6 Pertanyan & Jawaban Penurunan Titik Beku Larutan (Kimia SMA)

Loading...
Loading...
Faktakah.com - Pertanyaan dan jawaban penurunan titik beku larutan. Hari ini saya bakal share pertanyaan & juga jawaban materi kimia yaitu penurunan titik beku. Sebelumnya juga saya telah menulis materi penurunan titik beku larutan & pertanyaan mengenai materi penurunan titik beku. Oke langsung saja mari kami simak & pahami pertanyaan & jawaban penurunan titik beku berikut.
6 Pertanyan & Jawaban Penurunan Titik Beku Larutan (Kimia SMA)

Soal dan jawaban penurunan titik beku

Soal

  1. Mengapa larutan titik bekunya lebih rendah dibandingkan pelarutnya?
  2. Apa yang membedakan titik beku larutan & titik beku pelarut murni?
  3. Mengapa sifat koligatif larutan yaitu penurunan titik beku dipengaruhi oleh jumlah partikelnya, bukan oleh jenis partikel?
  4. Apa hubungan penurunan titik beku dengan kemolalan?
  5. Apakah pelarut murni itu hanya air saja?
  6. Apa yang dimaksud dengan tetapan titik beku molal?

Jawaban

  1. Sebab titik beku larutan lebih rendah daripada titik pelarut murni. Hal ini dikarenakan sebab zat pelarutnya haruslah membeku terlebih dahulu, baru zat terlarutnya. Jadi, larutan bakal membeku lebih lama daripada pelarutnya. Setiap larutan juga mempunyai titik beku yang tidak sama.
  2. Perbedaan antara titik beku larutan dengan titik beku pelarut murni ialah suhu pada ketika pelarut murni membeku (0˚C) disebut titik beku pelarut (T˚f) sedangkan titik beku larutan lebih tinggi yaitu dibawah 0˚C. Maka terdapat selisih antara titik beku pelarut dengan titik beku larutan yang disebut penurunan titik beku larutan.
  3. Sebab sifat koligatif larutan hanya ditentukan oleh banyaknya partikel zat tertentu, harga sifat koligatif makin besar, salah satu kegunaan sifat koligatif larutan ialah untuk menentukan massa molekul relatif (Mr) sebuah zat. Sehingga pada larutan yang tidak sama jenisnya tapi mempunyai jumlah partikel sama bakal mempunyai sifat koligatif yang sama pula.
  4. Menurut hukum backman & rault bahwa penurunan titik beku & kenaikan titik didih berbanding langsung dengan molalitas yang terlarut di dalamnya. Penurunan titik beku ialah hasil kali molalitas larutandan tetapan penurunan titik beku molal.
  5. Larutan murni itu bukan hanya air saja, tapi juga ada larutan murni lainnya yaitu contohnya hekana, benzena, toluena, dietileter, kloroform, etil asetat, dioksana, THF, DCM, asetona & tetap banyak lainnya.
  6. Yang dimaksud dengan pengertian tetapan penurunan titik beku molal ialah kualitas penurunan titik beku apabila konsentrasi larutan sebesar 1 molal.

Nah itulah postingan soal dan jawaban penurunan titik beku larutan. Semoga PR materi kimia kamu tentang penurunan titik beku larutan bisa terlesaikan dengan melihat soal dan jawaban diatas. Apabila ingin bertanya mengenai materi pertanyaan dan jawaban penurunan titik beku larutan ataupun rumus penurunan titik beku, silakan ketik di komentar dibawah.

Terima kasih telah membaca postingan penurunan titik beku larutan. Baca Juga:


Bagi sahabat yang ingin copas isi postingan ini, maka diinginkan untuk cantumkan sumber dengan "Link Aktif Menuju ke Postingan Ini", apabila tidak dicantumkan, maka blog sahabat bakal saya laporkan ke DMCA.
Loading...

0 Response to "6 Pertanyan & Jawaban Penurunan Titik Beku Larutan (Kimia SMA)"

Post a Comment

Komentar Sopan Akan di Approve