30 Contoh Teks Eksposisi Berbagai Tema + Pengertian, Struktur, Ciri, Jenis, Unsur

Loading...
Loading...
Faktakah.comcontoh teks eksposisi.
Halo sobat, hari ini admin bakal memberikan materi Bahasa Indonesia kelas X yaitu Teks Eksposisi. Nah adapun yang bakal kami bahas hari ini mengenai teks eksposisi yaitu mengenai pengertian teks eksposisi, struktur teks eksposisi, unsur kebahasaan teks eksposisi, & juga contoh teks eksposisi singkat terbaru yang merupakan sebuah karangan orang lain & bakal dipublikasikan oleh admin sendiri.

nah apa itu penertian eksposisi? jenis jenis teks eksposisi? apa saja struktur eksposisi? dan apa tujuan teks eksposisi?

30 Contoh Teks Eksposisi Berbagai Tema + Pengertian, Struktur, Ciri, Jenis, Unsur

PENGERTIAN TEKS EKSPOSISI

Pengertian Teks Eksposisi adalah sebuah teks atau yang berisi info & pengetahuan yang dimuat dengan cara pendek & padat yang berguna untuk memaparkan atau membahas informasi-informasi tertentu supaya bisa meningkatkan ilmu pengetahuan sang pembaca.

STRUKTUR TEKS EKSPOSISI

Struktur teks eksposisi dibangun oleh tiga struktur yang membangun teks tersebut menjadi sebuah teks eksposisi. Ketiga struktur teks eksposisi tersebut diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. Pernyataan Pendapat (tesis), adalah bagian teks yang berisikan pernyataan pendapat (tesis) sang penulis. Bagian ini juga biasa disebut sebagai bagian pembuka.
  2. Argumentasi, adalah bagian yang berisikan alasan yang bisa memperkuat argumen penulis dalam memperkuat atau menolak sebuah gagasan.
  3. Penegasan Ulang Pendapat, merupakan bagian yang berisi penegasan ulang pendapat sang penulis.

Ciri Ciri Teks Eksposisi

Adapun ciri ciri teks eksposisi ialah sebagai berikut:

  1. Berbasis pada fakta ataupun fenomena yang bisa dibeberkan dengan akal ataupun penalaran
  2. Bahasa yang dipakai merupakan bahasa yang informatif
  3. Penyampaian isinya dengan cara gamblang, lugas & penerapan bahasa yang baku
  4. Membeberkan bermacam kabar-kabar berbasis pengetahuan
  5. Bersifat objektif ataupun netral maksudnya tidak memihak siapapun. Bisa juga tidak memaksakan keinginan dari penulis terhadap pembacanya
  6. Penjelasannya disertai data-data yang bisa dipertanggung jawabkan & seksama
  7. Menunjukkan suatu fakta yang bertujuan sebagai alat konkritasi & kontribusi

Jenis Jenis Teks Eksposisi

Jenis jenis teks eksposisi terbagi menjadi:

1. Teks Eksposisi Definisi
Teks Eksposisi definisi merupakan ragam alinea eksposisi yang hanya menerangkan arti / definisi pada satu topik tertentu dengan cara mendalam.

2. Teks Eksposisi Pengerjaan
Teks Eksposisi cara kerja merupakan langkah-langkah / metode-metode dalam melaksanakan sesuatu dengan cara urut dari permulaan sampai akhir atau berakhir.

3. Teks Eksposisi Gambaran
Teks Eksposisi gambaran merupakan sebuah ragam alinea yang memaparkan kabar atau pembahasan-pembahasan sebuah topik dengan metode menunjukkan fotoan atau penjelasan yang ringkas berkaitan sebuah topik dengan topik yang lainnya yang memiliki persamaan bagus sifat atau kemiripan dalam sebuah hal tertentu.

4. Teks Eksposisi Laporan
Teks Eksposisi laporan merupakan ragam dari alinea eksposisi yang menerangkan laporan dari sebuah momen atau dari sebuah penelitian yang ditetapkan.

5. Teks Eksposisi Perbandingan
Teks Eksposisi perbandingan merupakan ragam alinea eksposisi yang ide atau gagasan utamanya dikemukakan dengan metode memberikan perbandingan atau membandingkan dengan sebuah hal lain yang tidak sama atau sama.

6. Teks Eksposisi Pertentangan
Teks Eksposisi pertentangan merupakan sebuah ragam alinea atau karangan yang memuat perihal hal pertentangan berkaitan sebuah hal dengan hal yang lai

UNSUR KEBAHASAAN TEKS EKSPOSISI

Unsur Kebahasaan atau kaidah kebahasaan teks eksposisi adalah ciri kebahasaan yang dipakai dalam pembuatan teks eksposisi. Adapun kaidah kebhasaan teks eksposisi adalah sebagai berikut:

1. PRONOMINA
Pengertian Pronomina atau kata ganti adalah jenis kata yang menggantikan nomina atau frasa nomina. Pronomina bisa diklasifikasikan menjadi dua macam yaitu pronomina persona & pronomina nonpersona.
1. Pronomina Persona (kata ganti orang) yaitu Persona Tunggal. Seperti seperti ia, dia, anda, kamu, aku, saudara, -nya, -mu, -ku, si-., & Persona Jamak Seperti seperti kita, kami, kalian, mereka, hadirin, para.
2. Pronomina Nonpersona (kata ganti bukan orang) yaitu Pronomina Penunjuk seperti seperti ini, itu, sini, situ, sana. & pronomina penanya seperti seperti apa, mana, siapa.
2. KATA LEKSIKAL (NOMINA, VERBA, ADJEKTIVA, ADVERBIA)
Nomina (kata benda)
Nomina adalah kata yang mengacu pada benda, bagus nyata maupun abstrak. Dalam kalimat berkedudukan sebagai subjek. Dilihat dari bentuk & maknanya ada yang berbentuk nomina dasar maupun nomina turunan. Nomina dasar seperti foto, meja, rumah, pisau. Nomina turunan seperti lakukanan, pembelian, kekuatan, dll.
Verba (kata kerja)
Merupakan kata yang mengandung makna dasar lakuan, proses, atau keadaan yang bukan sifat. Dalam kalimat biasanya  berguna sebagai predikat. Verba dilihat dari bentuknya dibedakan menjadi dua yaitu :
Verba dasar merupakan verba yang belum mengalami proses morfologis (afiksasi, reduplikasi, komposisi). Seperti mandi, pergi, ada, tiba, turun, jatuh, tinggal, tiba, dll.
Verba turunan merupakan verba yang telah mengalami perubahan bentuk dasar sebab proses morfologis (afiksasi, reduplikasi, komposisi). Seperti melebur, mendarat, berlayar, berjuang, memukul-mukul, makan-makan, cuci muka, mempertanggungjawabkan, dll.
Adjektiva (kata sifat)
Adjektiva adalah kata yang yang dipakai untuk mengungkapkan sifat atau keadaan orang, benda, & binatang. Seperti cantik, gagah, indah, menawan, berlebihan, lunak, lebar, luas, negatif, positif, jernih, dingin, jelek, & lain-lain.
Adverbia (kata keterangan)
Adverbia adalah kata yang melengkapi atau memberikan info berupa keterangan tempat, waktu, suasana, alat, cara, & lain-lain. Seperti di-, dari-, ke-, sini, sana, mana, saat, saat, mula-mula, dengan, memakai, berdiskusi, & lain-lain.
Kata leksikal (nomina, verba, adjektiva, & adverbia) yang terdapat dalam teks eksposisi di atas, umpama:

  1. kata percaya (verba), mempercayai (verba), kepercayaan (nomina) 
  2. kata yakin (adjektif), menyakini (verba), keyakinan (nomina) 
  3. kata optimistis (adjektif) 
  4. kata potensial (adjektif), berpotensi (verba)

Konjungsi
Konjungsi adalah bisa dipakai dalam teks eksposisi untuk memperkuat argumentasi. Sebuah tipe konjungsi bisa dipakai dengan menggabungkannya dengan konjungsi yang sejenis dalam sebuah kalimat yang saling berkorelasi jadi membentuk koherensi antarkalimat. Bisa pula mengombinasikan berbagai tipe konjungsi dalam sebuah teks jadi tercipta keharmonisan makna maupun struktur.
Adapun berikut adalah berbagai tipe konjungsi & seperti yang biasa kami temukan didalam sebuah teks eksposisi.

  1. Konjungsi waktu : sesudah, sesudah, sebelum, lalu, kemudian, sesudah itu.
  2. Konjungsi perpaduan : dan, serta, dengan.
  3. Konjungsi pembatasan : kecuali, selain, asal.
  4. Konjungsi tujuan : supaya, supaya, untuk.
  5. Konjungsi persyaratan : kalau, apabila, apabilalau, bila, asalkan, bilamana, apabila.
  6. Konjungsi perincian : yaitu, adalah, adalah, antara lain, yakni.
  7. Konjungsi sebab dampak : sebab, sehingga, sebab, dampak, dampaknya.
  8. Konjungsi permengenaian : tetapi, bakal tetapi, tetapi, melainkan, sedangkan.
  9. Konjungsi opsi : atau.
  10. Konjungsi penegasan/penguatan : bahkan, apalagi, hanya, lagi pula, tersebut pun.
  11. Konjungsi penjelasan : bahwa.
  12. Konjungsi perbandingan : bagai, seperti, ibarat, serupa.
  13. Konjungsi penyimpulan :oleh sebab itu, oleh sebab itu, jadi, dengan demikian.

#1. CONTOH TEKS EKSPOSISI TENTANG EKONOMI SINGKAT

Ekonomi Indonesia
Tesis   
Ekonomi rakyat adalah "kegiatan ekonomi rakyat banyak" . Apabila dikaitkan dengan kegiatan pertanian, maka yang dimaksud dengan kegiatan ekonomi rakyat adalah kegiatan ekonomi petani atau peternak atau nelayan kecil, petani gurem, petani tanpa tanah, nelayan tanpa perahu, & sejenisnya; & bukan perkebunan atau peternak besar atau MNC pertanian, & sejenisnya.

Argumentasi
Perspektif lain dari ekonomi rakyat bisa pula dilihat dengan memakai perspektif jargon: "ekonomi dari rakyat, oleh rakyat, & untuk rakyat".

"Dari rakyat", berarti kegiatan ekonomi tersebut berkaitan dengan penguasaan rakyat & aksesibilitas rakyat terhadap sumberdaya ekonomi. Rakyat menguasai & mempunyai hak atas sumberdaya untuk mendukung kegiatan produktif & konsumtifnya.
"Oleh rakyat", berarti proses produksi & konsumsi dilakukan & diputuskan oleh rakyat. Rakyat mempunyai hak atas pengelolaan proses produktif & konsumtif tersebut. Berkaitan dengan sumberdaya (produktif & konsumtif), rakyat mempunyai pilihan untuk memilih & menentukan sistem pemanfaatan, seperti berapa banyak jumlah yang haruslah dimanfaatkan, siapa yang memanfaatkan, gimana proses pemanfaatannya, gimana menjaga kelestarian bagi proses pemanfaatan berikutnya, & sebagainya.
"Untuk rakyat", berarti rakyat banyak merupakan 'beneficiaries mutlak dari setiap kegiatan produksi & konsumsi. Rakyat menerima manfaat, & indikator kemantaatan paling mutlak adalah kepentingan rakyat.

Penegasan Ulang Pendapat
Dalam hal ini butuh pula dikemukakan bahwa ekonomi rakyat bisa berkaitan "dengan siapa saja", dalam pengertian kegiatan transaksi bisa dilakukan juga dengan "non-ekonomi-rakyat". Juga tidak ada pembatasan mengenai besaran, tipe produk, sifat usaha, permodalan, & sebagainya. Ekonomi rakyat tidak eksklusif tetapi inklusif & terbuka. Mesikipun demikian, sifat fundamental diatas telah pula menciptakan sebuah sistem ekonomi yang terdiri dari pelaku ekonomi, mekanisme transaksi, norma & kesepakatan ("rule of the game") yang khas, yang umumnya telah memfasilitasi ekonomi rakyat untuk survive & berkembang sejalan dengan perkembangan sosial ekonomi masyarakatnya.

Nah itulah contoh karangan eksposisi tentang ekonom.

#2. CONTOH TEKS EKSPOSISI TENTANG PENDIDIKAN SINGKAT

Perubahan Kurikulum Pendidikan di Indonesia
Tesis
Sistem pendidikan Indonesia dewasa ini mengalami sebuah perubahan yang sangat signifikan. Perubahan tersebut berkaitan dengan kurikulum yang dipakai dalam dunia pendidikan Indonesia. Dimana, kurikulum 2006 yang sejak lama dipakai diganti dengan kurikulum 2013. Mesikipun tidak seluruh sekolah memakai kurikulum ini, tetapi masih berlangsung sebagimana mestinya.

