Ringkasan Cerpen Juru Masak + 11 Gaya Bahasa Cerpen Juru Masak

Loading...
Loading...
Faktakah.com - Ringkasan Cerpen Juru Masak
Halo sahabat hari ini admin bakal memberikan kalian seluruh kesimpulan (rangkuman) dari teks cerpen yang berjudul "Juru Masak". Pada buku paket kelas 11 SMA, ada suatu teks cerita singkat karya Damhuri Muhammad yang berjudul Juru Masak. Berikut ini ialah simpulannya.
Ringkasan Cerpen Juru Masak + 11 Gaya Bahasa Cerpen Juru Masak

Nah bagaimana isi rangkuman teks cerpen juru masak? bagaimana gaya bahasa dalam cerpen juru masak? dan apa majas dalam cerpen juru masak? Mari kita simak...

Ringkasan cerpen juru masak

Makaji ialah seorang juru masak yang populer & patut diperhitungkan di desanya, Lareh Panjang. Tanpa keberadaan Makaji, suatu perhelatan kenduri tidak bakal meriah danmemuaskan para tamu undangan. Mesikipun begitu, Makaji tak sempat pandang bulu dalammelayani pesanan masyarakat Lareh Panjang.

Saat usianya mulai senja, Arial anak Makaji mengajaknya untuk tinggal bersama di Jakarta. Tetapi, Makaji bingung memikirkan hanya ada satu juru masak di desanya. Jadi ia meminta pada Azrial untuk diberikan satu peluang lagi memasak dalam kenduri milik anak Mangkudun. Saat Azrial mengenal mengenai hal ini, pikirannya kembali ke kisah masa lalunya yang kelam.

Masih segar di ingatan Azrial gimana hubungannya dengan Renggogeni, anak Mangkudun tidak disetujui oleh Mangkudun. Azrial berusaha melupakan segalanya & merantau hingga berhasil & mempunyai suatu rumah makan & 24 anak buah. Cocok 2 hari sebelum perhelatan kenduri Renggogeni diadakan, Azrial mengundang Makaji ke Jakarta. Cerita ini pun hingga ke telinga Renggogeni. Renggogeni bisa membayangkan bagaiamana terpiuhnya hati Azrial mengenal dia dipinang orang lain.

Gaya bahasa dalam cerpen juru masak

Berikut ialah contoh majas dalam cerpen juru masak:

  1. Majas Antitesis = Sejak dulu, Makaji tidak sempat keberatan menolong keluarga mana saja yang hendak menggelar pesta,tak peduli apakah baginda rumah hajatan itu orang terpandang yang tamunya membludak ataupun orang biasa yang hanya mampu menggelar syukuran seadanya.
  2. Majas Retorik = Orang tua mana yang tak ingin berkumpul dengan anaknya di hari tua ?
  3. Majas Paradoks = Nasi banyak gulai melimpah, tapi helat tak bikin kenyang.
  4. Majas Hiperbola = Adik-adiknya sudah terbang hambur ke negeri orang.
  5. Majas Hiperbola = Dua kali meriam ditembakkan ke langit.
  6. Majas Asosiasi = Kuah gulai rebungnya encer contohnya kuah sayur toge.
  7. Majas Retorik = Mana mungkin keluarga calon besan itu dapat dibohongi ?
  8. Majas Antitesis = Tabiat orang tua terbukti rutin begitu, meski terasa semanis gula tak akan langsung direguknya, meski sepahit empedu tak buru-buru dimuntahkannya, mestimtang ia menimbang.
  9. Majas Alegori = Derajat keluarga Azrial terbukti semisalnya lurah tak berbatu, contohnya sawah tak berpembatang, tak ada yang dapat diandalkan.
  10. Majas Asosiasi = Ibarat emas & loyang perbedaan mereka.
  11. Majas Retorik = Apa dirinya salah kalau ayahnya hanya seorang juru masak?

Nah itulah postingan ringkasan cerpen juru masak. Semoga PR struktur cerpen juru masak dan gaya bahasa dalam cerpen juru masak bisa terlesaikan dengan melihat contoh diatas. Apabila ingin bertanya mengenai majas dalam cerpen juru masak atau menginterpretasi makna teks juru masak, silakan ketik di komentar dibawah.

Terima kasih telah membaca postingan ringkasan cerpen juru masak. Baca Juga:


Bagi sahabat yang ingin copas isi ringkasan cerpen juru masak ini, maka diinginkan untuk cantumkan sumber dengan "Link Aktif Menuju ke Postingan Ini", apabila tidak dicantumkan, maka blog sahabat bakal saya laporkan ke DMCA.
Loading...

0 Response to "Ringkasan Cerpen Juru Masak + 11 Gaya Bahasa Cerpen Juru Masak"

Post a Comment

Komentar Sopan Akan di Approve