Kata Kerja (Verba): Pengertian, Jenis, Ciri dan Contoh Lengkap 100%

Loading...
Loading...
Faktakah.com - Kata Kerja (verba).
Halo sobat, pada peluang ini saya bakal membahas dengan cara singkat mengenai arti verba pewarta & verba transitif lengkap dengan penjelasan. Postingan ini saya tulis sebab banyaknya orang yang bertanya apa arti dari kedua verba tersebut, mereka mengeluh sebab info mengenai verba pewarta & verba transitif sangat susah untuk ditemukan. Adapun sebelum kami mengulas mengenai verba pewarta & verba transitif, kamu haruslah terlebih dahulu tau apa itu verba.

Kata Kerja (Verba): Pengertian, Jenis, Ciri dan Contoh Lengkap 100%

Nah apa itu frasa verba (kata kerja)?, apa pengertian verba? dan apa saja macam macam verba? berikut penjelasannya...

Pengertian Verba

Pengertian Verba ialah kelas kata yang menyebutkan sebuah tindakan, keberadaan, pengalaman, atau arti dinamis lainnya yang bisa disebut kata kerja. Tipe kata ini biasanya menjadi predikat dalam sebuah frasa atau kalimat.

Adapun pengertian verba menurut KBBI ialah kata yang proses, lakukanan, atau keadaan (kata kerja).

Berikut jenis-jenis verba ada 2 macam beserta contoh kalimat verba:

1. Pengertian Verba Pewarta

Verba pewarta ialah kata yang dipakai untuk mengindikasikan sebuah percakapan. Verba pewarta ini ialah salah satu ciri kebahasaan yang ada pada teks berita. Sahabat bisa membaca contoh teks berita supaya sahabat bisa lebih memahami definisi dari verba pewarta tersebut.

Contoh Kalimat Verba Pewarta:

Berikut bakal saya berikan berbagai contoh kalimat verba pewarta yang bakal saya lengkapi dengan kalimatnya supaya sahabat bisa lebih memahami apa itu verba pewarta.




  1. Berkata : Dalam tayangan televisi di Iran, Wakil Menteri Luar Negeri Iran Abbas Araqchi berbicara bahwa pertemuan di Geneva, Swiss, itu juga mengulas sanksi yang telah merusak ekonomi negara yang sangat bergantung pada minyak tersebut.
  2. Memaparkan : Pemerintah memaparkan bahwa kualitas rupiah kepada dollar bakal terus menguat.
  3. Memkabarkan : Banyak sekali media yang mengkabarkan momen terjadinya kecelakaan di Mina, Arab Saudi saat sedang pelaksanaan ibadah haji.

2. Pengertian Verba Transitif

Verba transitif ialah verba yang memerlukan dua nomina, satu sebagai subjek & satu lagi sebagai objek dalam kalimat aktif. Objek itu bisa bertujuan sebagai subjek dalam kalimat pasif.

Contoh Kalimat Verba Transitif:

Berikut bakal saya berikan berbagai contoh kalimat verba transitif yang bakal saya lengkapi dengan kalimatnya supaya sahabat bisa lebih memahami apa itu verba transitif.

  1. Akan mengawali : Sejumlah pejabat Iran, Amerika Serikat, & Uni Eropa, Senin (9/6), bakal mengawali pembicaraan bersama selagi dua hari mengenai program nuklir Iran.
  2. Menuduh, menabrak :  Pejabat Kementerian Luar Negeri Tiongkok menuduh kapal-kapal asal Vietnam telah lebih dari 1.400 kali menabrak kapal-kapal Tiongkok di dekat lokasi anjungan pengeboran minyak yang persengketaan di Laut Tiongkok Selatan.

Nah itulah postingan materi bahasa indonesia tentang pengertian verba dan macam macam verba. Semoga PR materi biologi mengenai arti verba dan macam macam verba bisa terlesaikan dengan melihat contoh diatas. Apabila ingin bertanya mengenai materi contoh contoh verba yang lain atau LKS/buku tentang verba, silakan ketik di komentar dibawah.

Terima kasih telah membaca postingan materi kata kerja (frasa verba). Baca Juga:


Bagi sahabat yang ingin copas isi postingan kata kerja (frasa verba) ini, maka diinginkan untuk cantumkan sumber dengan "Link Aktif Menuju ke Postingan Ini", apabila tidak dicantumkan, maka blog sahabat bakal saya laporkan ke DMCA.
Loading...

0 Response to "Kata Kerja (Verba): Pengertian, Jenis, Ciri dan Contoh Lengkap 100%"

Post a Comment

Komentar Sopan Akan di Approve