Latar Belakang Pemberontakan APRA (1950) + Gambar

Loading...
Loading...
Faktakah.com - Angkatan perang ratu adil (APRA). Gerakan APRA (Pemberontakan Perang Ratu Adil) timbul dikalangan KNIL yang dipimpin oleh Kapten Westerling. Gerakan angkatan perang ratu adil (APRA) ini dipelopori oleh golongan kolonialis Belanda yang ingin mengamankan kepentingan ekonominya di Indonesia & bermaksud mempertahankan kedudukan negara Pasundan.

Latar Belakang Pemberontakan APRA (1950) + Gambar

Sejarah Pemberontakan APRA (Pemberontakan Perang Ratu Adil)

Tujuan Gerakan APRA yang sebetulnya ialah untuk mempertahankan bentuk negara federal di Indonesia & mempunyai tentara sendiri bagi negara-negara RIS. Di bulan Januari 1950, APRA mengajukan ultimatum terhadap pemerintah Republik Indonesia & negara Pasundan yang isinya tuntutan supaya APRA diakui sebagai tentara Pasundan & kehadiran gerakan teror pada tanggal 23 Januari 1950. APRA meneyerang kota Bandung & sukses menduduki Markas Divisi Siliwangi. Dampaknya 79 anak buah APRIS gugur tergolong Letnan Kolonel Lembong.

Pemerintah RIS menempuh dua cara untuk menumpas pemberontakan APRA di Bandung, yaitu dengan memperkuat tekanan terhadap komandan tentara Belanda & melakukan operasi militer. Perdana Menteri RIS Moh. Hatta mengutus pasukannya ke Bandung & mengadakan perundingan dengan komisaris tinggi Belanda di Jakarta. Hasil dari perundingan tersebut, Westering didesak untuk meninggalkan kota Bandung. Gerakan APRA terus terdesak & terus dikejar oleh pasukan APRIS bersama rakyat & akhirnya gerakan APRA bisa dilumpuhkan.

Nah itulah postingan materi sejarah pemberontakan APRA. Semoga PR materi sejarah sejarah apra oleh ratu adil bisa terlesaikan dengan melihat sejarah diatas. Apabila ingin bertanya mengenai materi angkatan perang ratu adil (APRA), silakan ketik di komentar dibawah.

Terima kasih telah membaca postingan materi sejarah angkatan perang ratu adil (APRA). Baca Juga:


Bagi sahabat yang ingin copas isi postingan pemberontakan APRA, maka diinginkan untuk cantumkan sumber dengan "Link Aktif Menuju ke Postingan sejarah APRA Ini", apabila tidak dicantumkan, maka blog sahabat bakal saya laporkan ke DMCA.
Loading...

0 Response to "Latar Belakang Pemberontakan APRA (1950) + Gambar"

Post a Comment

Komentar Sopan Akan di Approve