20+ Contoh Teks Berita 5W+1H Lengkap (Ciri, Kaidah, Syarat Teks Berita)

Faktakah.com - Contoh teks berita.
Halo sobat, hari ini tetap mengenai teks berita. Sesudah sebelumnya kami mengulas pengertian, struktur teks berita, kaidah kebahasaan teks berita & contoh teks berita, maka hari ini kami bakal mengulas materi teks berita yang baru yang tidak ada pada artikel tersebut yaitu diantaranya ciri-ciri teks berita, kaidah kebahasaan teks berita, syarat teks berita, & struktur teks berita. Ok langsung saja mari kami simak materi berikut.

20+ Contoh Teks Berita 5W+1H Lenkap (Ciri, Kaidah, Syarat Teks Berita)

Sebelum kami mengulas materi yang telah saya sebutkan diatas, pastinya kami haruslah mengenal terlebih dahulu pengertian teks berita. Namun pengertian teks berita tersebut tidak bakal saya jelaskan disini, sahabat bisa melihatnya dengan membuka link yang telah saya sediakan di bagian atas artikel ini (tulisan yang berwarna merah muda). Tinggal kunjungi saja laman tersebut yaa hehe.

Ciri-Ciri Teks Berita

Ciri teks berita yang telah dirangkum oleh guru sekolah saya dari beberapa sumber seperti buku paket SMA kelas XII atau yang lainnya, beliau mendapat kesimpulan bahwa ada 7 ciri-ciri teks berita. Berikut bakal saya jelaskan dibawah.

  1. Luar biasa.
  2. Terkini (aktual).
  3. Dipercaya (terfaktual).
  4. Diterima di masyarakat.
  5. Jelas.
  6. Kalimatnya sederhana.
  7. Segera disampaikan.

Kaidah Kebahasaan Teks Berita

Kaidah kebahasaan merupakan ciri atau kaidah gimana teks berita tersebut dibangun. Dengan adanya kaidah kebahasaan, kamu bisa membedakan apakah tersebut teks berita atau bukan. Berikut ciri kebahasaan teks berita.

  1. Adanya keterangan (baca : macam-macam keterangan).
  2. Verba Transitif (baca : arti & contoh verba transitif).
  3. Verba pewarta (baca : arti & contoh verba pewarta).

Syarat Teks Berita

Syarat teks berita, merupakan salah satu faktor yang haruslah dipenuhi dalam sebuah teks supaya teks tersebut bisa disebut sebagai teks berita. Berikut bakal saya jelaskan beberapa syarat supaya sebuah teks bisa dikatakan sebagai teks berita.

  1. Fakta, apabila berita tidak berisi fakta maka teks berita tersebut tidak bisa dikatakan sebagai teks berita,
  2. Aktual, teks berita haruslah yang tetap hangat atau baru,
  3. Seimbang, teks tidak boleh memihak terhadap siapapun.
  4. Lengkap, teks haruslah lengkap dari unsur 5W+1H & haruslah memenuhi unsur atau struktur teks berita.
  5. Luar biasa, dengan judul yang hebat, orang bakal lebih berminat untuk membaca teks berita.
  6. Sistematis, yang namanya berita tersebut haruslah berurutan (sistematis).

#1. Contoh teks berita


Ekstrak Propolis Bantu Percepat Pemulihan
Jakarta - Uji klinis di RSPAD Gatot Soebroto, ekstrak propolis mempercepat proses kesembuhan pasien demam berdarah dengue. Pasien yang mendapat terapi tambahan ekstrak propolis menjalani rawat inap lebih singkat.

Senyawa ekstrak propolis dikualitas manjur sebagai terapi tambahan bagi pasien demam berdarah dengue. "Terapi diberikan hari ketiga atau keempat perawatan terhadap pasien derajat satu atau pada tahap belum mengalami kebocoran di pembuluh darah," kata Kepala Divisi Penyakit Tropik & Infeksi Departemen Penyakit Dalam RSPAD Gatot Soebroto, Letnan Kolonel (Ckm) Soroy Lardo, di Jakarta, Kamis (5/3), ketika publikasi "Efektivitas Senyawa Uji Klinis Pasien Demam Berdarah Dengue.

Soroy merupakan salah satu peneliti pada uji klinis itu. Peneliti lain ialah dokter spesialis penyakit dalam Kolonel (Ckm) Djoko Wibisino, dokter spesialis kesehatan jiwa Letkol (Ckm) Baik Sulistyo Budhi, & dokter asisten pada Departemen Penyakit Dalam RSPAD Gatot Soebroto Yongkie Iswandi Purnama.
Propolis ialah bahan perekat yang dikumpulkan lebah untuk membuat sarang steril. Tim peneliti menguji senyawa ekstrak propolis yang merupakan kombinasi propolis dari sejumlah negara, antara lain Amerika Serikat, Tiongkok, & negara di Eropa.

Menurut Soroy, tim menguji efek anti inflamasi (anti peradangan) pada senyawa itu. Riset selagi Mei 2012-Juli 2013 di Divisi Penyakit Dalam RSPAD Gatot Soebroto bermetode uji random terkendali. Tercatat 63 pasien berumur 17-50 tahun mengikuti uji klinis. Rinciannya, 31 pasien pada kelompok dengan terapi ekstrak propolis, sedangkan 32 pasien pada kelompok plasebo (tanpa terapi ekstrak propolis). Dosis ekstrak propolis tiga kali dua kapsul per hari selagi tujuh hari dengan takaran 200 miligram per kapsul.

