Pemberontakan DI/TII Aceh: Latar Belakang, Tujuan dan Foto

Loading...
Loading...
Faktakah.com - Pemberontakan DI/TII aceh. Hari ini kami bakal mengulas Pemberontakan DI/TII di Aceh sesudah sebelumnya kami belajar materi Pemberontakan DI/TII di Sulawesi Selatan. Apabila sahabat juga ingin membaca pemberontakan lainnya yang mengganggu disintegari bangsa sahabat bisa melihatnya disini.
Pemberontakan DI/TII Aceh : Latar Belakang, Tujuan dan Gambar
Foto Ketua DI.TII Aceh

Latar Belakang Pemberontakan DI/TII di aceh

Pemberontakan DI/TII di Aceh ini dipimpin oleh Daud Beureuh. Daud Beureuh ialah Gubernur militer di wilayah Aceh semasa perang kemerdekaan. Tetapi sesudah perang kemerdekaan usai & Indonesia kembali ke dalam bentuk negara kesatuan pada tahun 1950.

Aceh yang sebelumnya menjadi daerah istimewa diturunkan statusnya menjadi karesidenan di bawah Provinsi Sumatra Utara. Kebijakan tersebut dimengenai oleh Daud Beureuh. Pada tanggal 20 September 1953 Daud Beureuh mengeluarkan maklumat mengenai penyatuan Aceh ke dalam Negara Islam Indonesia yang dipimpin Kartosuwiryo.

Tujuan Pemberontakan DI/TII di Aceh


  1. Memperkuat kekuasaan DI/TII.
  2. Merebut wilayah aceh.
  3. Memperbanyak pasukan pemberontak.

Untuk menumpas pemberontakan tersebut, pemerintah mengadakan dua pendekatan (pendekatan persuasif & operasi militer). Pendekatan persuasif diperbuat dengan mengembalikan kepercayaan rakyat terhadap pemerintah, sedangkan operasi militer diperbuat untuk menghancurkan kekutan bersenjata DI/TII.

Dengan dua pendekatan tersebut, pemerintah sukses memulihkan kepercayaan rakyat & sukses menciptakan keamanan rakyat Aceh. Pada tanggal 17-21 September 1962 diadakan musyawarah kerukunan rakyat Aceh. Adanya musyawarah tersebut merupakan gagasan dari Pangdam I/Iskandar Muda, Kolonel M Yasin yang didukung oleh tokoh pemerintah daerah & masyarakat Aceh. Hasil musyawarah tersebut pemerintah memperkenalkan amnesti terhadap Daud Beureuh bersedia kembali ke tengah masyarakat. Dengan kembalinya Daud Beureuh ke tengah masyarakat menandai beresnya pemberontakan DI/TII.

Nah itulah postingan materi sejarah pemberontakan DI/TII aceh. Semoga PR sejarah pemberontakan DI/TII aceh kamu bisa terlesaikan dengan melihat sejarah diatas. Apabila ingin bertanya mengenai materi pemberontakan DI/TII aceh atau LKS/buku sejarah lainnya, silakan ketik di komentar dibawah.

Terima kasih telah membaca postingan materi pemberontakan DI/TII aceh. Baca Juga:


Bagi sahabat yang ingin copas isi postingan pemberontakan DI/TII aceh, maka diinginkan untuk cantumkan sumber dengan "Link Aktif Menuju ke Postingan Ini", apabila tidak dicantumkan, maka blog sahabat bakal saya laporkan ke DMCA.
Loading...

0 Response to "Pemberontakan DI/TII Aceh: Latar Belakang, Tujuan dan Foto"

Post a Comment

Komentar Sopan Akan di Approve