Profil & Biografi Jendra Ahmad Yani (1922-1965) sebagai Pahlawan Penolak G30S/PKI

Loading...
Loading...
Faktakah.com - Biografi ahmad yani. Ahmad Yani lahir pada tanggal 19 Juni 1922 di Purworejo. Ahmad Yani meninggalkan sekolah di AMS bagian B sebab haruslah mengikuti wajib militer yang diadakan oleh pemerintah Hindia Belanda. Ahmad Yani mengikuti pendidikan militer pada dinas Topografi Militer di Malang. Tetapi pendidikan tersebut terputus pada masa Pendudukan Jepang.

Profil & Biografi Jendra Ahmad Yani (1922-1965) sebagai Pahlawan Penolak G30S/PKI

Biografi Jendral Ahmad Yani

Ahmad Yani mengikuti pendidikan heiho di Magelang & tentara Peta di Bogor. Pada waktu terjadi pemberontakan PKI di Madiun pada tahun 1948, Ahmad Yani ikut memadamkan pemberontakan tersebut. Pada waktu berjalan Agresi Militer Belanda I, pasaukan Ahmad Yani sukses menahan laju tentara Belanda di Pingit.

Pada masa Agresi Militer Belanda II, Ahmad Yani diangkat menjadi Komandan Wehrkreise II untuk daerah Kedu. Pada waktu terjadi pemberontakan DI/TII di Jawa Tengah, Ahmad Yani membentuk pasukan khusus yang bernama Banteng Raiders dalam upaya memadamkan pemberontakan DI/TII di Jawa Tengah.

Karier Ahmad Yani semakin meningkat & beliau ditarik menjadi Staf Angkatan Darat & di sekolahkan pada Command and General Staff College di Amerika. Sesudah pulang dari mengikuti tugas belajar di Amerika Serikat pada tahun 1958, beliau ditunjuk sebagai Komandan Komando Operasi 17 Agustus di Padang dengan tugas meredam pemberontakan PRRI/Permesta.

Dalam waktu pendek Ahmad Yani sukses menduduki kota Padang & Bukittinggi. Dengan kesuksesan tersebut mendampingi Ahmad Yani menduduki Kepala Staff Angkatan Darat (KSAD) pada tahun 1962. Ahmad Yani pada tahun 1962 menolak keinginan PKI yang ingin membentuk angkatan kelima (yang terdiri dari buruh & tani yang dipersenjatai).

Pada waktu menjabat sebagai Menteri/Panglima Angkatan Darat, Ahmad Yani bersama petinggi Angkatan Darat yang lainnya menjadi korban (dibunuh) G-30-S/PKI. Beliau dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta. Pada tanggal 5 Oktober 1965 SK Presiden No. 111/KOTI/1965, pemerintah menganugerahinya gelar pahlawan revolusi.

Nah itulah artikel materi sejarah tentang biografi ahmad yani. Semoga PR sejarah kamu tantang biografi ahmad yani dapat selesai. Jika ingin bertanya tantang materi sejarah pahlawan lainnya, silakan ketik di komentar dibawah.

Terima kasih telah membaca artikel sejarah pahlawan jendral ahmad yani Baca Juga:


Bagi sobat yang ingin copas isi artikel jendral ahmad yani ini, maka diharapkan untuk cantumkan sumber dengan "Link Aktif Menuju ke Artikel Ini", jika tidak dicantumkan, maka blog sobat akan saya laporkan ke DMCA.
Loading...

0 Response to "Profil & Biografi Jendra Ahmad Yani (1922-1965) sebagai Pahlawan Penolak G30S/PKI"

Post a Comment

Komentar Sopan Akan di Approve