50+ Contoh Teks Anekdot Beserta Strukturnya + Pengertian, Struktur, Ciri, Tujuan, Kaidah, Cara Membuat Teks Anekdot

Faktakah.com - Teks anekdot.
Halo sobat, hari ini admin bakal memberikan materi teks anekdot. Teks anekdot merupakan sebuah teks yang berisi humor, lucu, & sindiran bagus tersebut politik atau sosial. Pada materi Bahasa Indonesia mengenai teks anekdot ini kami bakal mendalami mengenai pengertian teks anekdot, struktur teks anekdot, kaidah kebahasaan teks anekdot, ciri ciri teks anekdot, tujuan teks anekdot, cara membuat teks anekdot, & contoh teks anekdot lucu singkat & contoh teks anekdot lucu dengan tema sosial & politik.

Materi teks anekdot dan strukturnya ini mungkin sempat disampaikan di Sekolah Menengah Pertama dengan cara sekilas, tetapi bakal diperdalam di angkatan pertama Sekolah Menengah Atas. So, bagi adik-adik yang kini berada di Kelas X tentu bakal sangat bermanfaat.

Nah apa saja pengertian anekdot? apa saja struktur teks anekdot? apa saja ciri ciri anekdot? dan apa contoh contoh anekdot singkat? mari kita simak...

50+ Contoh Teks Anekdot Beserta Strukturnya + Pengertian, Struktur, Ciri, Tujuan, Kaidah, Cara Membuat Teks Anekdot

TEKS ANEKDOT

Pengertian Teks Anekdot

Apakah yang dimaksud teks anekdot? Teks Anekdot dengan cara luas bisa diklasifikasikan sebagai sesuatu yang menggelikan (Humor) atau sesuatu yang jenaka. Menurut KBBI (2003: 40), Anekdot ialah cerita pendek yang hebat sebab lucu & mengesankan, biasanya berkisar pada orang-orang penting & berdasarkan kejadian yang sebetulnya.

Dari kedua definisi tersebut bisa disimpulkan bahwa Teks Anekdot ialah cerita pendek yang hebat sebab lucu, menggelikan, jenaka, & mengesankan; biasanya berkisar pada orang-orang penting & berdasarkan kejadian yang sebetulnya.

Struktur Teks Anekdot


  1. Abstrak: Bagian awal paragraf yang berguna memberi fotoan mengenai isi teks.
  2. Orientasi: Bagian awal cerita atau latar belakang terjadinya momen.
  3. Krisis: Terjadinya hal atau persoalan yang unik atau tidak biasa yang terjadi pada penulis atau orang yang diceritakan.
  4. Reaksi: Bagian penyelesaian persoalan yang muncul di bagian Krisis.
  5. Koda: Bagian akhir cerita, terkadang terdapat kesimpulan atas cerita yang diusut.

Ciri-Ciri Teks Anekdot



  1. Bersifat humor, menyindir, & lelucon.
  2. Secara umum menceritakan fauna & manusia.
  3. Berdasarkan kejadian yang sebetulnya, terkadang juga berasal dari imajinasi.
  4. Beberapa menyerupai dongeng.
  5. Biasanya berkaitan dengan orang-orang penting.
  6. Mempunyai tujuan tertentu atau berguna mengkritik.

Tujuan Teks Anekdot


  1. Berfungsi menghibur.
  2. Membangkitkan tawa.
  3. Mengfotokan sebuah karakter dengan cara pendek & ringan.
  4. Menggambarkan segi lain/ segi unik orang-orang penting.

Kaidah Kebahasaan Teks Anekdot


  1. Memakai kata waktu lampau, seperti yaitu saya insomnia hingga semalaman.
  2. Memakai pernyataan rotoris, adapun seperti yaitu apakah dirinya tahu?.
  3. Memakai konjungsi atau kata penghubung.
  4. Memakai kata kerja, adapun seperti: pergi, duduk, & berdiri.
  5. Memakai kalimat perintah.

Cara Mudah Membuat Teks Anekdot


  1. Tentukan topik: Topik bisa berdasarkan kejadian orisinil atau imajinasi.
  2. Penentuan tujuan: Buat supaya ceritamu tidak bertele-tele tetapi cocok sasaran.
  3. Bahan penulisan: Hal ini bisa digali dari kejadian kurang lebih atau imajinasimu. Jangan lupa tambahkan hubungan sebab-dampak yang mengandung humor.
  4. Menyusun kerangka karangan: Sesudah topik, tujuan, & bahan tersedia. Kamu tinggal menyusun ceritanya.

