7 Contoh Teks Diskusi + Pengertian, Struktur, Tujuan, Jenis

Faktakah.com - Contoh teks diskusi.
Halo sobat, hari ini admin bakal memberikan materi bahasa Indonesia kelas 8 yaitu Teks Diskusi. Adapun yang bakal kami bahas mengenai teks diskusi hari ini yaitu mengenai Pengertian teks diskusi, Jenis-jenis teks diskusi, Struktur teks diskusi, & Contoh teks diskusi. Untuk lebih jelasnya silahkan simak materi teks diskusi dibawah ini.

7 Contoh Teks Diskusi + Pengertian, Struktur, Tujuan, Jenis

Nah apa itu teks diskusi? apa saja struktur teks diskusi? apa saja jenis jenis teks diskusi? dan contoh teks diskusi beserta strukturnya...mari kita simak!

PENGERTIAN TEKS DISKUSI

Secara singkat, pengertian teks diskusi ialah sebuah teks yang memberikan dua pendapat yang tidak sama mengenai sebuah hal (satu "pro" & satu "kontra) yang menyebabkan kedua belah pihak menjadi saling menuturkan persoalan yang sedang dipersoalkan (diskusi).

Diskusi merupakan salah satu bentuk kegiatan wicara. Dengan berdiskusi kamu bisa memperbanyak pengetahuan serta mendapatkan banyak pengalaman. Pengertian Diskusi ialah pertukaran pikiran, gagasan, pendapat antara dua orang atau lebih dengan cara lisan.

STRUKTUR TEKS DISKUSI

Teks diskusi mempunyai 4 struktur teks diskusi, diantaranya yaitu isu, argumen mendukung, argumen menolak, & terbaru ialah kesimpulan. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat 4 struktur teks diskusi dibawah ini.
  1. Isu, berisi persoalan yang bakal didiskusikan lebih lanjut.
  2. Argumen mendukung, berisi argumen (alasan) mendukung hal yang menjadi pokok persoalan diskusi.
  3. Argumen menentang, berisi argumen yang berlawanan dengan argumen yang mendukung.
  4. Kesimpulan, berisi kesimpulan & rekomendasi mengenai isu yang dibahas. Usahakan mengambil jalan tengah dari isu yang dibahas.

TUJUAN TEKS DISKUSI

Tujuan diskusi ialah mencari kesepakatan atau kesemaan gagasan atau pendapat. Diskusi yang melibatkan berbagai orang disebut diskusi kelompok. Dalam diskusi kelompok diperlukan seorang pemimpin yang disebut ketua diskusi. Tugas ketua diskusi ialah membuka & menutup diskusi, membangkitkan ketertarikan anak buah untuk memberi tau gagasan, menengahi anak buah yang berdebat, serta menyimpulkan hasil diskusi.

JENIS TEKS DISKUSI

Teks diskusi terbagi menjadi berbagai jenis, diantaranya yaitu sebagai berikut jenis jenis teks diskusi:
  1. Seminar.
  2. Sarasehan.
  3. Simposium.
  4. Diskusi panel.
  5. Kongres.
  6. Muktamar.
  7. Lokakarya.

#1. Contoh Teks Diskusi Tentang Teknologi

Akibat Menonton Televisi bagi Remaja
Isu
Di dalam era globalisasi ini tayangan televisi sudah tidak bisa dihindari. Dengan menonton televisi, kami bisa mendapatkan bermacam-macam informasi, tergolong di dalamnya hiburan. Pertanyaannya ialah adakah akibat negatif yang ditimbulkan dari menonton televisi? Sebagian masyarakat berpendapat bahwa menonton televisi berakibat positif, tapi banyak juga masyarakat yang berpendapat bahwa menonton televisi berakibat negatif.

Argumen Mendukung
Akibat positif dari menonton televisi ialah sebagai berikut :
Pertama, televisi mempunyai kelebihan dalam hal penyajian kabar, televisi umumnya rutin up to date. Hal ini pasti bakal membuat remaja tidak ketinggalan info & memberikan wawasan yang lumayan luas pada remaja dengan cara cepat.

Kedua, apabila televisi menyaapabilan acara-acara yang berhubungan dengan pendidikan, hal ini pasti sangat berfungsi bagi para pelajar. Seorang pelajar bisa mengambil fungsi berupa info pendidikan dari agenda televisi tersebut.