Argumentasi
Kementerian Pendidikan & Kebudayaan (Kemendikbud) dalam berbagai peluang membahas bahwa, kurikulum 2013 diprioritaskan pada sekolah-sekolah yang mempunyai akreditasi A atau sekolah berstandar Internasional, yang biasa disingkat dengan RSBI (Rintisan Sekolah Berstandar Internasional). Syarat kemurahan distribusi buku juga menjadi syarat terhadap sekolah pelaksana kurikulum 2013. Kemendikbud juga menerangkan bahwa kurikulum 2013 ini fokus pada pembangunan sikap, pengetahuan, keterampilan, karakter yang berlandaskan pada pendekatan ilmiah atau scientific approach.

Selain itu, kurikulum 2013 juga menitikberatkan terhadap hubungan antara pembelajaran dengan rasa syukur pada pemberian Tuhan Yang Maha Esa terhadap manusia selaku pengelola alam kurang lebih. Terutama mengacu pada pembelajaran yang dimulai dengan mengamati, menanya, menalar, & mencoba atau mencipta.

Musliar Kasim selaku wakil Menteri Pendidikan & Kebudayaan berasumsi, bahwa Kurikulum 2013 lebih menonjolkan praktik daripada hafalan. Sebab selagi ini, peserta didik banyak dibebani hafalan, yang justru dirasa kekurangan meningkatkan kreativitas. Melewati Kurikulum 2013 ini, pemerintah ingin menghasilkan anak bangsa Indonesia yang produktif, kreatif, & afektif. Dalam kurikulum 2013 setiap peserta didik dibentuk supaya mempunyai pengetahuan, keterampilan, & sikap.
Meutia Hatta, Anak buah Dewan Pertimbangan Presiden mengungkapkan bahwa kurikulum 2013 ini berguna untuk membentuk karakter generasi bernilai, cinta tanah air & bangsanya. Tidak hanya tersebut kurikulum 2013 juga menitikberatkan peran aktif siswa dalam proses belajar mengajar, jadi generasi mendatang masih mempunyai jati diri bangsa Indonesia & bernilai.

Penegasan Ulang
Tetapi, nyatanya banyak juga masyarakat yang menolak berlakunya kurikulum 2013 ini. Perubahan kurikulum ini dianggap sangat mendadak & di paksakan. Bahkan, ada yang berasumsi kurikulum ini kekurangan fokus sebab menggabungkan dua mata pelajaran yang mempunyai substansi pokok yang tidak sama. Meskipun, mata pelajaran yang bakal diajarkan dibangun lebih sederhana, tetapi tingkat pengetahuan & pemahaman yang dimiliki peserta didik bakal terus berkekurangan sebab mata pelajaran tersebut tidak dipelajari dengan cara utuh, tetapi dengan cara terpisah-pisah jadi bakal membuat peserta didik menjadi bingung.

Nah itulah contoh paragraf eksposisi singkat tentang pendidikan.

#3. CONTOH TEKS EKSPOSISI SINGKAT TENTANG EKONOMI


Bias Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia

Tesis:

Di waktu kondisi perekonomian global yang dilandai krisis, pencapaian tingkat pertumbuhan ekonomi Indonesia menorehkan hasil yang baik.

Meski ekonomi Indonesia tumbuh kekurangan lebih 6,4 persen Ia dibandingi, pada triwulan ke-2 tahun ini dengan jangka waktu yang sama tahun lalu.

Peningkatan ini tetap tetap terpusat di Pulau Jawa dengan penambahan kurang lebih 57,5%. Tak diakumulasikan & dibandingi dengan semester I tahun 2011 yang tumbuh kurang lebih 6,3% pertumbuhan ekonomi Indonesia semester I tahun 2012 menjadi lebih baik.

Argumentasi:

Unsur semacam itu, pertumbuhan ekonomi Indonesia dianggap berada pada anomali atau bias. Sebab tersebut dikatakan oleh pengamat ekonomi Indonesia for Global Justice, Salamuddin Daeng,. Ia mengatakan bahwa tingkat pertumbuhan ekonomi ini tidak diimbangi dengan pertambahan tingkat kesejahteraan masyarakat.

Searah lumayan sekedar itu, Daeng juga menunjukkan, setidak-tidaknya terdapat 4 faktor yang menyebabkan ekonomi Indonesia terjadinya bias.

Pertama,nilai utang asing terus meningkat nilai pada perekonomian Indonesia yang lebih banyak ditengarai.

“Akumulasi utang Indonesia lebih dari Rp. 2.865 triliun & tiap tahunnya Utang asing pemerintah terus meningkat. Utang tersebut termasuk dari bagian sumber penghasilan mutlak pemerintah & menjadi pensupport meningkatnya pertumbuhan ekonomi Indonesia,” Kata Daeng.

Kedua, faktor pensupport pertumbuhan ekonomi Indonesia termasuk juga ikutnya peningkatan konsumsi masyarakat. Adapun sumber peningkatan Konsumsi masyarakat merupakan berasal dari kenaikan harga sandang pangan, & juga disupport oleh pertumbuhan kredit paling penting kredit konsumsi.

Ketiga, ekonomi Indonesia pertumbuhannya disupport oleh ekspor bahan mentah, semisalnya hasil bahan tambang perkebunan, hutan & migas, oleh sebabnya amat minim menjadikan nilai tambah & penyediaan lowongan pekerjaan.

Penjelasan

Menurut terbaru, pertumbuhan ekonomi Indonesia disupport oleh penanaman modal asing yang membuat sumber daya alam Indonesia kian dikontrol oleh pihak asing.

Di lain sisi, Pengamat Ekonomi dari Universitas Gadjah Mada A Tony Prasetiantono, menerangkan sektor dalam negeri berperan dalam mensupport pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Searah pendapatnya, pada tahun ini paling penting pada kuartal ke-3 & ke-4efek krisis global melewati defisit neraca perdagangan & menurunnya ekspor baru bakal tampak. Ia berasumsi keterlibatan ekspor terhadap PDB tidaklah terlalu tinggi.

