7 TEORI Sejarah Masuknya Islam Ke Indonesia, No.1 Dari Kuburan!

Loading...
Loading...
Faktakah.com - Sejarah masuknya islam ke indonesia.
Sejarah islam indonesia ~ Halo sahabat bisa gak sih kalian membahas sumber sejarah mengenai masuknya agama islam ke Indonesia? Sumber sejarah mengenai masuknya agama islam ke Indonesia ada dua, yaitu sumber eksternal (dari luar negeri) & sejarah masuknya islam ke Indonesia melalui sumber internal (dari dalam negeri).

7 TEORI Sejarah Masuknya Islam Ke Indonesia, No.1 Dari Kuburan!

Kalo kalian belum tau sumber sejarah internal islam masuk indonesia & eksternal masuknya agama islam ke nusantara silahkan lihat materi sejarah awal masuknya islam di indonesia dibawah ini.

Nah sejak kapan awal mula masuknya islam di indonesia? apa bukti masuknya islam di indonesia? dan apa proses masuknya islam di indonesia? silakan disimak...

SEJARAH MASUKNYA ISLAM KE INDONESIA SECARA EKSTERNAL


  1. Awal mula masuknya islam di indonesia berasal dari Kabar Arab. Kabar Arab diketahui dari para pedagang Arab yang meperbuat aktivitasnya dalam bidang perdagangan dengan bangsa Indonesia. Para pedagang Arab ini telah datang ke Indonesia sejak masa Kerajaan Sriwijaya (Abad ke-7 M). Hubungan pedagan Arab untuk Kerajaan Sriwijaya yaitu zabaq, zabay, atau sribusa.
  2. Sejarah masuknya islam ke Indonesia yang kedua berasar dari Kabar Eropa, dibawa oleh Marcopollo (Italia) yang menjadi orang Eropa pertama yang datang ke Indonesia. saat Marcopollo kembali dari Cina menuju Eropa melewati jalan laut, Marcopollo mendapat tugas dari kaisar Cina untuk mendampingi putrinya yang dipersembahkan terhadap kaisar Romawi. Dalam perjalanan tersebut Marcopollo singgah di Sumatra bagian utara, Di daerah ini Marcopollo menemukan adanya kerajaan Islam yaitu Kerajaan Samudera Pasai.
  3. Teori masuknya islam di nusantara menurut Kabar India, para pedagang Gujarat dari India tidak hanya meperbuat perdagangan juga menyebarkan agama Islam di pesisir pantai..
  4. Teori masuknya islam ke Indonesia yang keempat ialah Kabar Cina, Ma Huan (Sekretaris Laksamana Cheng Ho) berbicara bahwa pada tahun 1400 telah ada pedagang-pedagang Islam yang tinggal di pantai utara Jawa.


SEJARAH MASUKNYA ISLAM KE INDONESIA SECARA INTERNAL

Berikut ialah sumber sejarah masuknya islam ke indonesia dari sumber internal (berdasakan bukti)

  1. Bukti masuknya islam di indonesia yang merupakan benda yaitu Batu nisan Fatimah binti Maimun (1028) sezaman dengan masa Kerajaan Kediri yang bertuliskan Arab di Leran (Gresik). Peniggalan batu nisan ini menjadi bukti bahwa agama Islam sudah masuk ke daerah Jawa Timur.
  2. Bukti masuknya islam di indonesia yang kedua adalah Makam Sultan Malik as-Saleh (1297) di Sumatra (Raja Samudera Pasai). Berdasarkan peninggalan ini bisa disimpulkan bahwa untuk pertama kalinya timbul seorang raja beragama islam dengan gelar "Sultan".
  3. Bukti masuknya islam di indonesia yang ketiga adalah Makam Syekh Maulana Mlaik Ibrahim (1419) di Gresik. Jirat makam ini didatangkan dari Gujarat & berisi tulisan-tulisan Arab.

Dari sumber-sumber teori kedatangan islam tersebut bisa dipastikan bahwa pengaruh Islam di Indonesia telah berkembang sejak masa kerajaan Hindu sampai pada sebuah saat perkembangan islam bisa menggeser pengaruh Hindu di Indonesia. Masuknya agama islam di Indonesia sehingga menyingkirkan agama Hindu dan Budha.

Nah itulah postingan sejarah masuknya islam di indonesia. Semoga PR PAI tentang masuknya islam ke nusantara bisa terlesaikan dengan melihat teori masuknya agama islam diatas. Apabila ingin bertanya mengenai teori masuknya agama islam di indonesia atau LKS/teori masuknya agama islam di indonesia, silakan ketik di komentar dibawah.

Terima kasih telah membaca postingan teori masuknya islam di indonesia. Baca Juga:


Bagi sahabat yang ingin copas isi postingan teori masuknya islam di nusantara ini, maka diinginkan untuk cantumkan sumber dengan "Link Aktif Menuju ke Postingan Ini", apabila tidak dicantumkan, maka blog sahabat bakal saya laporkan ke DMCA.
Loading...

0 Response to "7 TEORI Sejarah Masuknya Islam Ke Indonesia, No.1 Dari Kuburan!"

Post a Comment

Komentar Sopan Akan di Approve