Ketiga, pengaruh positif televisi lainnya ialah remaja bisa menyegarkan otak dengan menonton beragam tayangan hiburan yang disaapabilan oleh stasiun televisi. Mulai dari agenda kuis, film, sinetron, atau hiburan-hiburan yang lain.

Keempat, agenda televisi sering menayangkan tokoh-tokoh yang mempunyai pengaruh, bagus dalam dunia pendidikan, dunia usaha, hiburan, atau yang lainnya. Tokoh-tokoh yang ditampilkan dalam televisi ini bisa memicu remaja untuk mencontoh keberhasilan mereka.

Argumen Menentang
Sementara itu, akibat negatif dari menonton televisi ialah sebagai berikut :

Pertama, televisi membuat remaja lupa waktu. Bagi pelajar, kecanduan nonton televisi menjadi kontraproduktif dengan tugas seorang pelajar yang kewajibannya belajar.

Kedua, banyaknya acara-acara yang kekurangan mendidik di televisi bisa mempengaruhi kejiwaan remaja. Film-film yang menampilkan adegan tidak pantas ditonton remaja tanpa ada sensor sangat mudah ditiru oleh remaja.

Ketiga, televisi sanggup menambah daya konsumtif remaja. Sebab televisi merupakan media iklan yang mempunyai pengaruh tinggi kepada konsumennya. Iklan yang ditayangkan dengan cara semakin menerus sepanjang hari, remaja untuk untuk membeli produk yang dipromosikan oleh produsen.

Keempat, banyak agenda televisi yang isinya kekurangan sesuai dengan norma masyarakat Indonesia, tergolong juga dengan kabar-kabar yang kerap menayangkan kekerasan tanpa disensor terlebih dahulu. Agenda demikian apabila ditonton oleh remaja yang notabene suka meniru, pasti bisa ditiru oleh mereka.

Simpulan
Dari berbagai pendapat tersebut bisa disimpulkan bahwa televisi mempunyai akibat positif atau negatif. Hal tersebut bergantung pada penonton televisi.
Nah itulah postingan materi biologi kelas xii semester 1 kurikulum 2013. Semoga PR materi biologi mengenai materi biologi kelas 12 kurikulum 2013 bisa terlesaikan dengan melihat contoh diatas. Apabila ingin bertanya mengenai materi biologi kelas xii semester 1 atau LKS/buku biologi kelas 12 kurikulum 2013, silakan ketik di komentar dibawah.

#2. Contoh Teks Diskusi Tentang Pengaruh Teknologi

Perkembangan teknologi dari tahun ke tahun rutin mengalami peningkatan. Hal ini dibuktikan dengan mulai bermunculannya alat elektronik seperti device, tablet, hingga music player. Di Indonesia sendiri perkembangan teknologi tidak bisa dibendung lagi sebab mengalami perkembangan yang teramat sangat pesat. Tetapi dibalik perkembangan teknologi yang terjadi sekarang ini, terjadi beberapa pengaruh & akibat yang dirasakan oleh banyak orang terutama remaja.

Contoh teknologi yang sekarang ini menjadi primadona di kalangan remaja ialah device. Remaja umumnya menyukai device sebab pemakaianya yang praktis & multimanfaat, pemakaian device juga bisa memudahkan aktivitas para remaja. Tidak hanya tersebut device mempunyai bentuk & ukuran yang relatif kecil jadi mudah dibawa kemana-mana.

Tetapi teknologi yang kami kenal & tengah bersahabat di kurang lebih kami nyatanya juga mempunyai pengaruh positif & pengaruh negatif. Sebagai contoh apabila para remaja terlalu sering memakai teknologi maka hal ini bakal memunculkan rasa ketergantungan & kecanduan seolah mereka tidak bisa hidup tanpa teknologi. Akhirnya mereka bakal jauh lebih mementingkan teknologi yang mereka miliki dibandingkan belajar & menuntut ilmu. Tetapi disamping akibat negatif, terseliplah akibat positif teknologi, yakni dengan memakai teknologi seperti device & tablet remaja bakal bisa memanfaatkannya dengan benar seperti contoh untuk mengerjakan tugas, mencari materi di internet, & saling berkomunikasi dengan mudah. Maka dari tersebut sebagai seorang remaja, kami haruslah sanggup memanfaatkan teknologi yang ada untuk hal-hal yang positif & bagus.

