Sejarah & Biografi Katamso Darmokusumo (1923-1965)

Loading...
Loading...
Faktakah.com - Katamso Darmokusumo lahir pada tanggal 5 Februari 1923 di Sragen Jawa Tengah. Pada masa pendudukan Jepang, Katamso mengikuti pendidikan militer Peta (Pembela Tanah Air) di Bogor. Sesudah berakhir Katamso diangkat menjadi Shodanco Peta di Solo.
Sejarah & Biografi Katamso Darmokusumo (1923-1965)

Pada ketika Indonesia merdeka, Katamso bergabung dengan Tentara Keamanan Rakyat (TKR). Awalnya Katamso diangkat sebagai Komandan Kompi di Klaten, lalu Komandan Kompi Batalion 28 Divisi IV.

Katamso Darmokusumo

Sesudah kesaksian kedaulatan di Indonesia, di Jawa Tengah timbul pemberontakan Batalion 426 & Katamso mendapat tugas menumpas pemberontakan & sukses. Pada ketika timbul pemberontakan PRRI/Permesta pada tahun 1958, Katamso Darmokusumo diangkat sebagai Komandan Batalion A Komando Operasi 17 Agustus di bawah Kolonel Ahmad Yani.

Kemudian Katamso Darmokusumo diserahi tugas sebagai Kepala Staf Resimen Tim Pertempuran (RTP) II Diponegoro & berkedudukan di Bukittinggi, Sumatra Barat. Lalu menjadi Kepala Staf Resimen Riau Daratan Komanda Daerah Militer (Kodam) III/17 Agustus. Sesudah keamanan di Sumatra pulih, Katamso ditarik ke Jakarta & bertugas di Komando Pendidikan Infanteri (Pusdikif) di Bandung.

Kemudian pada tahun 1963 Katamso Darmokusumo dipindahkan ke Jawa Tengah dengan jabatan Korem 072 Pamungkas di bawah Kodam VIII Diponegoro yang berkedudukan di Yogyakarta. Katamso membina & memberikan pendidikan militer terhadap resimen mahasiswa untuk mengantisipasi ancaman PKI.

Katamso tergolong salah satu korban dalam momen G-30-S/PKI. Jenasahnya dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Semaki Yogyakarta. Berdasarkan SK Presiden No. 118/KOTI/1965, pemerintah menganugerahi gelar Pahlawan Revolusi.

Sobat itulah sekilas tentang profil tokoh dan sejarah pahlawan Indonesia yaitu Katamso Darmokusumo. Sahabat juga dapat membaca tokoh yang berjuang mempertahankan keutuhan negara & bangsa Indonesia pada masa 1948-1965.

Nah itulah artikel materi sejarah Katamso Darmokusumo. Semoga PR materi sejarah Katamso Darmokusumo kamu dapat terlesaikan dengan melihat sejarah dan biografi Katamso Darmokusumo diatas. Jika ingin bertanya tantang materi sejarah pahlawan lain, silakan ketik di komentar dibawah.

Terima kasih telah membaca artikel materi sejarah dan biografi Katamso Darmokusumo. Baca Juga:


Bagi sobat yang ingin copas isi artikel ini, maka diharapkan untuk cantumkan sumber dengan "Link Aktif Menuju ke Artikel Ini", jika tidak dicantumkan, maka blog sobat akan saya laporkan ke DMCA.
Loading...

0 Response to "Sejarah & Biografi Katamso Darmokusumo (1923-1965)"

Post a Comment

Komentar Sopan Akan di Approve