20+ Contoh Teks Cerita Sejarah + Pengertian, Struktur, Kaidah Kebahasaan

Loading...
Loading...
Faktakah.com - Contoh teks cerita sejarah.
TEKS CERITA SEJARAH ialah materi bahasa indonesia yang bakal kami bahas hari ini. Teks cerita sejarah ini bakal kamu temui di kelas XII kurikulum 2013. Adapun hari ini kami bakal mengulas lengkap seluruh mengenai teks cerita sejarah. Yaitu yang bakal kami bahas mengenai teks cerita sejarah antara lain pengertian, struktur teks, kaidah kebahasaan & contoh teks cerita sejarah yang diinginkan bisa menolong mengisi soal & tugas bahasa indonesia kalian semua,

20+ Contoh Teks Cerita Sejarah + Pengertian, Struktur, Kaidah Kebahasaan

Teks cerita sejarah

Pengertian teks cerita sejarah

Pengertian Teks cerita sejarah adalah teks yang didalamnya membahas & menceritakan mengenai fakta & kejadian masa depan yang menjadi asal muasal atau latar belakang terjadinya sesuatu yang mempunyai kualitas sejarah.

Struktur Teks Cerita Sejarah

Struktur teks merupakan bentuk cara teks tersebut dibangun. Tahukah kalian bahwa teks cerita sejarah disusun dengan struktur teks orientasi cerita sejarah diikuti oleh urutan momen & diikuti oleh reorientasi? Silahkan lihat dibawah ini supaya bisa lebih mudah dipahami.

  1. Orientasi, merupakan bagian pengenalan atau pembuka dari teks cerita sejarah.
  2. Urutan Momen, merupakan rekaman momen sejarah yang terjadi, yang biasanya disampaikan dalam urutan kronologis.
  3. Reorientasi, berisi komentar pribadi penulis mengenai momen atau kejadian sejarah yang diceritakan. Bagian ini merupakan tahapan yang bersifat opsi, artinya boleh saja bagian ini tidak ada oleh penulis teks cerita sejarah.

Kaidah Kebahasaan Teks Cerita Sejarah

Ciri kebahasaan teks cerita sejarah ditandai dengan adanya pronomina atau kata ganti, kata-kata yang memperlihatkan kejadian atau momen, adanya kata kerja (verba) material, & konjungsi (kata penghubung) temporal. Untuk lebih jelasnya bisa sahabat lihat dibawah ini.

  1. Pronomina (kata ganti), merupakan kata yang dipakai untuk menggantikan benda & menamai seseorang atau sesuatu dengan cara tidak langsung.
  2. Frasa adverbial, merupakan kata yang memperlihatkan kejadian atau momen, waktu, & tempat.
  3. Verba material, merupakan kata yang berfungsi untuk memperlihatkan aktivitas atau pekerjaan nyata yang dilakukan oleh partisipan. Kata kerja material memperlihatkan pekejerjaan fisik atau momen, umpamanya membaca, menulis, & menyapu.
  4. Konjungsi Temporal (kata sambung waktu), berfungsi untuk menata urutan-urutan momen yang diceritakan, teks cerita sejarah banya memanfaatkan konjungsi (kata penghubung) temporal.

Contoh Teks Cerita Sejarah Singkat

Bumi Berguncang di Dataran Konflik
Gempa bumi berkekuatan 7,8 skala richter mengguncang kawasan barat Provinsi Baluchistan, Pakistan. Gempa ini terjadi pada 24 September 2013. Pusat gempa berada di kedalaman 23 kilometer, kurang lebih 233 kilometer tenggara Dalbandin, Baluchistan. Bencana menyebabkan sedikitnya 515 orang tewas, 765 orang terluka, & lebih dari 100.000 orang terlantar, serta menghancurkan sejumlah fasilitas umum & infrastruktur.

Gempa juga dirasakan masyarakat di Gwadar, Khuzdar, Chagai, Hyderabad, & Karachi yang berada ratusan kilometer dari pusat gempa. Bahkan, guncangan terasa sampai New Delhi, India.
Berbagai jam sesudah gempa, suatu pulau baru timbul di kota pelabuhan Gwadar di pesisir Pakistan. Pulau tersebut diduga terbentuk dari lapisan tanah di kawah lumpur. Gundukan lumpur & batu tersebut tingginya 18 meter dengan panjang 30 meter & lebar 76 meter.

Lima hari sesudah terjadi gempa pertama, Provinsi Baluchistan kembali diguncang gempa berkekuatan 6,8 skala richter, yaitu pada 28 September 2013. Pusat gempa berada di 96 kilometer timur laut Distips Awaran, dengan kedalaman 14 kilometer. Sedikitnya 22 orang tewas & hampir 15.000 rumah di Kota Nokjo, bagian barat Provinsi Baluchistan.