#3. Contoh Teks Diskusi Tentang Kenakalan Remaja

Pada era perkembangan jaman sekarang ini sering kali kami mendengar isu & kabar mengenai pergaulan bebas. Pergaulan leluasa sendiri berasal dari eksploitasi seksual yang dialami oleh remaja. Eksploitasi seksual umumnya terdapat pada foto-foto, & video tidak senonoh yang marak beredar.

Umumnya dengan melihat adegan tidak senonoh yang terdapat dalam video maka remaja bakal mempunyai asumsi bahwa pergaulan leluasa ialah hal yang wajar untuk diperbuat. Parahnya lagi, tidak tidak banyak pula remaja yang akhirnya terjerumus lebih dalam yakni mengkonsumsi obat-obatan terlarang, merokok, hingga meminum minuman keras.

Bersarkan dasar pemikiran diataslah kami mempunyai topik kenakalan remaja sebagai materi diskusi kami hari ini.

Dengan mengenal & mengidentifikasi perpersoalanan yang dialami oleh remaja, diharapakan bisa mencegah mereka terjerumus ke pergaulan leluasa & akibat akibat negatif yang ditimbulkannya. Untuk mewujudkan hal ini butuh diadakannya penyuluhan info & pengarahan dari pihak-pihak yang dianggap sanggup mengubah mental para remaja (motivator).

#4. Contoh Teks Diskusi Tentang Anak-anak

Device merupakan teknologi canggih yang memungkinkan kami untuk berkomunikasi bagus dengan cara audio maupun visual. Sebab dianggap bisa memudahkan segala aktivitas, device akhhirnya dipakai banyak kalangan orang tergolong anak-anak. Tetapi pada dasarnya memberikan ijin pada anak-anak untuk memakai device tetap menjadi bahan perdebatan di beberapa kalangan masyarakat.

Pihak yang tidak setuju pemakaian device oleh anak-anak berpendapat bahwa sartphone bakal merenggut masa kanak-kanak mereka dengan konten & fitur-fitur device. Jadi anak-anak bakal lupa untuk bersosialisasi dengan lingkungan kurang lebih mereka. Dengan munculnya device anak-anak bakal lebih terpaku pada game layar & melupakan kebahagiaan mereka semasa kecil, hingga mereka menginjak remaja pun mereka bakal rutin mempunyai rasa ketergantungan kepada device.

Tetapi bagi mereka yang setuju, device dianggap bakal menolong anak-anak dalam mengembangkan kreativitasnya. Tidak hanya tersebut dari segi orang tua, mereka bakal lebih mudah untuk mengawasi & menghubungi anak mereka kapan saja & dimana saja. Pemakaian device diangga bisa mencerdaskan anak-anak sebab device mengandung fitur-fitur untuk menunjang pembelajaran.

Berdasarkan kedua pendapat diatas bisa ditarik kesimpulan bahwa pemakaian device untuk anak-anak tetap menjadi berdebatan tersendiri di kalangan orangtua. Maka dari tersebut sebagai orang tua hendaknya kami bisa memilah & memilih akibat akibat device kepada anak kita.

#5. Contoh Teks Diskusi Tentang Komunikasi

Seperti yang kami ketahui, sekarang merupakan era perkembangan zaman. Perkembangan zaman tersebut juga mempengaruhi perkembangan teknologi di beberapa bidang seperti medis, komunikasi, trasnsportasi & sebagainya. Tetapi apabila dikaji lebih dalam, perkembangan teknologi di bidang komunikasi bakal memegang peran paling besar. Seperti saja pemakaian device, Device sekarang telah berubah sangat modern yakni praktis untuk dipakai & mempunyai beberapa macam fitur-fitur canggih & luar biasa. Tidak heran apabila di era sekarang ini remaja banyak yang menyukai device. Umumnya device dipakai para remaja untuk kebutuhan komunikasi, hiburan & sebagainya. Tetapi seperti yang kite ketahui bahwa perkembangan jaman & teknologi yang terjadi sekarang ini telah memberikan akibat yang besar bagi para remaja.

Akibat positif dari pemakaian device untuk remaja ialah mereka bisa mengeksplorasi teknologi lebih luas dari sebelumnya, memudahkan segala aktivitas mereka mulai dari berkomunikasi bagus visual maupun audio, & menolong mereka dalam mencari materi ataupun tugas di internet.

