Berpikir Kritis & Sikap Demokratis: Pengertian, Manfaat, Indikator dan Contoh

Loading...
Loading...
Faktakah.com - Kemampuan berpikir kritis dan sikap demokratis. Halo sobat, hari ini saya bakal membagikan materi agama kelas XII yaitu cara berpikir kritis & sikap demokratis. Adapun yang bakal saya jelaskan di materi hari ini yaitu manfaat berpikir kritis, manfaat bersikap demokratis, & juga ayat-ayat al-quran serta hadits tentang berpikir kritis dan demokratis.
Berpikir Kritis & Sikap Demokratis: Pengertian, Manfaat, Indikator dan Contoh

Berpikir adalah fungsi akal. Dengan berpikir, manusia memanfaatkan akalnya untuk memahami hakikat segala sesuatu. Hakikat segala sesuatu ialah kebenaran, & kebenaran yang sejati ialah Allah SWT. Dengan berpikir, manusia mengetahui Allah & mendekatkan diri kepada-Nya. Maka, berpikir ialah awal perjalanan ibadah yang tanpa-Nya ibadah menjadi tak berkualitas.

Apabila berkaitan dengan ibadah suadah ada ketentuan yang terperinci dari Allah Swt. Adapun dalam kehidupan ini banyak sekali persoalan yang kami hadapi tidak hanya ibadah. Salah satu cara menyelesaikan persoalan tersebut ialah dengan bermusyawarah.

Musyawarah ialah sebuah kelaziman fitrah manusia & tergolong tuntutan stabilitas sebuah masyarakat. Musyawarah bukanlah tujuan pada asalnya, melainkan disyariatkan dalam agama islam untuk mewujudkan keadilan di antara manusia & juga untuk memilih perkara yang paling bagus bagi mereka sebagai perwujudan tujuan-tujuan syariat & hukum-hukumnya.

Sebagai warga negara yang taat, dalam bermusyawarah kami haruslah mengedepankan kepentingan bersama, jangan hanya mengedepankan kepentingan pribadi. Berikan masukan dengan berpikir dengan cara kritis & menghormati perndapat orang lain.

1. Makna Berpikir Kritis 

Pengertian Berpikir Kritis

Berpikir kritis adalah sikap & perilaku yang berdasarkan data & fakta yang valid (sah) serta argumen yang seksama. Warga negara yang demokrat hendaknya rutin bersikap kritis, bagus kepada kenyataan empiris (realitas sosial,budaya, & politik) maupun kepada kenyataan supraempiris (agama, mitologi, & kepercayaan). Sikap kritis juga haruslah ditujukan pada diri sendiri. Sikap kritis pada diri sendiri tersebut pasti disertai sikap kritis kepada pendapat yang tidak sama. Pasti saja sikap kritis ini haruslah didukung oleh sikap yang bertanggung jawab kepada apa yang dikritisi.

Cara berpikir kritis

ada 5 cara berpikir kritis (indikator berpikir kritis):

  1. Harus berdasarkan data dan fakta yang benar
  2. Mengutamakan kepentingan bersama
  3. Sesuai dengan realita
  4. Bertanggung Jawab
  5. Adil


Manfaat kemampuan berpikir kritis

Pola pikir kritis dalam suasana demokrasi juga butuh didukung dengan performa untuk menyelesaikan persoalan dengan cara damai. Persoalan yang berasal dari perbedaan pendapat bisa berujung konflik, untuk tersebut butuh ditekankan penyelesaian persoalan diperbuat dengan damai bukan kekerasan. Oleh karena itu keterampilan berpikir kritis sangat di perlukan dalam musyawarah.

Contoh berpikir kritis

Contoh berpikir kritis dalam kehidupan sehari-hari:

  1. Berlaku adil dalam bekeluarga
  2. Bertanggung jawab dalam masyarakat
  3. Bicara dengan teman atau orang tua harus berdasarkan fakta, tidak boleh mengada-ngada


2. Makna Bersikap Demokratis

Pengertian demokrasi

Pengertian demokrasi bisa dilihat dari tinjauan (etimologis) & istilah (terminologis). Dengan cara etimologis, demokrasi terdiri dari dua kata yang berasal dari bahasa Yunani yaitu demos yang berarti rakyat ataupun penduduk sebuah tempat & cratein ataupun cratos yang berarti kekuasaan ataupun kedaulatan. Adapun dengan cara terminologis, demokrasi ialah bentuk mekanisme sistem pemerintahan sebuah negara sebagai upaya mewujudkan kedaulatan rakyat (kekuasaan warga negara) atas negara untuk dijalankan oleh pemerintahan negara tersebut.

Manfaat bersikap demokratis

Dengan demikian, makna demokrasi sebagai dasar hidup bermasyarakat & benegara mengandung arti bahwa rakyatlah yang memberikan ketentuan dalam persoalan-persoalan mengenai kehidupannya, tergolong dalam hal kebijakan negara sebab kebijakan tersebut bakal menentukan kehidupan rakyat. Maka, negara yang menganut sistem demokrasi ialah negara yang diselenggarakan berdasarkan kehendak & kemauan rakyat. Dari sisi organisasi, demokarasi berarti pengorganisasiannegara yang diperbuat rakyat sendiri ataupun atas persetujuannrakyat sebab kedaulatan berada di tangan rakyat.

Dalam agama islam, sejatinya tidak dikenal istilah demokrasi. Orang-orang islam hanya mengetahui keleluasaan (al-hurriyah) yang merupakan pilar mutlak demokrasi yang diwarisi semenjak zaman nabi Muhammad saw., tergolong didalamnya keleluasaan memilih pemimpin, mengelola negara dengan cara bersama-sama (syura), keleluasaan mengkritisi penguasa, & keleluasaan berpendapat.

Nah itulah artikel cara berpikir kritis dan contoh berpikir kritis + cara sikap demokratis dan contoh sikap demokratis. Semoga PR kemampuan berpikir kritis dan sikap demokratis kamu dapat terlesaikan dengan melihat contoh diatas. ayat al-quran dan Hadits tentang berpikir kritis dan demokratis akan dilanjutkan pada update artikel selanjutnya ya.

Terima kasih telah membaca artikel manfaat berpikir kritis dan manfaat bersikap demokratis. Baca Juga:


Bagi blogger yang ingin copas isi artikel saya, maka diharapkan untuk cantumkan sumber dengan "Link Aktif Menuju ke Artikel Ini", jika tidak dicantumkan, maka blog anda akan saya laporkan ke DMCA.
Loading...

0 Response to "Berpikir Kritis & Sikap Demokratis: Pengertian, Manfaat, Indikator dan Contoh"

Post a Comment

Komentar Sopan Akan di Approve