12 Contoh Teks Berita Singkat Sesuai 5W+1H Terbaru Terlengkap

Loading...
Loading...
Halo sobat, hari ini admin bakal memberikan 5 contoh teks berita singkat. Pada saat ini saya bakal memberikan contoh teks berita singkat terakhir yang sempat terjadi di Indonesia & juga berita paling terkini yang tayang di tv yang dijadikan menjadi suatu teks berita berdasarkan strukturnya & mengandung kaidah 5W+1H.

Nah apa apa pengertian teks berita? apa saja struktur teks berita? bagaimana dengan kaidah teks berita? dan apa saja contoh contoh teks berita.
12 Contoh Teks Berita Singkat Sesuai 5W+1H Terbaru Terlengkap

Pengertian teks berita

Teks berita ialah teks yang berisi mengenai segala hal yang terjadi di dunia & juga ditulis di beberapa media masa, contohnya media cetak, tv, atau didalam media sosial. Suatu berita harus fakta yang terjadi di dunia, tetapi tidak seluruh fakta harus menjadi berita. Hanya fakta penting yang biasanya diangkat menjadi suatu berita.

Struktur teks berita terdiri dari:

Berikut struktur teks berita yang terbagi 3 macam:
  1. Peristiwa Utama.
  2. Latar belakang Peristiws.
  3. Sumber.
Anda dapat mengungkapkan manfaat masing masing struktur teks berita sesudah membaca contoh teks berita dibawah ini.

Kaidah teks berita

Bagaimana kaidah teks berita yang benar? Ciri kaidah teks berita adalah adanya keterangan, verba transitif, dan verba pewarta. Sehingga kaidah teks berita lebih akurat di segi kebahasaannya.

1. CONTOH TEKS BERITA TENTANG KECELAKAAN

Tabrakan Beruntun 4 Mobil di Bundaran HI

Jakarta, tabrakan beruntun terjadi di Bundaran Hotel Indonesia mengarah ke jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat, Selasa malam. Empat mobil menjadi korban dalam momen nahas tersebut.

Kejadian ini disampaikan oleh Amalia, warga yang melintas di jalur tersebut pada pukul 19.23 WIB. Menurut pengawasan Amalia, keempat mobil mengalami kerusakan parah. ia berbicara ban salah satu mobil bahkan terlepas.

"Terjadi tabrakan beruntun diBundarah HI arah Sudirman. 4 mobil rusak parah, 1 mobil hingga lepas ban," tulis Amelia dalam akun Twitter-nya @amelia_baay, Selasa (6/9/2017).

Sudah ada penanganan darurat dari pihak kepolisian. Tetapi untuk kepastian mengenai korban jiwa, bukti diri mobil, maupun kerugian materi belum diketahui.

"Tampak sudah ada penanganan dari polisi," bilang Amelia.

Pagi tadi, kecelakaan beruntun juga terjadi pada dua truk & suatu mobil di kawasan Masjid At-Tin menuju Tamini Square, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur. Kejadian bermula ketika truk bermuatan semen melintas di Jalan Taman Mini I. Tetapi, nyatanya truk tersebut mengambil jalur lawan arah dari utara menuju selatan.

Sampai di kawasan Masjid At-Tin, truk yang dikemudikan oleh Housan mendadak menabrak mobil boks Daihatsu. Dampak tabrakan tersebut, suatu mobil Toyota Fortuner ikut tertabrak. Untungnya, hanya supir mobil yang mengalami luka ringan. (Winda Prisilia).

2. CONTOH TEKS BERITA TENTANG PENDIDIKAN

Pemerintah Bertekad Lahirkan Lulusan SMK Berdaya Saing Global

Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia & Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani? menyebutkan, pemerintah bakal merumuskan kembali kurikulum & rasio perbandingan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) & politeknik dengan Sekolah Menengah Atas (SMA). Tujuannya, supaya lulusan SMA & politeknik sesuai dengan keperluan dunia kerja.

Selain itu, pemerintah terbukti tengah bertekad untuk menciptakan pekerja yang profesional & mempunyai kompetensi mumpuni dalam menghadapi persaingan global ketika ini.

"Selain persoalan pendidikan umum, politeknik & akademi serta sekolah kejuruan bakal anda tingkatkan kompetensinya. Ini supaya anda dapat menciptakan anak-anak Indonesia yang dapat bekerja dengan cara profesional & berdaya saing, diakui standarnya oleh negara-negara lain," kata Puan ?usai memimpin Rapat Koordinasi Tingkat Menteri mengenai Revitalisasi Pendidikan Vokasional di Kantor Kementerian PMK, Jakarta, Kamis (23/6/2017).

Ia membahas, pembicaraan untuk meningkatkan nilai & kompetensi lulusan SMK & politeknik sebetulnya sudah berjalan beberapa kali dengan melibatkan tiga kementerian koordinator di lingkup Kabinet Kerja, yakni Menko Perekoniomian, Menko Maritim & Menko PMK.