Disamping akibat positif pastinya perkembangan device ini juga mempunyai akibat negatif pada remaja. Salah satunya ialah pemakaian device bisa membuat remaja kecanduan & mempunyai rasa keterantungan seperti tidak bisa hidup tanpa perangkat ini. Tidak hanya tersebut saja, tetapi pemakaian device yang terlalu over bakal memberikan akibat berupa remaja bakal malas untuk belajar & akhirnya hal ini bakal menurunkan prestasi mereka.

Maka dari tersebut sebagai seorang remaja, kami haruslah sanggup memakai perangkat device kami dengan benar & pada porsinya. Apabila pemakaian device ini dialokasikan dengan benar maka bakal lebih banyak memunculkan akibat positif bagi kita.

#6. Contoh Teks Diskusi Tentang Perkembangan Teknologi di Masyarakat

Zaman & teknologi sekarang telah mengalami perkembangan yang pesat di beberapa bidang. Tidak bisa dipungkiri bahwa teknologi tersebut sekarang ini telah mengisi sendi-sendi kehidupan kita. Mulai dari medis, transportasi, komunikasi & sebagainya semakin berkebang seperti sudah tidak sanggup lagi untuk dibendung. Perkembangan teknologi di beberapa bidang ini akhirnya memunculkan beerbagai pandangan di mata masyarakat. Banyak masyarakat yang berasumsi positif dengan perkembangan teknologi sekarang ini. Tetapi tidak tidak banyak juga masyarakat yang berpendapat perkembangan teknologi mengangkat akibat negatif.

Masyarakat yang notabennya berpendapat perkembangan teknologi sebagai sesuatu yang positif berasumsi bahwa perkembangan sekarang bisa menolong & memudahkan segala aktivitas mereka. Mereka berpendapat teknologi sebagai kawan setia yang sanggup menolong mereka kapan saja. Seperti contoh perkembangan teknologi pada bidang transportasi, sekarang ini manusia tidak butuh berlangsung kaki terlalu lama untuk hingga ke tujuan mereka. Mereka bisa memanfaatkan perkembangan transportasi untuk menolong mereka hingga di tujuan mereka. Seperti saat kami hendak berangkat melintasi negara kami tidak butuh lagi berlangsung & mengarungi lautan luas, tetapi kami hanya butuh naik pesawat yang tujuannya ke negara tujuan kita.

Selain bisa menolong mempercepat transportasi, Perkembangan teknologi juga sanggup menghubungkan manusia sekalipun dalam jarak yang lumayan jauh.. Teknologi komunikasi tersebut ialah device, perangkat ini memungkinkan kami berkomunikasi dengan orang yang jaraknya sangat jauh dengan kami bagus dengan cara audio maupun visual.

Dalam bidang pengobatan & medis, perkembangan teknologi telah menolong para dokter menyelamatkan ratusan bahkan ribuan nyawa. Alangkah tidak, dengan adanya peralatan medis yang canggih pastinya bisa mendukun proses pengobatan seseorang. Seperti saat hendak meperbuat operasi pembedahan, para dokter bisa meperbuat pembedahan dengan sangat seksama & meminimalisir tingkat kegagalan operasi tersebut.

Tetapi di lain segi bagi masyarakat cenderung berpendapat perkembangan teknologi sebagai sesuatu yang negatif bakal berpikiran bahwa perkembangan teknologi yang tidak bisa dibendung ini bakal menjerumuskan manusia kejalan yang salah. Ibarat bom waktu, teknologo teknologi yang berkembang sekarang siap meledak kapan saja untuk memberikan akibat & pengaruh kurang baik bagi manusia. Umumnya masyarakat yang kontra kepada teknologi bakal berasumsi bahwa teknologi hanya mengangkat akibat kurang baik bagi manusia.

Salah satu akibat kurang baik yang dirasakan aalah manusia bakal menjadi malas didalam menjalani kehidupan bermasyarakat. Sebab merasa telah dimanjakan oleh teknologi, manusia bakal menyerahkan segala urusan pada teknologi tersebut hingga lupa untuk bersosialisasi dengan masyarakat. Akibatnya bakal terjadi kesenjangan sosial di lingkup masyarakat. Tidak hanya tersebut pemakaian teknologi juga bisa memunculkan rasa kecanduan kepada pemakainya. Saat mereka terlepas dari teknologi maka mereka bakal merasa putus asa.