Ps: Terkadang terbukti tidak banyak susah untuk memahami isi Teks Anekdot, jadi kalian butuh membacanya berulang-ulang.

CONTOH TEKS ANEKDOT

Berikut ini bakal saya berikan beberapa kumpulan contoh teks anekdot humor lucu berupa sindiran di beberapa tema, seperti teks anekdot politik & sosial yang menghibur & lucu.

#1. Contoh Teks Anekdot:

Raja Alfonso dari Spanyol sempat merasa bosan dengan aktifitas politiknya, jadi ia meperbuat perjalanan dengan menyamar. Sebuah hari, ia menyewa sebuah kamar di hotel kecil. Ia mendaftar dengan memakai nama samaran. Pagi berikutnya, Sang Raja meminta pelayan kamar supaya membawakan sebuah cermin untuk bercukur.
 Ketika memberikan cermin, pelayan tersebut mengatakan, "Anda bukan pelancong biasa bukan?". "Kenapa kau bertanya seperti itu?" Sang Raja ingin tahu. "Entah." Jawab si pelayan. "Tingkah laku kamu tidak sama. Aku berani bertaruh bahwa kamu tentu salah satu anak buah kerajaan di Madrid.". "Sejujurnya, iya." Jawab Raja Alfonso. "Anda bekerja untuk Sang Raja?" Pelayan tersebut memberanikan diri. Lalu Raja Alfonso mengangguk. "Apa yang kamu kerjakan untuknya?" Tanya pelayan tersebut ingin lebih tahu. "Banyak hal, kini ini bahkan aku bakal mencukurnya!"

#2. Contoh Teks Anekdot 2:

Di sebuah rumah terdapat keluarga yang terdiri dari Ayah, Ibu, Abang, Tina, & Adik. Tina ialah yang paling sial, sebab tidak hanya ayah & ibu, ia juga sering disuruh-suruh oleh akang & adiknya.
Suatu pagi Tina disuruh ibunya untuk mencuci baju, sesudah tersebut ia berangkat ke halaman rumah untuk menjemur pakaian. Anehnya setiap pakaian yang ia jemur rutin saja jatuh, setiap ia menjemur baju yang lain tentu bakal jatuh juga. Lalu dirinya sadar kenapa pakaian yang ia jemur rutin jatuh, sebab nyatanya Tina lupa memasang tali jemurannya.
Nah tersebut dirinya mengenai mengenai Teks Anekdot, tak terlalu susah bukan untuk membuatnya. Asal kau manfaatkan lingkungan kurang lebih & imajinasimu.

#3. Contoh Teks Anekdot Singkat

di sebuah pagi yang tetap cemerlang, timbul sesosok laki-laki yang sedang ke rumah sakit sebab kedua buah telinganya lagi kena luka bakar.

Doker : looh ada apa yang terjadi dengan alat pendengaran kamu pak?

Pasien : demikian ini dokter ceritanya, sebelumnya aku lagi menyetipsa pakaian nah saat aku lagi menyetipsa pakaian dengan cara mendadak telpon aku bunyi & mendering. Sebab reflek akibatnya saat saat tersebut aku lagi mengendalikan setipsa langsung saja aku tempelkan ke alat pendengaran kiri aku dok.

Dokter : oh demikian tersebut toh ceritanya aku mengerti keluhan bapak lalu untuk alat pendengaran bapak yang sebelah kanan tersebut apa yang terjadi?

Pasien : Nah ini ia persoalannya dokter, si tolol tersebut kembali menelpon.

Bagian-Bagian Struktur dari Teks Anekdot Kesetipsa :

Abstraksi : Di sebuah pagi yang cemerlang

Orientasi : timbul sesosok laki-laki yang sedang ke rumah sakit sebab kedua buah telinganya lagi kena luka bakar.

Krisis : demikian ini dokter ceritanya sebelumnya aku lagi menyetipsa pakaian, nah saat aku lagi menyetipsa pakaian dengan cara mendadak telpon aku bunyi & mendering. Sebab reflek akibatnya saat saat tersebut aku lagi mengendalikan setipsa langsung saja aku tempelkan ke alat pendengaran kiri aku dok

Respons : oh demikian tersebut toh ceritanya aku mengerti keluhan bapak lalu untuk alat pendengaran bapak yang sebelah kanan tersebut apa yang terjadi?

