10 Pengertian Ideologi Menurut Para Ahli dan 6 Makna Ideologi Bagi Suatu Negara

Loading...
Loading...
Faktakah.com - Jelaskan pengertian ideologi?
Halo sobat, hari ini kami bakal mengulas materi pelajaran PKN yaitu arti ideologi & juga manfaat ideologi. Disini kami juga bakal mengulas arti tersebut bukan hanya dari satu pakar saja, tetapi kami juga bakal mengulas berbagai arti ideologi dari para ahli lainnya.
10 Pengertian Ideologi Menurut Para Ahli dan 6 Makna Ideologi Bagi Suatu Negara
Ilustrasi Ideologi
Menurut istilah "ideologi" berasal dari bahasa Yunani yaitu Idea/Idein & logos/logia. Idea/Idein berarti melihat, memandang, pikiran, idea, atau impian, sedangkan logos/logia berarti ilmu, aliran atau gagasan. Sehingga ideologi bisa diartikan sebagai seperangkat impian yang merupakan keyakinan, tersusun dengan cara sistematis, disertai petunjuk cara-cara mewujudkan impian tersebut.

Nah, jadi apa pengertian ideologi? apa arti penting ideologi bagi suatu negara? apa saja macam macam ideologi?

Pengertian Ideologi

Dalam rangka lebih memahami mengenai Pancasila sebagai ideologi terbuka, maka harus dijelaskan lebih dahulu apa pengertian Pancasila. Banyak tokoh nasional yang telah merumuskan konsep Pancasila sesuai dengan aspek pandang masing-masing. Tetapi apabila dicermati, dengan cara umum definisi konsep tersebut relatif sama. Berikut adalah pengertian ideologi menurut para ahli:

  1. Pengertian ideologi menurut Ensiklopedia Indonesia; ideologi artinya ialah sekompulan ide yang merupakan sebuah sistem hidup khususnya yang berhubungan dengan sebuah gerakan sosial atau politik.
  2. Pengertian ideologi menurut  Kamus WJS Poerwadarminta; Ideologi adalah asas pendapat (keyakinan) yang dipakai (diimpiankan) untuk dasar pemerintahan negara,
  3. Pengertian ideologi menurut Soejono Soemargono; Ideologi sebagai kumpulan gagasan, ide, keyakinan, serta kepercayaan menyeluruh & sistematik yang menyangkut: politik, sosial, kebudayaan & agama.
  4. Pengertian ideologi menurut Dr. Alfian; Ideologi adalah pandangan hidup atau filsafat yang berisi serangkaian nilia-kualitas atau sistem kualitas dasar yang bersifat menyeluruh mendalam yang dimiliki sebuah masyarakat atau bangsa sebagai wawasan atau pandangan hidup mereka.
  5. Pengertian ideologi menurut As. Hornby; Ideologi merupakan seperangkat gagasan yang membentuk landasan teori ekonomi & politik yang dipegang seseorang atau sekelompok orang.
  6. Pengertian ideologi menurut dalam Ensiklopedia Terkenal Politik Pembangunan Pancasila; Ideologi adalah sistem dasar seseorang/kelompok masyarakat mengenai kualitas-kualitas & tujuan-tujuan serta sarana-sarana pokok untuk mencapainya,
  7. Pengertian ideologi menurut Heuken; Ideologi adalah kesatuan gagasan-gagasandasar yang disusun dengan cara sistematis & dianggap menyeluruh mengenai manusia & kehidupannya yang individual maupun sosial. Sehingga tergolong kehidupan bernegara.
  8. Pengertian ideologi menurut Terminologi; Pada 1 Juni 1945, dalam sidang Tubuh Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI), Pancasila yang mempunyai arti lima asas dasar dipakai oleh Presiden Soekarno untuk memberi nama pada lima prinsip dasar negara Indonesia yang diusulkannya. Perkataan tersebut dibisikkan oleh kawannya seorang pakar bahasa yang duduk di samping Ir. Soekarno, yaitu Muhammad Yamin. Pada tanggal 17 Agustus 1945 bangsa Indonesia merdeka & keesokan harinya (18 Agustus 1945) salah satunya disahkan UUD 1945 yang di dalamnya memuat isi rumusan lima prisip dasar negara yang diberi nama Pancasila. Sejak ketika itulah perkataan Pancasila menjadi bahasa Indonesia & dijadikan istilah yang sudah umum.
  9. Dari pendapat-pendapat tersebut diatas, jadi pengertian ideologi secara umum mewijudkan pandangan khas terhadap pentingnya kerjasama antar manusia, hubungan manusia dengan kekuasaan (politik negara), sumber kekuasaan bagi penguasa & tingkat kesederajatan oleh kelompok lain yang tidak mau menerima, & tidak jarang pula sebuah ideologi menjadi beku, kaku & tidak berubah serta menuntut pada pengikutnya untuk patuh terhadap ajarannya.
  10. Istilah definisi ideologi pertama kali dipakai & dikemukakan di Perancis oleh A. Destutt de Tracy (1836), lalu dikembangkan oleh Karl Marx, yang memakai istilah definisi ideologi untuk mengembangkan pemikirannya di bidang sosial politik maupun ekonomi. Arti ideologi dengan cara umum dimaknai sebagai sekumpulan gagasan, ide, keyakinan, kepercayaan, impian yang menyeluruh & sistematis dalam bidang politik, ekonomi, sosial, adat & keagamaan.
Dengan demikian makna dari Ideologi Negara adalah impian negara atau impian yang menjadi basis bagi sebuah teori atau sistem kenegaraan untuk semua rakyat & bangsa yang bersangkutan pada hakekatnya merupakan asas kerohanian yang antara lain mempunyai ciri:

  1. Mempunyai derajat yang paling atas sebagai kualitas hidup kebangsaan & kenegaraan.
  2. Oleh sebab tersebut mewujudkan sebuah asas kerohanian, pandangan dunia, pandangan hidup, pedoman hidup, pegangan hidup yang dipelihara, dikembangkan, diamalkan, dilestarikan terhadap generasi berikutnya, diperjuangkan & dipertahankan dengan kesediaan berkorban (Kaelan, 2003).

Makna ideologi bagi negara merupakan seperangkat ide asasi, bukan sembarangan ide atau arti melainkan ide pokok, ide yang fundamental, yang mendasar, yang menyangkut hakekat manusia. Ideologi merupakan prinsip fundamental sebagai prinsip dinamika, sebab menjadi pedoman & impian hidup, khususnya dalam perjuangan.

Makna Ideologi

Berikut merupakan makna ideologi bagi negara:

  1. Struktur kognitif, adalah keseluruhan pengetahuan yang bisa merupakan landasan untuk memahami & menafsirkan dunia & kejadian-kejadian alam.
  2. Orientasi dasar dengan membuka wawasan yang memberikan makna serta menunjukkan tujuan dalam kehidupan manusia.
  3. Norma-norma yang menjadi pedoman & pegangan bagi seseorang untuk melangkah & bertindak. 
  4. Bekal & jalan bagi seseorang untuk menemukan bukti dirinya.
  5. Kekuatan yang sanggup menyemangati & mendorong seseorang untuk menjalankan kegiatan & mencapai tujuan.
  6. Pendidikan sesuai dengan orientasi & norma-norma yang terkandung didalamnya.

Nah itulah postingan materi definisi ideologi dan arti ideologi bagi suatu negara. Semoga PR PKN kamu tentang pengertian ideologi menurut para ahli bisa terlesaikan dengan melihat contoh diatas. Apabila ingin bertanya mengenai arti penting ideologi bagi suatu negara, silakan ketik di komentar dibawah.

Terima kasih telah membaca postingan pentingnya ideologi bagi suatu negara. Baca Juga:


Bagi sahabat yang ingin copas isi postingan makna ideologi negara, maka diinginkan untuk cantumkan sumber dengan "Link Aktif Menuju ke Postingan Ini", apabila tidak dicantumkan, maka blog sahabat bakal saya laporkan ke DMCA.
Loading...

0 Response to "10 Pengertian Ideologi Menurut Para Ahli dan 6 Makna Ideologi Bagi Suatu Negara"

Post a Comment

Komentar Sopan Akan di Approve