Pengertian dan 7 Tanda Kiamat Sugra Kubra, LENGKAP

Loading...
Loading...
Faktakah.com - Artikel kiamat sugra dan kiamat kubra. Kali ini kami bakal membahas Pengertian Kiamat Sugra & Kiamat Kubra beserta ayat al-qur'an dan artinya yang membahas mengenai hari kiamat tersebut. Sebagai muslim, kami wajib percaya adanya hari kiamat. Apabila ditinjau dari proses kejadiannya, hari kiamat itu dibedakan menjadi dua, yaitu kiamat sugra (kiamat kecil) & kiamat kubra (kiamat besar).
Pengertian dan 7 Tanda Kiamat Sugra Kubra, LENGKAP

KIAMAT SUGRA

Sugra berarti kecil. Pengertian kiamat sugra ialah matinya kehidupan sebagian mahluk di dunia ini secara individu maupun kelompok. Semua mahluk hidup tentu bakal mengalami kematian, tidak ada mahluk yang abadi. Semuanya bakal musnah & binasa. Kematian atau kehancuran mahluk hidup itulah yang dinamakan kiamat sugra. Artinya, kiamat kecil yaitu kiamat bagi individu yang mati itu.

Tanda Tanda Kiamat Sugra

Berikut ialah tanda tanda kiamat sugra (kiamat kecil):

  1. Kematian seseorang.
  2. Bencana alam.
  3. Gedung pencakar langit yang banyak.
  4. Populasi wanita semakin banyak.
  5. Banyak waria.
  6. Sakit.
  7. Kecelakaan.

Hal itu semua dijelaskan dalam al-qur'an surah Ali 'Imran ayat 185 sebagai berikut.

Dalil Tentang Hari Kiamat Sugra

Dalil kiamat sugra:
Artinya: Setiap yang bernyawa bakal merasakan mati.hanya pada hari kiamat sajalah diberikan dengan sempurna balasanmu. Barang siapa dijauhkan dari neraka & dimasukkan ke dalam surga, sungguh dirinya mendapatkan kemenangan. Kehidupan dunia hanyalah kebahagiaan yang memperdaya. (Q.S. Ali 'Imran, 3: 185)

KIAMAT KUBRA

Kubra berarti besar. Pengertian Kiamat kubra ialah matinya semua kehidupan makhluk yang ada di dunia ini dengan cara serentak. Siapa pun tidak bisa memprediksi & mengenal terjadinya hari kiamat meskipun memakai ilmu teknologi secanggih apapun. Para rasul & malaikat pun tidak ada yang diberi tahu dengan cara tentu tibanya hari kiamat, apalagi manusia biasa. Kiamat itu merupakan rahasia Allah Swt. Proses kejadian hari kiamat dijelaskan Allah Swt. dalam surah Al-Haqqah ayat 13-18 berikut.

Tanda Tanda Kiamat Kubra

Berikut tanda tanda kiamat kubra:
  1. Matahari terbit barat dan terbenam di timur
  2. Kabut 40 hari
  3. Semua mahkluk hoidup mati
  4. Datangnya dajjal
  5. Ayat Al-quran hilang
  6. Ditiupnya sangkala malaikat Jibril
  7. Terjadi bencana alam di alam semesta

Dalil Tentang Kiamat Kubra 

Dalil kiamat kubra:
Artinya: Maka apabila sangkakala ditiup sekali tiup, & diangkatlah bumi & gunung-gunung, kemudian dibenturkan keduanya sekali benturan. Maka pada hari itu terjadilah hari kiamat, & terbelahlah langit, sebab pada hari itu langit menjadi rapuh.para malaikat berada dibeberapa penjuru langit. Pada hari itu delapan malaikat menjunjung 'Arsy (singgasana) Tuhanmu di atas (kepala) mereka. Pada hari itu anda dihadapkan (kepada Tuhanmu), tidak ada sesuatu pun yang tersembunyi (bagi Allah). (Q.S. Al-Haqqah, 69: 13-18)

Nah itulah postingan pengertian kiamat sugra dan pengertian kiamat kubra. Semoga PR PAI kamu bisa selesai juga dengan melihat tanda tanda kiamat sugra dan tanda tanda kiamat kubra. Apabila ingin bertanya mengenai peristiwa kiamat lainnya, silakan ketik di komentar dibawah.

Terima kasih telah membaca artikel peristiwa kiamat sugra dan peristiwa kiamat kubra. Baca Juga:


Bagi sahabat yang ingin copas isi artikel kiamat sugra ini, maka diinginkan untuk cantumkan sumber dengan "Link Aktif Menuju ke Postingan Ini", apabila tidak dicantumkan, maka blog sahabat bakal saya laporkan ke DMCA.
Loading...

0 Response to "Pengertian dan 7 Tanda Kiamat Sugra Kubra, LENGKAP"

Post a Comment

Komentar Sopan Akan di Approve