Koda : Nah ini ia persoalannya dokter si tolol tersebut kembali menelpon.

#4. Contoh Teks Anekdot Lucu

Di sebuah hari datang tukang roti yang lewat depan rumah lalu kawan ane si enggal terbuktigil ia. Tak lama datanglah tukang roti tersebut mendekati kami yang sedang istrirahat santai di taman depan rumah.

Enggar : Adanya Roti variasi apa saja bang ?

Tukang Roti : Bisa beraneka maca, dek.

Enggar : Semakin bang, roti ini apa yah rasanya ?

Tukang Roti : Roti ini cokelat dek rasanya.

Enggar : Kalo roti ini rasa apa bang ?

Tukang Roti : roti rasa strawberry dek.

Enggar : kalo ini rasa apa bang ?

Tukang Roti : ini rasa nanas dek.

Enggar : Loh, semakin mana rotinya bang ? sejak tadi mulu bicaranya buah-buahan semakin ? terbuktinya akang jual apa sih, roti ataupun buah ? Sekiranya kaya demikian ini ane gak jadi jadi beli bang

Tukang Roti : *Tenang*

Dalam sekejab si tukang jual roti tersebut pingsan mendadak.

Struktur Bagian-Bagian dari Teks Anekdot berjudul Tukang Roti :

Abstraksi : Di sebuah hari datang tukang roti yang lewat depan rumah
Orientasi : lalu kawan ane si enggal terbuktigil ia
Krisis : Loh semakin mana rotinya bang ? sejak tadi mulu bicaranya buah-buahan semakin ? terbuktinya akang jual apa sih, roti ataupun buah ? Sekiranya kaya demikian ini ane gak jadi jadi beli bang”
Respons : Tenang
Koda : Dalam sekejab si tukang jual roti tersebut pingsan mendadak.

#5. Contoh Teks Anekdot Beserta Strukturnya

Beo Bandel
Citra Sassi & Shafira saling bertetangga & sering kali bersama-sama pergi menuju kantor. Untuk hingga jalan raya supaya bisa naik kendaraan biasa mereka diwajibkan lewat sebuah gang yang diantara rumah hal yang demikian terdapat peliharaan burung beo.

Setiap kali tiga perempuan hal yang demikian lewat depan rumah orang yang mempunyai peliharaan beo senantiasa saja si burung beo bilang tiga warna. Sassi mulai merasa curiga bila burung beo hal yang demikian sudah tahu bakal warna celana dalam mereka bertiga.

Untuk menentukan hal hal yang demikian betul ataupun tak mereka mengadakan kesepakatan buat mengenakan warna celana dalam yang sama.

Di esok harinya mereka kembali lewat gang hal yang demikian si beo mengucapkan Hitam hitam hitam. Ketiga perempuan tersebut terpukau terpukau & tercengang. Di hari berikutnya dengan cara pas juga si beo sanggup menebak warna celana dalam mereka seraya mengatakan Pink pink pink.

Citra mempunyai siasat yang agak konyol. Gimana bila besok kami tak sama sekali mengenakan celana dalam ? Coba Bakal mengatakan apa si beo usil tersebut ? Di esok harinya dikala mereka lewat kembali si beo di dalam sangkarnya hal yang demikian mondar-mandir kayak linglung.

Citra & sahabat-sahabatnya hal yang demikian mulai mengakak sebab bisa ngerjain burung beo yang menyukai usli hal yang demikian. Tetapi mengakak mereka tak sesaat lama sebab si beo bilang lurus lurus keriting.

Citra Sassi & Shafira saling bertetangga & sering kali bersama-sama pergi menuju kantor. Untuk hingga jalan raya supaya bisa naik kendaraan biasa mereka diwajibkan lewat sebuah gang yang diantara rumah tersebut terdapat peliharaan burung beo.

Tiap kali tiga perempuan tersebut lewat depan rumah orang yang mempunyai peliharaan beo rutin saja si burung beo bilang tiga warna. Sassi mulai merasa curiga bila burung beo tersebut telah tahu bakal warna celana dalam mereka bertiga.

Untuk memastikan hal tersebut betul ataupun tidak mereka mengadakan kesepakatan buat mengenakan warna celana dalam yang sama.

Di esok harinya mereka kembali lewat gang tersebut si beo menyuarakan Hitam hitam hitam. Ketiga perempuan tersebut kagum kagum & tercengang. Di hari selanjutnya dengan cara pas juga si beo sanggup menebak warna celana dalam mereka seraya mengatakan Pink pink pink.

