PRODUKSI: Pengertian Produksi, 5 Contoh, 3 Jenis, 3 Macam dan Proses Produksi

Loading...
Loading...
Faktakah.com - Pengertian sistem produksi.
Halo semua, pada peluang ini saya bakal memberikan kalian materi Prakarya mengenai Produksi. Pada bab ini kalian bakal mendalami mengenai pengertian produksi, proses produksi, jenis produksi, penentuan jenis produksi, & macam-macam produksi. Postingansistem produksi dibawah ini hasil dari tugas prakarya saya saat sedang kelas X SMA.

Nah, apa itu pengertian sistem produksi? apa saja faktor faktor produksi? dan apa contoh proses produksi?
PRODUKSI: Pengertian Produksi, 5 Contoh, 3 Jenis, 3 Macam dan Proses Produksi

Pengertian produksi menurut para ahli


  1. Menurut Murti Sumarti & Jhon Soeprihanto memberikan definisi produksi sebagai berikut.Produksi ialah seluruh kegiatan dalam menciptakan atau meningkatkan kegunaan barang atau jasa, dimana untuk kegiatan tersebut diperlukan faktor-faktor produksi." (Sumiarti, Murti et, al., Dasar-dasar Ekonomi Perusahaan, Edisi II, Penerbit Liberty, Yogyakarta, 1987, Hal 60.)
  2. Menurut Sofyan Assauri, produksi didefinisikan sebagai berikut : "Produksi ialah segala kegiatan dalam menciptakan & meningkatkan kegunaan (utility) sesuatu barang atau jasa, untuk kegiatan mana diperlukan faktor-faktor produksi dalam ilmu ekonomi berupa tanah, tenaga kerja, & skill (organization, managerial, & skills) (Assauri, Sofyan, Manajemen Produksi, Penerbit FE-UI, Jakarta, 1980, Hal 7.)
  3. Menurut Drs. BAMBANG PRISHARDOYO, M.Si; 2005. Produksi adalah kegiatan yang diperbuat untuk memenuhi kebutuhan manusia dengan menghasilkan barang atau meningkatkan nilai guna sebuah barang & jasa


Contoh Produksi Barang


Berikut contoh proses produksi barang oleh pabrik terkemuka di Indonesia:
  1. Produksi Smartphone Xiaomi di Batam
  2. Produksi makanan Indofood di Tanggerang.
  3. Produksi Semen Padang di Padang
  4. Produksi minyak dan gas oleh Pertamina
  5. dll

Jenis-Jenis Proses Produksi

Jenis-jenis proses produksi ada beberapa macam bila ditinjau dari beberapa segi. Proses produksi dilihat dari wujudnya terbagi menjadi proses kimiawi, proses perubahan bentuk, proses assembling, proses transportasi & proses penciptaan jasa-jasa adminstrasi (Ahyari, 2002). Proses produksi dilihat dari arus atau flow bahan mentah hingga menjadi produk akhir, terbagi menjadi dua yaitu proses produksi semakin-menerus (Continous processes) & proses produksi terputus-putus (Intermettent processes).

Perusahaan memakai proses produksi semakin-menerus apabila di dalam perusahaan terdapat urutan-urutan yang tentu sejak dari bahan mentah hingga proses produksi akhir. Proses produksi terputus-putus apabila tidak terdapat urutan atau pola yang tentu dari bahan baku hingga dengan menjadi produk akhir atau urutan rutin berubah (Ahyari, 2002).

Penentuan Jenis Produksi

Penentuan tipe produksi didasarkan pada faktor-faktor contohnya:
(1) volume atau jumlah produk yang bakal dihasilkan.
(2) nilai produk yang diisyaratkan.
(3) peralatan yang tersedia untuk melaksanakan proses.

Macam Macam Produksi

Berdasarkan pertimbangan cermat mengenai faktor faktor produksi ditetapkan tipe proses faktor produksi kegiatan produksi yang paling tepat untuk setiap situasi produksi. Macam tipe proses produksi dari beberapa industri bisa dibedakan sebagai berikut (Yamit, 2002):

  1. Proses produksi semakin-menerus. Proses produksi semakin-menerus ialah proses produksi barang atas dasar ajaran produk dari satu operasi ke operasi berikutnya tanpa penumpukan disuatu titik dalam proses. Pada umumnya industri yang tepat dengan tipe ini ialah yang mempunyai karakteristik yaitu output direncanakan dalam jumlah besar, variasi atau tipe produk yang dihasilkan rendah & produk bersifat standar.
  2. Proses produksi terputus-putus. Produk diproses dalam kumpulan produk bukan atas dasar ajaran semakin-menerus dalam proses produk ini. Perusahaan yang memakai tipe ini biasanya terdapat sekumpulan atau lebih komponen yang bakal diproses atau menantikan untuk diproses, jadi lebih banyak memerlukan persediaan barang dalam proses.
  3. Proses produksi campuran. Proses produksi ini merupakan pengperpaduan dari proses produksi semakin-menerus & terputus-putus. Pengperpaduan ini dipakai berdasarkan kenyataan bahwa setiap perusahaan berusaha untuk memanfaatkan kapasitas dengan cara penuh.

Proses produksi

Pengertian proses diartikan sebagai sebuah cara, metode & teknik gimana sesungguhnya sumber-sumber (tenaga kerja, mesin, bahan & dana) yang ada diubah untuk mendapatkan sebuah hasil. Produksi ialah kegiatan untuk menciptakan atau meningkatkan kegunaan barang atau jasa (Assauri, 1995). Proses juga diartikan sebagai cara, metode atau teknik gimana produksi tersebut dilaksanakan. Produksi ialah kegiatan untuk menciptakan danan meningkatkan kegunaan (Utility) sebuah barang & jasa. Menurut Ahyari (2002) proses produksi ialah sebuah cara, metode atau teknik meningkatkan keguanaan sebuah barang & jasa dengan memakai faktor produksi yang ada.

Melihat kedua definisi di atas, bisa diambil kesimpulan bahwa pengertian proses produksi merupakan kegiatan untuk menciptakan atau meningkatkan kegunaan sebuah barang atau jasa dengan memakai faktor-faktor yang ada contohnya tenaga kerja, mesin, bahan baku & dana supaya lebih berguna bagi kebutuhan manusia.

Nah itulah postingan pengertian produksi, proses produksi, jenis produksi, penentuan jenis produksi dan macam produksi. Semoga PR materi biologi mengenai kegiatan produksi bisa terlesaikan dengan melihat contoh diatas. Apabila ingin bertanya mengenai engertian produksi menurut para ahli atau tahapan proses produksi, silakan ketik di komentar dibawah.

Terima kasih telah membaca postingan usaha produksi. Baca Juga:


Bagi sahabat yang ingin copas isi postingan alur proses produksi ini, maka diinginkan untuk cantumkan sumber dengan "Link Aktif Menuju ke Postingan Ini", apabila tidak dicantumkan, maka blog sahabat bakal saya laporkan ke DMCA.
Loading...

0 Response to "PRODUKSI: Pengertian Produksi, 5 Contoh, 3 Jenis, 3 Macam dan Proses Produksi"

Post a Comment

Komentar Sopan Akan di Approve