Seputar dengan hal tersebut, ekonom Mirza Adityaswara mengukur bahwasanya tumbuhnya sejumlah sektor ekonomi dalam negeri dikarenakan ditopang oleh suku bunga rendah. Sebab tersebut tampak dari bertambahnya tingkat kredit yang hingga 26-28% dalam waktu yang sama disupport oleh harga BBM yang rendah sebab hingga kini terus pemerintah yang mensubsidi.

Pada waktu yang sama juga Mirza mengatakan, sektor yang mengutamakan dalam negeri menikmati tinggi pertumbuhan, contohnya manufaktur, otomotif, perdagangan, komunikasi transportasi.

Efek peningkatan tingkat pertumbuhan sektor yang orientasinya dalam negeri mempunyai kecondongan kian besarnya jumlah defisit neraca perdagangan.

Penegasan Ulang:

Searah asumsi A Tony Prasetiantono, lebih besar & cepatnya pengeluaran pemerintah juga amat menopang peningkatan. Seputar dengan hal tersebut, tingkat inflasi yang ada di bawah 5 % dirasa bisa membantu, walau pada kesudahannya tetap terdapat akibatnya, merupakan terus membengkaknya nilai subsidi daya sesungguhnya tidak sehat.

Nah itulah contoh teks eksposisi beserta strukturnya tentang tema ekonomi Indonesia.

#4. Contoh Teks Eksposisi Tema Ekonomi


Masa Depan Ekonomi Indonesia Tahun 2030

Tesis:

Indonesia menjadi buah bibir pada waktu cara kerja Sidang Tahunan International Monetery Fund (IMF) atau World Bank (WB) 2012, Tokyo, 9-14 Oktober 2012 kemaren. Newsletter sah yang dibagikan IMF pada semua peserta sidang mengambil satu topik khusus berkaitan dengan Indonesia. Media tersebut membawa hasil riset dari McKinsey & Standart Chartered yang berasumsi bahwa ekonomi negara Indonesia bakal melampaui Jerman & Inggris pada tahun 2030.

Argumentasi:

Keyakinan tersebut pastinya berdalih. Indonesia diprediksikan mempunyai kurang lebih 90 juta jiwa yang berada di kelompok comsumming class. Angka tersebut merupakan angka paling besar di dunia setelah China & India. Indonesia hingga kini ini sedang berada pada laju transformasi yang pesat ke arah tersebut. Tata ini, ekonomi Indonesia berada pada posisi 16 dunia dengan pendapatan dalam negeri nasional sebesar 846 Miliar dollar AS tahun 2011. Angka tersebut bakal terus tumbuh hingg menempuh 1,8 triliun dollar AS mulai tahun 2017.

Penegasan ulang:

Tak perkembangan dari sidang akbar IMF di Tokyo pekan kemudian mengingatkan kami perihal besarnya potensi Indonesia & sempitnya peristiwatum yang baik dilalui semacam tersebut saja sebab kami semacam tersebut asyik dengan urusan lain, para pemberi modal tersebut tidak bakal menjadi kenyataan. Pastinya pilihan pada di tangan kami semua kini ini.

Nah itulah arangan eksposisi tentang ekonomi.

#5. CONTOH TEKS EKSPOSISI SINGKAT TENTANG HUKUM


Fakta Bisa di Indonesia

Tesis:

Pengajaran aturan di Indonesia contohnya yang telah ditetapkan pada Undang-undang telah dengan tegas memutuskan hukuman bagi tiap pelaku tindak kejahatan.

Unsur semacam itu, realitanya acapkali acap kali terealisasikan ketidakadilan aturan yang bisa memenyesalkan banyak pihak. Bisa mungkin bisa saja tegas, tetapi berubah sekejab menjadi tumpul pada saat diperbuat pada para koruptor, itulah yang terjadi saat kini ini.

Argumentasi:

Pengajaran termasuk rahasia lazim lagi saat para koruptor di Indonesia memperoleh vonis hukuman yang jenjangnya termasuk tidak berat, & nyatanya juga ada koruptor yang memperoleh bermacam tunjangan fasilitas mewah walau telah dinilai menyebabkan kemenyesalan pada negara.

kerapkali kami menyaksikan kabar perihal seorang pencopet, maling & penjambret dikeroyok massa hingga meninggal. tetapi, belum sempat kami mendapati kabar para koruptor di Indonesia dihajar masa hingga sangatlah tewas.

Penegasan Ulang:

Bisa dikatakan bahwa aturan di Indonesia menjadi tegas saat dihadapkan rakyat kecil. semisalnya kondisi susah permasalahan yang sebelumnya dialami Nenek Asyani.

Permasalahannya walau sekedar dikarenakan dituduh mencuri kayu, kesudahannya dirinya menjadi terdakwa dengan masa hukuman dalam kurun 5 tahun penjara. Terus terang sangatlah ironi & tidak bijak, ditambah lagi disamakan dengan hukuman yang bakal diperoleh oleh para koruptor.

Nah itulah contoh teks eksposisi singkat tentang hukum.

#6. CONTOH TEKS EKSPOSISI SINGKAT TENTANG PENDIDIKAN


Perubahan Kurikulum Pengajaran di Indonesia

Tesis:

Tak ini metode pendidikan Indonesia memperoleh penggantian yang amat terasa. penggantian tersebut berkaitan dengan kurikulum yang dipakai dalam dunia pendidikan Indonesia.

Ilahi pasti saja, kurikulum 2006 yang telah lumayan berusia diperbuat diganti dengan kurikulum 2013. Ilahi tidak semua sekolah menerapkan kurikulum itu.

Argumentasi:

Kementerian Pengajaran & Kebudayaan (Kemendikbud) pada sebuah waktu menerangkan bahwa, kurikulum 2013 diprioritaskan pada tiap sekolah yang telah menjadi sekolah bertaraf Internasional atau terakreditasi A.

Khususnya yang menjangkau distribusi buku juga termasuk bagian prasyarat terhadap sekolah yang menerapkan kurikulum 2013. Kementerian Pengajaran & Kebudayaan (Kemendikbud) juga menerangkan bahwasanya kurikulum 2013 ini berorientasi pada pembentukan pengetahuan, sikap, , keterampilan, tingkah laku yang berlandaskan pada pendekatan ilmiah.