Pengungsian korban & pendistribusian bantuan ke sejumlah daerah terakibat gempa terhalang kerusakan infrastruktur jalan & lokasi yang berjauhan. Tim penyelamat juga haruslah berhadapan dengan serangan kelompok separatis Baluchistan. Lima orang tentara perbatasan yang mengawal konvoi bantuan tewas ketika berhadapan dengan militan di Kota Panjgore, 800 km utara Quetta, (28/9/2013). Sebelumnya, helikopter tim pemantau & penyelamat korban gempa juga diserang kelompok separatis.

Pemerintah Pakistan mencatat kelompok separatis Baluchistan tersebar di sejumlah distips di Provinsi Baluchistan tersebut. Salah satu tempat persebaran kelompok tersebut berada di pedalaman Distips Awaran yang dekat dengan pusat gempa & tingkat kerusakannya paling parah.

Contoh Teks Cerita Sejarah Beserta Strukturnya

Sejarah Hari Buruh 
Paragraf 1 (Tahap Orientasi)
Momen yang diidentifikasikan ialah Hari Buruh. Pelaku dalam momen tersebut ialah kaum buruh. Momen yang dimaksud terjadi pada setiap Mei. Momen tersebut terjadi di beberapa negara. Momen tersebut terjadi sebab menuntut pemberlakuan 8 jam kerja. Momen tersebut berawal dari usaha gerakan serikat perlu untuk memperingati kesuksesan ekonomi & sosial kaum buruh.

Paragraf 2 (Tahap Urutan Momen 1)
Momen yang difotokan ialah tuntutan kaum buruh. Pelaku dalam momen tersebut ialah kelas pekerja. Momen tersebut terjadi pada awal abad ke-19. Momen tersebut terjadi di Amerika Serikat.  Momen tersebut terjadi sebab pengetatan disiplin jam kerja, minimnya upah, & buruhnya kondisi kerja. Peritiwa tersebut berawal dari pemogokan kelas pekerja Amerika Serikat.

Paragraf 3 ( Tahap Urutan Momen 2 )
Momen yang diidentifikasikan ialah demontrasi. Pelakunya ialah buruh kulit hitam & putih. demontrasi tersebut terjadi di beberapa kota di Amerika Serikat pada April 1886. Momen tersebut mempersatukan buruh kulit hitam & kulit putih.

Paragraf 4 (Tahap Urutan Momen 3 )
Momen yang diidentifikasi mengenai reaksi pengusaha & pejabat terhadap demontrasi kaum buruh.

Paragraf 5 (Tahap Urutan Momen 4)
Momen yang diidentifikasikan ialah meledaknya bom. Pelakunya ialah kaum buruh. momen terjadi 3 Mei 1886. Dampak dari peritiwa tersebut polisi melarang demontrasi kaum buruh.

Paragraf 6 (Tahap Urutan Momen 5)
Momen yang diidentifikasikan ialah rangkaian  demontrasi kaum buruh di Amerika Serikat & menjalar di Eropa untuk menuntut pengurangan jam kerja.

Pargaraf 7 (Tahap Urutan Momen 6)
Momen yang diidentifikasikan mengenai Kongres Buruh Internasional pada tahun 1889. Kongres tersebut
memutuskan pemogokan umum 1 Mei 1890 & menjadikan tanggal 1 Mei sebagai Hari Buruh se-Dunia.

Paragraf 8 (Tahap Reorientasi)
Yang didentikasikan ialah standar perburuhan internasional yaitu 8 jam kerja/hari ataupun 40 jam/minggu.

Contoh Teks Cerita Sejarah Tentang Peristiwa

Ramalan Pristiwa
Dulu Lamongan merupakan Pintu Gerbang ke Kerajaan Kahuripan, Kerajaan Panjalu, Kerajaan Jenggala, Kerajaan Singosari ataupun Kerajaan Mojopahit, berada di Ujung Galuh, Canggu & kambang Putih ( Tuban). Sesudah tersebut tumbuh pelabuhan Sedayu Lawas & Gujaratan (Gresik), merupakan daerah amat ramai , sebagai penyambung hubungan dengan Kerajaan luar Jawa bahkan luar Negeri.

Zaman Kerajaan Medang Kamulan di Jawa Timur, Di Lamongan berkembang Kerajaan kecil Malawapati ( saat ini dusun Melawan desa Kedung Wangi kecamatan Sambeng ) dipimpin Raja Agung Angling darma dibantu Patih Sakti Batik Maadrim tergolong kawasan Bojonegoro kuno. Ketika ini tetap tersimpan dengan bagus, Sumping & Baju Anglingdarma didusun tersebut. Di sebelah barat berdiri Kerajaan Rajekwesi di dekat kota Bojonegoro sekarang.
Contoh teks sejarah

Sejarah awal terbentuknya kota Lamongan ialah pelantikan Adipati Lamongan yang pertama yakni Tumenggung Surajaya ataupun Rangga Hadi. Bercocokan dengan hari Raya Idul Adha 976 H ataupun 26 Mei 1569 M. Tumenggung Surajaya dikala muda bernama Hadi, beliau berasal dari Dusun Cancing bagian dari wilayah Sendangrejo kecamatan Ngimbang kabupaten Lamongan.