Citra mempunyai siasat yang agak konyol. Gimana bila besok kami berbeda sekali mengenakan celana dalam ? Coba Bakal mengatakan apa si beo usil tersebut ? Di esok harinya dikala mereka lewat kembali si beo di dalam sangkarnya tersebut mondar-mandir kayak linglung.

Citra & kawan-sahabatnya tersebut mulai tertawa sebab bisa ngerjain burung beo yang menyukai usli tersebut. Melainkan tertawa mereka tidak lantas lama sebab si beo bilang lurus lurus keriting.

#6. Contoh teks anekdot hukum

Cerita mengenai Curi Sandal
Abstraksi

Di sebuah pagi Angga lagi asyik menyantap soto di warung makan unggulannya. Seusai merasa kembung Angga lantas berdiri & bergegas pulang.

Orientasi

Di tengah tengah berpergian untuk pulang Angga tertimpa petaka berupa kecelakaan sebab kena serempet sepeda motor yang lagi ugal-ugalan. Akibat kecelakaan tersebut walhasil putus sandal Angga.

Secara terpaksa Angga berjalan kaki dengan tidak disertai mengsoftwarekan sandal. Dikarenakan jarak rumahnya yang jauh walhasil dirinya memilih mau berkunjung ke warung terdekat buat membeli sandal. Melainkan, apa buat jumlah uang di dompetnya tidak cukup.

Krisis Ceritanya

Sebab jumlah uang tidak lumayan Angga walhasil mempunyai niatan buat menggosop sanda di mesjid yang letaknya cuma berbagai meter dari warung sandal tersebut. Angga bakal menggosop sandal terbaik yang terdapat di mesjid tersebut.

Dengan duduk di selasar mesjid dirinya sambil juga memandang tiap-tiap orang yang bakal menjelang ke mesjid. Jadi nantinya dikala incarannya sedang sibusaat targetnya sibuk beribadah dirinya lantas mengambil sandal tersebut.

Rupanya aksinya berjalan dengan tanpa adanya hambatan Angg berhasil memperoleh sandal yang warnanya hitam & yaitu sandal yang terbaik dari mesjid itu. Tidak terduga, si pemilik mengenal bila Angga telah menggosop sandalnya.

Segera saja dengan cara spontan si empunya berteriak & mengejar Arya. Malang betul si Angga perutnya yang buncit bikin dirinya tidak sanggup untuk lari cepat. Angga pun walhasil di tangkap & di bawa ke kantor polisi.

Seusai dilakukan penyelidikan Angga di jatuhi hukuman disertai pasal pencurian lalu permasalahannya bakal disidangkan satu minggu kembali. Malang banget si Angga, cuma perkara sepele saja bisa bikin dirinya dibawa di hadapan meja hijau.

Reaksi

Akhirnya tiba juga Model persidangan, Angga berada di bangku tersangka disertai muka yang tertunduk.

Hakim : Baiklah Angga umur 23 tahun telah nyatanya ketahuan mencuri sandal yang berharga 30.000 rupiah. Oleh sebab tersebut kamu bakal dikenai hukuman untuk 5 tahun penjara.

Angga : looh?! Pak, ini tidak adil bagi aku, kenapa hukuman aku sangat lebih berat daripada dengan para koruptor ?

Koda

Lalu hakim membahas ke si Angga, bahwa dirinya mencuri sendal sebabnya dirinya memenyesalkan seseorang dengan kualitas 30.000 rupiah saja. Sementara para koruptor melaksanakan korupsi duit 2 miliar sebabnya dirinya sama saja memenyesalkan 200 juta rakyat Indonesia.

Nah bila dihitung-hitung koruptor cuma bikin menyesal 10 rupiah saja masing masing orang. Jadi kemenyesalan sebab aksi yang dilakukan oleh Arya lebih gede diperbandingkan aksi yang dilakukan oleh para koruptor.

Citra Sassi & Shafira saling bertetangga & tak jarang bersama-sama pergi menuju kantor. Untuk hingga jalan raya supaya bisa naik kendaraan lazim mereka diwajibkan via sebuah gang yang diantara rumah hal yang demikian terdapat peliharaan burung beo.