Pengajaran sekedar itu, kurikulum 2013 juga mengutamakan terhadap hubungan antara cara kerja pendidikan dengan rasa syukur terhadap pemberian Via Ilahi Tak esa pada ciptaannya yang telah diberi karunia untuk mengolah & memanfaatkan alam semesta ini.

Meski lagi mensupport dalam cara kerja belajar mendidik yang didahului dari mengamati, bertanya, menalar, & mencoba atau membuat.

selaku wakil Menteri Pengajaran & Kebudayaan, Musliar Kasim mengatakan, bahwa Kurikulum 2013 lebih mengutamakan praktek dibandingi dengan menghapal.

Tetapi hingga saat ini, metode hafalan banyak memberatkan murid yang malahan dianggap minim memaksimalkan kreativitas.

Penjelasan

Dengan Kurikulum 2013 ini juga, pemerintah mempunyai tujuan menjadikan anak bangsa Indonesia yang inovatif, kreatif, aktif produktif & afektif. Sebab kurikulum 2013 semua dari siswa diajar supaya mempunyai pengetahuan, keterampilan,karakter sikap & tingkah laku.

Tak Dewan Pertimbangan Presiden, Meutia Hatta berasumsi bahwasanya metode pendidikan kurikulum 2013 ini memilki sebuah visi & misi dalam menjadikan karakter generasi yang berkwalitas berkwalitas, cinta tanah air & negerinya.

Pengajaran sekedat tersebut saja, kurikulum 2013 juga mengutamakan keaktifan peran siswa melewati cara kerja pembelajaran, oleh dengannya membuat generasi masa depan tetap mempunyai jati diri sebagai negeri Indonesia yang berkwalitas.

Penegasan Ulang:

Unsur semacam itu, tetap ada saja dari sebagian kelompok masyarakat yang tidak memperoleh cara kerja kurikulum 2013 ini. penggantian kurikulum tersebut dianggap amat tiba-tiba & condong ada pemaksaan.

Meski lagi, ada yang mengatakan kurikulum ini kekurangan fokus sebab mengkombinasikan 2 mata pembelajaran yang terdapat substansi pokok yang berbeda.

meski pendidikan mata pembelajaran bakal dikemas lebih ringkas, riilnya tingkat pemahaman & pengetahuan yang bakal diperoleh siswa bakal menjadi menurun sebab semua mata pembelajaran tersebut tidak diajar dengan cara sempurna & diperbuat dengan cara terpisah pisah.

Nah itulah contoh teks eksposisi tentang pendidikan.

#7. CONTOH TEKS EKSPOSISI SINGKAT TENTANG POLITIK


Hindari Caleg Pelaku Korupsi

Tesis:

Partai politik yang ingin bergabung dalam pemilihan lazim, sepatutnya memilki standar dalam memperoleh calon anak buah legislatif yang ketat & tegas.

Pemenuhan prasyarat calon wakil rakyat tersebut sepatutnya gamblang & bisa menjadi penyaring atau filter dalam menolak bakal wakil rakyat dengan riwayat hidup yang kekurangan baik telah jadi.

semisalnya, caleg yang terdapat track record permasalahan korupsi atau pelanggaran HAM, tidak direkrut sebagai calon calon legislatif. Sebab tersebut menjadi krusial dalam meyakinkan calon anak buah dewan tersebut sungguh-sungguh orang baik yang mempunyai intregritas, kapabilitas & kredibilitas.

pastinya saja tiap partai politik mempunyai mekanisme khusus berkaitan perihal fit and proper test. Kriterianya bisa saja tidak mirip untuk semua partai politik. Membantu setidaknya, terdapat prinsip lazim yang sepatutnya dipakai semua partai politik untuk memilih & merekrut anggotanya.

Argumentasi:

Sebab ini menjadi krusial sebab berdasarkan hasil info lapangan terdapat bukti, bahwa parlemen di tingkat sentra atau regional dianggap menjadi lembaga paling korupsi.

Sebab ini dibeberkan oleh Wakil Sekretaris Jenderal Komite Independen Pemantau Pemilu (KIPP), Jojo Rohi, berkaitan dengan kriteria dalam memilih calon wakil rakyat oleh dari masing-masing partai politik yang kelak meraih suara rakyat melewati masing-masing pemilu.

Penegasan Ulang :

penerapan kriteria caleg kriteria yang terang & tegas oleh masing-masing partai politik sangatlah diharapkan sebab berkaitan dengan siapa saja pihak yang pantas untuk direkrut menjadi calon wakil rakyat.

Anti korupsi termsauk hal primer yang sepatutnya dimasukkan dalam standar menfilter caleg. Meski-kesudahannya, caleg yang mempunyai track record kondisi susah korupsi tidak bisa direkrut menjadi caleg.

Searah hanya anti korupsi yang sepatutnya juga dipertimbangkan merupakan pelanggar HAM, hal tersebut merupakan termasuk dari bagian peninggalan reformasi yang hingga kini tetap tidak rampung.

Caleg yang mempunyai rekam jejak pelanggar HAM dalam permasalahan apa malahan sepatutnya tidak dipromosikan menjadi bakal caleg sebab tugas wakil rakyat diantaranya merupakan melaksanakan pembelaan terhadap tiap pelanggaran-pelanggaran HAM dengan legislasi.

Nah itulah contoh kalimat eksposisi tentang politik.

#8. CONTOH TEKS EKSPOSISI SINGKAT TENTANG KESEHATAN


Manfaat Lidah Buaya

Tesis:

Ilahi zaman purbakala, nenek moyang kami telah mengenal flora lidah buaya beserta dengan fungsi yang ada dalam kandungannya. Fungsi flora yang mempunyai nama latin Aloe Vera tersebut bukan sekedar termasuk bahan pembenaran rambut, tetapi juga berkhasiat untuk kesehatan badan pada manusia.

Adapun ciri-ciri Lidah buaya diantaranya : wujud daunnya panjang, tebal, & warnanya hijau. Terdapat kandungan serat jernih pada daunnya sebagai daging.

Argumentasi:

Unsur semenjak dulu diketahui terdapat banyak manfaat, bakal tetapi sedikit orang yang tahu kalau flora tersebut bisa sebagai komoditi yang lumayan membawa profit.

Model peneliti meningkatkankan terdapat banyak fungsi yang berasal dari tanaman serba guna tersebut. Dibagian di bawah ini bakal dirangkum berkaitan perihal fungsi lidah buaya ini.

