WOW! 6 Perbedaan Setan, Jin dan Iblis dalam Islam

Loading...
Loading...
Daftar Isi [Tampil]
WOW! Perbedaan Setan, Jin & Iblis Dalam Islam
Faktakah.com - Perbedaan setan jin iblis. Tahukah anda bahwa terdapat perbedaan antara setan, iblis, & jin? Mungkin sebagian dari kita tidak mengenal bahwa sesungguhnya ketiga makhluk tersebut tidak sama, ataupun bahkan ada yang tidak mengerti mengenai makhluk-makhluk tersebut?.

Ketiga makhluk tersebut ialah makhluk-makhluk yang sering disebut dalam al-Qur’an, makhluk hidup tidak hanya hewan, tumbuhan, manusia, & bukan juga tergolong dalam golongan malaikat. Untuk mengenal apa yang dapat membedakan ketiga makhluk tersebut, maka hari ini kita bakal bersama-sama mengulas perbedaan jin setan iblis dengan akurat.


Perbedaan jin setan iblis dalam Islam

Mungkin banyak yang tidak tahu mengenai perbedaan jin setan iblis dalam islam? padahal mereka hidup juga seperti kita, & mungkin juga menghirup udara yang sama. Kita harus mengenal perbedaan antara ketiga makhluk yang diciptakan oleh Allah SWT ini.

1. Jin menurut islam

Banyak sekali dalam al-Quran, Allah SWT menyatakan kata-kata “jin”, & bahkan ada suatu surat yang diberi nama makhluk tersebut, yaitu surat al-Jin. Dari al-Qur’an, diketahui bahwa Jin tersebut  sebagai berikut:

a. Penciptaan jin dari api

Perbedaan mendasar antara jin & manusia ialah manusia diciptakan dari tanah, sementara jin dari api. Hal ini disebutkan dalam surat al-Hijr ayat 27 yang menuliskan bahwa jin diciptakan dari api yang panas, & surat ar-Rahman ayat 15 menegaskan penciptaan jin memakai nyala api.

b. Berbagai jin menganut agama Islam

Sama contohnya manusia, jin juga menganut agama masing-masing. Contohnya dituliskan pada surat al-Jin ayat 11 yang artinya bahwa di antara para jin juga ada yang saleh & yang tidak, sebab mereka mengikuti jalannya masing-masing.

2. Iblis menurut islam

Saat ingin mencari perbedaan setan, iblis, & jin khususnya antara jin & iblis mungkin agak susah mengingat iblis sendiri ialah suatu makhluk yang jenisnya jin, contohnya yang tertulis dalam al-Qur’an. Diceritakan juga bahwa dulunya iblis ialah seorang mahkluk halus yang amat dekat terhadap Allah SWT, tetapi ia menjadi durhaka & ingkar terhadap Allah SWT sesudah nabi Adam diciptakan, karena derajat iblis lebih rendah.

Jin-jin tidak dapat mati sama sekali sampai kiamat tiba, namun pembeda iblis dibandingkan dengan jin-jin lainnya dituliskan pada surat al-Araf ayat 14 sampai 15 & pada surat Shaad ayat 79 sampai 81: Iblis juga mempunyai keturunan, namun keturunan dari iblis tidak ada yang mempunyai kekuatan untuk hidup kekal sampai akhirnya kiamat tiba.

Baca Juga: 13 Penampakan pocong asli

3. Setan menurut islam

Menurut al-Qur’an, setan ialah makhluk yang kurang baik, dimana pekerjaannya meliputi mengundang manusia untuk berbuat kejahatan contohnya berbohong & semacamnya. Beginilah deskripsi setan:

1. Musuh manusia

Pada surat al-Baqarah ayat 208 tertulis bahwa kita yang beriman wajb masuk ke dalam Islam & memusuhi setan.

2. Dapat berwujud sebagai manusia

Surat al-An’am ayat 112 menuliskan bahwa mengenai setan jin & manusia.

3. Sering mengundang terhadap kebatilan

surat al-Baqarah ayat 169, tertulis bahwa setan selalu berprilaku keji.

Nah, dengan penjelasan pengertian jin iblis dan setan tadi diharapkan kita saat ini mengenal mengenai perbedaan setan jin dan iblis menurut islam.

Loading...

0 Response to "WOW! 6 Perbedaan Setan, Jin dan Iblis dalam Islam"

Posting Komentar

Bebas berkomentar dengan akun apapun