Loading...

√ TEKS PANTUN: Pengertian, Struktur, Ciri, 200+ Contoh Pantun

Loading...

TEKS PANTUN

√ TEKS PANTUN: Pengertian, Struktur, Ciri, 4 Contoh Pantun Anak SD

Teks pantun adalah materi bahasa Indonesia kelas XII yang bakal admin bahas hari ini. Adapun materi yang bakal dijelaskan tentang teks pantun hari ini diantaranya yaitu pengertian, struktur teks, kaidah kebahasaan, & juga contoh teks pantun yang bakal admin berikan berbagai contoh dibawah ini.

Dibandingkan dengan puisi lainnya, pantun termasuk paling terkenal & tidak lekang oleh waktu. Teks Pantun juga termasuk tema pelajaran bahasa Indonesia yang lumayan digemari & hebat untuk dipelajari. Belajar pantun, tidak hanya mengasah perbendaharaan kata, tetapi juga bisa bermain kata dengan pantun. Artinya, pantun bisa membuat seseorang berkreasi dengan kata-kata & bahasanya.

Apa itu pantun

Arti teks pantun. Pantun adalah tipe puisi lama dalam kesusastraan bahasa Indonesia. Puisi lama orisinil Indonesia ini lazimnya terdiri dari empat larik (baris) tiap baitnya & bersajak a-b-a-b. Keseluruhan bentuk pantun hanyalan berupa sampiran & isi. Sampiran terletak pada baris pertama & kedua, sedangkan isi terletak pada baris ketiga & keempat yang merupakan tujuan dari puisi tersebut.

Struktur Teks Pantun

Sebutkan struktur teks pantun? Teks pantun ditata dengan struktur teks yang terdiri dari:


  1. Sampiran, terletak pada dua baris pertama & biasanya tidak ada hubungan dengan bagian kedua (isi).
  2. Isi, dua baris terbaru yang merupakan tujuan dari pantun tersebut.
  3. Meskipun pada umumnya sampiran tidak berkaitan dengan isi, tetapi kadang-kadang bentuk sampiran membayangkan isi. Kedudukan sampiran & isi tidak bisa dipertukarkan. Suatu pantun rutin diawali dengan sampiran & lalu diikuti dengan isi.
  4. Kaidah Kebahasaan Teks Pantun
  5. Kaidah kebahasaan ataupun unsur kebahasaan teks pantun diantaranya yaitu adanya diksi, bahasa kiasan, imaji, & juga bunyi. Untuk lebih jelasnya tentang kaidah kebahasaan tersebut silahkan simak penjelasannya dibawah ini.
  6. Diksi, ialah opsi kata yang cocok & selaras dalam pemakaiannya untuk mengungkapkan gagasan jadi diperoleh efek tertentu contohnya yang diinginkan.
  7. Bahasa kiasan, ialah bahasa yang dipakai pelantun untuk memberi tau makna dengan cara tidak langsung . Bahasa kiasan ini biasanya berupa peribahasa ataupun ungkapan tertentu untuk memberi tau makna kabar.
  8. Imaji, pengfotoan yang dicipatakan oleh pelantun dengan cara tidak langsung. Hal yang bisa dilihat ataupun seakan-akan difotokan dalam teks pantun ialah bisa dilihat (imaji visual), didengar (imaji auditif), ataupun dirasa (imaji taktil).
  9. Bunyi, biasanya timbul dari kiasan, imaji, serta diksi yang diciptakan saat membicarakan pantun. Dalam bunyi, bakal tampak unsur rima (rhyme) & ritme (rhytm). Rima merupakan unsur pengulangan bunyi pada pantun, sedangkan irama ialah turun naiknya suara dengan cara teratur. Bunyi tidak hanya untuk memperindah bunyi pantun, diciptakan juga supaya pelantun & pendengar lebih mudah mengingat serta mengsoftwarekan pesan moral & spiritual yang terdapat dalam teks pantun.

Ciri Ciri Teks Pantun

Sangat mudah! liat saja huruf terkahir tiap baris yaitu (AAAA atau ABAB). contoh:


Pisang emas dibawa berlayar,
masak sebiji diatas peti.
Hutang emas boleh dibayar,
hutang budi dibawa mati.

pantun diatas huruf akhirnya RIRI (ABAB)

Contoh Pantun Anak SD

Contoh teks pantun sangat mudah, bahkan anak SD pun bisa bikin pantun...sobat bisa sendiri membuat pantun, asalkan memnuhi syarat huruf terakhirnya (AAAA atau ABAB):

Pisang emas dibawa berlayar,
masak sebiji diatas peti.
Hutang emas boleh dibayar,
hutang budi dibawa mati.

Bunga melati bunga di darat,
bunga seroja di tepi kali.
Hina logam sebab karan,
hina manusia tidak berbudi

Pinang muda dibelah dua,
manik-manik mati di rembah.
Dari muda hingga ke tua,
pengajaran bagus jangan diubah.

Di tepi kali saya menyinggah,
menghilang penat menahan jerat.
Orang tua jangan disanggah,
supaya selamt dunia akhirat.

selanjutnya: https://sharingkali.com/contoh-pantun/

Bagian dari teks pantun yang terdiri atas beberapa baris disebut = Bait

Nah itulah materi tentang arti pantun beserta contoh pantun baru, semoga PR bahasa indonesia sobat selesai.
Loading...

0 Response to "√ TEKS PANTUN: Pengertian, Struktur, Ciri, 200+ Contoh Pantun"

Posting Komentar

Komentar Sopan Akan di Approve