4 Langkah Percobaan Pengaruh Faktor Luar Terhadap Pertumbuhan Tumbuhan

Loading...
Loading...
Faktakah.com - Proses pertumbuhan tanaman
Halo sobat, sesudah sebelumnya kami mengulas materi faktor internal & eksternal pertumbuhan pada tumbuhan, hari ini kami bakal mencoba mengulas materi untuk merencanakan percobaan pengaruh faktor eksternal kepada pertumbuhan tumbuhan.

Nah jadi bagaimana pengaruh faktor luar terhadap pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan? apa saja fase pertumbuhan tanaman?
4 Langkah Percobaan Pengaruh Faktor Luar Terhadap Pertumbuhan Tumbuhan

Percobaan Faktor Luar (Eksternal) Terhadap Pertumbuhan Pada Tumbuhan

Pernahkah kamu melakukan percobaan pertumbuhan pada tumbuhan? Cobalah kamu melakukan percobaan pertumbuhan tanaman dengan merencanakan percobaan pertumbuhan pada tumbuhan terlebih dahulu. Bagaimanakah cara merencanakan percobaan pertumbuhan pada tumbuhan? Apa sajakah tahapan dalam merencanakan percobaan pengaruh faktor eksternal kepada pertumbuhan pada tumbuhan?

Tahapan dalam melakukan percobaan pengaruh faktor luar pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan yaitu sebagai berikut.
  1. Mengumpuulkan data mengenai faktor-faktor luar yang bisa memengaruhi pertumbuhan, data tersebut bisa diperoleh secara mencari literatur di perpustakaan. Anda pun bisa melakukan percobaan sendiri dengan meletakkan kacambah pada tempat gelap VS kacambah di tempat yang kena sinar matahari, dan lihat mana yang lebih cepat tumbuhnya?
  2. Merumuskan persoalan. Ciri-ciri sebuah rumusan persoalan yang bagus antara lain dirumuskan dalam bentuk kalimat tanya, isinya padat & jelas, serta bisa memberi petunjuk mengenai kemungkinan mengumpulkan data guna menjawab pertanyaan-pertanyaan yang terkandung dalam rumusan persoalan.
  3. Membuat hipotesis. Hipotesis merupakan sebuah dugaan yang merupakan jawaban sementara kepada sebuah rumusan persoalan sebelum dibuktikan kebenarannya.
  4. Mendesain percobaan. Rancangan percobaan meliputi menetapkan variabel penelitian, alat & bahan, cara kerja, & bentuk format tabel data. Di samping itu, penting pula menetapkan waktu & tempat percobaan. Ada tiga macam variabel penelitian yaitu variabel bebas, variabel terikat, & variabel kontrol. Untuk lebih jelasnya mengenai variabel penelitian bisa dilihat disini.
Dalam melakukan percobaan fase pertumbuhan tanaman, kamu haruslah bisa menguji kebenaran dari hipotesis yang dibuat. Jadi bagaimana tahapan/langkah-langkah dalam melakukan percobaan pengaruh faktor luar kepada pertumbuhan pada tumbuhan?
  1. Meyiapkan bahan & perlakuan.
  2. Memberikan perlakuan & mengukur hasil perlakuan.
  3. Mencatat kondisi lingkungan.
  4. Mengumpulkan & menganalisis data dalam bentuk tabel & grafik.
  5. Sesudah melakukan percobaan, agar orang lain mengenal percobaan yang telah anda perbuat maka anda harus mengomunikasikan hasil percobaan nada. Bagaiman cara mengomunikasikan hasil percobaan yang telah anda buat?
Cara mengomunikasikan hasil percobaan yaitu dengan membuat laporan percobaan atau biasa disebut dengan laporan penelitian ilmiah. Berikut contoh format laporan penelitian ilmiah.
1. Bagian Depan
Bagian depan ini terdiri dari halaman judul, kata pengantar, daftar isi, daftar tabel, daftar gambar, daftar ilustrasi & abstrak.
2. Bagian Isi
  • Pendahuluan, berisi uraian pendek mengenai latar belakang persoalan, rumusan persoalan, tujuan penelitian, & fungsi penelitian.
  • Tinjauan pustaka, berisi mengenai teori & hasil penelitian terdahulu yang berkaitan dengan penelitian tersebut, serta berisi rumusan hipotesis.
  • Metode penelitian, berisi mengenai alat & bahan, tempat & waktu penelitian, serta cara kerja.
  • Hasil & pembahasan, berisi mengenai data-data yang diperoleh, uji hipotesis, & pembahasan.
  • Kesimpulan & saran, berisi mengenai kesimpulan & saran dari penelitian yang dibuat & haruslah mengacu pada tujuan penelitian.
  • Daftar pustaka, berisi seluruh literatur yang digunakan sebagai rujukan.
  • Lampiran, berisi tabel-tabel & info pendukung lainnya.
Nah itulah postingan pengaruh faktor luar terhadap pertumbuhan pada tumbuhan. Semoga PR percobaan faktor luar terhadap pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan kamu bisa terlesaikan dengan melihat percobaan pertumbuhan tumbuhan diatas. Apabila ingin bertanya mengenai pengaruh cahaya terhadap pertumbuhan  atau hormon pertumbuhan pada tumbuhan, silakan ketik di komentar dibawah.

Terima kasih telah membaca postingan percobaan IPA (percobaan biologi sederhana). Baca Juga:


Bagi sahabat yang ingin copas isi postingan percobaan biologi tentang pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan ini, maka diinginkan untuk cantumkan sumber dengan "Link Aktif Menuju ke Postingan Ini", apabila tidak dicantumkan, maka blog sahabat bakal saya laporkan ke DMCA.
Loading...

0 Response to "4 Langkah Percobaan Pengaruh Faktor Luar Terhadap Pertumbuhan Tumbuhan"

Post a Comment

Komentar Sopan Akan di Approve