Hasilnya, jumlah trombosit pasien yang diberi ekstrak propolis lebih cepat naik daripada pasien kelompok plasebo, mulai hari ketiga sampai ketujuh. Hari ketujuh, jumlah trombosit pasien dengan ekstrak propolis pun rata-rata menjalani rawat inap 4,69 hari, lebih pendek dibandingkan dengan kelompok plasebo (rata-rata 5,46 hari).

Baik meningkatkankan, ia tak menemukan efek samping dari terapi ekstrak propolis. Apalagi, selagi ini konsumsi produk lebah & madu aman di masyarakat. "Ada enam pasien tak melanjutkan pengujian sebab muntah. Tetapi, orang sakit demam terbukti juga merasakan mual," ujarnya.

#2. Contoh Teks Berita Mengenai Banjir

Sungai Brantas Meluap, 2 Desa Terendam Banjir Dengan tinggi 1 Meter
Terjadi banjir bandang di kurang lebih Sungai Brantas yang diduga sebab adanya hujan lebat selagi 3 hari berturut-turut. Para warga yang berada di Kelurahan Samaan, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur. Sudah mulai mengungsi ke posko-posko pengungsian yang disediakan.

Terdapat kurang lebih 125 kepala keluarga tidak bisa menempati ataupun bahkan kehilangan rumahnya sebab adanya banjir tersebut. Pihak pemerintah sudah mulai mengirimkan bantuan berupa pakaian, air bersih serta obat-obatan & meperbuat pengungsian kepada warga yang tetap terjebak banjir, tetapi beruntung tidak ada korban jiwa dari bencana banjir ini.

Banjir contohnya ini tetap seringkali terjadi meskipun tingkat keparahannya tidak sama-beda khususnya ketika musim hujan. Salah satu hal yang diduga menjadi penyebab banjir tersebut ialah kebiasaan masyarakat yang tetap sering membuang sampah sembarangan ke Sungai Brantas.

#3. Contoh Teks Berita Mengenai Banjir II

Banjir Pacitan
Banjir yang terjadi sejak senin kemarin mengdampakkan hampir semua jalan masuk masuk menuju kabupaten Pacitan terendam banjir. Dari data sementara ada 4000 warga yang diungsikan di beberapa tempat.

Banjir tetap mengairi hampir semua titik di Pacitan, Jawa Timur
dihari ketiga banjir jalur masuk menuju Pacitan tetap terhalang banjir & longsor walau di beberapa tempat ketinggian air sudah mulai surut.

Salah satunya dikawasan yang mulai surut ialah SImpang empat penceng yang merupakan jalur penghubung daerah Trenggalek Solo Ponorogo & Yogyakarta. Sementara daerah terparah contohnya Sernoboyo tetap terendam banjir dengan tinggi 2 meter.

Banyak kendaraan bagus roda dua & roda 4 yang tepaksa berbalik arah. Kondisi ini mengdampakkan aktivitas warga lumpuh. BPBD pacitan mencatat tidak ada korban jiwa sementara empat lainnya tetap dinyatakan hilang dampak banjir & longsor di Pacitan.

Dari contoh teks berita pendek tersebut Kamu bisa melihat bahwa strukturnya terbukti lumayan sederhana tetapi bisa menjawab kelengkapan pertanyaan sesuai dengan info yang haruslah diberikan pada masyarakat.

Dalam penulisan naskah berita. tidak butuh ada kata-kata yang berlebihan sebab biasanya dalam satu program bakal ada beberapa berita yang haruslah disampaikan. Jadi hal paling penting yang haruslah diperhatikan ialah langsung masuk ke dalam inti berita ataupun informasinya.

Dalam menulis suatu teks berita maka haruslah sebanding ataupun netral tanpa terkesan membela siapapun. Dengan begitu masyarakat juga tidak bakal terpengaruh dengan berita apapun & hanya memperoleh info sesuai yang diperlukan.

Keterangan yang diberikan juga haruslah faktual ataupun bisa dipercaya, kalimatnya sederhana, jelas, hebat & bisa diterima dengan bagus tanpa menyinggung pihak manapun.

Ada banyak hal sensitif yang bisa dibicarakan di kurang lebih kita, maka Kamu haruslah sangat berhati-hati & mekualitas kembali teks berita yang ditulis supaya tidak hingga menyinggung hal berbau sensitif. Sangat penting untuk memberikan info sesuai yang ada di lapangan tetapi teknik penyampaian & pemilihan kata yang cocok pasti bisa sangat berpengaru kepada kesan yang bakal timbul dari pembacaan berita tersebut.