Tiap kali tiga perempuan hal yang demikian via depan rumah orang yang mempunyai peliharaan beo rutin saja si burung beo bilang tiga warna. Sassi mulai merasa curiga kalau burung beo hal yang demikian telah tahu bakal warna celana dalam mereka bertiga.

Untuk memastikan hal hal yang demikian betul ataupun tak mereka mengadakan kesepakatan buat mengenakan warna celana dalam yang sama.

Di esok harinya mereka kembali via gang hal yang demikian si beo mengucapkan Hitam hitam hitam. Ketiga perempuan tersebut terpukau terpukau & tercengang. Di hari selanjutnya dengan cara cocok juga si beo sanggup menebak warna celana dalam mereka seraya mengatakan Pink pink pink.

Citra mempunyai siasat yang agak konyol. Gimana kalau satu hari sesudah kali ini kami tak sama sekali mengenakan celana dalam ? Coba Bakal mengatakan apa si beo usil tersebut ? Di esok harinya saat mereka via kembali si beo di dalam sangkarnya hal yang demikian mondar-mandir kayak kebingungan.

Citra & kawan-sahabatnya hal yang demikian mulai ngakak sebab bisa ngerjain burung beo yang menyenangi usli hal yang demikian. Namun ngakak mereka tak sesaat lama sebab si beo bilang lurus lurus keriting.

#7. Contoh teks anekdot lucu singkat

Mencuri Sandal
Abstraksi

Di sebuah pagi Angga lagi asyik menyantap soto di warung makan unggulannya. Seusai merasa begah Angga sesaat berdiri & bergegas pulang.

Orientasi

Di tengah tengah berpergian untuk pulang Angga tertimpa musibah berupa kecelakaan sebab kena serempet sepeda motor yang lagi ugal-ugalan. Akibat kecelakaan tersebut alhasil putus sandal Angga.

Secara terpaksa Angga berjalan kaki dengan tak disertai menerapkan sandal. Dikarenakan jarak rumahnya yang jauh alhasil dirinya memilih mau berkunjung ke warung terdekat buat membeli sandal. Tapi, apa buat jumlah uang di dompetnya tak cukup.

Krisis

Sebab jumlah uang tak lumayan Angga alhasil mempunyai niatan buat menggosop sanda di mesjid yang lokasinya cuma sebagian meter dari warung sandal hal yang demikian. Angga bakal menggosop sandal terbaik yang terdapat di mesjid hal yang demikian.

Dengan duduk di selasar mesjid dirinya sambil juga memperhatikan tiap-tiap orang yang bakal menjelang ke mesjid. Jadi nantinya saat incarannya sedang sibusaat sasarannya sibuk beribadah dirinya sesaat mengambil sandal hal yang demikian.

Nyatanya aksinya berjalan dengan tanpa adanya hambatan Angg berhasil mendapat sandal yang warnanya hitam & adalah sandal yang terbaik dari mesjid itu. Tak terduga, si pemilik mengenal kalau Angga telah menggosop sandalnya.

Lantas saja dengan cara spontan si empunya berteriak & mengejar Arya. Malang betul si Angga perutnya yang buncit bikin dirinya tak sanggup untuk lari kencang. Angga pun alhasil di tangkap & di bawa ke kantor polisi.

Seusai dilakukan penyelidikan Angga di jatuhi sanksi disertai pasal pencurian lalu permasalahannya bakal disidangkan satu pekan kembali. Malang banget si Angga, cuma perkara sepele saja bisa bikin dirinya dibawa di hadapan meja hijau.

Respon Teks

Hasilnya tiba juga Figur persidangan, Angga berada di kursi tersangka disertai muka yang tertunduk.

Hakim : Baiklah Angga umur 23 tahun telah terbukti ketahuan mencuri sandal yang berharga 30.000 rupiah. Oleh sebab tersebut kamu bakal dikenai sanksi untuk 5 tahun penjara.

Angga : looh?! Pak, ini tak adil bagi saya, mengapa sanksi saya sangatlah lebih berat daripada dengan para koruptor ?

Koda

Lalu hakim menerangkan ke si Angga, bahwa dirinya mencuri sendal sebabnya dirinya memenyesalkan seseorang dengan skor 30.000 rupiah saja. Sementara para koruptor mengerjakan korupsi duit 2 miliar sebabnya dirinya sama saja memenyesalkan 200 juta rakyat Indonesia.

Nah kalau dihitung-hitung koruptor cuma bikin menyesal 10 rupiah saja masing masing orang. Jadi kemenyesalan sebab aksi yang dilakukan oleh Arya lebih gede dibandingi aksi yang dilakukan oleh para koruptor.