Beliau di waktu muda juga sempat ditunjuk oleh Sunan Giri untuk menyebarkan agama Islam sekaligus mengatur pemerintahan serta kehidupan masyarakat di sebelah barat Kasunanan Giri yang disebut wilayah "Kenduruan" Ketika itulah Sunan Giri memberi gelar Rangga terhadap Hadi. Sejak Itu, nama beliau berubah menjadi Rangga Hadi.

Singkat cerita, Rangga Hadi melalui kali Lamong & hingga di Kenduruan,oleh masyarakat di daerah tersebut. Rangga Hadi diberi sebutan Mbah Lamong, sebab pandai ngemong(membina, mendidik) masyarakatnya.

Reorientasi (pengulangan pengenalan)

Dari kebiasaan masyarakat yang terbuktigil Rangga Hadi dengan sebutan “Mbah Lamong” inilah yang mendasari nama kota Lamongan hingga ketika ini.

Contoh Teks cerita sejarah tentang bahasa Indonesia


Sejarah Bahasa Indonesia
Bahasa Indonesia ialah bahasa Melayu yang dijadikan sebagai bahasa resmi Republik Indonesia & bahasa persatuan bangsa Indonesia. Bahasa Indonesia diresmikan pemakaiannya sesudah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, cocoknya sehari sesudahnya, bersamaan dengan mulai berlakunya konstitusi. Di Timor Leste, bahasa Indonesia berstatus sebagai bahasa kerja.
Contoh teks cerita sejarah terakhir

Pada awal abad ke-20 perpecahan dalam bentuk baku tulisan bahasa Melayu mulai tampak. Pada tahun 1901, Indonesia (sebagai Hindia-Belanda) mengadpilihan ejaan Van Ophuijsen & pada tahun 1904 Persekutuan Tanah Melayu (kelak menjadi bagian dari Malaysia) di bawah Inggris mengadpilihan ejaan Wilkinson. Ejaan Van Ophuysen diawali dari penyusunan Kitab Logat Melayu (dimulai tahun 1896) van Ophuijsen, dibantu oleh Nawawi Soetan Ma’moer & Moehammad Taib Soetan Ibrahim.

Intervensi pemerintah terus kuat dengan dibentuknya Commissie voor de Volkslectuur ("Komisi Wacana Rakyat" - KBR) pada tahun 1908. Nanti lembaga ini menjadi Balai Poestaka. Pada tahun 1910 komisi ini, di bawah ceo D.A. Rinkes, melancarkan program Taman Poestaka dengan membentuk perpustakaan kecil di beberapa sekolah pribumi & beberapa instansi milik pemerintah. Perkembangan program ini sangat pesat, dalam dua tahun telah terbentuk kurang lebih 700 perpustakaan.

Bahasa Indonesia dengan cara resmi diakui sebagai "bahasa persatuan bangsa" pada ketika Sumpah Pemuda tanggal 28 Oktober 1928. Pemakaian bahasa Melayu sebagai bahasa nasional atas usulan Muhammad Yamin, seorang politikus, sastrawan, & pakar sejarah. Dalam pidatonya pada Kongres Nasional kedua di Jakarta, Yamin berkata, "Apabila mengacu pada masa depan bahasa-bahasa yang ada di Indonesia & kesusastraannya, hanya ada dua bahasa yang dapat diinginkan menjadi bahasa persatuan yaitu bahasa Jawa & Melayu. Namun dari dua bahasa itu, bahasa Melayulah yang lambat laun bakal menjadi bahasa pergaulan ataupun bahasa persatuan."

Selanjutnya perkembangan bahasa & kesusastraan Indonesia banyak dipengaruhi oleh sastrawan Minangkabau, contohnya Marah Rusli, Abdul Muis, Nur Sutan Iskandar, Sutan Takdir Alisyahbana, Hamka, Roestam Effendi, Idrus, & Chairil Anwar. Sastrawan tersebut banyak mengisi & meningkatkan perbendaharaan kata, sintaksis, maupun morfologi bahasa Indonesia.

UPDATE CONTOH TEKS CERITA SEJARAH

Nah itulah postingan pengertian teks cerita sejarah, struktur teks cerita sejarah, kaidah kebahasaan teks cerita sejarah. Semoga PR materi teks cerita sejarah kamu bisa terlesaikan dengan melihat contoh teks cerita sejarah singkat diatas. Apabila ingin bertanya mengenai unsur-unsur teks cerita sejarah/ciri-ciri teks cerita sejarah, silakan ketik di komentar dibawah.

Terima kasih telah membaca postingan teks cerita sejarah. Baca Juga:


Bagi sahabat yang ingin copas isi contoh teks cerita sejarah ini, maka diinginkan untuk cantumkan sumber dengan "Link Aktif Menuju ke Postingan Ini", apabila tidak dicantumkan, maka blog sahabat bakal saya laporkan ke DMCA.
Loading...

0 Response to "20+ Contoh Teks Cerita Sejarah + Pengertian, Struktur, Kaidah Kebahasaan"

Post a Comment

Komentar Sopan Akan di Approve