#4. Contoh Teks Berita Pendek Mengenai Pendidikan

Hanya 20 Persen SMA yang Memenuhi Standar

Para pemirsa. Di Sukabumi (dilansir dari harian Kompas) hanya 20 persen dari semua sekolah menengah atas, bagus negeri maupun swasta yang memenuhi delapan standar otonomi pendidikan. Hal ini menyebabkan tujuan otonomi pendidikan untuk mewujudkan sekolah berbasis keunggulan lokal belum tercapai. (Where, What)

Menteri pendidikan Nasional Bambang Sudibyo berkata, bahwa delapan standar otonomi pendidikan yang haruslah dipenuhi sekolah ialah isi, kompetensi, pendidik, sarana, proses, pelayanan, pengelolaan, & biaya. Apabila delapan syarat tersebut terpenuhi maka bakal ada ruang yang lumayan lebar untuk tumbuhnya kreativitas & kemandiriaan. Kewenangan menyelenggarakan pendidikan dasar & menengah ini didelegasikan terhadap pemerintah daerah sebagai bentuk desentralisasi pendidikan. (Who, How)

Direktur Pembinaan Sekolah Menengah Atas Depdiknas Sungkowo menyebutkan, bahwa hambatan 80 persen SMA yang belum memenuhi standar tersebut ialah guru & sarana. Dari sisi kuantitas, jumlah guru di negeri kami sudah memenuhi syarat, tetapi mengenai nilainya tetap menjadi persoalan hingga sekarang. Nilai guru ini menjadi persoalan dasar dalam otonomi pendidikan kami sebab kurikulum tidak lagi ditentukan oleh pemerintah pusat bakal tetapi disusun oleh sekolah, sedangkan pemerintah hanya memberikan standar minimal isi kurikulum. Apabila nilai guru tetap menjadi persoalan maka pencapaian standar minimal isi kurikulum pun dipastikan bakal susah diperbuat. (What, Why)

Para pemirsa. Mengenai biaya pendidikan, Bambang Sudibyo berbicara bahwa tahun ini Depdiknas memperoleh biaya kurang lebih Rp50 triliun yang mana sebanyak 50 persen tersedot untuk penuntasan wajib belajar pendidikan dasar sembilan tahun. Sedangkan sisa biaya lainnya dialokasikan untuk pendidikan menengah & tinggi. (How)

#5. Contoh Teks Berita Pendek Mengenai Bencana Alam

Apabila Daya Dukung Lingkungan Tidak Ideal

Pada 4 Februari 2002 yang lalu, banjir bandang dari Sungai Sampean menerjang Kabupaten Situbondo, Jawa Timur. Pada tanggal 18 Januari & 8 Februari 2008, bencana serupa kembali datang. Ratusan rumah, bangunan lain, serta beberapa infrastruktur di Situbondo & Bondowoso rusak. Puluhan korban jiwa melayang. (When, What, Where)

Hal ini dikarenakan daya dukung alam daerah ajaran sungai (DAS) Sampean rendah. Jadi apabila turun hujan deras lumayan lama di hulu & tanah tidak sanggup menyerap maka air hujan langsung masuk sungai lalu mengalir sangat deras ke muara lalu terjadilah banjir bandang. (How)

DAS Sampean seluas 1.347 kilometer persegi mencakup wilayah Kabupaten Bondowoso & Situbondo. Daerah hulu berada di rumit Gunung Arpopuro & rumit Gunung Roung, Kabupaten Bondowoso. Sedangkan muaranya berada di Kecamatan Panarukan, Kabupaten Situbondo. (Where)

Berdasarkan data Perum Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hukum Bondowoso 2007, luas hutan di Kabupaten tersebut 59.867,95 hektar (ha). Areal terdiri atas 30.863,70 ha hutan lindung & 29.004,25 ha hutan produksi. Dari jumlah itu, 53.023 ha ataupun 88 persen berada di areal DAS Sampean & menutup 33,99 persen lahan DAS. (How)

Hasil penelitian pembimbing Universitas Brawijaya Malang Zaenal Kusuma memperoleh, luas tutupan hutan di kawasan DAS minimal 44,18 persen. Kepala Urusan Humas Perum Perhutani KPH Bondowoso Priyono berkata, tahun 19,76 persen, padahal idealnya tak lebih dari 3,12 persen. Tegalan idealnya maksimal 20,27 persen, yang ada 27,70 persen. Permukaan maksimal 3,22 persen, nyatanya ada 4,62 persen. (Who, How)

Komposisi DAS yang tidak ideal menyebabkan sedimentasi di Sungai Sampean. Menurut Kinaryo, kedalaman Dam Sampean Baru di Kecamatan Tapen, Bondowoso, ketika dinormalisasi tahun 2002 ialah 20 meter. sedangkan ketika ini kekurangan dari 10 meter. Akibatnya, volume tamping Dam tersebut tinggal 60 persen. Tetapi, hingga kini pemerintah belum membangun sistem pengendali banjir di Sungai Sampean. (Why)

Agaknya, banyak pekerjaan rumah yang haruslah diajarkan pemerintah. Sebab itu, butuh kesadaran semua pihak sebelum korban kembali berjatuhan.

#6. Contoh Teks Berita Pendek Mengenai Banjir

Banjir Terjang Bangka Belitung, Arus Lalu Lintas Tersendat

Banjir melanda puluhan rumah di Desa Delas, Kecamatan Air Gegas, Kabupaten Bangka Selatan, Kepulauan Bangka Belitung. Banjir juga mengakibatkan arus lalu lintas tersendat. (Where, What)

Seperti ditayangkan Liputan6 Siang SCTV, Kamis (18/7/2017), sedikitnya 47 unit rumah warga terendam akibat alur sungai meluap sesudah hujan deras. (When)
Banjir yang berasal dari alur sungai ini meluber lumayan deras menerjang puluhan rumah warga di kurang lebihnya dengan kedalaman air mencapai 80 sentimeter. (How)

Banjir membuat arus lalu lintas tersendat. Melihat kondisi ini pihak kepolisian dibantu warga kurang lebih membuat barikade untuk menuntun kendaraan yang melintas supaya tidak terjebak di tengah kubangan air. (How)