1. Beberbagai Bagian dari tanaman ini bisa diubah menjadi obat yang amat baik untuk membantu cara kerja perbaikan pada luka. Lidah buaya dianggap amat baik dalam memulihkan bekas luka, luka bakar serta luka dikarenakan cedera.

2. Lidah buaya juga familiar bakal sifat anti-inflamasinya. Maksudnya merupakan, flora tersebut mempunyai keunggulan dalam cara kerja memperlambat peradangan dikarenakan terdapat adanya asam lemak yang menumpuk. mengusapkan gel lidah buaya cakap menolak atau mencegah peradangan sebab adanya cedera, dismanfaat kekebalan tubuh, & contoh lainnya.

3. Tata melancarkan pencernaan & mensupport detoksifikasi tubuh. Pengajaran sekedar tersebut saja, lidah buaya termasuk pencahar yang tepat target & sangatlah membantu saat kami berpersoalan dengan wasir.

4. Pada Lidah buaya terdapat efek anti bakteri serta anti jamur. Sifat tersebut menjadikan lidah buaya termasuk dari produk sehat yang alami, antioksidan yang lumayan kuat, menolak radikal leluasa & membuat badan terlindungi.

5. Gel atau jus yang berasal dari tanaman lidah buaya ditinjau dengan cara tradisional dipakai menjadi obat bagi diabetes, dikarenakan sifatnya yang cakap merendahkan kadar gula di dalam darah manusia.

Penegasan Ulang:

Seputar lumayan gamblang, lidah buaya tidak sekedar berkhasiat untuk ramuan penyubur rambut, tetapi juga bisa menjadi makanan alamiah yang sehat. riilnya persediaannya di alam ini amat membeludak bagi kita.

Nah itulah contoh teks eksposisi kesehatan singkat.

#9. CONTOH TEKS EKSPOSISI SINGKAT TENTANG KEBERSIHAN


Kebersihan di Lingkungan Model

Tesis:

Kebersihan di tempat kerja termasuk dari sebagian diantara faktor mutlak supaya terwujudnya keenjoyan dalam bekerja. Searah hanya itu, estetika serta kebersihan disekeliling lingkungan kerja juga bisa berakibat pada prestasi kerja seorang individu.

selayaknya, kebersihan lingkungan kerja sepatutnya ditekankan ke masing-masing karyawan. Model yang amat ringkas merupakan dengan membuang sampah (plastik, kertas, kertas cartoon & sebagainya) menuju tempat pembuangan sampah.

lalu setelah jam kerja membersihkan ruangan yang dipakai sebagai tempat kerja.

Argumentasi:

Pembagian tugas piket harian telah menjadi sebagian metode yang dipakai dalam menjaga kebersihan lingkungan tempat bekerja. Masing-masing karywan yang telah diberi tugas pada lazimnya melaksanakan tugas berdasarkan yang telah disetujui bersama.

semisalnya menyapu ruang kerja, mengambil sebuah kotoran di meja kerja, membersihkan kaca & mengepel lantai. di masing akhir pekan juga selalu diperbuat piket bersama-bersama dengan membersihkan semua aspek area ruang kerja.

Penegasan Ulang:

Kebersihan lingkungan kerja tidak bisa dipisah dari kehidupan kerja seseorang, sebab hal tersebut termasuk faktor mutlak untuk menjaga kesehatan & keenjoyan di lingkungan kerja.

Serta juga, bekerja merupakan diantara manifestasi ibadah & menjaga kebersihan merupakan termasuk dari karakter orang beriman. Oleh sebab itu, kalau seseorang bekerja disertai juga menjaga kebersihan tempat kerjanya sebabnya dirinya bakal tampak baik di hadapan Via dia.

Nah itulah karangan eksposisi kebersihan.

#10. Contoh Teks Eksposisi Pendidikan

Tesis :

Pendidikan merupakan salah satu dari hal yang paling sangat manjur saat bisa memperbarui dunia. Hal ini hanya dikarenakan dalam pendidikan yang bisa dipakai sebagai batu loncatan untuk mengenal segala semua info & di sertai dengan ilmu yang ada.

Argumentasi :

Sangat banyak sekali salah upaya yang bakal dikerjakan dengan pihak pemerintah. Misalkan contohnya negara Indonesia saat menjalankan pembangunan gedung sekolah bahkan hingga meperbuat kegiatan yang lainnya dengan anggaran sekolah atau sekolah gratis.
Salah satu dari negara di Indonesia semuanya bakal ditingkatkan dengan upaya pendidikan. Ini merupakan masuk kategori yang lumayan baik. Tidak hanya tersebut hal paling mutlak ialah haruslah ada ketertarikan siswa untuk mempunyai prestasi dengan melewati belajar.
Hal ini semuanya bakal memudahkan pada pemerintah supaya tingkat pendidikan pada siswa terus maju den meningkat. Sebuah saat kelak para penerus bangsa bisa memberikan yang lebih baik untuk Bangsa & Negaranya lainnya.

Penegasan Ulang : 

Apabila semua peserta didik terus aktif & disertai dengan bimbingan atau dari fasilitas yang sangat baik & bisa diperbuat dengan kerja sama maka sebuah saat bakal ditingkatkan dengan martabat di Indonesia dikalangan negara semua dunia.
Apabila hal ini bakal terjadi maka bakal hebat perhatian dengan investor asing hanya bisa menanamkan dengan modalnya di negara ini.
Suatu saat kelak bakal bisa meningkatkan ekonomi masyarakat dalam negeri & terus meningkat. Ini merupakan tingkatan pendidikan tersebut haruslah setara dengan kompetensi atau dengan nilai guru yang lumayan baik.

Nah itulah kalimat eksposisi yang sesuai dengan kaidah teks eksposisi yang benar.

#11. Contoh Teks Eksposisi Tentang Ekonomi


Tesis : 

Salah satu dari perkembangan terhadap pada ekonomi Indonesia hanya bisa menetapkan dengan memperlihatkan dengan hasil yang lumayan manjur, mesikipun kondisi ekonomi di dunia sedang mengalami krisis.
Ini merupakan peningkatan ekonomi tersebut kekurangan lebih 6,4 % bakal lebih baik apabila ini dibandingkan dengan tahun lalu. Hal ini bisa dibuktikan dengan di dasarkan catatan suku tahun.
Perkembangan ekonomi Indonesia tercatat 57,5% hanya wilayah pulau Jawa saka. Hal ini semua bakal membuat Pulau Jawa bisa menjadi pusat perkembangan ekonomi.
Apabila ini semua bakal dikumpulkan menjadi satu maka perkembangan tersebut pada semester 1 tahun 2016 lebih baik daripada semester 1  tahun kemudian 2015 yang hanya berkembang sebanyak 6,3%.

