4 Fase Siklus Menstruasi Pada Wanita Normal + Grafik Siklus Menstruasi

Loading...
Loading...
Faktakah.com - Siklus menstruasi normal.
Siklus Mentruasi Pada Wanita ~ Menstruasi adalah perdarahan yang terjadi sebab luruhnya dinding bagian dalam rahim (endometrium) yang mengandung banyak pembuluh darah. Lapisan endometrium dipersiapkan untuk menerima implantasi embrio. Apabila tidak ada implantasi embrio dari lapisan ini bakal ditumpahkan, darah keluar melewati serviks & miss v. Perdarahan ini terjadi dengan cara berkala, interval antara periode menstruasi berikutnya dikenal sebagai salah satu dari siklus menstruasi.

Siklus menstruasi wanita tidak sama, tapi rata-rata siklus masa subur berkisar 28 hari. Tanda menstruasi wanita yaitu Hari pertama menstruasi dinyatakan sebagai hari pertama siklus menstruasi. Siklus ini terdiri dari empat fase: fase menstruasi, fase pra-ovulasi, fase ovulasi, fase pasca-ovulasi.
4 Fase Siklus Menstruasi Pada Wanita Normal
Grafik siklus menstruasi

Nah jadi jelaskan siklus menstruasi menstruasi yang benar? berapa lama siklus haid? dan bagaimana cara menghitung siklus normal menstruasi?

Siklus menstruasi pada wanita

1. Fase menstruasi

Fase siklus menstruasi wanita yang pertama...Terjadi saat telur tidak dibuahi sp3rma, jadi korpus luteum menghentikan produksi hormon estrogen & progesteron. Penurunan kadar estrogen & progesteron menyebabkan endometrium disertai dengan pelepasan ovum dari endometrium & luruhnya robek, menyebabkan perdarahan. Fase menstruasi berjalan kurang lebih 5 hari. Darah yang keluar selagi periode berkisar antara 50-150 mili liter (tanda pertama siklus normal haid).

2. Tahap pra-ovulasi atau fase proliferasi

Fase menstruasi wanita yang kedua...Hormon gonadotropin pembebas disekresi oleh hipotalamus merangsang hipofisis untuk mensekresikan FSH. FSH merangsang pematangan folikel & merangsang folikel untuk melepaskan hormon estrogen. Keberadaan estrogen menyebabkan pembentukan kembali (proliferasi) dari dinding endometrium. Kadar estrogen meningkat juga menyebabkan leher rahim (leher rahim) untuk menghilangkan basis lendir. Lendir ini berguna untuk menetralkan lingkungan asam dari miss v jadi mendukung kehidupan sp3rma.

3. Langkah Ovulasi

Fase siklus menstruasi wanita yang ketiga...Apabila siklus menstruasi wanita dari 28 hari, maka ovulasi terjadi pada hari ke-14 tingkat estrogen meningkat menghambat sekresi FSH, hipofisis untuk mensekresikan LH. Peningkatan kadar LH merangsang pelepasan oosit sekunder dari folikel, momen ini disebut ovulasi (ini artinya siklus menstruasi normal untuk ovulasi)

4. Fase atau sekresi fase pasca-ovulasi

Fase menstruasi yang keempat...Berjalan selagi 14 hari sebelum haid berikutnya. Meskipun panjang siklus menstruasi tidak sama, fase pasca-ovulasi rutin sama, yaitu 14 hari sebelum haid berikutnya. De Graaf folikel (follicle dewasa), yang telah menghadirkan oosit sekunder bakal berkerut & menjadi korpus luteum. Korpus luteum mengeluarkan hormon progesteron & tetap mengeluarkan hormon estrogen, tapi tidak sebanyak saat bentuk folikel.

Progesteron mendukung kerja estrogen menebal & timbul pembuluh darah di endometrium serta menyiapkan endometrium untuk menerima implantasi embrio apabila fertilisasi atau kehamilan. Apabila tidak terjadi pembuahan, korpus luteum bakal berubah menjadi korpus albicans hanya tidak banyak mensekresikan hormon, progesteron & estrogen tingkat sangat rendah. Situasi ini menyebabkan menstruasi yang berarti ini adalah fase terakhir siklus haid yg normal.

Nah itulah postingan siklus menstruasi pada wanita normal. Semoga PR materi siklus menstruasi normal bisa terlesaikan dengan melihat siklus menstruasi masa subur wanita diatas. Apabila ingin bertanya mengenai cara menghitung siklus menstruasi atau lama siklus haid, silakan ketik di komentar dibawah.

Terima kasih telah membaca postingan siklus haid teratur wanita. Baca Juga:

Bagi sahabat yang ingin copas isi postingan siklus haid wanita ini, maka diinginkan untuk cantumkan sumber dengan "Link Aktif Menuju ke Postingan Ini", apabila tidak dicantumkan, maka blog sahabat bakal saya laporkan ke DMCA.
Loading...

0 Response to "4 Fase Siklus Menstruasi Pada Wanita Normal + Grafik Siklus Menstruasi"

Post a Comment

Komentar Sopan Akan di Approve