#7. Contoh Teks Berita Pendek Mengenai Lingkungan

Warga Tuntut Ganti Menyesal Akibat Pencemaran Sungai

Kurang lebih 200 warga dari tiga kecamatan di Kabupaten Tulang Bawang, Lampung, mendatangi kantor Tubuh Pengendali Akibat Lingkungan Daerah (Bapedalda) Lampung. Mereka melaporkan Pencemaran Sungai Way Terusain yang diperbuat PT Teguh Wibawa Bhakti Persada. Pencemaran sungai tersebut membuat ikan di keramba warga mati & diperkirakan mereka menyesal miliaran rupiah. (Where, What)

PT Teguh Wibawa merupakan perusahaan yang mengolah singkong menjadi tepung tapioka. Perusahaan ini berada di Kampung Gunung Batin Baru, Terusain Nunyai, Lampung Tengah. Izin operasi diberikan oleh Bupati Lampung Tengah pada 2005. Dalam sehari perusahaan tersebut sanggup memproduksi 70 – 80 ton tepung tapioka. (Who)

Menurut Suhendro (salah satu warga Kecamatan Dente Teladas) bahwa sejak Januari 2008 air Sungai Way Terusan berwarna kuning & baunya tak sedap. Padahal selagi ini sungai tersebut menjadi sumber penghidupan warga. Mereka mengembangbiakkan ikan dalam keramba di sepanjang alur sungai. (How)

Warga menurut ganti menyesal kurang lebih Rp20 miliar, untuk mengganti kemenyesalan pemilik 264 keramba apung & 400 hektar tambak tradisional serta 280 nelayan. Tetapi, perusahaan tidak bersedia memenuhi tuntutan itu. Pihak perusahaan hanya bersedia member ganti menyesal Rp2 miliar yang mana setiap keramba hanya dihargai Rp400.000,00 padahal menurut warga setempat, setiap keramba menghabiskan ongkos minimal Rp1 juta. (Why)

Sesudah dikonfirmasi oleh pihak yang bersangkutan, Kepala Bagian Umum CV Sinar Laut Group yang merupakan induk perusahaan PT Teguh Wibawa Bhakti Persada, Alianto berbicara bahwa perusahaannya tetap menghitung kemenyesalan sebab variabel kemenyesalannya tidak sama.

#8. Contoh Teks Berita Pendek Mengenai Kesehatan

Lingkungan Bersih, Kesehatan Terjaga

Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah menetapkan permasalahan chikunguya di Jateng yang tahun ini mencapai 2.801 permasalahan sebagai kejadian menarik ataupun KLB sebab pada tahun 2006 hanya ada 86 permasalahan. Meski penyakit yang disebarkan oleh nyamuk Aedes albopictus ini tidak menyebabkan kematian sebagaimana demam berdarah dengue ataupun DBD, masyarakat haruslah tetap waspada. (What, Where)

Meski bukan KLB, permasalahan DBD di Jateng juga meninngkat, dari 10.924 permasalahan dengan angka kematian 220 permasalahan (2006) menjadi 18.845 permasalahan dengan angka kematian 301 permasalahan (2007). Diperkirakan penyakit yang disebarkan nyamuk Aedes aegepty ini tetap bakal meningkat sebab sesuai siklus tahunan peningkatan permasalahan DBD biasa terjadi pada Desember. (Why, When)

Peningkatan permasalahan kedua penyakit tersebut antara lain diakibatkan perubahan iklim. Akibat pemanasan global, suhu udara meningkat sejak 1990, curah hujan yang lebat juga meningkat hingga tiga persen per tahun. Diperkirakan, apabila suhu udara meningkat tiga derajat Celcius, penularan penyakit melewati nyamuk meningkat dua kali lipat. Area penularannya juga meluas. Sayangnya, masyarakat kekurangan menyadari hal ini. Sebetulnya masyarakat bisa mengantisipasi kedua penyakit ini dengan menjaga kebersihan lingkungan, yaitu dengan meperbuat gerakan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) di lingkungan masing-masing. (How)

Perubahan kondisi lingkungan akibat pemanasan global juga menjadi media munculnya beberapa penyakit, seperti flu burung. Berdasarkan data per Juni 2007, apabila persoalan kebersihan lingkungan diabagusan, bukan tidak mungkin korban yang meninggal akibat flu burung di Jateng bakal lebih dari delapan orang. (What)

Menjaga kebersihan lingkungan tergolong juga menjaga lingkungan tidak tercemar jadi permasalahan ”penyakit misterus” yang menewaskan 10 warga Desa Kanigoro, Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang, tidak ditemukan lagi. Penyakit yang akhir-akhir diketahui dikarenakan oleh keracunan pestisida ini rawan terjadi di Jateng yang merupakan daerah pertanian. (Who)

Upaya pencegahan penyakit ini haruslah lebih digalakkan mengingat selagi ini belum menjadi prioritas masyarakat. Hal ini juga haruslah diperbuat di tingkat pemerintah. Oleh sebab itu, pada 2008 Pemprov Jateng mulai berencana membuat peraturan daerah pengendalian penyakit. (How)

