensis
  4. Pithecanthropus Mojokertensis
  5. Homo Soloensis
  6. Homo Erectus
  7. Homo Floresiensis
  8. Homo Habilis
  9. Homo Wajakensis
  10. Homo Sapiens

Nah itulah postingan jenis jenis manusia purba dan penjelasannya. Semoga PR materi sejarah tentang jenis jenis manusia purba lengkap bisa terlesaikan dengan melihat jenis jenis manusia purba dan penjelasannya diatas. Apabila ingin bertanya mengenai jenis manusia purba di indonesia dan penemunya, silakan ketik di komentar dibawah.

Terima kasih telah membaca postingan jenis jenis manusia purba dan gambarnya. Baca Juga:
Bagi sahabat yang ingin copas isi postingan jenis jenis manusia purba dan penjelasannya ini, maka diinginkan untuk cantumkan sumber dengan "Link Aktif Menuju ke Postingan Ini", apabila tidak dicantumkan, maka blog sahabat bakal saya laporkan ke DMCA.
Loading...

0 Response to "13 Jenis Manusia Purba dan Gambarnya Lengkap Dengan Penjelasan"

Posting Komentar

Komentar Sopan Akan di Approve