5 Perbedaan Teks Observasi dengan Teks Deskripsi + Contoh

Loading...
Loading...
Faktakah.com - Teks Observasi dan Teks Deskripsi.
Halo sobat, pada peluang ini saya bakal memberikan kalian apa saja perbedaan teks laporan hasil observasi & teks deskripsi. Teks laporan & teks deskripsi sering kali dianggap sama oleh banyak orang, namun kenyataannya kedua teks tersebut mempunyai beberapa perbedaan. Berikut ini ialah perbedaan anatara teks laporan hasil observasi & teks deskripsi + contoh teks hasil observasi dan contoh teks deskripsi.
5 Perbedaan Teks Observasi dengan Teks Deskripsi + Contoh

Nah, apa saja perbedaan teks observasi dengan teks deskripsi? dan seperti apa contoh teks laporan hasil observasi serta contoh teks deskrip.

Perbedaan Teks Hasil Observasi dan Teks Deskripsi

teks laporan observasi tentu saja berbeda dengan teks deskripsi, kita sebagai kaca pencah akan tau kedua perbedaan teks laporan hasil observasi dan teks deslripsi.

Ciri Ciri Teks Laporan Hasil Observasi


  1. Bersifat global atau universal.
  2. Lebih menekankan pada pengelompokkan beberapa hal ke dalam tipe sesuai dengan ciri setiap tipe pada umumnya.
  3. Berkaitan dengan hubungan berjenjang antara suatu kelas & subkelas yang ada didalamnya.
  4. Harus mendapatkan data dari lapangan.
  5. Lebih dipercaya karena meneliti langsung ke objek/subjek.

Ciri Ciri Teks Deskripsi


  1. Bersifat unik & individual.
  2. Menitikberatkan uraian bentuk, ciri, & keadaan sesuatu yang dideskripsikan untuk tempat & waktu tertentu.
  3. Berkaitan hanya dengan hubungan antara keseluruhan & bagian-bagiannya.
  4. Tidak harus mendapatkan data di lapangan
  5. Kurang dipercaya karena meneliti tak secara langsung.

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi

Jenis - Tipe Minuman
Minuman ialah segala sesuatu yang bisa di konsumsi & bisa menghapus rasa haus, biasanya berbentuk cair. Minuman bisa dibedakan berdasarkan khasiatnya sebagai obat atau tidak, pemakaian pewarna, & produksi yang menghasilkan minuman tersebut.

Minuman ada yang berkhasiat bagi tubuh, ada juga yang hanya sebagai penghilang rasa haus. Minuman yang berkhasiat bagi badan bisa dibangun sendiri, bisa dibangun dari sayuran & buah- buahan yang diblender & menghasilkan jus. Jus banyak mengandung vitamin & serat yang bagus untuk kesehatan, & berguna bagi daya tahan tubuh. Minuman yang hanya menghapus rasa haus juga banyak beredar, seperti air putih dalam kemasan yang diminum dalam keadaan haus atau minuman kemasan yang tidak mengandung vitamin & serat.

Minuman banyak warnanya, pewarna yang dipakai ada yang alamiah ada juga yang buatan. Pewarna alamiah ialah pewarna yang mempercayakan bahan - bahan yang tersedia di alam, seperti kunyit yang menghasilkan warna kuning. Biasanya dipakai untuk minuman yang berkhasiat bagi tubuh, seperti dipakai pada jamu. Pewarna buatan ialah pewarna yang terbuat dari bahan kimia atau bahan alamiah yang diproses dengan cara kimiawi, seperti pewarna tartrazin yang menghasilkan warna kuning. Biasanya dipakai untuk minuman yang diproduksi dengan cara massal di pabrik, seperti minuman - minuman yang dipasarkan di supermarket.

Minuman yang beredar, ada yang diproduksi dengan cara massal di pabrik ada juga yang dibangun di industri rumahan. Minuman produksi pabrik apabila dilihat dari desainnya, kemasan yang dipakai lebih luar biasa, terdapat nama pabrik & kode produksinya, terdapat tanggal kadaluarsa, & terdapat bar kode untuk penjualan di supermarket. Sedangkan minuman produksi rumahan, kemasan yang dipakai sederhana, tidak ada bar kode yang dipakai untuk penjualan di supermarket, & jarang mencantumkan tanggal kadaluarsa pada kemasannya.

Pantai Pangandaran
Saat berada di pantai, pasti ada keinginan untuk menyaksikan matahari terbit & matahari terbenam. Begitu pula, saat berada di Pantai Pangandaran, Jawa Barat, matahari terbit & terbenam bisa disaksikan dengan Indah. Bentuk semenanjung dari Pantai Pangandaran membuat kami bisa menikmati matahari terbit di segi pantai timur & tenggelam di segi pantai barat.

Pemandangan Pantai Pangandaran sangat memesona. Di sebelah kanan tampak perbukitan yang memanjang. Sementara itu, di segi kiri terdapat perkampungan nelayan dengan beraneka perahu tradisional. Tidak hanya itu, di segi kanan pun terdapat hutan csupaya alam Pananjung yang dipakai sebagai penyangga ekosistem sekaligus tujuan wisata. Di pantai ini pun banyak dipenuhi kios cinderamata, penginapan, & took kelontong. Hal ini sangat hebat apabila mengabdikan pantai dengan kawan atau keluarga dalam media gambar atau video. Tidak hanya itu, hal ini pun bisa dijadikan pengalaman yang tidak bakal terlupakan.

Nah itulah postingan materi bahasa Indonesia tentang perbedaan teks observasi dengan teks deskripsi + contoh laporan hasil observasi dan contoh deskriptif teks. Semoga PR materi contoh laporan hasil teks observasi dan teks deskripsi bisa terlesaikan dengan melihat contoh diatas. Apabila ingin bertanya mengenai materi contoh laporan observasi atau contoh paragraf deskripsi, silakan ketik di komentar dibawah.

Terima kasih telah membaca postingan contoh teks laporan observasi dan teks deskripsi . Baca Juga:


Bagi sahabat yang ingin copas ihttp://www.faktakah.com/2018/05/21-contoh-teks-eksplanasi.htmlsi postingan ini, maka diinginkan untuk cantumkan sumber dengan "Link Aktif Menuju ke Postingan Ini", apabila tidak dicantumkan, maka blog sahabat bakal saya laporkan ke DMCA.
Loading...

0 Response to "5 Perbedaan Teks Observasi dengan Teks Deskripsi + Contoh"

Post a Comment

Komentar Sopan Akan di Approve