Sejarah Biografi DI Panjaitan "Pahlawan Pencetus TNI" (1948-1965)

Loading...
Loading...
Faktakah.com - DI Panjaitan. Oke hari ini kami bakal mengulas Donald Izacus Panjaitan (DI Panjaitan) yaitu seorang tokoh pahlawan yang memperjuangkan & mempertahankan keutuhan negara & bangsa Indonesia pada masa 1948-1965.
Sejarah Biografi DI Panjaitan "Pahlawan Pencetus TNI" (1948-1965)
Apabila sahabat ingin tau pahlawan laun tidak hanya Donald Izacus Panjaitan (DI Panjaitan) sahabat dapat membaca tokoh pahlawan yang memperjuangkan & mempertahankan keutuhan negara & bangsa Indonesia pada masa 1948-1965.

Donald Izacus Panjaitan

Donald Izacus Panjaitan (D.I. Panjaitan) lahir pada tanggal 9 Juni di Balige, Tapanuli. Ayahnya DI. Panjaitan seorang pengusaha kecil bernama Herman Panjaitan & ibunya bernama Dina Pohan. Donald Izacus Panjaitan (DI Panjaitan) menempuh pendidikan HIS & MULO & sesudah tamat mengikuti pelatihan Gyugun & ditugaskan di Riau.

Bersama kawan-kawannya mendirikan Pemuda Republik Indonesia (PRI) yang lalu berubah menjadi BKR pada tahun 1945. Berdasarkan perkembangannya BKR berubah menjadi TKR & diubah lagi menjadi TNI. Pada tanggal 31 Maret 1946 DI Panjaitan diangkat menjadi Komandan Batalion I Resimen IV dengan pangkat Mayor.

Selanjutnya berturut-turut DI Panjaitan menjabat sebagai Komandan Pendidikan Divisi IX/Banteng di Bukittinggi, Kepala Staf Umum Komandemen Tentara Sumatra, Ceo Perbekalan Perjuangan Pemerintahan Darurat RI (pada waktu terjadi penyerangan militer Belanda), & terbaru sebagai asisten IV Men/Pangad. Bersama dengan perwira yang lain menolak pembentukan angkatan kelima yang diusulkan PKI. Pada tanggal 5 Oktober 1965 berdasarkan SK Presiden No. 111/KOTI/1965, pemerintah menganugerahi gelar Pahlawan Revolusi.

Nah itulah artikel materi biografi tokoh sejarah yaitu DI Panjaitan. Semoga bhiografi DI Panjaitan dapat terlesaikan dengan melihat sejarah DI Panjaitan diatas. Jika ingin bertanya tantang materi tokoh sejarah yang lain, silakan ketik di komentar dibawah.

Terima kasih telah membaca artikel sejarah Donald Izacus Panjaitan (DI Panjaitan). Baca Juga:


Bagi sobat yang ingin copas isi artikel sejarah Donald Izacus Panjaitan (DI Panjaitan) ini, maka diharapkan untuk cantumkan sumber dengan "Link Aktif Menuju ke Artikel Ini", jika tidak dicantumkan, maka blog sobat akan saya laporkan ke DMCA.
Loading...

0 Response to "Sejarah Biografi DI Panjaitan "Pahlawan Pencetus TNI" (1948-1965)"

Post a Comment

Komentar Sopan Akan di Approve