Varibel Penelitian (Pengertian dan 5 Macam Variabel + Contoh Lengkap)

Loading...
Loading...
Faktakah.com - Pengertian variabel.
Pada peluang hari ini saya bakal membahas apa arti dari variabel & apa tipe atau macam macamnya. Saya membahas materi ini sebab terbukti kebetulan kelas saya sedang mengulas materi variabel ini.
Varibel Penelitian (Pengertian dan 5 Macam Variabel + Contoh Lengkap)

Definisi Variabel

Variabel atau faktor penelitian mempunyai peranan sangat penting dalam sebuah penelitian pendidikan. Pengertian variabel dalam penelitian ialah segala sesuatu yang bakal menjadi objek pengawasan dalam penelitian. Ada juga yang berpendapat variabel sebagai gejala sesuatu yang bervariasi.

Macam Macam Variabel

Variabel penelitian dibedakan menjadi 5 macam:

1. Variabel bebas atau variabel penyebab (variabel independen)

Variabel bebas ialah variabel yang menyebabkan atau memengaruhi, yaitu faktor-faktor yang diukur, dimanipulasi atau dipilih oleh peneliti untuk menentukan hubungan antara fenomena yang diobservasi atau diamati. Berikut contoh variabel bebas:

  1. Pengaruh Kepuasan Kerja terhadap Loyalitas Karyawan. Berarti variabel indenpendennya adalah Kepuasan Kerja.
  2. Pengaruh Marketing Mix terhadap Penjualan. Berarti variabel indenpendennya adalah Marketing Mix.

2. Variabel terikat atau variabel tergantung (variabel dependen).

Variabel terikat ialah faktor-faktor yang diobservasi & diukur untuk menentukan adanya pengaruh variabel bebas, yaitu faktor yang muncul, atau tidak muncul, atau berubah sesuai dengan yang diperkenalkan oleh peneliti. Berikut contoh variabel terikat:
  1. Pengaruh Kepuasan Kerja terhadap Loyalitas Karyawan. Berarti variabel dependennya adalah Loyalitas Karyawan..
  2. Pengaruh Marketing Mix terhadap Penjualan. Berarti variabel dependennya adalah Loyalitas Karyawan.

Contoh variabel terikat lainnya::
Apabila seorang peneliti ingin mengkaji hubungan antara dua variabel, umpama variabel waktu untuk belajar (A) & prestasi belajarnya (B), maka pertanyaan atau persoalan yang diajukan , "Bagaimanakah prestasi belajar yang dicapai apabila waktu yang digunakan untuk belajar lebih banyak atau lebih sedikit?"
Banyak sedikitnya waktu belajar yang digunakan oleh pebelajar diidentifikasikan sebagai variabel bebas, sedangkan prestasi belajar sebagai variabel terikat. Variabel ini (waktu belajar) dimanipulasi atau diubah untuk menyebabkan terjadinya perubahan pada variabel lainnya (prestasi belajar).

3. Variabel Moderator

Variabel moderator ialah faktor-faktor atau aspek-aspek yang diukur, dimanipulasi, atau dipilih oleh peneliti untuk menentukan apakah variabel tersebut merubah hubungan antara variabel leluasa & variabel terikat.
Contoh:
Hipotesis : Kecermatan membaca siswa perempuan lebih bagus daripada siswa laki-laki sesudah mereka mendapat pembelajaran membaca cepat & lambat.
Variabel leluasa : pembelajaran membaca cepat & lambat
Variabel moderator : siswa perempuan & laki-laki
Variabel terbelit : kecermatan

4. Variabel Kontrol

Variabel yang dinetralisasi yang diidentifikasi sebagai variabel kontrol atau kendali, atau variabel kontrol ialah variabel yang diusahakan untuk dinetralisasi oleh peneliti. Dalam penelitian di samping taktik pembelajaran & tingkat kecerdasan, peneliti juga mempertimbangkan tingkat usia, umpama kelompok umur tertentu, maka umur dalam penelitia ini dianggap sebagai variabel kendali.

5. Variabel ntervening

Ialah yang tidak sempat diamati & hanya disimpulkan berdasarkan pada variabel terbelit & bebas.
Contoh:
Hipotesis: Pada siswa yang mempunyai ketertarikan yang meningkat kepada tugas yang diberikan, unjuk kerja kepada tugas yang diukur meningkat.
Variabel leluasa : ketertarikan kepada tugas
Variabel intervening : belajar
Variabel terbelit : unjuk kerja tugas

Nah itulah artikel pengertian variabel penelitian dan macam macam variabel penelitian. Semoga PR materi statistik kamu tentang pengertian variabel penelitian dan jenis jenis variabel penelitian dapat terselesaikan. Apabila ingin bertanya mengenai jenis jenis variabel, silakan ketik di komentar dibawah.

Terima kasih telah membaca artikel variabel dalam penelitian. Baca Juga:


Bagi sahabat yang ingin copas isi artikel variabel penelitian ini, maka diinginkan untuk cantumkan sumber dengan "Link Aktif Menuju ke Artikel Ini", apabila tidak dicantumkan, maka blog sahabat bakal saya laporkan ke DMCA.
Loading...

0 Response to "Varibel Penelitian (Pengertian dan 5 Macam Variabel + Contoh Lengkap)"

Post a Comment

Komentar Sopan Akan di Approve