Argumentasi :

Dengan demikian ini sebab perkembangan ekonomi di Indonesia hanya bisa mengalami ke tidak normalnya. Hal ini bisa dikemukakan dengan peneliti ekonomi Indonesia for global justice yang bernama Salamuddin Daeng.
Salamuddin Daeng yang mempunyai pandangan bahwa perkembangan ekonomi yang terjadi di Indonesia tidak diseimbangi dengan perkembangan kesejahteraan rakyat. Ada pula hanya persoalan lain yang bisa membuat dengan perkembangan ekonomi Indonesia yang sedang mengalami ketidak normalan.
Dengan persoalan tersebut bisa dibagi menjadi empat misalkan contohnya perkembangan ekonomi bisa dipengaruhi oleh daya konsumsi rakyat dengan berlebihan.
Nah terus banyaknya hutang Indonesia yang bermanfaat untuk mengembangkan perekonomian rakyat, sumber daya alam Indonesia bakal terus cepat untuk dikuasai dengan pihak asing hanya dikarenakan adanya banyaknya penanaman modal asing di negara Indonesia, atau hanya adanya ekspor bahan mentah keluar negeri yang terus naik untuk jumlahnya.
Selain Salamuddin Daeng adapula peneliti ekonomi dari Universitas Gajah Mada yang bernama A. Tony Prasetiantono yang  mempunyai pendapat bahwa perkembangan ekonomi Indonesia ditopang oleh area dalam negeri.
Akan dengan adanya ini akibat dari krisis global yang terjadi maka bisa membuat ekspor pada suku ke tiga atau dari suku keempat tahun ini bisa menurun & di sertai dengan adanya terjadinya penurunan angka perdagangan di Indonesia. Menurutnya hanya sedikit jumlah angka donatur ekspor terhadap PDB.

Penegasan Ulang :

Dengan adanya peningkatan pada anggaran yang lebih besar dengan tingkat tekad pemerintah yang lumayan cepat bisa mendukung perkembangan Indonesia sesuai pendapat dari A. Tony Prasetiantono. Hal ini bisa membuat indikator perubahan ekonomi menjadi kekurangan dari 5%.
Apabila ini bisa di tingkatan dengan inflasi menurun maka jumlah tunjangan bakal terus membesar.
Contoh Teks Eksposisi Pendek Mengenai Perbandingan

Apabila ini semua bakal dibandingkan, orang yang gemar bersepeda ialah salah satu dirinya yang pada yang umumnya tinggal di tempat pedesaan, & orang desa umumnya terbukti amat menghormati kelestarian alam & lingkungan.

Nah untuk lebih baiknya orang perkotaan umumnya bisa memilih dengan memakai mobil untuk mendukung aktivitasnya. biarpun hanya berjarak berbagai satu meter saja. dari rumah mereka bakal memakai kendaraan bermotor untuk hingga hingga tujuannya.
Pada dasarnya kami bakal lebih sehat kalau berjalan kaki, disamping menyehatkan badan, dengan berjalan kaki kami bisa menghambat pencemaran udara & lingkungan.

Nah itulah contoh teks eksposisi singkat.

#12. CONTOH TEKS EKSPOSISI SINGKAT TENTANG NEGARA


Fakta Yang Ada di Indonesia

Tesis:

Pengajaran regulasi di Indonesia contohnya yang telah diatur pada Undang-undang telah dengan tegas memastikan hukuman bagi setiap pelaku tindak kezaliman.

Faktor contohnya itu, realitanya acapkali sering kali terealisasikan ketidakadilan regulasi yang bisa memenyesalkan banyak pihak. Bisa mungkin bisa saja tegas, tetapi berubah sekejab menjadi tumpul pada dikala diperbuat pada para koruptor, itulah yang terjadi dikala kini ini.

Argumentasi:

Pengajaran termasuk rahasia lazim lagi dikala para koruptor di Indonesia menerima vonis hukuman yang tahapannya termasuk tidak berat, & rupanya juga ada koruptor yang menerima beraneka tunjangan fasilitas mewah meskipun telah diukur menyebabkan kemenyesalan pada negara.

kerapkali kami menyaksikan kabar perihal seorang pencopet, maling & penjambret dikeroyok massa hingga meninggal. tetapi, belum sempat kami mendapati kabar para koruptor di Indonesia dihajar masa hingga sangatlah tewas.

Penegasan Ulang:

Dapat dikatakan bahwa regulasi di Indonesia menjadi tegas dikala dihadapkan rakyat kecil. semisal persoalan permasalahan yang sebelumnya dialami Nenek Asyani.

Permasalahannya meskipun sekedar dikarenakan dituduh mencuri kayu, akibatnya dirinya menjadi terdakwa dengan masa hukuman dalam kurun 5 tahun penjara. Terus jelas sangatlah ironi & tidak arif, ditambah lagi disamakan dengan hukuman yang bakal didapatkan oleh para koruptor.

Nah itulah contoh teks eksposisi beserta strukturnya.


#13. CONTOH TEKS EKSPOSISI SINGKAT TENTANG PENGAJARAN


Perubahan Kurikulum Pengajaran di Indonesia

Tesis:

Tidak ini cara pengajaran Indonesia menerima penggantian yang sangat terasa. penggantian hal yang demikian berhubungan dengan kurikulum yang diterapkan dalam dunia pengajaran Indonesia.

Yang pasti saja, kurikulum 2006 yang telah lumayan berusia diperbuat diganti dengan kurikulum 2013. Yang tidak segala sekolah memakai kurikulum itu.

Argumentasi:

Kementerian Pengajaran & Kebudayaan (Kemendikbud) pada sebuah waktu menerangkan bahwa, kurikulum 2013 diprioritaskan pada setiap sekolah yang telah menjadi sekolah bertaraf Internasional atau terakreditasi A.

Khususnya yang menjangkau distribusi buku juga termasuk bagian persyaratan terhadap sekolah yang memakai kurikulum 2013. Kementerian Pengajaran & Kebudayaan (Kemendikbud) juga menerangkan bahwasanya kurikulum 2013 ini berorientasi pada penyusunan pengetahuan, sikap, , keterampilan, tingkah laku yang berlandaskan pada pendekatan ilmiah.

