Loading...

100+ Contoh Majas Personifikasi dan Artinya

Loading...

Majas Personifikasi / Majas Perumpamaan

100+ Contoh Majas Personifikasi dan Artinya


Halo semua, Pada postingan hari ini admin bakal memberikan materi mengenai salah satu majas dalam bahasa indonesia yang paling sering ditemui, yaitu majas personifikasi atau majas perumpamaan. Adapun yang bakal dijelaskan mengenai majas personifikasi yaitu seputar pengertian, fungsi, ciri-ciri, & contoh majas personifikasi. Baiklah tanpa basa-basi lagi mari kami simak materi majas bahasa indonesia yaitu majas personifikasi atau majas perumpamaan

Wajib Baca:
Majas Hiperbola: Pengertian dan 100 Contoh Majas Hiperbola

Pengertian Majas Personifikasi


Sebelum mendalami arti majas personifikasi, sebagusnya anda haruslah sudah paham & mengerti terlebih dahulu arti dari kata majas itu sendiri. Majas adalah sebuah gaya bahasa baik dalam bentuk tulisan maupun lisan yang dipakai dalam sebuah karya sastra untuk mewakili sebuah perasaan ataupun emosi tertentu.

Secara singkatnya, kata kata bermajas adalah gaya bahasa. Gaya bahasa dalam hal ini memakai kata konotasi ataupun arti kiasan jadi memunculkan makna yang tersirat.

Dengan adanya kata bermajas, maka pembaca ataupun pendengar bakal dibawa ke dunia yang lebih imajinatif lagi.dengan begitu, karya sastra yang sedang dibaca ataupun didengar bakal mendapatkan kualitas lebih nyata ataupun hidup.

Kekurangan lebih itulah arti majas. Barulah sesudah anda sangatlah mengenal & paham dengan arti majas, maka anda bisa mendalami arti majas personifikasi.

Majas personifikasi adalah gaya bahasa yang membuat sebuah benda mati & tidak bergerak, seakan-akan menjadi hidup, bisa bergerak & mempunyai sifat layaknya makhluk hidup.

Majas dibagi menjadi berbagai macam. Ada majas perbandingan, majas permengenaian, majas sindiran, & majas penegasan. Sementara majas personifikasi sendiri tergolong ke dalam kategori majas perbandingan.

Ciri-Ciri Majas Personifikasi


Ciri majas personifikasi yang paling mutlak & yang paling bisa dikenali adalah terdapatnya opsi kata mengenai sifat makhluk hidup, ataupun biasanya manusia yang diberikan terhadap sebuah benda mati. Tidak hanya itu, ciri selanjutnya adalah biasanya majas personifikasi kerap membandingkan benda mati ataupun yang tidak bisa bergerak jadi nampak bernyawa, bisa hidup & bisa bergerak ataupun bahkan berperilaku contohnya manusia. Oleh sebab itulah majas personifikasi tergolong ke dalam majas perbandingan.

Fungsi Majas Personifikasi


Majas personifikasi bertujuan untuk membahas ilustrasi ataupun situasi yang sedang digambarkan & memberikan bayangan yang lebih jauh lagi. Biasanya, majas ini sering ditemui pada karya sastra sejenis cerpen & puisi. Bahkan, hampir semua puisi pasti mempunyai majas personifikasi di dalamnya.

Contoh majas personifikasi dan penjelasannya


Dan sebagai penutup materi pada postingan hari ini, berikut admin berikan 10 contoh majas personifikasi beserta makna sebetulnya.

Di siang hari itu, matahari menatapku dibalik awan.
Pada kata menatapku di atas yang membuat kalimat di atas menjadi majas personifikasi. Sebab, menatap adalah sesuatu yang biasa diperbuat oleh makhluk hidup contohnya manusia, bukan yang bisa diperbuat oleh benda mati contohnya matahri.

Angin malam ini sangat lah dingin, menusuk sampai ke ujung hatiku.
Sama contohnya contoh nomor 1, menusuk merupakan sesuatu yang bisa diperbuat manusia, sementara disini angin malam bisa menusuk bahkan sampai ke ujung hati.

Padi menunduk seraya mengucapkan selamat pagi.
Untuk contoh nomor 3 ini kata kunci ada di menunduk & mengucapkan selamat pagi. Sebab ternyata benda mati pasti saja tidak bisa menunduk ataupun menyapa.

Harta bisa membutakan banyak orang.
Tentu saja benda mati tidak bisa membutakan makhluk hidup. Arti sebetulnya adalah sebab harta biasanya bisa membuat orang menjadi lupa diri.

Merokok bisa membunuh orang-orang terdekatmu.
Membunuh disini bukan berarti bisa membunuh dengan cara langsung, namun asap rokok terbukti sangat berbahaya apabila dihirup.

Siang malam banyan dirimu rutin mengusik
Bayangan tidak bisa mengusik seseorang.

Device telah menghipnotis banyak pemakainya.
Arti sebetulnya adalah banyak orang yang menjadi lupa mempunyai kehidupan sebetulnya sebab terlalu banyak bermain dengan device nya.

Dompet mulai berbisik meminta untuk segera diisi.
Berarti tanda bahwa uang dimiliki sudah hampir habis, namun dompet tidak bisa berbisik jadi kalimat ini tergolong ke dalam majas personifikasi.

Sepatu-sepatu di toko itu menggodaku untuk mempunyainya.
Sepatu tidak bisa menggoda.

Tampak awan mulai murung, pertanda hujan bakal turun.
Kata murung disini lebih diartikan sebagai mendung.

Sambungan: KLIK DISINI

Nah itulah artikel materi majas bahasa indonesia. Semoga PR materi kata kata bermajas personifikasi kamu tentang materi contoh majas personifikasi dan artinyadapat terlesaikan dengan melihat contoh majas personifikasi dan artinya diatas.

Terima kasih telah membaca artikel kata bermajas personifikasi diatas..

Wajib Baca: Pengertian Majas Hiperbola + 37 Contoh Majas Hiperbola Terbaru 2018

Bagi blogger yang ingin copas isi artikel saya, maka diharapkan untuk cantumkan sumber dengan "Link Aktif ke Artikel Ini", jika tidak dicantumkan, maka blog anda akan saya laporkan ke DMCA.
Loading...

0 Response to "100+ Contoh Majas Personifikasi dan Artinya"

Posting Komentar

Komentar Sopan Akan di Approve