#9. Contoh Teks Berita Pendek Mengenai Kebudayaan

Menjelang Imlek, Warga Membersihkan Vihara

Dua hari lagi tanggal 10 Februari 2008, Tahun Baru Imlek 2559 datang. Ini berarti sudah terus dekat untuk mempersiapkan penyambutan datangnya tahun tikus dalam penanggalan Cina dengan meriah. Bagi warga etnis Tionghoa di Bogor, Jawa Barat, tersebut artinya sudah ketikanya mereka membersihkan tempat ibadah. Seperti yang mereka perbuat di Vihara Danagun. (What, Who, Where)

Puluhan warga bahu-membahu membersihkan ruang, perabotan, & semua patung dewa dalam vihara tersebut. Patung-patung ini dimandikan dengan cara khusus dalam suatu ritual tahunan. Tak hanya itu, untuk memeriahkan agenda menyambut Tahun Baru Cina, warga Tionghoa memasang pernak-pernik berbau Imlek di jalan-jalan Kota Bogor. (How)

Kemeriahan menyambut Imlek juga terasa di Semarang, Jawa Tengah. Meski demikian, warga di kota ini mempunyai cara tidak sama untuk menyambutnya. Mereka menggelar suatu pasar kaget di wilayah Pecinan, Semarang yang disebut Pasar Semawis. Ketika pasar dibuka, bukan hanya adat Negeri Tionghoa yang dipertunjukkan. Adat masyarakat setempat juga turut ditampilkan. Tak lupa pastinya sajian barongsai yang terus menghibur warga yang berkunjung ke Pasar Semawis. (Where, What, How)

#10. Contoh Teks Berita Pendek Mengenai Kesenian

Lukisan

Ratusan lukisan dengan beberapa tema & aliran, terpasang rapi di ruang terbuka lantai tiga Mal Pekalongan, Kawasan Pasar Banjarsari, Kota Pekalongan, Sabtu, 22 Desember 2007. Kehadirannya tampak memberi warna lain pada kawasan pusat perbelanjaan tersebut.  (When, Where)

Ratusan lukisan tersebut merupakan karya pelukis Kota Pekalongan, yang sengaja dipamerkan untuk masyarakat umum. Pameran bertajuk "Ekspresi Pelukis Pekalongan" tersebut diselenggarakan oleh Komunitas Pelukis Pekalongan bersama dengan Dewan Kesenian Kota Pekalongan, mulai 15 hingga 23 Desember 2007. (What, Who)

Sebanyak 43 pelukis menampilkan karyanya di sana, di antaranya Jombor M Arifin, Aan Jindan, Agus Tanto, Taufik, & Tamagung. Tidak hanya lukisan di atas kanvas, ada pula pelukis yang memamerkan lukisan di atas cangkang telur. Dengan cara keseluruhan, lukisan yang dipamerkan sebanyak 150 buah.  (Who)

Koordinator pameran, Jombor M Arifin, berkata, pameran tersebut sebagai wujud kebangkitan & sosialisasi pelukis Pekalongan terhadap masyarakat. Selagi ini, sebagian besar pelukis Pekalongan tetap berkarya untuk lingkungannya sendiri. (Why)

Mereka jarang mengadakan pameran, bagus di dalam maupun di luar kota, sebab tidak mempunyai jaringan yang luas. Biasanya, pameran hanya diselenggarakan oleh komunitas pelukis tertentu. (Why)

Padahal sebetulnya, potensi pelukis Pekalongan lumayan tinggi. Mereka tidak hanya sanggup menghasilkan karya lukis di atas kanvas, tetapi juga di atas media lain, seperti cangkang telur. Lukisan yang dihasilkan juga beragam, mulai dari lukisan yang bersifat realis, abstrak, hingga lukisan batik klasik maupun kontemporer. (How)

Oleh sebab itu, untuk menggairahkan kehidupan seni lukis di Kota Pekalongan, diadakanlah pameran tersebut. Pelukis yang tampil tidak hanya yang sudah profesional tetapi juga pemula. Masing-masing menampilkan maksimal tiga gambar.

#11. Contoh Teks Berita Pendek Mengenai Kecelakaan

Rem Blong, Suatu Mobil Mewah Menabrak Pembatas Jalan

Telah terjadi suatu kecelakaan luar biasa kemarin malam di Jalan Tol Cipali pada tanggal 4 Maret 2015, suatu Mobil Mewah ini dikemudikan oleh seorang anak muda yang bernama Agus, ia mengemudikan mobil dengan kecepatan diatas 120 KM/Jam. (What, When, Who)

Mobil bernomor polisi B 3641 AH tersebut menabrak suatu pembatas jalan sebab mengalami rem blong pada mobilnya. Mobil Ferarri berwarna merah tersebut untungnya tidak membuat kecelakaan luar biasa sebab pada ketika tersebut Tol Cipali tampak macet dari arah sebaliknya. (Why)

Untungnya dalam kejadian ini tidak ada korban jiwa, hanya saja sang pengemudi mengalami luka berat & saat ini tetap di rawat di Rumah Sakit terdekat. (How)

#12. Contoh Teks Berita Pendek Mengenai Kebakaran

Kebakaran Dayah Samahani Musnahkan 12 Ruang Belajar

Kebakaran Dayah Nurul Hikmah di Desa Leupueng Cut Samahani, Kecamatan Kuta Malaka, Aceh Besar menghanguskan 12 ruang belajar milik lembaga pendidikan keagamaan tersebut. (What, Where)

Laporan yang dipublish Pusdalops PB BPBD Aceh Besar menyebutkan, dayah yang berlokasi di Leupueng Cut tersebut dipimpin Ustaz M Saleh (70). Kejadiannya pukul 17.05 WIB. (When)

