Sejarah & Biografi Pahlawan Suprapto dan Siswondo Parman

Loading...
Loading...
Faktakah.com - Pahlawan Suprapto dan Siswondo Parman. Oke sahabat hari ini kami bakal mengulas dua tokoh pahlawan Indonesia sekaligus. Yaitu Suprapto dan Siswondo Parman. Suprapto & Siswondo Parman ini ialah salah seorang tokoh Indonesia yang lumayan populer & juga berjuang untuk mempertahankan keutuhan negara & bangsa Indonesia.

Suprapto pahlawan revolusi

suprapto

Suprapto lahir pada tahun 1920 di Purwokerto. Pada masa kemerdekaan, Suprapto menjadi anak buah Tentara Keamanan Rakyat (TKR) di Purwokerto & turut dalam pertempuran di Ambarawa (Palagan Ambarawa). Jabatan yang sempat disandangnya yaitu Kepala Staf Tentara & Teritorial IV Diponegoro di Semarang & menjadi Staf Angkatan Darat di Jakarta. Dari Jakarta, Suprapto ditugaskan ke Medan sebagai deputi Kepala Staf Angkatan Darat untuk wilayah Sumatra. Lalu ditugaskan kembali ke Jakarta sebagai Deputi II Menteri/Panglima Angkatan Darat.

Mayor Jenderal Suprapto menjadi salah satu korban dalam momen G-30-S/PKI. Atas jasanya, pemerintah menaikkan pangkatnya menjadi Letnan Jenderal Anumerta & beliau dianugerahi gelar Pahlawan Revolusi berdasarkan SK Presiden No. 111/KOTI/1965 tanggal 5 Oktober 1965.

Siswondo parman pahlawan revolusi

siswondo parman

S. Parman lahir pada tanggal 4 Agustus 1918 di Wonosobo Jawa Tengah. Sesudah kemerdekaan, S. Parman bergabung dengan Tentara Keamanan Rakyat & diangkat sebagai Kepala Staf Markas Besar Polisi Tentara di Yogyakarta dengan pangkat Kapten. S. Parman pada tanggal 19 April 1946 diangkat menjadi komandan Panitia Penyingkiran Orang Jepang & Asing (PPODA).

Pada ketika berjalannya Penyerangan Militer Belanda I & II, S. Parman juga ikut bergerilya. Pada waktu menjabat sebagai Kepala Staf Gubernur Militer Jakarta Raya, S. Parman sukses mengagalkan rencana kekacauan yang diperbuat oleh Angkatan Perang Ratu Adil (APRA). Jabatan terbaru S. Parman ialah asisten I Men/Pangad dengan pangkat Mayor Jenderal. Bersama dengan perwira yang lain, S. Parman menolak rencana PKI untuk membentuk angkatan kelima yang terdiri dari buruh & tani dipersenjatai. Berdasarkan SK Presiden No. 111/KOTI/1965 tanggal 5 Oktober 1965 S. Parman dianugerahi sebagai Pahlawan Revolusi.

Nah itulah artikel materi sejarah Pahlawan Suprapto dan Siswondo Parman. Semoga PR materi sejarah Pahlawan Suprapto dan Siswondo Parman kamu dapat selesai. Jika ingin bertanya tentang materi Pahlawan Suprapto dan Siswondo Parman, silakan ketik di komentar dibawah.

Terima kasih telah membaca artikel sejarah Pahlawan Suprapto dan Siswondo Parman. Baca Juga:


Bagi sobat yang ingin copas isi artikel ini, maka diharapkan untuk cantumkan sumber dengan "Link Aktif Menuju ke Artikel Ini", jika tidak dicantumkan, maka blog sobat akan saya laporkan ke DMCA.
Loading...

0 Response to "Sejarah & Biografi Pahlawan Suprapto dan Siswondo Parman"

Post a Comment

Komentar Sopan Akan di Approve