#8. Contoh teks anekdot singkat

Mencuri Sandal

Abstraksi

Di sebuah pagi Angga lagi asyik menyantap soto di warung makan unggulannya. Seusai merasa begah Angga sesaat berdiri & bergegas pulang.

Orientasi

Di tengah tengah berpergian untuk pulang Angga tertimpa musibah berupa kecelakaan sebab kena serempet sepeda motor yang lagi ugal-ugalan. Pengaruh kecelakaan tersebut kesudahannya putus sandal Angga.

Secara terpaksa Angga berjalan kaki dengan tak disertai menerapkan sandal. Dikarenakan jarak rumahnya yang jauh kesudahannya dirinya memilih bercita-cita berkunjung ke warung terdekat buat membeli sandal. Tetapi, apa buat jumlah uang di dompetnya tak cukup.

Krisis

Sebab jumlah uang tak lumayan Angga kesudahannya mempunyai niatan buat menggosop sanda di mesjid yang lokasinya cuma berbagai meter dari warung sandal hal yang demikian. Angga bakal menggosop sandal terbaik yang terdapat di mesjid hal yang demikian.

Dengan duduk di teras mesjid dirinya sambil juga memperhatikan tiap-tiap orang yang bakal memasuki ke mesjid. Jadi nantinya dikala incarannya sedang sibusaat sasarannya sibuk beribadah dirinya sesaat mengambil sandal hal yang demikian.

Rupanya aksinya berjalan dengan tanpa adanya hambatan Angg berhasil mendapat sandal yang warnanya hitam & merupakan sandal yang terbaik dari mesjid itu. Tak terduga, si pemilik mengenal bila Angga sudah menggosop sandalnya.

Sesaat saja dengan cara spontan si empunya berteriak & mengejar Arya. Malang betul si Angga perutnya yang buncit bikin dirinya tak sanggup untuk lari pesat. Angga malahan kesudahannya di tangkap & di bawa ke kantor polisi.

Seusai dijalankan penyelidikan Angga di jatuhi hukuman disertai pasal pencurian lalu permasalahannya bakal disidangkan satu minggu kembali. Malang banget si Angga, cuma perkara remeh saja bisa bikin dirinya dibawa di hadapan meja hijau.

Reaksi Anekdot

Akibatnya tiba juga Model persidangan, Angga berada di bangku tersangka disertai muka yang tertunduk.

Hakim : Baiklah Angga umur 23 tahun sudah nyatanya ketahuan mencuri sandal yang berharga 30.000 rupiah. Oleh sebab tersebut kamu bakal dikenai hukuman untuk 5 tahun penjara.

Angga : looh?! Pak, ini tak adil bagi aku, kenapa hukuman aku betul-betul lebih berat daripada dengan para koruptor ?

Koda

Lalu hakim membeberkan ke si Angga, bahwa dirinya mencuri sendal maka dirinya memenyesalkan seseorang dengan poin 30.000 rupiah saja. Sementara para koruptor melakukan korupsi duit 2 miliar maka dirinya sama saja memenyesalkan 200 juta rakyat Indonesia.

Nah bila dihitung-hitung koruptor cuma bikin menyesal 10 rupiah saja masing masing orang. Jadi kemenyesalan sebab aksi yang dijalankan oleh Arya lebih gede dibandingi aksi yang dijalankan oleh para koruptor.

#9. Contoh teks anekdot dan strukturnya

Abstraksi

Pada sebuah hari pada bulan puasa sesosok kakek hidup bersama dengan cucunya yang lagi asyik memperhatikan TV.

Orientasi

Contohnya biasa si kakek lagi menonton agenda kesukaannya merupakan Ganteng Ganteng Serigala. Di tiap-tiap dua puluh menit sekali senantiasa terdapat iklan salah satu iklan yang timbul merupakan iklan obat sakit kepala. Pada Iklan hal yang demikian membeberkan bila obat hal yang demikian bisa diminum kapan saja.

Krisis

Lagi asyik-asyiknya memperhatikan TV mendadak ada rasa sakit di kepala si kakek hal yang demikian. Si kakek lalu manggil cucunya yang sedang asyik main di kamar supaya membelikannya obat sakit kepala.

seusai cucunya tiba di rumah sesaat saja kakek minum obat hal yang demikian.