Pengajaran sekedar itu, kurikulum 2013 juga mengutamakan terhadap kekerabatan antara pengerjaan pengajaran dengan rasa syukur terhadap pemberian Via Yang Tidak esa pada ciptaannya yang telah diberikan karunia untuk mengolah & memanfaatkan alam semesta ini.

Meski lagi menunjang dalam pengerjaan belajar membimbing yang didahului dari mengamati, bertanya, menalar, & mencoba atau membuat.

selaku wakil Menteri Pengajaran & Kebudayaan, Musliar Kasim mengatakan, bahwa Kurikulum 2013 lebih mengutamakan praktek diperbandingkan dengan menghapal.

Tetapi hingga dikala ini, cara hafalan banyak memberatkan murid yang malah dianggap minim mengoptimalkan kreativitas.

Dengan Kurikulum 2013 ini juga, pemerintah mempunyai tujuan menghasilkan si kecil bangsa Indonesia yang inovatif, kreatif, aktif produktif & afektif. Sebab kurikulum 2013 segala dari siswa diajari supaya mempunyai pengetahuan, keterampilan,karakter sikap & tingkah laku.

Tidak Dewan Pertimbangan Presiden, Meutia Hatta menganggap bahwasanya cara pengajaran kurikulum 2013 ini memilki sebuah visi & misi dalam menghasilkan karakter generasi yang bernilai bernilai, cinta tanah air & negerinya.

Pengajaran sekedat tersebut saja, kurikulum 2013 juga mengutamakan keaktifan peran siswa via pengerjaan pelajaran, oleh dengannya membuat generasi masa depan konsisten mempunyai jati diri sebagai negeri Indonesia yang bernilai.

Penegasan Ulang:

Faktor contohnya itu, konsisten ada saja dari berbagai kategori masyarakat yang tidak menerima pengerjaan kurikulum 2013 ini. penggantian kurikulum hal yang demikian dianggap sangat tiba-tiba & condong ada pemaksaan.

Meski lagi, ada yang mengatakan kurikulum ini kekurangan fokus sebab mengkombinasikan 2 mata pelajaran yang terdapat substansi pokok yang berbeda.

meskipun pengajaran mata pelajaran bakal dikemas lebih sederhana, riilnya tingkat pemahaman & pengetahuan yang bakal didapatkan siswa bakal menjadi menurun sebab segala mata pelajaran hal yang demikian tidak diajari dengan cara total & diperbuat dengan cara terpisah pisah.

Nah itulah contoh paragraf eksposisi singkat tentang pengajaran.

#14. CONTOH TEKS EKSPOSISI SINGKAT TENTANG PARTAI POLITIK


Hindari Caleg Pelaku Korupsi

Tesis:

Partai politik yang bercita-cita bergabung dalam pemilihan lazim, patut memilki standar dalam menerima calon anak buah legislatif yang ketat & tegas.

Pemenuhan persyaratan calon wakil rakyat tersebut patut gamblang & bisa menjadi penyaring atau filter dalam menolak bakal wakil rakyat dengan riwayat hidup yang kekurangan baik telah jadi.

semisal, caleg yang terdapat track record permasalahan korupsi atau pelanggaran HAM, tidak direkrut sebagai calon calon legislatif. Sebab hal yang demikian menjadi krusial dalam meyakinkan calon anak buah dewan tersebut sungguh-sungguh orang baik yang mempunyai intregritas, kapabilitas & kredibilitas.

pastinya saja setiap partai politik mempunyai mekanisme khusus berhubungan perihal fit and proper test. Kriterianya bisa saja tidak mirip untuk segala partai politik. Membantu setidaknya, terdapat prinsip lazim yang patut diterapkan segala partai politik untuk memilih & merekrut anggotanya.

Argumentasi:

Sebab ini menjadi krusial sebab menurut hasil info lapangan terdapat bukti, bahwa parlemen di tingkat sentra maupun regional dianggap menjadi institusi paling korupsi.

Sebab ini diterangkan oleh Wakil Sekretaris Jenderal Komite Independen Pemantau Pemilu (KIPP), Jojo Rohi, berhubungan dengan kriteria dalam memilih calon wakil rakyat oleh dari masing-masing partai politik yang kelak meraih suara rakyat via masing-masing pemilu.

Penegasan Ulang :

pemakaian kriteria caleg kriteria yang jelas & tegas oleh masing-masing partai politik sangatlah diharapkan sebab berhubungan dengan siapa saja pihak yang tepat untuk direkrut menjadi calon wakil rakyat.

Anti korupsi termsauk hal primer yang patut dimasukkan dalam standar menfilter caleg. Meski-akibatnya, caleg yang mempunyai track record persoalan korupsi tidak bisa direkrut menjadi caleg.

Paralel cuma anti korupsi yang patut juga dipertimbangkan yakni pelanggar HAM, hal hal yang demikian yakni termasuk dari bagian peninggalan reformasi yang hingga kini tetap tidak rampung.

Caleg yang mempunyai rekam jejak pelanggar HAM dalam permasalahan apa malah patut tidak dipromosikan menjadi bakal caleg sebab tugas wakil rakyat diantaranya yakni meperbuat advokasi terhadap setiap pelanggaran-pelanggaran HAM dengan legislasi.

Nah itulah postingan pengertian teks eksposisi, struktur teks eksposisi, contoh teks eksposisi singkat dll. Semoga PR contoh kalimat eksposisi bisa terlesaikan dengan melihat contoh karangan eksposisi diatas. Apabila ingin bertanya mengenai contoh teks eksposisi perbandingan atau kaidah teks eksposisi, silakan ketik di komentar dibawah.

Terima kasih telah membaca postingan teks eksposisi singkat. Baca Juga:


Bagi sahabat yang ingin copas isi postingan contoh teks eksposisi ini, maka diinginkan untuk cantumkan sumber dengan "Link Aktif Menuju ke Postingan Ini", apabila tidak dicantumkan, maka blog sahabat bakal saya laporkan ke DMCA.
Loading...

0 Response to "30 Contoh Teks Eksposisi Berbagai Tema + Pengertian, Struktur, Ciri, Jenis, Unsur"

Post a Comment

Komentar Sopan Akan di Approve