Yang menghawatirkan dari perkembangan teknologi ialah diciptakannya senjata-senjata canggih yang mematikan demi kepentingan militer sebuah negara. Senjata senjata tersebut umumnya bakal dipakai untuk saling membunuh satu sama lain dengan alasan untuk memerangi kejahatan & sebagainya. Tetapi tetap saja yang menjadi korban ialah warga sipil yang notabennya tidak tahu apa apa. Senjata yang paling canggih & mematikan sekarang ialah nuklir yang notabennya disebut dengan senjata pemusnah massal. Senjata ini sanggup membunuh jutaan manusia dalam sekejap mata di sebuah daerah dalam skala & radius tertentu.

Hal yang paling tidak bisa diterima dari perkembangan teknologi ialah teknologi kloning yang sekarang ini tengah dikembangkan. Manusia mulai mencari cara untuk menyaingi kekuatan Sang Pencipta dengan mencoba memberikan kehidupan pada objek kloning. Hal ini dikhawatirkan bakal membuat manusia lupa dari mana mereka berasal & lupa bakal kehadiran Tuhan.

Berdasarkan penjelasan diatas bisa disimpulkan bahwa perkembangan teknologi yang terjadi dalam lingkup kehidupan bermasyarakat terbukti memunculkan akibat negatif & positif. Sebagai manusia yang modern & hidupa dalam perkembangan jaman, kami tidak boleh melupakan kehadiran Tuhan. Tidak hanya tersebut kami haruslah sanggup untuk memebdakan antara pengaruh kurang baik & pengaruh positif dari perkembangan teknologi ini.

#7. Contoh Teks Diskusi Tentang Kebersihan & Sampah

Sampah merupakan satu hal yang dianggap sangat meresahkan sebab memberikan akibat kurang baik pada lingkungan. Sampah yang menumpuk umumnya bisa menyebabkan beberapa penyakit hingga menyebabkan banjir. Dalam beberapa permasalahan, cara mengatasi sampah dianggap menjadi perpersoalanan yang penting di beberapa daerah tertentu. Sebetulnya pembagian persoalan mengenai sampah sudah menjadi perdebatan sejak dulu.

Banyak orang berasumsi bahwa sampah ialah sesuatu yang tidak diperlukan lagi, maka dari tersebut sampah haruslahnya dimusnahkan dengan cara di bakar. Tetapi bagi mereka yang mencintai alam, cara ini dianggap bukan sebagai solusi melainkan sebagai sebuah bencana baru. Sampah-sampah yang dibakar bakal menghasilakan polusi udara berupa aroma yang tidak sedap & asap pembakaran yang bisa menipiskan lapisan ozon.

Umumnya orang yang mencintai lingkungan bakal lebih memilih penyelesaian berupa dekomposting & daur ulang. Sebagai contoh sampah organik seperti daun kering, batang pohon & sebagainya bisa dijadikan sebagai pupuk kompos melewati proses dekomposting. Sedangkan sampah non-organik yang terbukti tidakd bisa mengalami pembusukan bisa diperbuat daur ulang.

Pada dasarnya sampah bisa diolah & dimanfaatkan kembali. Pengolahan & penanganan sampah yang ramah lingkungan ialah cara paling cocok & sesuai untuk menyelesaikan perasalahan sampah yang ada.

Nah itulah artikel materi pengertian teks diskusi, struktur teks diskusi, jenis jenis teks diskusi, dan contoh discussion text. Semoga PR contoh teks diskusi beserta strukturnya dapat terlesaikan dengan melihat contoh teks diskusi diatas. Jika ingin bertanya tentang materi unsur unsur diskusi/ciri ciri teks diskusi, silakan ketik di komentar dibawah.

Terima kasih telah membaca postingan contoh teks diskusi. Baca Juga:


Bagi sahabat yang ingin copas isi postingan discussion text ini, maka diinginkan untuk cantumkan sumber dengan "Link Aktif Menuju ke Postingan Ini", apabila tidak dicantumkan, maka blog sahabat bakal saya laporkan ke DMCA.

0 Response to "7 Contoh Teks Diskusi + Pengertian, Struktur, Tujuan, Jenis"

Posting Komentar

Komentar Sopan Akan di Approve