BPBD Aceh Besar mengerahkan 8 unit armada pemadam dari Pos Sibreh ke lokasi kejadian. Api sukses dikuasai pukul 18.15 WIB. (Who)

Bangunan dayah yang berlokasi tidak jauh dari pinggiran Jalan Nasional Banda Aceh-Medan tersebut berkonstruksi dua lantai. Yang terbakar sebanyak 12 ruang kelas belajar, enam ruang di lantai atas & enam ruang di lantai bawah. (How)

Kemenyesalan akibat kebakaran tetap dalam pendataan sedangkan penyebab kebakaran diduga akibat korsleting listips, tetapi untuk penyebab pasti tetap dalam pengusutan pihak kepolisian. (Why)

Tim yang terlibat dalam penanggulangan kebakaran tersebut dari TNI/Polri, relawan RAPI, & masyarakat setempat. (Who)

#13. Contoh Teks Berita Pendek Mengenai Olahraga

Terjun ke Balap Sepeda, M. Fadli Tetap Jadi Instruktur Balap Motor

Jakarta – Muhammad Fadli bakal turun di Asian Paracycling Championship. Meski sudah terjun ke dunia balap sepeda, Fadli disebut tetap memprioritaskan pekerjaannya sebagai instruktur balap motor. (Who, What)

Fadli bakal mewakili Indonesia di nomor Individual Time Trial kategori C4 pada Kejuaraan Asia Para-Cycling, 24 Februari-3 Maret mendatang, di Bahrain. Tersebut menjadi ajang pertamanya sesudah banting setir dari dunia balap motor. Fadli juga menjadi wakil Indonesia pertama di level Asia. (Where)

Anggono Iriawan, Senior Manager Safety Riding & Motorsport PT Astra Honda Motor, menyebutkan dukungannya untuk Fadli. Anggono juga berbicara bahwa Fadli sudah berkomunikasi dengannya terkait partisipasi dalam kejuaraan di Bahrain.

“Kalau izin, dirinya sudah bilang terhadap kami bulan kemarin untuk ke Bahrain. Namun dirinya bilang, prioritas pertama dirinya tetaplah jadi instruktur balap di Astra Honda sebab di luar tersebut dirinya juga tetap punya sekolah racing miliknya sendiri. Jadi apabila waktu tidak benturan & merepotkan ya tidak apa-apa,” kata Anggono ketika dihubungi detikSport, Jumat (10/2/2017). (Why)

Anggono meningkatkankan, sejak menjadi pebalap Honda pada 2014, Fadli terbukti merupakan sosok berkarakter. Menurutnya, Fadli mempunyai mental kuat & populer supel. Tak hanya itu, Fadli juga lumayan dihormati, bukan hanya oleh pebalap-pebalap seangkatannya, tetapi juga oleh para juniornya. (How)

“Fadli ini tergolong rider top Indonesia, tersebut yang pertama. Terbukti sangat disayangkan waktu kejadian tersebut terjadi, padahal ketika tersebut dirinya sedang di top kemampuannce-nya kelas 600cc,” ucap Anggono.

“Dia juga punya mental yang kuat, supel, & kami melihat apa yang diimpiankan Fadli terbukti belum kesampaian. Makanya, kami harap apa yang dimimpikan Fadli bisa tertular ke juniornya. Jadi terbukti dengan cara figur Fadli di-respect dengan pebalap seangkatan dia, apalagi yang di bawahnya.

“Harapan saya Fadli bisa berprestasi sebab ini kali pertama & langsung main di Kejuaraan Asia. Saya rasa dari PB ISSI menunjuk dirinya sebab ada data, bukan hanya mengirim sebab bekas pebalap. Yang pasti dirinya bakal meperbuat yang terbagus. Kalau juara pasti kami alhamdullilah,” katanya.

#14. Contoh Teks Berita Pendek Mengenai Politik

Persaingan Pencalonan Gubernur DKI Jakarta Terus Memanas

Tinggal menghitung bulan, Jakarta yang merupakan ibukota Indonesia bakal memilih wakil rakyat yakni Gubernur baru mereka sebab masa jabatan Gubernur sebelumnya yang masa baktinya bakal habis. (What, Where)

Dalam pencalonan & pemilihan Gubernur Jakarta tahun ini bakal sangat panas, sebab bakal diisi oleh beberapa kandidat dari Partai Politik & juga Independent. Beberapa calon diantaranya yaitu Basuki Tjahaja Purnama ataupun yang lebih kami kenal dengan pak Ahok ini juga bakal kembali mendaftar sebagai calon Gubernur Jakarta. (Why, Who)

Lalu ada Anies Baswedan yang sebelumnya menjabat sebagai Menteri Pendidikan & juga ada Agus Harimurti Yudhoyono yang sebelumnya berbakti sebagai TNI. (Who)

Persaingan di antara ketiganya bakal berlangsung sengit sebab semuanya datang golongan orang yang berprestasi. Tidak hanya itu, perang gagasan & visi misi juga sudah bertebaran di media masa. Untuk itu, kami tunggu saja siapa yang menjuarai pesta demokrasi periode 2017-2022 mendatang. (How)

#15. Contoh Teks Berita Pendek Mengenai Ekonomi

Pertumbuhan Ekonomi Jatim di Bawah Target

Setahun mengarungi 2007, kinerja perekonomian Jatim mencatat bahwa kinerja ekonomi Jatim lebih bagus dibandingkan tahun sebelumnya. Tapi, pertumbuhan ekonomi provinsi paling timur di pulau Jawa ini tetap semu & belum bernilai. (What, Where)

