Pengertian Passing Grade + Cara Menghitung Passing Grade 2019

Loading...
Loading...
Faktakah.com - Passing Grade adalah?
Halo sahabat seluruh pada peluang ini kami bakal mengumumkan terhadap kalian seluruh para calon mahasiswa mengenai Arti Passing Grade. Kata passing grade PTN terbukti sudah tidak asing lagi ditelinga kami seluruh apalagi untuk para kalangan pelajar yang ingin masuk Perguruan Tinggi Negeri. Namun mungkin tetap ada berbagai yang tetap bertanya apa itu passing grade? sebab tentu saja masih belum ada yang tau apa itu passing grade bukan?

Nah, apa itu pengertian passing grade? dan berapa passing grade universitas-universitas Indonesia?
Pengertian Passing Grade + Cara Menghitung Passing Grade 2019

Pengertian Passing Grade

Pengertian Passing grade adalah sebuah kualitas batas minimal atau batas acuan yang dimiliki sebuah prodi perguruan tinggi negeri untuk bisa masuk ke jurusan tersebut. Passing grade jurusan biasanya dituliskan dalam bentuk persen atau juga dalam bentuk ratusan. Bedanya, umpama apabila dalam persen ditulis (56.2%), maka apabila ditulis dalam bentuk data akun ditulis (562,00).

Biasanya sebuah prodi dikatakan susah saat kualitas passing grade sebuah prodi sudah berada diatas 40%, sedangkan untuk ukuran sedang biasanya berada pada kisaran 30%-40% & untuk ukuran kekurangan dari 30% maka bisa dikatakan mudah.

Namun hal yang butuh kalian ingat disini ialah bahwa data-data passing grade tersebut bukanlah sebuah data acuan yang tentu (hanya sebuah prediksi) sebab tidak dikeluarkan oleh pihak Universitas yang bersangkutan atau oleh negara. Passing grade yang biasanya bertebaran di internet merupakan sebuah data hasil hitung manual dari data yang ada pada tahun sebelumnya dari hasil jumlah daya tampung & juga peminat pada sebuah prodi.

Hal-hal yang bisa mempengaruhi kualitas passing grade ialah banyaknya daya tampung yang tersedia & juga jumlah peminat yang ada pada prodi tersebut. Apabila daya tampung tidak banyak sedangkan peminat atau jumlah pendaftarnya banyak maka kualitas passing grade dari prodi tersebut bakal sangat tinggi sebab kemungkinan untuk bisa masuk prodi di Universitas tersebut bakal menjadi sangat kecil.

Tidak sama apabila daya tampung yang tersedia pada sebuah prodi lumayan banyak & jumlah peminatnya juga tidak terlalu banyak, maka bisa dipastikan kualitas passing grade dari universitas tersebut bakal lumayan kecil & kemungkinan kami untuk bisa masuk prodi tersebut bakal terus besar dikarenakan banyaknya daya tampung yang tersedia.

Cara menghitung Passing Grade Jurusan

Cara menghitung passing grade SNMPTN / passing grade SBMPTN adalah:

Rumus:

PG = (B*4-S*1)*100%/JS*4

Keterangan:

B = Jumlah jawaban Benar

S = Jumlah jawaban Salah

JS = Jumlah Soal

Baca: Jangan Takut, Semua Orang Punya Kesempatan untuk Kuliah

#Contoh:

Jumlah soal SBMPTN adalah 120 soal. Pada soal kemampuan dasar, saya dapat menjawab BENAR 23 soal, tidak diisi 20 soal dan SALAH 17 soal. Sedangkan pada soal kemampuan IPA, saya dapat menjawab benar 37 soal, tidak diisi 10 soal dan SALAH 13 soal. Berapa passing grade saya?

Jawaban:

B = 23 + 37 = 60

S = 17 + 13 = 30

*) tidak diisi = tidak memiliki bobot nilai

PG       = (60*4 – 30 * 1) * 100%/120*4

            = (240 – 30) *100%/480

            = 21.000%/480

            = 43.75%

Jadi passing grade kamu adalah 43.75%. Jika misalnya kamu memilih jurusan A, yang passing grade tahun sebelumnya adalah di bawah 43.75% maka peluang lolos kamu adalah relatif besar namun jika diatas 43.75% peluang lolos kamu relatif kecil.

Cara menghitung peluang masuk Universitas

Cara menghitung peluang masuk universitas sangatlah mudah, berikut saya contohkan:
Jika jurusan Manajemen Universitas Indonesia daya tampungnya 100 orang / tahun untuk jalur SNMPTN, lalu ada 1000 orang pendaftar yang ingin masuk jurusan tersebut lewat jalur SNMPTN. Maka passing grade adalah:

(Daya Tampung/Jumlah Pendaftar) = 100/1000 = 0,1 x 100% = 10%, sebesar 10% saja....Nah jika anda mendaftar jurusan ini, maka peluang anda hanya 10%!

Nah itulah postingan pengertian passing grade. Apabila ingin bertanya mengenaipengertian passing grade atau cara menghitung passing grade, silakan ketik di komentar dibawah.

Terima kasih telah membaca postingan materi kelas 12 biologi. Baca Juga:


Bagi sahabat yang ingin copas isi postingan pengertian passing grade dan cara menghitung passing grade ini, maka diinginkan untuk cantumkan sumber dengan "Link Aktif Menuju ke Postingan Ini", apabila tidak dicantumkan, maka blog sahabat bakal saya laporkan ke DMCA.
Loading...

0 Response to "Pengertian Passing Grade + Cara Menghitung Passing Grade 2019"

Post a Comment

Komentar Sopan Akan di Approve