4 Sifat Wajib Rasul dan 4 Sifat Mustahil Rasul + Penjelasannya

Loading...
Loading...
Faktakah.com - 4 sifat wajib rasul.
Halo sobat, hari ini admin bakal memberikan kalian materi agama yaitu sifat wajib nabi & rasul. Contohnya yang telah kami ketahui bahwa nabi & rasul mempunyai 4 (empat) sifat yang wajib mereka miliki, diantaranya yaitu sidiq, amanah, tabligh, & fathanah . Disini juga bakal diberikan Surat Qur’an yang berkaitan mengenai 4 sifat wajib nabi & rasul.

4 Sifat Wajib Rasul dan 4 Sifat Mustahil Rasul + Penjelasannya

Nah jadi apa saja 4 sifat wajib bagi rasul tersebut? dan apa juga 4 sifat mustahil bagi rasul? mari kita simak sifat wajib rasul dan sifat mustahil rasul berikut...

4 SIFAT WAJIB NABI DAN RASUL

Para Nabi & Rasul Allah Swt. mempunyai adab yang mulia & terpuji. Sebagaimana firman Allah tentang sifat sifat rasul dalam Al-Qur’an Surat Al-Ahzab ayat 21.

لَقَدْ كَانَ لَكُمْ فِي رَسُولِ اللَّهِ أُسْوَةٌ حَسَنَةٌ لِمَنْ كَانَ يَرْجُو اللَّهَ وَالْيَوْمَ الْآخِرَ وَذَكَرَ اللَّهَ كَثِيرًا

Artinya: Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang bagus bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah & (kedatangan) hari kiamat & dirinya banyak menyebut Allah. (Q.S. Al-Ahzab, 33:21).

1. SIDIQ ARTINYA BENAR DAN JUJUR

Sifat wajib rasul yang pertama yaitu Sidiq artinya benar & jujur. Maksud sidiq ialah para rasul & nabi rutin mengatakan benar & jujur, ketika memberi tau risalah Allah yang haruslah disampaikan terhadap umatnya jadi mustahil para nabi & rasul itu mempunyai sifat kidzib (dusta). Sebab kalau para rasul/nabi itu dusta sudah pasti umat yang dibimbingnya bakal menjadi pendusta pula.

2. AMANAH ARTINYA DAPAT DIPERCAYA

Sifat wajib bagi rasul yang kedua Amanah artinya bisa dipercaya. Maksud amanah ialah para nabi & rasul seorang yang bisa dipercaya dalam memberi tau risalah dari Allah Swt. tanpa mengurangi atau meningkatkannya jadi mustahil para nabi & rasul itu bersifat khianat (ingkar janji/tidak bisa dipercaya), sebab kalau para nabi & rasul khianat sudah pasti umat yang dibimbingknya bakal menjadi pengkhianat pula.

3. TABLIGH ARTUNYA MENYAMPAIKAN

Sifat wajib rasul yang ketiga yaitu Tabligh artinya memberi tau. Maksud tabligh ialah para nabi & rasul itu wajib memberi tau risalah atau ajaran-ajaran Allah Swt. yang diterimanya terhadap umat manusia supaya dijadikan pedoman hidup oleh mereka.

Mustahil para nabi & rasul bersifat kitman atau menyembunyikan & tidak memberi tau risalah yang diterimanya terhadap umat manusia. Apabila para nabi & rasul itu bersifat kitman, pasti umat anusia tidak mempunyai pedoman hidup yang bersumber dari Allah Swt, jadi mereka bakal mengalami kehancuran & kebinasaan.

4. FATHANAH ARTINYA PANDAI ATAU CERDAS

Sifat wajib bagi rasul yang keempat yaitu Fathanah artinya pandai atau cerdas. Maksud fathanah ialah para nabi dan rasul dengan kecerdasan & keahlian tinggi. Menurut akal sehat para pemimpin umat contohnya para nabi & rasul wajib bersifat fathanah (pandai atau cerdas). Sebab dengan sifatnya yang fathanah para nabi & rasul bisa berhujah, berdialog, khususnya dengan para penentangnya. Oleh sebab itu, mustahil para nabi & rasul itu bersifat jahlun (bodoh).

Nah itulah postingan materi sifat sifat para rasul dan sifat sifat mustahil bagi rasul. Semoga PR PAI tentang 4 sifat rasul Allah kamu bisa terlesaikan dengan melihat artikel diatas. Apabila ingin bertanya mengenai sifat sifat rasul allah atau sifat mustahil bagi rasul, silakan ketik di komentar dibawah.

Terima kasih telah membaca postingan sifat sifat nabi dan sifat sifat rasul. Semoga anda akan selalu iman kepada rasul. Baca Juga:


Bagi sahabat yang ingin copas isi postingan sifat sifat para rasul ini, maka diinginkan untuk cantumkan sumber dengan "Link Aktif Menuju ke Postingan Ini", apabila tidak dicantumkan, maka blog sahabat bakal saya laporkan ke DMCA.
Loading...

0 Response to "4 Sifat Wajib Rasul dan 4 Sifat Mustahil Rasul + Penjelasannya"

Post a Comment

Komentar Sopan Akan di Approve