Kepala bidang Neraca Wilayah BPS (Badan Pusat Statistik) Jatim R.A. Nurzaman berkata, apabila dilihat dari angkanya menunjukkan apabila kemampuan perekonomian (PDRD) Jatim tumbuh sebesar 6,02 persen. Bandingkan dengan pencapaian di dua tahun sebelumnya yaitu 5,84 persen (2005) & 5,80 persen (2006). "Meski sudah bagus, namun penuh dengan catatan," ujarnya dalam konferensi pers PDRB Jatim 2007, kemarin (15/02). (How)

Meski dengan cara kinerja meningkat, namun laju pertumbuhan tersebut jauh dari sasaran RPJM (Rencana Pembangunan Jangka Menengah) 2006-2008 yang dicanangkan oleh pemprov Jatim. Sesuai RPJM, proyeksi pertumbuhan Jatim di 2007 ialah 6,3 persen. Sementara di tahun ini dipatok pertumbuhan 6,5 persen. "Melihat bencana beruntun di dua bulan terbaru rasanya susah untuk tembus. Ya minimal sama dengan tahun lalu," katanya. (Who)

Menurut Nurzaman, akibat lumpur Lapindo, terbukti tetap menjadi biang dari perlambatan pertumbuhan ekonomi Jatim. Dalam dua tahun terbaru, provinsi yang bersiap untuk menggelar hajatan politik Pilgub 2008 ini kalah dengan Jabar dalam hal pertumbuhan ekonomi. Kalau belum ada penanganan maksimal terkait infrastruktur & relokasi industri, pertumbuhan ekonomi Jatim tetap bakal seperti ini. (Why)

Bisa dikatakan juga pertumbuhan ekonomi di Jatim juga belum merata & belum signifikan menetes ke bawah. Dari angka kemiskinan hanya turun tipis dibanding tahun lalu yaitu dari 19,89 persen di 2006 menjadi 18,84 persen di 2007 dari kurang lebih 37 juta penduduk Jatim. (How)

Sementara tersebut berdasarkan Sakernas (Survey Angkatan Kerja Nasional) yang diperbuat Agustus 2007 lalu menunjukkan apabila TPT (Tingkat Pengangguran Terbuka yaitu penduduk 15 tahun ke atas yang dianggap produktif namun belum bekerja menunjukkan kenaikan dari 5,74 persen menjadi 6,79 persen dari 29.10.338 juta penduduk Jatim pada usia tersebut. (How)

Sementara itu, Kasi Neraca Produksi BPS Jatim Setiyowati membahas apabila kontribusi pertumbuhan paling atas tetap disumbang oleh tiga sektor mutlak yaitu perdagangan-hotel-restoran, industri pengolahan, & pertanian. (What)

Masing-masing sumbangannya bagi PDRB 2,77 persen, 0,99 persen, 0,67 persen. Dirinya membahas, pendorong mutlak dari pertumbuhan ketiga sektor tersebut ialah meningkatnya kinerja subsektor perdagangan, subsektor industri alat angkutan, subsektor perkebunan, & subsektor peternakan. Masing-masing mengalami growth 9,92 persen, 20,78 persen, 8,79 persen, & 6,71 persen. (What)

#16. Contoh teks berita pendek mengenai Kebakaran

Kebakaran Dayah Samahani Musnahkan 12 Ruang Belajar

Kebakaran Dayah Nurul Hikmah di Desa Leupueng Cut Samahani, Kecamatan Kuta Malaka, Aceh Besar menghanguskan 12 ruang belajar milik lembaga pendidikan keagamaan tersebut.

Laporan yang dipublish Pusdalops PB BPBD Aceh Besar menyebutkan, dayah yang berlokasi di Leupueng Cut tersebut dipimpin Ustaz M Saleh (70). Kejadiannya pukul 17.05 WIB.

BPBD Aceh Besar mengerahkan 8 unit armada pemadam dari Pos Sibreh ke lokasi kejadian. Api sukses dikuasai pukul 18.15 WIB.

Bangunan dayah yang berlokasi tidak jauh dari pinggiran Jalan Nasional Banda Aceh-Medan tersebut berkonstruksi dua lantai. Yang terbakar sebanyak 12 ruang kelas belajar, enam ruang di lantai atas & enam ruang di lantai bawah.

Kemenyesalan dampak kebakaran tetap dalam pendataan sedangkan penyebab kebakaran diduga dampak korsleting listips, tetapi untuk penyebab pasti tetap dalam pengusutan pihak kepolisian.

Tim yang terlibat dalam penanggulangan kebakaran tersebut dari TNI/Polri, relawan RAPI, & masyarakat setempat. (*)

#17. Contoh teks berita pendek mengenai Kecelakaan

Wanita di Sidoarjo Tewas Terpental dari Motor & Terlindas Truk

Patroli, Jawa Timur – Dikawani keluarga & kerabatnya, Heni Cahyani tak henti-hentinya menangisi kepergian Julaikah, kawannya yang tewas dampak kecelakaan kemudian lintas di Jalan Raya By Pass Lingkar Barat, Sidoarjo, Jawa Timur.

