TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI: 4 Syaratnya, 4 Langkah Membuatnya, dan 3 Sifatnya

Loading...
Loading...
Faktakah.com - Teks laporan observasi.
Halo semua, hari ini admin bakal mengulas materi Bahasa Indonesia yaitu Teks laporan hasil observasi. Nah yang bakal kami bahas mengenai teks hasil observasi ini yaitu seputar sifat teks laporan hasil observasi, syarat teks laporan hasil observasi, & langkah membuat teks laporan hasil observasi atau cara menyusun laporan hasil observasi. Teks laporan observasi bisa kamu dapatkan apabila kamu sudah memantau & mengobservasi sebuah objek contohnya lingkungan sekolah, & alam dekat kita.
TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI: 4 Syaratnya, 4 Langkah Membuatnya, dan 3 Sifatnya

Syarat Teks Laporan Hasil Observasi

Teks laporan hasil observasi mempunyai syarat & kriteria yang haruslah dipenuhi supaya sebuah teks bisa dikatakan menjadi sebuah teks observasi. Berikut ialah berbagai kriteria & syarat teks laporan observasi.

  1. Tersusun atas 3 struktur teks laporan hasil observasi..
  2. Tidak mengandung penutup teks.
  3. Teks merupakan sebuah fakta & tidak mengandung opini atau pendapat penulis.
  4. Teks membahas sebuah info yang bersifat objektif & sesuai fakta.

Langkah Membuat Teks Laporan Hasil Observasi

Berikut langkah-langkah membuat teks laporan hasil observasi:

  1. Membuat judul laporan observasi sesuai dengan apa yang diamati.
  2. Membuat kerangka teks dengan menitikberatkan pembuatan gagasan mutlak sesuai dengan hasil pengamatan.
  3. Menyusun teks berdasarkan struktur teks laporan hasil observasi.
  4. Meneliti kembali hasil penulisan teks, segera perbagusi teks apabila ada penulisan bahasa yang tidak cocok & tidak sesuai dengan KBBI.

Sifat Teks Laporan Hasil Observasi

Teks hasil observasil mempunyai 3 sifat, diantaranya ialah bersifat informatif, komunikatif, & juga objektif. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat sebagai berikut.

  1. Bersifat Informatif, artinya memberikan info yang berfungsi mengenai objek yang diamati terhadap pembaca.
  2. Bersifat Komunikatif, artinya teks tersebut memakai bahasa yang seakan-akan membuat kamu sedang berkomunikasi dengan teks tersebut, tujuannya ialah supaya isi laporan dalam teks lebih mudah dimengerti.
  3. Bersifat Objektif, berarti teks laporan tersebut haruslah faktual & berpatokan pada info yang sah mengenai apa yang sangatlah terjadi.

Nah itulah postingan materi teks hasil observasi. Semoga PR materi biologi mengenai materi teks observasi bisa terlesaikan dengan melihat laporan hasil observasi diatas. Apabila ingin bertanya mengenai contoh laporan hasil observasi sekolah atau struktur teks laporan hasil observasi, silakan ketik di komentar dibawah.

Terima kasih telah membaca postingan teks laporan hasil observasi. Baca Juga:


Bagi sahabat yang ingin copas isi postingan teks laporan hasil observasi beserta strukturnya ini, maka diinginkan untuk cantumkan sumber dengan "Link Aktif Menuju ke Postingan Ini", apabila tidak dicantumkan, maka blog sahabat bakal saya laporkan ke DMCA.
Loading...

0 Response to "TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI: 4 Syaratnya, 4 Langkah Membuatnya, dan 3 Sifatnya"

Post a Comment

Komentar Sopan Akan di Approve