Loading...

22 Bahaya Kafein Yang Berlebihan di Dalam Tubuh Manusia

Loading...
Faktakah.com - 22 Tanda Bahaya Kafein di Dalam Badan sudah Berlebihan ~ apa itu kafein? Kafein merupakan senyawa kimia berupa alkaloid xantin yang paling sering ada di jenis minuman ataupun makanan dengan bahan tertentu.

22 Bahaya Kafein Yang Berlebihan di Dalam Tubuh Manusia

22 Tanda Bahaya, Gejala & Barometer Kandungan Kafein di Dalam Badan sudah Berlebihan


Apa itu alkaloid xantin?

Alkaloid xantin ialah senyawa yang dihasilkan oleh tanaman dengan tujuan untuk melawan penyakit ataupun fauna yang menyerang bagian badan tanaman tersebut sendiri.

Jadi, dengan kandungan alkaloid xantion di dalam kafein bisa menjadi racun bagi serangga ataupun penyakit yang menyerang tanaman. Gimana dengan manusia? Apabila manusia mengkonsumsi zat kafein dari bagian tanaman ataupun buah tertentu bisa menambah efek pada sistem syaraf. Selain itu, kandungan kafein juga dipercaya memunculkan efek positif & negatif kepada kesehatan manusia. Sampai sekarang terdapat kurang lebih 60 tipe tanaman yang mempunyai kandungan kafein salah satu contoh tanaman yang terkenal yaitu kopi & teh.

SUMBER KAFEIN YANG BISA DITEMUKAN SEHARI-HARI


Berikut daftar 10 sumber kafein yang bisa ditemukan sehari-hari:

  1. Kopi
  2. Coklat
  3. Teh
  4. Minuman Bersoda
  5. Pil Diet
  6. Es Krim
  7. Minuman Berenergi
  8. Minuman Berenergi Mengandung Alkohol
  9. Permen / Semprotan Penyegar Nafas
  10. Obat Penghilang Sakit/Nyeri

Meneruskan salah satu poin penting pembahasan diatas, kafein dipercaya memunculkan efek positif & negatif kepada kesehatan manusia. Salah satu efek positif yang mungkin sering dimanfaatkan yaitu menjadi minuman “penyelamat” di kala kantuk & bosan melanda. Tetapi, bakal menjadi efek negatif & berbahaya apabila dikonsumsi dengan berlebihan.

TANDA BAHAYA KAFEIN SUDAH BERLEBIH DI DALAM TUBUH

Dilansir dari liputan6.com & Times of India, terdapat 5 tanda & barometer kandungan kafein sudah berlebihan di dalam tubuh. Apa saja itu? Berikut ulasan singkatnya yang mungkin berguna untuk Anda.

1. GELISAH DAN SEDIKIT KEJANG

Salah satu pertanda untuk berhenti mengkonsumsi kafein yaitu gelisah & tidak banyak kejang. Apabila Kamu merasakan gejala2 tersebut mungkin sebagusnya mengurangi ataupun berhenti mengonsumsi kafein terlebih dahulu. Untuk mencegah hal yang tidak diharapkan Kamu bisa mengecek kondisi kesehatan ke rumah sakit & sering-sering berolahraga.

2. DETAK JANTUNG MENINGKAT

Detak jantung yang meningkat bisa menjadi salah satu gejala & tanda kandungan kafein sudah berlebihan di dalam tubuh. Bakal sangat berbahaya apabila Kamu mempunyai riwayat kesehatan jantung yang kurang baik, sangat disarankan untuk menghindari & berhenti mengonsumsi kafein dengan cara berlebihan. Sering berolahraga & memerika kesehatan jantung ke rumah sakit bisa menjadi alternatif yang cocok supaya detak jantung normal kembali. Apabila kamu tidak memperdulikan tanda-tanda ini, selesaiiko hal terkurang baik terjadi yaitu serangan jantung

3. MUAL, PUSING, BERKERINGAT DAN MUNTAH

Kelebihan kafein di dalam badan juga bisa ditandai dengan berbagai gejala contohnya mual, pusing, berkeringat & muntah. Gejala-gejala contohnya ini mungkin sering kalian alamiah saat diserang virus & sejenisnya. Tetapi jangan salah, aktivitas mengonsumsi kafein yang tidak wajar ataupun berlebihan mungkin saja menjadi penyebab mutlak mual, pusing, berkeringat & muntah. Oleh sebab itu, konsumsilah makanan & minuman dengan wajar sesuai porsi tubuh. Toleransi orang bakal kafein sendiri tidak sama-beda. Berdasarkan data USDA (Departemen Pertanian Amerika Serikat), Kamu tidak boleh mengkonsumsi kafein lebih dari 400 miligram/hari. Selain kopi tetapi juga minuman & makanan yang lainnya.

Waspada juga kepada teh & minuman berenergi dikonsumsi dalam waktu singkat. Produk-produk tersebut juga mengandung kafein yang bisa merusak badan apabila dikonsumsi berlebihan. Minumlah sebotol air untuk menolong menghapus kafein berlebih dari sistem badan & menolong mengurangi berbagai gejala & konsumsi makanan yang kaya bakal potasium & magnesium. Untuk lebih lengkapnya silahkan bertanya ataupun mencari info kesehatan seputar kafein di rumah sakit ataupun di instansi terkait.

Update:
4. Memicu Sakit Kepala
5. Menimbulkan Perasaan Was – Was dan Cemas
6. Menyebabkan Gangguan Tidur
7. Mengakibatkan Masalah Pencernaan
8. Menyebabkan Overdosis Kafein
9. Menyebabkan Kecanduan Kafein
10. Menyebabkan Haus Berlebihan
11. Meningkatkan Tekanan Darah
12. Pada Wanita Hamil, Kafein Bisa Membuat Detak Jantung Bayi Lebih Cepat
13. Menyebabkan Osteoporosis
14. Meningkatkan Resiko Keguguran
15. Menyebabkan Sulit Hamil
16. Meningkatkan Resiko Encok
17. Menyebabkan Sering Buang Air Kecil
18. Menyebabkan Gejala Vasomotor
19. Meningkatkan kolesterol jahat atau LDL di dalam tubuh
20. Menyebabkan penyakit rematik
21. Meningkatkan resiko stroke
22. Merusak pembuluh darah

Nah itulah postingan materi tanda bahaya kafein jika terlalu berlebihan dalam tubuh manusia. Apabila ingin bertanya mengenai dampak positif kafein pada teh maupun kopi, silakan ketik di komentar dibawah.

Terima kasih telah membaca postingan bahaya kafein. Baca Juga:


Bagi sahabat yang ingin copas isi postingan tanda bahaya kafein ini, maka diinginkan untuk cantumkan sumber dengan "Link Aktif Menuju ke Postingan Ini", apabila tidak dicantumkan, maka blog sahabat bakal saya laporkan ke DMCA.
Loading...

0 Response to "22 Bahaya Kafein Yang Berlebihan di Dalam Tubuh Manusia"

Posting Komentar

Komentar Sopan Akan di Approve