Pemberontakan DI/TII di Kalimantan Selatan (1950-1963): Latar Belakang, Tujuan, Upaya Penumpasan

Loading...
Loading...
Faktakah.com - Pemberontakan DI/TII di Kalimantan Selatan.
Pemberontakan DI/TII di Kalimantan Selatan (1950-1963): Latar Belakang, Tujuan, Upaya Penumpasan

Latar Belakang Pemberontakan DI/TII di Kalimantan Selatan

Latar belakang DI/TII di Kalimantan Selatan ~ Pemberontakan DI/TII yang terjadi di Kalimantan Selatan dipimpin oleh Ibnu Hajar (mantan letnan dua TNI). Ibnu Hajar menggalang gerakan yang bernama kesatuan Rakyat Yang Tertindas (KRYT) & menyebutkan gerakan KRYT sebagai bagian dari DI/TII yang dipimpin Kartosuwiryo. KRYT sejak pertengahan bulan Oktober 1950 menyerang pos-pos TNI & mengacau di sejumlah wilayah di Kalimantan Selatan.

Tujuan Pemberontakan DI/TII di Kalimantan Selatan

  1. Memperluas kekuasaan DI/TII di Indonesia
  2. Mendapatkan sumber senjata
  3. Memperbanyak pemberontak

Upaya Penumpasan Pemberontakan DI/TII di Kalimantan Selatan

Awalnya pemerintah memberi celah terhadap pemberontak DI/TII di Kalimantan Selatan untuk menyerahkan diri. Hal itu dimanfaatkan oleh Ibnu Hajar untuk mengelabuhi pemerintah untuk mendapatkan senjata. Sesudah terpenuhi keinginannya, Ibnu Hajar kembali memberontak. Untuk menghadapi pemberontakan tersebut, pemerintah bertindak tegas dengan melaksanakan operasi militer. Akhirnya Ibnu Hajar bisa ditangkap di bulan Juli 1963, dua tahun lalu diadili oleh Mahkamah Militer & dijatuhi hukuman mati.

Nah itulah postingan materi latar belakang DI/TII di Kalimantan Selatan dan tujuan DI/TII di Kalimantan Selatan. Semoga PR materi latar belakang DI/TII di Kalimantan Selatan dan tujuan DI/TII di Kalimantan Selatan bisa terlesaikan dengan melihat diatas. Apabila ingin bertanya mengenai materi latar belakang DI/TII di Kalimantan Selatan dan tujuan DI/TII di Kalimantan Selatan, silakan ketik di komentar dibawah.

Terima kasih telah membaca postingan materi sejarah Pemberontakan DI/TII di Kalimantan Selatan. Baca Juga:


Bagi sahabat yang ingin copas isi postingan Pemberontakan DI/TII di Kalimantan Selatan, maka diinginkan untuk cantumkan sumber dengan "Link Aktif Menuju ke Postingan Ini", apabila tidak dicantumkan, maka blog sahabat bakal saya laporkan ke DMCA.
Loading...

0 Response to "Pemberontakan DI/TII di Kalimantan Selatan (1950-1963): Latar Belakang, Tujuan, Upaya Penumpasan"

Post a Comment

Komentar Sopan Akan di Approve