Reaksi

Si cucu yang memperhatikan kejadian hal yang demikian lalu bertanya terhadap si kakek Kakek kan lagi puasa kenapa minum obat ?

Koda

Dengan tak ragu-ragu & contohnya tak merasa berdosa Sang kakek malahan menjawab Itulah hebatnya bodrex cu, bisa diminum kapan saja !.

#10. Contoh cerita anekdot

Abstraksi

Dua orang kader parpol panggil aja namanya Angga & Abdillah. Mereka sama-sama bercita-cita mencalonkan diri menjadi anak buah Dewan Perwakilan Rakyat Sekiranya.

Orientasi

Seusai memberikan arsip pencalonannya ke KPU di zonanya Angga & Abdillah malahan berbincang bincang disertai dengan menyeruput kopi di kantin gedung itu. Mereka terlihat sedang melakukan perbincangan yang seru.

Krisis

Angga: Di, di negara kami ini berbagai besar politisi sudah banyak yang kaya raya!

Abdillah : Tersebut problem hal yang demikian aku malahan juga sudah tahu, Ngga!

Angga : Reaksi kayanya mereka, mereka malahan sanggup mempunyai pakaian paling mahal di Indonesia.

Abdillah : Looh, maksud kau apa tersebut pakaian termahal ?

Angga : Yaah, apalagi bila bukan pakaian tahanan KPK.

Reaksi

Abdillah : Loh, kok pakaian tahanan KPK sih ? (Model)

Arya : Ya iya dong, coba saja kau pikir, seorang politisi sekekurangannya-kekurangannya butuh mencuri uang negara 1 milyar terutama dahulu, baru bisa mengenakan pakaian hal yang demikian.

Abdillah : Owh, maksud kau gitu toh, baru dong aku.

Koda

Mereka lalu memesan kopi lagi disertai mengingat kembali sahabat-sahabat mereka yang sudah sanggup untuk menerapkan pakaian termahal hal yang demikian.

#11. Contoh anekdot lucu tentang sekolah

Di sebuah hari, di sebuah sekolah lebih cocoknya di dalam kelas, ada sesosok guru yang lagi mengabsen buah hati-buah hati muridnya sebelum memulai pembelajaran.

Guru : Septi ?

Dina : Hadir bu!

Guru : Agung?

Dina : Tak tahu bu paling Doni tetap berada di luar kelas bu!

Tak lama lalu datanglah Doni masuk ke dalam kelas

Doni : Kamu izin bu, apakah boleh aku masuk kelas ?

Guru : Saya habis dari mana saja Doni ?

Doni : Semua Baru saja membeli makanan di luar sekolah bu

Guru : Looh kami kan mempunyai kantin sendiri. Semakin ngapaian kau butuh kesana ?

Doni : Iya bu tetapi kantinnya mirip gudang sudah kotor & kecil betul-betul.

Kamu murid malahan kesudahannya mengakak menyimak perkataan Doni hal yang demikian

Guru : Saya tersebut mendingan di sekolah ini mempunyai kantin tetapi kau ada betulnya juga sih. Sebab terbukti kantin di sekolahan kami agak kekurangan sadar seputar menjaga kebersihannya.

Mendengar problem hal yang demikian kelas kembali lagi ke aktifitas belajar mendidik & lalu bunda guru bikin jadwal piket buat kantin & minta kepala sekolah supaya mengkoreksi kantin hal yang demikian.

#12. Contoh anekdot singkat

Mboten Ngertos

Ada dua sosok pemuda asal Sumatera yang sedang melaksanakan perantauan menuju Pulau Jawa. Mereka berdua adalah Angga & Shafira. Angga mengerti betul bahasa Jawa & Shafira sama sekali mengerti bahasa Jawa.

Di sebuah hari mereka jalan jalan disekeliling rumah kontrakan mereka.

Shafira : Wow, Menawan sekali rumahnya besar bertingkat juga. Siapa gerangan yang punya rumah ini ?

Angga : Mboten Ngertos

Shafira : Oohh … punya dirinya mboten ngertos

Shafira melihat mobil-mobil yang berbaris & terparkir di depan sebuah gedung besar lalu dirinya bertanya kembali ke Angga.

Shafira : Wah bila mobil mewah hal yang demikian milik siapa ? banyak betul-betul mobilnya.

Angga : Mboten ngertos

Shafira : Mboten ngertos luar biasa banget yah, bila semacam tersebut saya berharap ah mencari ilmu dengan mboten ngertos saja.

