Beriman Kepada Hari Akhir (Pengertian, Nama Lain Hari Kiamat, Macam Kiamat) LENGKAP

Loading...
Loading...
Faktakah.com - Arti iman terhadap hari akhir.
Hari akhir atau hari kiamat adalah hari penghabisan sesudah alam semesta yang mengalami kehancuran dengan cara total. Sikap seorang muslim terhadap hari akhir selain mempercayai, tapi haruslah diwujudkan dalam ucapan & bukti dalam kehidupan sehari-hari.
Beriman Kepada Hari Akhir (Pengertian, Nama Lain, Macam Akhir) LENGKAP

Nah, apa itu iman kepada hari akhir? apa hikmah beriman kepada hari akhir? dan apa saja nama nama lain hari kiamat?

Pengertian Beriman Kepada Hari Akhir

Pengertian iman kepada hari akhir adalah meyakini hari akhir atau hari kiamat tergolong salah satu ciri orang yang taqwa (Muttakin), yaitu menjalankan segala perintah Allah SWT. & menjauhi semua larangannya. Dalil tentang hari kiamat menurut Firman Allah SWT dalam Q.S. Al- Baqarah ayat 4.

Nama lain hari kiamat

Hari akhir atau hari kiamat juga memiliki nama nama lainnya, Nama lain hari akhir adalah sebagai berikut.

  1. Yaumuddin artinya hari pembalasan.
  2. Yaumussa'ah artinya peristiwa yang menimpa seseorang.
  3. Yaumul Hisab artinya hari perhitungan.
  4. Yaumul Akhir artinya hari penghabisan.
  5. Yaumul Qiyamah artinya hari kehancuran.

Macam macam kiamat

Yaumul qiyamah apabila dilihat dari sisi proses atau fase & tingkatan nya ada 2 macam, yaitu :

  1. Qiyamah Sugro (kiamat sugra) artinya kehancuran kecil. Contoh dari Qiyamah sugro atau kehancuran kecil contohnya kematian, gempa, sakit, kecelakaan, & sebagainya. Contoh kiamat sugra ialah sepeti kematian 1 orang di desa, bencana alam kecil dll
  2. Qiyamah Kubro (kiamat kubra) artinya kerusakan/kehancuran yang besar. Yaitu semua alam semesta dengan cara serentak mengalami kehancuran total seperti bumi, langit, bulan, matahari, & bintang-bintang seluruhnya hancur. Contoh kiamat sugra adalah matahari terbitnya di barat dan terbena, di timur, hancurnya alam semesta, matahari padam, zaman es dll

Bagaimana hari qiyamah atau kiamat (hari akhir) ditinjau dari ilmu pengetahuan menurut Prof. Dr. A. Balguni Msc. Ph. D, ada tiga (3) skenario:

  1. Skenario pertama habisnya bahan bakar termonuklir, yaitu hidrogen didalam matahari. Kalau reaksi nuklir sudah habis, maka bumi bakal membeku.
  2. Skenario kedua adalah habisnya hidrogen di bumi.
  3. Skenario ketiga adalah hasil pemikiran manusia dengan cara ilimiah yang kualitas kebenaran nya relatif atau bisa berubah-ubah. Peristiwa qiyamah atau kiamat menurut Al-Qur'an yang kualitas kebenarannya mutlak, yaitu memang nyata. Dalil tentang hari kiamat sebagaimana firman Allah SWT dalam : Q.S Az-zumar ayat 18, Q.S Al-zalzalah ayat 1-2, Q.S Al-hajj ayat 1, & Q.S Al-Qori'ah ayat 4-5 & lain-lain.

Kapan terjadinya hari akhir akhir? Hanya Allah lah yang Maha Mengenal. Nabi Muahammad saw. sebagai kekasih & malaikat pun tidak diberi tahu mengenai waktu terjadinya hari akhir atau hari qiyamah itu dengan cara tiba-tiba. Sebagaimana firman Allah swt. dalam Q.S Al-A'raf ayat 187 yang artinya : "Hari kiamat tidak bakal terjadi terhadap kami semua melainkan dengan cara tiba-tiba".

Fase Fase masuk alam ghaib

Sesudah terjadi hari qiyamah, semua mahluk/manusia dimatikan oleh Allah swt. lalu mengalami kehidupan yang baru di alam Barzah, yaitu alam antara alam dunia & alam akhirat.
Kemudian sesudah mengalami alam barzah, manusia bakal mengalami fase-fase kehidupan akhirat nanti:

  1. Yaumul ba'ats artinya hari kebangkitan ( Q.S Abatsa ayat 21-22 ).
  2. Yaumul mahsyar artinya padang yang luas ( Q.S Al-An'am ayat 22 / Q.S Yaasin ayat 52  ).
  3. Yaumu hisab artinya hari perhitungan ( Q.S Al-Mujadillah ayat 61 ).
  4. Yaumul Mizan artinya hari timbanga atau pertimbangan ( Q.S Al-Anbiya ayat 47 ).
  5. Yaumul Jaza artinya hari pembalasan ( Q.S Al-Mu'mun ayat 17 )
  6. Yaumul Fashla artinya hari keputusan ( Q.S Al-Ghasiyyah ayat 1-10 )

Nah itulah postingan materi beriman kepada hari akhir dan nama nama hari akhir. Semoga PR materi nama lain hari kiamat bisa terlesaikan dengan melihat contoh macam macam kiamat diatas. Apabila ingin bertanya mengenai pengertian kiamat atau tanda tanda hari akhir, silakan ketik di komentar dibawah.

Terima kasih telah membaca postingan hikmah beriman kepada hari akhir agar mengenal nama nama hari akhir. Baca Juga:


Bagi sahabat yang ingin copas isi postingan beriman kepada hari akhir ini, maka diinginkan untuk cantumkan sumber dengan "Link Aktif Menuju ke Postingan Ini", apabila tidak dicantumkan, maka blog sahabat bakal saya laporkan ke DMCA.
Loading...

0 Response to "Beriman Kepada Hari Akhir (Pengertian, Nama Lain Hari Kiamat, Macam Kiamat) LENGKAP"

Post a Comment

Komentar Sopan Akan di Approve