"Sekarang kami targetkan seluruh halnya dapat berjalan dengan cara manjur dalam 4-5 bulan ke depan," jelas Puan.

Puan membicarakan, ada dua hal yang dilakukan dalam revitalisasi pendidikan vokasional, yakni pendidikan & pelatihan. Untuk pendidikan dapat dilakukan di sekolah-sekolah SMK & politeknik, sementara pelatihan berupa kursus atau training yang sesuai dengan keperluan riil dunia usaha.
"Selain sekolah, sebetulnya lembaga pelatihan sudah dimiliki oleh pemerintah selama ini," ucap dia.

Tetapi, ke depan yang dibutuhkan ialah akselerasinya & gimana dunia usaha dapat menyatu di dalamnya. Hal ini hanya dapat terjadi kalau kurikulum diubah atau disesuaikan & standar kompetensi serta disiapkan dengan cara matang & terencana.

Rapat tersebut dihadiri oleh Menko Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Pendidikan & Kebudayaan Anies Baswedan, & Menteri Tenaga Kerja Hanif Dhakiri.

3. CONTOH TEKS BERITA TENTANG BANJIR

Puncak Bogor Diguyur Hujan Lebat, Katulampa Siaga IV

BOGOR - Hujan deras yang mengguyur wilayah Bogor dengan cara merata sejak pukul 17.45 WIB, membuat tinggi muka air (TMA) sungai Ciliwung, di Bendung Katulampa, Kelurahan Katulampa, Bogor Timur, Kota Bogor naik menjadi 50 sentimeter pada pukul 18.20 WIB, Minggu (18/06/2017).
Menurut Kepala Petugas Jaga Bendung Katulampa Andi Sudirman, TMA sungai Ciliwung pada pagi hari hingga sore hari menyentuh dibawah batas normal yakni di kisaran 30-40 centimeter.

"Sebab kawasan Puncak pada sore harinya mulai diguyur hujan dengan intensitas tinggi jadi air naik dengan TMA 50 centimeter berstatus siaga IV," ujarnya.

Meski tetap siaga IV atau 10 sentimeter di atas normal, tetapi pihaknya mengimbau terhadap warga Jakarta yang tinggal di bantaran sungai Ciliwung untuk tetap waspada,  terutama kawasan Puncak tetap diguyur hujan lebat. Jadi tak menutup kemungkinan air sungai Ciliwung meluap.

"Tapi tetap mengimbau terhadap warga Jakarta, terutama yang tinggal di bantaran Sungai Ciliwung untuk waspada sebab wilayah Puncak tetap semakin diguyur hujan deras," jelasnya.

4. CONTOH TEKS BERITA TENTANG KEBAKARAN

Kronologis Tewasnya Bocah SD pada Kebakaran Pasar Kebayoran Lama

JAKARTA - Kebakaran terjadi di Pasar Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, letaknya di suatu bedeng kontrakan milik warga. Dampaknya, satu bocah SD meninggal dunia & satu orang mengalami luka kritis.

Kapolsek Kebayoran Lama Kompol Aedi berkata, kebakaran tersebut terjadi pada Kamis (22/6/2017) dini hari, api baru dapat dipadamkan sesudah puluhan personel Damkar berusaha memadamkan api selama dua jam lebih. Pasalnya, bedeng kontrakan yang terbakar tersebut terbuat dari material kayu jadi mudah terbakar.

"Dari kontrakan merembet ke 17 lapak usaha Kelapa Parut yang juga terbuat dari kayu. Petugas pun sempat kesusahan sebab di lokasi banyak yang mudah terbakar api," ujarnya pada wartawan, Kamis (22/6/2017).

Menurutnya, terdapat satu orang korban yang tewas ketika insiden kebakaran tersebut terjadi, yakni Aan Agus Anwar (11). Ketika kejadian, korban sedang tertidur pulas di rumahnya bagian atas, sedang orangtuanya tak sempat membangunkannya sebab api cepat membesar.

"Anak yang meninggal tersebut mengalami luka bakar di tubuhnya. Sedang satu orang lagi, Muzamil (28) mengalami luka bakar serius di wajah & lehernya. Korban di bawa ke RS Polri, Kramat Jati, Jaktim," tuturnya.

Baca Juga:
Nah itulah artikel pengertian teks berita, struktur teks berita, kaidah teks berita, dan contoh contoh teks berita.

Terima kasih telah membaca artikel pengertian teks berita, struktur teks berita, kaidah teks berita, dan contoh contoh teks berita. Semoga PR bahasa indonesia kamu dapat terlesaikan ya hehe.
Loading...

0 Response to "12 Contoh Teks Berita Singkat Sesuai 5W+1H Terbaru Terlengkap"

Post a Comment

Komentar Sopan Akan di Approve