TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI: Pengertian, 2 Struktur, 3 Ciri, 9 Kaidah Kebahasaan, 5 Tujuan) + Contoh Teks Observasi Singkat

Loading...
Loading...
Faktakah.com - Teks laporan observasi. Teks Laporan Hasil Observasi ialah materi bahasa Indonesia kelas X yang bakal kami pelajari hari ini. Disini kami bakal mengulas mengenai pengertian teks laporan observasi, struktur teks laporan observasi, ciri teks laporan observasi, kaidah kebahasaan teks laporan observasi, & juga contoh teks observasii. Laporan hasil observasi bisa kami bisakan saat kita sedang melakukan pengawasan terhadap alam, lingkungan, atau pun sekolah.

TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI: Pengertian, 2 Struktur, 3 Ciri, 9 Kaidah Kebahasaan, 5 Tujuan) + Contoh Teks Observasi Singkat
contoh laporan hasil observasi sekolah
Nah inilah teks laporan hasil observasi, struktur teks laporan observasi dan contoh laporan hasil observasi sekolah.

Pengertian Teks Laporan Hasil Observasi

Definisi teks laporan hasil observasi adalah teks yang memuat klasifikasi mengenai tipe sesuatu berdasarkan kriteria tertentu. Teks laporan bersifat global atau universal. Teks laporan lebih menekankan pada pengelompokan beberapa hal ke dalam tipe sesuai dengan ciri setiap tipe pada umumnya. Teks ini juga berkaitan dengan hubungan antara sebuah kelas & subkelas yang ada didalamnya.

Struktur Teks Laporan Hasil Observasi

Struktur ialah bagian-bagian yang membangun sebuah teks menjadi sebuah teks laporan hasil observasi, Dengan cara umum, struktur teks laporan hasil observasi mempunyai 2 struktur, diantaranya yaitu.

  1. Pernyataan umum (klasifikasi), merupakan semacam pembuka atau pengangkut mengenai hal yang dilaporkan. Pada tahap pembukaan disampaikan bahwa benda-benda di dunia bisa diklasifikasikan berdasarkan kriteria persamaan & perbedaan.
  2. Anggota/aspek yang dilaporkan, merupakan bahasan atau rincian mengenai objek yang diamati.

Adapun struktur laporan hasil observasi lainnya dari teks laporan ini ialah sebagai berikut.

  1. Definisi Umum, ialah pembukaan yang berisi arti mengenai sesuatu yang dibahas didam teks.
  2. Definisi Bagian, ialah bagian yang berisi ide pokok dari setiap paragraf (penjelasan rinci).
  3. Definisi Manfaat, bagian yang membahas fungsi dari sesuatu yang dilaporkan
  4. Penutup, ialah bagian rincian akhir dari teks.

Ciri Teks Hasil Observasi

Teks laporan hasil observasi setidaknya mempunyai 3 ciri, diantaranya yaitu sebagai berikut.

  1. Bersifat umum (global & universal).
  2. Menekankan pada pengelompokan beberapa hal ke dalam tipe sesuai dengan ciri setiap tipe pada umumnya.
  3. Berkaitan dengan berhubungan berjenjang antara sebuah kelas & subkelas yang ada didalamnya.

Kaidah Kebahasaan Teks Laporan Hasil Observasi

Berikut bakal saya jelaskan ciri kebahasaan atau kaidah kebahasaan dati teks laporan hasil observasi. Teks laporan hasil observasi mempunyai ciri kebahasaan yang diantaranya mengandung frasa, konjungsi, verba, nomina, kalimat rumit & simplek, & juga lainnya. Untuk lebih jelasnya simaklah penjelasannya dibawah ini.

  1. Memakai konjungsi; dan,namun.
  2. Mengandung kata kerja (verba).
  3. Mengandung kalimat simpleks ( kalimat yang terdiri dari satu verba).
  4. Memakai kalimat rumit (kalimat yang terdiri dari dua atau lebih verba).
  5. Mengandung kata benda (nomina).
  6. Memakai Persamaan kata (sinonim).
  7. Mengandung lawan kata (antonim).
  8. Memakai frasa (kelompok kata).
  9. Memakai beberapa istilah.

Tujuan Teks Laporan Hasil Observasi

Teks laporan hasil observasi, setidaknya mempunyai 5 tujuan. Tujuan dari teks tersebut diantaranya sebagai berikut.

  1. Menanggulangi sebuah persoalan,
  2. Mengambil sebuah keputusan yang lebih manjur.
  3. Mengenal kemajuan & perkembangan sebuah persoalan.
  4. Mengadakan pengawasan & perbagusan.
  5. Menemukan teknik-teknik baru.

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi

Berikut ini bakal saya berikan contoh teks laporan hasil observasi beserta strukturnya yang berjudul "Sekolah".
Sekolah
Pernyataan Umum
Sekolah merupakan lingkungan baru bagi anak. Tempat berjumpanya ratusan anak dari beberapa kalangan & latar belakang yang tidak sama, bagus status sosial maupun agamanya. Di sekolah inilah anak bakal terwarnai oleh beberapa corak pendidikan, kepribadian & kebiasaan, yang dibawa masing-masing anak dari lingkungan & kondisi rumah tangga yang tidak sama.

Anggota / Sudut yang Dilaporkan
Seorang pembimbing ialah merupakan figur & tokoh yang menjadi panutan anak-anak dalam mengambil semua kualitas & pemikiran memilah antara yang bagus dengan yang kurang baik. Sebab anak-anak memandang, guru ialah sosok yang disanjung, didengar, & ditiru, jadi pengaruh guru sangat besar terhadap kepribadian & pemikiran anak. Oleh sebab itu, seorang pembimbing haruslah membekali diri dengan ilmu dîn (agama) yang Shahîh sesuai dengan pemahaman Salafush-Shalih & adab yang mulia, serta rasa sayang terhadap anak didik.

Anggota / Sudut yang Dilaporkan
McDonald mengemukakan sebagai berikut "Sekolah ialah lingkungan yang khusus untuk merubah tingkah laku dengan cara menetap dalam hubungan dengan semua perkembangan pribadinya sebagai masyarakat."

Anggota / Sudut yang Dilaporkan
Seorang pendidik sangat berpengaruh terhadap perkembangan kepribadian seorang anak. pendidik yang memberikan pandangan hidup yang keliru terhadap anak bakal memberikan akibat atau pengaruh kurang baik terhadap perkembangan kepribadian anak tersebut.

Nah itulah postingan contoh teks laporan hasil observasi beserta strukturnya. Semoga PR materi teks laporan hasil observasi beserta strukturnya bisa terlesaikan dengan melihat contoh teks laporan hasil observasi singkat diatas. Apabila ingin bertanya mengenai materi teks laporan hasil observasi atau contoh hasil laporan observasi, silakan ketik di komentar dibawah.

Terima kasih telah membaca postingan teks laporan hasil observasi. Baca Juga:


Bagi sahabat yang ingin copas isi postingan teks laporan hasil observasi beserta strukturnya ini, maka diinginkan untuk cantumkan sumber dengan "Link Aktif Menuju ke Postingan Ini", apabila tidak dicantumkan, maka blog sahabat bakal saya laporkan ke DMCA.
Loading...

0 Response to "TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI: Pengertian, 2 Struktur, 3 Ciri, 9 Kaidah Kebahasaan, 5 Tujuan) + Contoh Teks Observasi Singkat"

Post a Comment

Komentar Sopan Akan di Approve