Tak lama hanya sebagian menit, lalu mereka berjalan ke arah gang kecil & mendapati keramaian.

Shafira : Siapa yang meninggal Ngga ?

Angga : Mboten ngertos.

Shafira :Yak, bila semacam tersebut saya gak jadi deh mencari ilmu ke mboten ngertos dong

Akibatnya mereka berdua balik pulang ke rumah & Arya malah mengumumkan bakal arti sebenarnya mboten ngertos. Saat tahu artinya mereka malah mengakak bersama-sama.

#13. Contoh teks anekdot lucu singkat

Dikisahkan pada sebuah cerita seorang tukang minta-minta tua yang lagi minta sedekah ke seorang buah hati muda anggap saja seorang mahasiswa.

Minta-minta : Mas bapak minta sedekahnya …

Mahasiswa : (Dengan menggigit HP lalu dirinya membuka dompet & mengambil uang 10 ribuan) ini pak kembaliin 5 ribu yah pak.

Minta-minta : Ini mas kembaliannya dengan menjulurkan mangkuk yang isinya uang.

Mahasiswa : Loh pak kok ini duitnya 7 ribu ?

Minta-minta : Tak apa apa mas itung-itung saya juga sedekah ke mas

Figur Cerita Anekdot Lucu

teks anekdot

Disebutkan ada sebuah keluarga yang bersuka ria & di dalam keluarga hal yang demikian terdapat sepasang kaka beradik yang pergi hendak berkebun namun tiba-tiba mereka dengan terburu-buru pulang rumah.

Kakak : Ma bantu ini darurat adik tertelan kecoa mahh !!

Mamah : Astaga kok bisa terjadi sih kak !! Gimana kronologinya? Langsung kau panggil ayah supaya ayah membawa dokter ke sini.

Kakak : Oh bila gitu tambah jadi problem lagi bu tunggu sejenak saja kecoanya mati sebab kakak udah kasih adik racun serangga tadi

Figur ada si adik malah wafat kelles wkwk …

Figur Cerita Anekdot Pendek

kaidah teks

Di sebuah hari yang cemerlang sebab mumpung sedang terang mataharinya ada perbincangan yang tidak terlalung penting antar guru dengan muridnya.

Murid : Ibuuuu guru bu guru dibiarkan tidak yah di undang-undang sebab lakukanan yang belum dikerjakannya?

Ibu Guru : Iya tidak boleh loh nak seseorang tersebut baru bisa diberi hukuman bila dirinya telah melaksanakan kekeliruan.

Murid : Terima kasih banget saya belum menuntaskan PR soalnya buuu

Ibu Guru : O000… dasar murid Ed****!

Dalam keseharian acap kali kali kami menemukan cerita-cerita lucu ataupun guyonan yang isinya menyindir ataupun mengkritisi kabar-kabar yang tengah hangat di masyarakat contohnya carut-marut politik di negeri ini kebijakan pendidikan & lain sebagainya. Cerita-cerita di atas bisa jadi adalah sebagian contoh karangan yang tergolong teks anekdot.

apa yang dimaksud dengan teks anekdot itu? Untuk menjawab pertanyaan hal yang demikian berikut ini kami berikan ulasan seputar arti ciri-ciri kaidah penulisan & struktur teks anekdot beserta misalnyanya.

Nah itulah postingan pengertian teks anekdot, struktur teks anekdot, ciri ciri teks anekdot dan contoh anekdot. Semoga PR contoh anekdot bisa terlesaikan dengan kumpulan anekdot diatas. Apabila ingin bertanya mengenai anekdot lucu singkat atau LKS/anekdot lucu singkat, silakan ketik di komentar dibawah.

UPDATE TEKS ANEKDOT TERBARU: KLIK DISINI

Terima kasih telah membaca postingan contoh teks anekdot singkat beserta strukturnya. Baca Juga:


Bagi sahabat yang ingin copas isi teks anekdot singkat ini, maka diinginkan untuk cantumkan sumber dengan "Link Aktif Menuju ke Postingan Ini", apabila tidak dicantumkan, maka blog sahabat bakal saya laporkan ke DMCA.

0 Response to "50+ Contoh Teks Anekdot Beserta Strukturnya + Pengertian, Struktur, Ciri, Tujuan, Kaidah, Cara Membuat Teks Anekdot"

Posting Komentar

Komentar Sopan Akan di Approve