Contohnya yang ditayangkan Patroli Siang, Rabu (19/7/2017), kejadiannya bermula saat Heni & Julaikah berboncengan memakai sepeda motor matik dari Sidoarjo menuju Surabaya. Diduga sebab tersenggol truk gandeng yang melintas, Heni tak sanggup mengendalikan motor & menabrak pembatas jalan.

Nahas bagi Julaikah yang duduk di bangku belakang. Dirinya terpelanting & tewas sesudah terlindas ban belakang truk

Korban langsung dilarikan ke RSUD Kabupaten Sidoarjo, sedangkan sopir & truk gandengnya diamankan di Mapolresta Sidoarjo untuk penyelidikan lebih lanjut.

#18. Contoh teks berita pendek mengenai Banjir

Banjir Terjang Bangka Belitung, Arus Kemudian Lintas Tersendat
Banjir melanda puluhan rumah di Desa Delas, Kecamatan Air Gegas, Kabupaten Bangka Selatan, Kepulauan Bangka Belitung. Banjir juga mengdampakkan arus kemudian lintas tersendat.

Contohnya ditayangkan Liputan6 Siang SCTV, Kamis (18/7/2017), sedikitnya 47 unit rumah warga terendam dampak alur sungai meluap sesudah hujan deras.

Banjir yang berasal dari alur sungai ini meluber lumayan deras menerjang puluhan rumah warga di kurang lebihnya dengan kedalaman air mencapai 80 sentimeter.

Banjir membuat arus kemudian lintas tersendat. Melihat kondisi ini pihak kepolisian dibantu warga kurang lebih membuat barikade untuk menuntun kendaraan yang melintas supaya tidak terjebak di tengah kubangan air.

#19. Contoh teks berita pendek mengenai Bencana Alam

Longsor Kembali Hantui Warga Garut
Sejumlah titik longsor bermunculan di Kabupaten Garut Jawa Barat usai hujan melanda di daerah tersebut selagi hampir sepekan.

Di Kampung Cigedogan Desa Mekarjaya Garut umpama, tebing dengan tinggi 10 meter dilaporkan roboh & menutup jalan masuk transportasi dari Kecamatan Bungbulang menuju Kecamatan Caringin.

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu. Tetapi material berupa tanah & batuan setebal tiga meter menutupi jalan masuk jalan sepanjang 10 meter.

“Kami bersama warga sedang mengupayakan supaya kendaraan roda dua bisa lewat jalur tersebut, sambil menantikan alat berat dari Provinsi Jabar,” ucap Camat Bungbulang Heri Hermawan, Senin, 29 Mei 2017.

Petugas Tubuh Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Garut Imat meningkatkankan bencana longsor juga menimpa jalan masuk transportasi di jalur Kecamatan Cikajang. Di mana ada tiga kecamatan, yakni Banjarwangi, Singajaya & Peundeuy yang saat ini terputus.

“Masyarakat tetap berupaya membersihkan material tanah yang menutupi tubuh jalan,” ujarnya.

#20. Contoh teks berita pendek mengenai Politik

Fraksi-fraksi DPR Debat soal Waktu Voting RUU Pemilu
Jakarta – Sepuluh fraksi di DPR memberi tau sikap terkait waktu pengambilan keputusan terkait pembahasan RUU Pemilu. Debat tak bisa dihindari.

Ceo DPR, Fadli Zon, menyebut hasil lobi mengerucutkan dua paket isu RUU Pemilu, yakni paket A ataupun B. Fadli kemudian meminta persetujuan waktu voting. Apakah malam ini ataupun Senin depan.

PDIP, Golkar, PKB, PPP, NasDem, & Hanura sepakat voting malam ini. Sisanya, Gerindra, PKS, & PAN meminta perpanjangan lobi. Sementara itu, Demokrat siap voting malam ini tetapi tak tanggung jawab soal isu PT.

“Kami siap mengambil keputusan malam kali ini tetapi kalau ada PT kami tak ikut bertanggung jawab,” kata Didik Mukrianto.

PAN kemudian berbicara siap voting malam ini. Tetapi, mereka minta diberi peluang memberi tau berbagai hal.

“Kalau misalkan tadi sudah menginventarisir mayoritas fraksi meminta kali ini tak persoalan. Izinkan memberi tau berbagai hal sebelum keputusan dilaksanakan,” sebut Yandri.

Fadli kemudian mendapat hujan interupsi bagus dari anak buah maupun penonton di balkon. Fadli pusing.

“Wartawan catat ceonya nggak tegas,” teriak penonton.

“Bentar, ini banyak sekali yang interupsi,” ucap Fadli.
(gbr/erd)

Nah itulah artikel materi biologi kelas xii semester 1 kurikulum 2013. Semoga PR materi biologi mengenai materi biologi kelas 12 kurikulum 2013 bisa terlesaikan dengan melihat contoh diatas. Apabila ingin bertanya mengenai materi biologi kelas xii semester 1 atau LKS/buku biologi kelas 12 kurikulum 2013, silakan ketik di komentar dibawah.

Terima kasih telah membaca artikel materi kelas 12 biologi. Baca Juga:


Bagi sahabat yang ingin copas isi artikel ini, maka diinginkan untuk cantumkan sumber dengan "Link Aktif Menuju ke Artikel Ini", apabila tidak dicantumkan, maka blog sahabat bakal saya laporkan ke DMCA.

0 Response to "20+ Contoh Teks Berita 5W+1H Lengkap (Ciri, Kaidah, Syarat Teks Berita)"

Posting Komentar

Komentar Sopan Akan di Approve